Dikit-Dikit Nangis! Kenapa Sih Ada Orang yang Cengeng Banget?

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Rabu, 11 Maret 2020 17:15
Dikit-Dikit Nangis! Kenapa Sih Ada Orang yang Cengeng Banget?
Jangan dimarahin ya kalau ada orang yang nangis.

Manusia emang makhluk yang emosional banget. Tangisan adalah salah satu contoh kita menunjukkan rasa emosional yang ada di pikiran. Entah itu saat ssedang sedih, marah, atau bahkan gembira kita bisa saja menangis.

Coba lihat teman-teman sekitarmu, pasti ada salah satu yang dikit-dikit nangis. Biasanya sih emang cewek yang kayak gini.

Dilansir dari bigthink.com, wanita diketahui menangis sebanyak 5,3 kali sebulan. Sementara pria sebanyak 1,3 kali saja. Menurut penelitian yang dilakukan Ahli biokimia William H. Frey, PhD, ada alasan biologis yang melatar belakangi hal ini.

1 dari 2 halaman

via GIPHY

Hormon prolaktin adalah hormon yang menyebabkan kita mengeluarkan air mata. Hormon ini nyatanya memang ditemukan lebih banyak pada wanita. Sementara lelaki memiliki hormon testoseron, rupanya hal ini dapat meredam keluarnya air mata.

Ada tiga kondisi yang bisa membuat kita jadi menangis, karena melindungi mata dari bakteri, refleks (iritasi angin atau bawang), tapi bisa juga karena emosional. Orang yang cenderung 'dikit-dikit menangis' bisa jadi karena dia adalah pribadi yang emosional.

2 dari 2 halaman

Ah tapi nggak ada salahnya juga kok menangis. Tau nggak sih ada banyak manfaat menangis? Menangis bikin kita jadi lebih tenang, Mendapat support dari orang lain, meningkatkan mood, dan masih banyak lagi.

Jadi jangan di marahin ya kalau ada yang dikit-dikit nangis. Beri jiwa-jiwa yang emosional waktu untuk menangis, please!

Beri Komentar