Gejala Gagal Ginjal Kronis di Awal pada Wanita

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Jumat, 6 Maret 2020 16:15
Gejala Gagal Ginjal Kronis di Awal pada Wanita
Dan saat gagal ginjal beneran terjadi, maka pilihannya cuman bisa dialisis atau transplantasi ginjal..

Apa bedanya penyakit gagal ginjal dengan penyakit ginjal doang? Saat ginjal rusak, maka nggak akan bisa berfungsi sebagai mana mestinya dong. Kalau kondisinya terus memburuk sampai nggak mampu lagi bekerja, maka disebut dengan penyakit ginjal kronis. Nah, penyakit gagal ginjal ini merupakan tahapan terakhir dari penyakit ginjal kronis.

Makanya penyakit gagal ginjal juga disebut dengan penyakit ginjal stadium terakhir atau disingkat dengan ESRD.

Nggak cuman masalah pada ginjal doang sih, penyakit gagal ginjal disebbakan karena diabetes, tekanan darah tinggi, lupus, dan lainnya.

1 dari 4 halaman

Gejala Gagal Ginjal Kronis

Ilustrasi Sakit Ginjal © Diadona

Penyakit ginjal kronis atau yang sering disebut dengan gagal ginjal kronis didefiniskasin sebagai hilangnya fungsi ginjal secara bertahap.

Banyak orang nggak merasa mengalami gejala gagal ginjal kronis karena memang nggak terasa apapun, sampai akhirnya si penyakit mencapai stadium lanjut.

Ini karena tubuh bisa mengatasi penurunan fungsi ginjal yang signifikan. Meski begitu, adanya sakit ginjal ini bisa terdeteksi dengan tes darah atau urin. Jika gejala sakit ginjal ini bisa terdeteksi di awal, maka obat-obatan dan tes rutin dapat membantu menghentikan perkembangannya.

Gejala gagal ginjal kronis yang mungkin dialami oleh seseoirng bisa berupa:

Jumlah Urin yang Berkurang

Karena kan ginjal membuat urin, jadi ketika ginjal gagal, maka muncul gejala gagal ginjal berupa urin bisa berubah. Bagaimana? Misalnay dengan jumlahnya yang berkurang, dan warnanya yang lebih gelap.


Pembengkakan

Adanya pembengkakan kaki, pergelangan kaki, dan kaki karena retensi cairan yang disebabkan oleh kegagalan ginjal untuk menghilangkan sisa air

Napas Pendek Secara Tiba-Tiba

Napas pendek sebagai gejala gagal ginjal terjadi karena dua cara. Pertama, Pertama, cairan ekstra dalam tubuh dapat menumpuk di paru-paru. Dan kedua, gejala sakit ginjal berupa anemia yang dapat membuat tubuh kekurangan oksigen dan kehabisan napas.

Mengantuk atau Capek Berlebihan

Gejala gagal ginjal ini muncul karena adanya penumpukan racun dan kotoran di dalam darah. Akhirnya penderita jadi sering merasa lelah, lemah dan sulit untuk berkonsentrasi.

Komplikasi lain yang mungkin muncul yakni anemia, yang dapat menyebabkan gejala gagal ginjal berupa lemah dan sering lelah. kelemahan dan kelelahan.


Mual

Penumpukan limbah dalam darah (uremia) yang parah juga bisa bikin gejala gagal ginjal berupa mual dan muntah. Kehilangan nafsu makan bisa menyebabkan penurunan berat badan.

Kebingungan

Memang sih kondisi ini bisa terjadi pas seseorang marah, tapi bisa juga merupakan gejala gagal ginjal. Why? Lagi-lagi karena gejala sakit ginjal berupa anemia membuat otak nggak cukup mendapatkan oksigen, dan menyebabkan masalah memori.

 

 

2 dari 4 halaman

Gejala Gagal Ginjal pada Wanita

Ilustrasi Organ Ginjal dan Kandun Kemih © Diadona

Dari laman Alodokter menyebut, bahwa gejala sakit ginjal antara pria dan wanita umumnya tidak jauh berbeda. Namun pada wanita terdapat gejala sakit ginjal yang khas, diantaranya:

  • Menstruasi tidak normal, misalnya jadwal haid yang jadi tidak teratur, jumlah darah haid yang tidak seperti biasanya.
  • Disfungsi seksual
  • Tulang menjadi keropos
  • Lebih sulit hamil. Kalaupun terjadi kehamilan, maka gejala sakit ginjal akan membuat kehamilan tersebut berisiko terhadap tekanan darah tinggi, persalinan prematur hingga kehilangan fungsi ginjal.
  • Depresi

Wanita disebut lebih rentang mengalami gejala sakit ginjal ketimbang laki-laki. Kenapa? Secara fisiologis, perempuan punya uretra yang lebih pendek sehingga bakteri lebih mudah menginfeksikandung kemih, dibandingkan pada pria.

 

3 dari 4 halaman

Gejala Awal Gagal Ginjal

Ilustrasi Gagal Ginjal © Diadona

Gagal ginjal dapat terjadi dari situasi akut yang melukai ginjal atau dari penyakit kronis yang secara bertahap menyebabkan ginjal berhenti berfungsi.

Jadi, gejala gagal ginjal di awal ini sulit banget untuk diketahui. Kadang saking ringannya sehingga sulit untuk diidentifikasi. Ketika fungsi ginjal berkurang, gejala gagal ginjal terkait dengan ketidakmampuan untuk mengatur keseimbangan air dan elektrolit, membersihkan produk-produk limbah dari tubuh, dan meningkatkan produksi sel darah merah. 

Nggak cuman begitu, bengkak di sekitar mata bisa disebabkan oleh fakta bahwa ginjal membocorkan sejumlah besar protein dalam urin, alih-alih menyimpannya dalam tubuh.

Tanda-tanda lain gejala gagal ginjal di awal, diantaranya

Jumlah Urin yang Berkurang

Dari gejala gagal ginjal inilah kadang bisa dilakukan diagnosa untuk mendeteksi penyakit. Misalnya nih, urin yang cuman sedikit bisa menunjukkan bahwa penyakit ginjal disebabkan oleh penyumbatan kemih, yang dapat menyebabkan beberapa penyakit atau cedera.

Keberadaan Protein dalam Urin

Mungkin salah satu gejala gagal ginjal yakni perubahan protein pada urin. Mengapa? Dari kidney.org menyebut, keberadaan protein dalam urin adalah tanda awal bahwa filter ginjal telah rusak, sehingga memungkinkan protein bocor ke dalam urin

4 dari 4 halaman

Beri Komentar