Gak Bisa Lepas dari HP? Hati-Hati, Bisa Kena Fobia Ini lho!

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Minggu, 21 Februari 2021 11:27
Gak Bisa Lepas dari HP? Hati-Hati, Bisa Kena Fobia Ini lho!
Ayo kenali tanda-tandanya! Jangan-jangan kamu termasuk lagi~

Tak bisa dipungkiri memang, bahwa Handphone atau HP sangatlah penting di jaman yang serba modern ini. Jika ingin menghubungi teman atau kerabat tak perlu lagi mengetuk pintu mereka satu persatu, cukup saja mengubungi mereka lewat HP. Jika ada meeting, sekarang tak juga perlu dengan tatap muka secara langsung. Pakai aplikasi video call di HP saja juga sudah bisa. Apalagi lagi pandemi gini ya, kan~

Belum lagi dengan beragam fitur yang diberikan. Mulai dari games, hingga internet yang membuat sebagian besar orang menghabiskan waktunya dengan HP. Tapi tahu nggak sih, melansir dari Very Well Mind, jika kamu sampai nggak bisa lepas dari HP, bisa-bisa kamu terkena fobia ini lho!

1 dari 3 halaman

Nomophobia

Ilustrasi Wanita Main HP © Diadona

Nama fobia ini adalah Nomophobia, kepanjangan dari 'no mobile phone phobia'. Fobia sendiri berarti ketakutan yang tidak wajar terhadap sesuatu objek atau situasi. Dalam kasus nomophobia berarti ketakutan yang tidak wajar jika kehilangan HP atau istilahnya hidup tanpa HP.

Istilah nomophobia sebenarnya belum lama ditemukannya. Istilah tersebut ditemukan oleh para peneliti UK Postal Office pada tahun 2008. Penelitian tersebut terdapat 2,100 peserta orang dewasa, dan 53% dari mereka mengidap nomophbia.

2 dari 3 halaman

Tanda-Tanda Nomophobia

Ilustrasi Wanita Main HP © Diadona

Banyak sekali tanda-tanda orang dengan nomphobia ternyata. Di antaranya adalah nggak bisa mematikan HP, sering mengecek HP, mengecas HP walau batrenya masih banyak (hayo siapa yang gini?). Ke mana aja bawa hape, bahkan toilet (pasti banyak nih yang gini). Selalu memastikan bahwa HP kamu selalu ada bersamamu. Takut gak ada WiFi atau koneksi internet. Kalau ada event penting bisa sampai gak hadir demi asik bersama HP.

Jika ada tanda-tanda di atas yang terjadi, orang dengan nomophobia juga bisa mengalami gejala fisik. Napasnya bisa jadi lebih cepat, jantungnya juga, sehingga bisa berkeringat lebih dan gemetaran. Bisa sampai pusing, bahkan terkena serangan panik.

3 dari 3 halaman

Jika kamu merasa memiliki nomophobia, pergi ke spesialist yang bersangkutan seperti psikolog atau psikiater kemungkinan besar bisa membantu. Namun untuk mencegahnya atau jika kamu merasa tanda-tanda nomophobia sudah ada pada dirimu, manage penggunaan HP sebisa mungkin, ya!

 

Beri Komentar