Cita Citata Sempat Idap Streptococcus Tonsilitis, Sebenarnya Ini Penyakit Apa Ya?

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Rabu, 2 September 2020 18:03
Cita Citata Sempat Idap Streptococcus Tonsilitis, Sebenarnya Ini Penyakit Apa Ya?
Infeksi ini membuat Cita Citata harus melakukan operasi pengangkatan amandelnya.

Cita Citata cukup mengejutkan publik dengan pengakuannya yang mengungkapkan jika dirinya sempat mengidap sebuah penyakit yang cukup awam di telang publik. Streptococcus Tonsilitis adalah penyakit yang membuat Cita Citata menahan rasa sakit.

"lalu aku panggil dokter ke rumah dan aku di diagnosis sakit “Streptococcus tonsillitis” adalah pembengkakan amandel." ungkapnya dalam unggahannya di Instagram.

Infeksi pada pada amandel ini membuat Cita Citata harus menjalani operasi untuk melakukan pengangkatan.

1 dari 2 halaman


Infeksi bakteri yang dapat menyebabkan tenggorokan luka, gatal dan mengalami pembengkakan. Tonsilitis ini dapat disebabkan oleh berbagai kuman, termasuk virus dan bakteri.

Dilansir dari healthline.com, diperkirakan sekitar 15-30% penyakit ini disebabkan karena bakteri. Bakteri pemicu yang paling umum adalah Streptococcus grup A , yang menyebabkan radang tenggorokan. Spesies bakteri strep lainnya juga dapat menyebabkan tonsilitis, termasuk:

Staphylococcus aureus (MRSA)
Chlamydia pneumoniae (klamidia)
Neisseria gonorrhoeae (gonore)

Penyebab Amandel © Diadona

2 dari 2 halaman

Infeksi pada amandel ini umumnya diikuti dengan beberapa gejala seperti adanya kelenjar getah bening yang besar dan lunak di leher, sakit tenggorokan, kemerahan dan bengkak di amandel, kesulitan atau nyeri saat menelan, sakit perut, leher kaku, demam hingga perubahan warna putih atau kuning pada atau di sekitar amandel.

Faktanya hanya orang yang menderita amandel saja lah yang dapat terkena penyakit ini.

Dalam level ringan, penderita tonsil tak perlu terlalu mengkhawatirkan penyakit ini. Namun jika penyakit ini diikuti dengan gejala yang kian parah, maka perlu segera diperiksakan.

Seperti kasus yang dialami Cita Citata, dalam kondisi yang parah tersebut, ia sampai harus melakukan operasi pengangkatan. Semoga lekas pulih ya!

 

Beri Komentar