Gejala Amandel pada Orang Dewasa dan Anak-Anak

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Rabu, 8 April 2020 14:45
Gejala Amandel pada Orang Dewasa dan Anak-Anak
Dan faktanya hampir semua orang pernah mengalami radang amandel ini paling enggak satu kali seumur hidupnya..


Amandel adalah dua kelenjar getah bening yang terletak di setiap sisi belakang tenggorokan. Coba deh buka mulut dengan lebar, pasti keliatan. Amandel ini punya fungsi sebagai mekanisme pertahanan dan membantu mencegah tubuh dari infeksi. Ketika amandel terinfeksi atau radang, kondisinya disebut tonsilitis.

Radang amandel bisa terjadi ada usia berapa pun dan merupakan penyakit anak yang umum. Umumnya sih paling sering didiagnosis pada anak-anak dari usia prasekolah sampai remaja.

1 dari 4 halaman

Gejala Radang Amandel

Ilustrasi Sakit Tenggorokan © Diadona

Gejala amandel muncul karena berbagai virus dan bakteri umum, seperti bakteri Streptococcal, yang menyebabkan radang tenggorokan. Radang amandel yang disebabkan oleh radang tenggorokan dapat menyebabkan komplikasi serius kalau nggak segera ditolong.

Sebenarnya gejala amandel ini gampang diketahui, dan hilang cuman dalam 7 sampai 10 hari.

Gejala radang amandel berupa:

  • Sakit Tenggorokan
  • Susah Menelan
  • Suara jadi Parau
  • Sakit di Telinga atau Leher
  • Kelelahan
  • Leher kaku
  • Sakit perut
  • Rahang dan leher nyeri akibat pembengkakan kelenjar getah bening
  • Amandel yang tampak merah dan bengkak
  • Bintik-bintik putih atau kuning pada amandel
  • Susah tidur

Dilansir dari healthline, ada 3 jenis radang amandel, yaitu akut, kronis, dan berulang.

Radang Amandel Akut

Yakni dimana gejala amandel berlangsung sekitar 10 hari. Jika gejalanya bertahan lebih lama, atau jika radang amandel kembali beberapa kali sepanjang tahun, mungkin radang amandel kronis atau berulang.

Gejala radang amandel akut kemungkinan akan membaik dengan perawatan di rumah, tetapi dalam beberapa kasus mungkin memerlukan perawatan lain, seperti antibiotik.

Radang Amandel Kronis

Gejala amandel kronis bertahan lebih lama ketimbang gejala amandel akut. Beberapa hal yang bertahan lama yaitu

  • Sakit tenggorokan
  • Bau mulut
  • Kelenjar getah bening yang lunak di leher

Radang amandel kronis juga dapat menyebabkan batu amandel , di mana bahan seperti sel-sel mati, air liur, dan makanan menumpuk di celah-celah amandel. Akhirnya, puing-puing bisa mengeras menjadi batu-batu kecil.

Gimana akhirnya nasib batu-batu tersebut? Mungkin akan lepas sendiri, atau perlu diangkat oleh dokter.

Radang Amandel Berulang

Seperti halnya dengan radang amandel lain, ini terjadi kalau gejala amanndel terjaid selama berulang, misalnya:

  • Sakit tenggorokan atau mengalami gejala amandel setidaknya 5 sampai 7 kali dalam 1 tahun
  • Mengalami gejala amandel setidaknya 5 kali dalam masing-masing 2 tahun sebelumnya
  • Mengalami gejala amandel minimal 3 kali dalam masing-masing 3 tahun sebelumnya

Penelitian menyebut kalau radang amandel kronis dan berulang dapat disebabkan oleh biofilm pada lipatan amandel. Biofilm adalah komunitas mikroorganisme dengan peningkatan resistensi antibiotik yang dapat menyebabkan infeksi berulang.

2 dari 4 halaman

Gejala Amandel pada Orang Dewasa

Ilustrasi Sakit Tenggorokan © Diadona

Radang amandel sangat umum menimpa anak-anak dan remaja, tapi bukan berarti orang dewasa nggak mungkin menderitanya. Gejala amandel yang muncul pada orang dewasa nggak jauh beda dengan anak-anak.

Dan ya, gejala amandel ini bisa menular dengan mudah. Penderita bisa menularkannya 24 sampai 48 jam sebelaum mengala gejala amandel. Nggak cuman itu, penularan juga dilakukan oleh seseorang yang sudah nggak merasakan gejala amandel lagi.

Kamu bisa tertular radang amandel ini kalau kamu menghirup tetesan batuk atau bersin dari penderita. Penularan juga mungkin terjadi misalnya kamu memegang barang yang terkontamasi penyebab gejala amandel, lalu kemudian menyentuh hidung atau mulut.

3 dari 4 halaman

Gejala Amandel pada Anak

ilustrasi anak sakit © Diadona

Gejala amandel memang sering banget menimpa anak-anak. Faktanya, mungkin setiap anak pernah mengalaminya setidaknya satu kali. Ini terjadi kemungkinan karena pada anak-anak dan remaja, mandel memankan peran yang lebih kecil dalam fungsi kekebalan.

Selain itu, penyakit ini gampang banget menular. Jadi biasa aja seorang anak tertular dari teman di sekolahnya yang masih beraktivitas seperti biasa karena belum merasakan gejala amandel, padahal sudah terinfeksi.

Gejala amandel yang muncul pada anak, diantarahya berupa kurangnya nafsu makan, atau keluarnya air liur yang berlebihan.

Kalau gejala amandel ini berlangsung sekitar 10 hari atau kurang, maka disebut dengan radang amandel akut. Tapi kalau bertahan lebih lama, atau muncul beberapa kali sepanjang tahun, disebut juga dengan gejala amandel yang kronis atau berulang.

Nggak peru khawatir, karena gejala amandel kemungkinan akan membaik dengan perawatan rumahan.

Tapi, kamu harus segera ke dokter kalau mengalami gejala amandel berikut

  • Demam lebih dari 39 derajat
  • Lemah otot
  • Leher kaku
  • Sakit tenggorokan yang nggak hilang selama 2 hari

4 dari 4 halaman

Gejala Radang Amandel dan Penyebabnya

Ilustrasi wanita sakit tenggorokan © Diadona

Jadi, amandel di dalam tubuh merupakan garis pertahanan pertama dalam melawan penyakit. Mereka menghasilkan sel darah putih yang membantu tubuh melawan infeksi.

Amandel memerangi bakteri dan virus yang masuk ke tubuh melalui mulut dan hidung. Namun, amandel juga rentan terhadap infeksi ini. Misalnya, flu, infeksi bakteri seperti radang tenggorokan.

Radang Amandel karena Virus

Virus adalah penyebab paling umum dari radang amandel. Virus yang menyebabkan pilek sering menjadi sumber radang amandel, tetapi virus lain juga bisa menjadi penyebabnya.

Gejala amandel karena virus bisa berupa batuk atau hidung tersumbat. Antibiotik tidak akan bekerja pada virus, tetapi pengobatan bisa dilakukan dengan menyasar gejala amandel, seperti tetap terhidrasi, minum obat penghilang rasa sakit, dan banyak istirahat.

Radang Amandel Bakteri

Sekitar 15 hingga 30 persen kasus radang amandel disebabkan oleh bakteri. Paling sering itu adalah bakteri strep, yang menyebabkan radang tenggorokan, tetapi bakteri lain juga dapat menyebabkan radang amandel.

Radang amandel karena bakteri lebih sering terjadi pada anak-anak antara usia 5 dan 15 tahun.

Bagaimana Menyembuhkan Gejala Amandel?

Nggak ada pengobatan khusus pada gejala amandel ini, tapi penderita bisa mengurangi rasa sakitnya dengan :

  • Banyak istirahat
  • Tetap terhidrasi dengan minum cukup air
  • Minum obat penghilang rasa sakit, seperti acetaminophen (Tylenol) atau ibuprofen (Advil, Motrin)
  • Berkumur larutan air asin
  • Menggunakan pelembab udara
  • Makan dan minum cairan hangat

Nah, berikut uraian Diadona tentang penyakit dan gejala amandel, dan pengobatanya. Memang bisa sembuh cukup dengan perawatan di rumah, tapi kalau kamu merasa nggak segera sembuh, sebaiknya berobat ke dokter dan banyak istirahat ya!

Beri Komentar