Gejala Gondongan pada Anak dan Penanganannya

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Rabu, 24 Juni 2020 17:34
Gejala Gondongan pada Anak dan Penanganannya
Gejala gondongan yang bikin pipi penderitanya disebut bikin mirip kayak hamster. Tapi jangan dibecandain, karena bengkaknya kerasa sakit banget.

Gejala gondongan yang utama biasanya terlihat dari pembengkakan di kelenjar yang terdapat pada pipi. Meski pernah menjadi wabah di Amerika, kini jumlah kasus penyakit gondongan sudah merayap turun karena vaksinasi.

Gondong adalah infeksi virus yang menular banget dan terjadi pada kelenjar ludah. Kelenjar ini terdapat di setiap sisi wajah, yaitu di belakang dan di bawah telinga. Karena infeksi tersebut, terjadi pembengkakan di pipi yang membuat penderitanya jadi kayak hamster.

Apa sih penyebabnya?

Gondong disebabkan oleh infeksi oleh virus gondong, yang ditularkan melalui sekresi pernapasan (misalnya air liur) dari seseorang yang sudah terinfeksi. Saat udah tertular, virus bakalan berpindah dari saluran pernapasan ke kelenjar ludah dan bereproduksi, yang kemudian memunculkan gejala gondongan berupa pembengkakan kelenjar.

Gondongan bisa menyebar melalui:

  • Bersin dan batuk
  • Menggunakan peralatan makan yang sama
  • Berbagi makanan
  • Ciumam

Orang yang udah terinfeksi bisa menilarkannya selam 15 hari, yaitu 6 hari sebelum gejala muncul dan 9 hari setelah gejala gondongan dimulai

1 dari 3 halaman

Gejala Gondongan

Gejala GondonganGejala Gondongan © 2020 shutterstock.com/Nicoleta Ionescu

Melansir Mayo Clinic, beberapa orang yang terinfeksi virus gondong nggak memiliki gejala gondongan, atau gejala yang sangat ringan. Gejala ini muncul biasanya sekitar 2 sampai 3 minggu setelah terpapar virus.

Dari Medical News Today, gejala gondongan di awal biasanya baklan mirip flu, seperti:

  • Pegal-pegal
  • Sakit kepala
  • Nggak nafsu makan
  • Mual
  • Kelelahan
  • Demam ringan

Selanjutnya gejala gondongan klasik bakalan berkembang yaitu adanya pembengkakan di kelenjar ludah. Nggak cuman bengkak aja, tapi kelenjar tersebut juga bakalan kerasa nyeri. Pada saat tersebut, sangat besar kemungkinan penderita menularkan infeksi virus ke orang lain.

Trus gejala gondongan lainnya bisa termasuk diantaranya:

  • Nyeri di sisi wajah yang bengkak
  • Nyeri saat menelan
  • Susah menelan
  • Demam
  • Mulut kering
  • Nyeri persendian

Meski jarang, orang dewasa juga bisa terkena gondongan ini. Gejala gondongan pada orang dewasa umumnya sama, kadang juga kerasa lebih buruk dengan kemungkinan komplikasi yang lebih besar.

2 dari 3 halaman

Gejala Penyakit Gondongan pada Anak

Gejala GondonganGejala Gondongan © 2020 shutterstock.com/Daisy Daisy

Gondongan pada anak mungkin menyebar karena kontak dengan cairan dari mulut, hidung dan tenggorokan saat penderita lainnya batuk, bersin atau berbicara. Selain itu, virus juga sangat mungkin menempal di permukaan benda, yang kemudian tersentuh oleh anak.

Gondongan ini paling sering menimpa anak pada usia sekolah dan juga mahasiswa. Wabah memang jarang terjadi, tapi sangat mungkin terutama pada mereka yang belum menerima vaksinasi.

Pada anak, gejala gondongan nggak jauh berbeda dengan yang dialami oleh orang dewasa, melibatkan tanda berikut:

  • Demam
  • Sakit kepala
  • Kehilangan nafsu makan
  • Pegal, ngerasa nggak enak badan

Dalam beberapa hari, gejala gondongan berupa pembengkakan kelenjar parotis bakalan muncul. Jangan lupa untuk menjauhkan anak dari orang lain untuk mengurangi kemungkinan penularan penyakit ini.

Trus apa yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk mengobati gejala gondongan?

Banyak Cairan

Beri banyak cairan pada anak, atau makanan lunak yang gampang dikunyah. Jangan kasih jus asam karena bisa membuat nyeri karena gejala gondongan makin parah.

Obat Demam

Obat demam ini berfungsi untuk mengatasi gejala gondongan berupa rasa sakit. Jangan pernah kasih aspirin ke anak yang sedang terinfeksi virus ya, ini penting banget.

Kompres

Gunakan kompres dingin atau panas untuk meringan kan gejala gondongan berupa pembengkakan kelenjar parotis. Pilih mana yang dirasa paling nyaman, kompres dingin atau kompres panas.

Istirahat di Rumah

Anak-anak yang mengalami gejala gondongan kudu istirahat paling enggak selama 5 hari sejak awal pembengkakan kelenjar. Ini dilakukan biar virus nggak menginfeksi orang lain juga.

Nggak usah khawatir kok, sebagian besar anak-anak yang mengalami gejala gondongan bakalan sembuh dalam waktu kurang lebih dua minggu.

Cara terbaik untuk melindungi anak-anak dari penyakit dan gejala gondongan yaitu dengan memastikan kalau mereka udah mendapatkan vaksin MMR (Measles, Mumps, Rubella. Vaksin ini bakalan melindungi tubuh dari campak, gondongan dan rubella dan diberikan pada anak sebanyak dua kali, yaitu saat berumur 15-18 bulan dan berumur 5 tahun.

3 dari 3 halaman

Gejala Sakit Gondongan dan Penanganannya

Gejala GondonganGejala Gondongan © 2020 shutterstock.com/BlurryMe

Karena penyakit gondongan disebabkan oleh virus, maka antibiotik nggak bisa menanganinya. Dan saat ini, nggak ada obat anti-virus yang bisa mengobati penyakit gondong.

Saat gejala gondongan menyerang, maka perawatan hanya bisa memabntu meringankan gejala gondongan dan membantu tubuh membangun sistem kekebalannya.

Secara garis besar, perawatan gejala gondongan yaitu dengan:

  • Banyak minum air putih
  • Kompres dingin atau hangat
  • Makan sesuatu yang lunak
  • Istirahat yang cukup
  • Kumur air garam
  • Minum obat penghilang rasa sakit

Gejala gondongan bisa dicegah dengan vaksin MMR, juga memberlakukan hidup sehat untuk memotong penyebarannya. Kalian sudah vaksin juga kan?

 

Beri Komentar