Gejala Serangan Jantung Ringan dan di Awal pada Wanita dan Pria

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Senin, 30 Maret 2020 13:54
Gejala Serangan Jantung Ringan dan di Awal pada Wanita dan Pria
Dan tahu nggak sih, gejala serangan jantung nggak melulu melibatkan rasa sakit di dada yang sampe bikin penderitanya jatuh ke lantai kayak yang televisi itu..

Mengingat fungsi jantung yang penting pada tubuh, kamu pengen tahu nggak sih gejala apa aja yang muncul tiap kali ada masalah sama si jantung ini?

Tentu dong, biar segera tertangani dan untuk mencegaha kefatalan dari serangan jantung ini.

Sayangnya, nggak semua masalah jantung hadir dengan tanda-tanda peringatan yang jelas. Kayak ada yang mengehntak di dada, trus penderitanya bakalan jatuh ke lantai kayak di film-film? Noo..

Beberapa gejala serangan jantung bahkan nggak muncul di dada, dan nggak selalu gampang kok tahu apa yang sedang terjadi pada jantung seseorang.

Maka, hal yang penting untuk dilakukan yakni dengan melakukan pemeriksaan rutin. Ini seharusnya jadi agenda yang wajib banget untuk mereka yang berumur lenbih dari 60 tahun, punya kelebihan berat badan, menderita diabetes, kolesterol tinggi atau tekanan darah tinggi.

Serangan jantung terjadi saat aliran darah ke jantung tiba-tiba tersembut. Nah, penyumbatan ini paling banyak dikarenakan penumpukan lemak, kolesterol, zat lain, atau adanya plak di arteri jantung.

1 dari 4 halaman

Gejala Serangan Jantung Ringan

Ilustrasi Sakit Jantung © Diadona

Beberapa orang pernah mengalami gejala serangan jantung dan mereka merasa itu adalah pengalaman yang buruk banget. Tapi karena mereka berhasil selamat, akhirnya mereka bilang kalau itu cuman serangan jantung ringan.

Padahal, menurut ahli jantung Joseph Campbell, MD, seperti yang dikutip di health.clevelandclinic.org menyatakan, kalau istilah itu menyesatnya.

" Meskipun hasilnya bagus, gejala serangan jantung ringan adalah sebuah masalah besar. Semua serangan jantung itu serius," katanya.

Intinya, nggak ada yang boleh meremehkan serangan jantung ini tadi.

Serangan jantung ringan merujuk pada istilah medis yang disebut dengan infark miokard elevasi. Pada tipe serangan jantung ini, aliran darah melalui salah satu arteri koroner terhalang sebagian, membatasi suplai darah teroksigenasi ke otot jantung.

Serangan jantung ringan, artinya jantung penderita nggak mengalami bnayak kerusakan dan masih memompa darah secara normal.

Gejala serangan jantung ringan yang mungkin dirasakan penderita, meliputi

  • Sesak napas
  • Ada tekanan, sesak, dan rasa nggak nyaman di dada
  • Rasa sakit atau nggak nyaman di rahang, leher, punggung atau perut
  • Pusing
  • Mual
  • Berkeringat

Gejala serangan jantung ringan terlihat ringan dan biasa banget kan? Tapi jangan disepelekan. Tanggapi gejala serangan jantung ringan ini kalau kamu merasa serius merasakannya.

Kalau kamu juga merasakan rasa nggak nyaman di dada atau gejala lainnya, nggak ada salahnya buat langsung ambil tindkana media. Kalaupun itu cuman alarm palsu dan cuman sakit biasa, nggak apa-apa kan daripada kepana-kepanap.

2 dari 4 halaman

Gejala Serangan Jantung pada Wanita

Ilustrasi Serangan Jantung © Diadona

Penyakit jantung sering dianggap sebagai masalah kaum adam. Namun, penyakit ini merupakan penyebab kematian paling umum pada wanita dan pria. Masalahnya, gejala serangan jantung pada wanita berbeda dengan pria, sehingga wanita sering nggak tahu apa yang sedang dialami.

Gejala serangan jantung yang paling umum pada wanita, hampir sama kayak yang dialami pria. Salah satu yang paling umum yaitu adanya nyeri dada yang berlangsung selama beberapa menit, trus rasa sakit tersebut datang dan pergi.

Tapi nyeri dada pada gejala serangan jantung wanita ini sering bukan gejala yang nyata. Jadi, rasanya cuman seperti sesak. Bahkan bisa aja lho gejala serangan jantung tersebut tanpa meliputi adanya nyeri dada.

Beberapa gejala serangan jantung yang juga diarasakan wanita, diantaranya

  • Rasa nggak nyaman di leher, rahang, bahu, punggung bagian atas dan perut
  • Sesak
  • Nyeri disatu atau kedua lengan
  • Mual dan muntah
  • Berkeringat
  • Sakit kepala ringan atau pusing
  • Rasa capek yang nggak biasaGangguan pencernaan

Gejala serangan jantung ini mungkin samar-samar trus nggak terlihat bagaikan nyeri dada yang sakit banget banget. Ini terjadi karena wanita cenderung mengalami penyumbatan nggak cuman di arteri utama, tapi juga di pembuluh darah yang yahg lebih kecil yang memasok darah ke jantung.

Gejala serangan jantung pada wanita lebih banyak terjadi saat mereka lagi santai, atau bahakan ketika sedang tidur. Selain itu, stres emosional juga memicu gejala serangan jantung pada wanita.

Karena wanita sering nggak mengenali gimana gejala serangan jantung, maka mereka cenderung baru dirawat saat jantung udah mengalami kerusakan.

3 dari 4 halaman

Gejala Awal Serangan Jantung

Ilustrasi Sakit Jantung © Diadona

Dan ya, beberapa gejala serangan jantung emang mendadak dan intens, tapi kebanyakan ada yang muncul secara perlahan dengan rasa sakit ringan dan nggak nyaman.

Gejala serangan jantung di awal bisa saja termasuk

Rasa Nggak Nyaman di Dada

Sebagain besar seranga jantung melibahkan rasa nggak nyaman di bagian tengah dada yang berlsngung dari dari beberapa menit. Rasa tersebut bisa aja hilang trus muncul lagi.

Rasanya kayak gimana? Beberapa orang mendeskripsikannya sebagai rasa sakit di mana dada seperti diremas, terasa penuh, trus sakit.

Rasa Nggak Nyaman di Bagian Tubuh Atas

Gejala serangan jantung di awal ini bisa berupa rasa nggak nyaman di satu atau dual lengan, punggung, leher, rahang atau perut.

Sesak Napas

Berupa rasa nggak nyaman di dada

Tanda dan Gejala Serangan Jantung Lainnya

Mungkin juga penderita bakalan merasakan keringat dingin, mual, atau pusing.

 

4 dari 4 halaman

Gejala Serangan Jantung pada Pria

Ilustrasi Sakit Jantung © Diadona


Di Amerika Serikat, jantung menjadi penyebab kematian nomor satu bagi pria-pria di sana. Syukurnya, berkat pengenalan gejala serangan jantung serta pemeriksaan rutin, hal ini nggak harus berakibat fatal.

Gejala serangan jantung bisa bervariasi tiap orang. Bisa aja gejalanya ringan, atau parah yang sering disebut dengan gejala serangan jantung ala Hollywood.

Serangan jantung bisa muncul dengan cara berikut, walaupun nggak sering

Rasa Nggak Nyaman di Dada

Rasa sakitnya bisa aja parah, meski nggak selalu begitu. Biasanya, rasanya seperti sedang ada yang menekan dada di bagian kiri atau di tengah. Perasaan ini bisa berlangsung selama beberapa menit, trus hilang dan muncul lagi.

Nyeri di Bagian Lain Tubuh

Gejala serangan jantung ini bisa terjadi karena bagian tubuh tersebut nggak mendapat cukup aliran darah. Biasanya lokasinya ada di atas pinggang, termasuk atas perut, bagu, satu lengan atau mungkin keduanya, trus punggung, leher, rahang, bahkan gigi.

Gejala Serangan Jantung Lainnya

Meliputi napas tersengal, yang disebut dengan dispnea. Ini bisa terjadi saat penderita sedang aktif beraktivitas, atau juga pas lagi santai.

Dengan tau gimana gejala penyakit jantung, maka bakalan bikin kamu untuk tetap waspada terhadap apa yang sedang dialami oleh tubuh. Jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin, ya!

Beri Komentar