Cemburu Buta sama Pasangan Tanda Miliki Gangguan Jiwa, Kamu Gak Gini kan?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Jumat, 13 Maret 2020 17:00
Cemburu Buta sama Pasangan Tanda Miliki Gangguan Jiwa, Kamu Gak Gini kan?
Suka cemburu nggak jelas? Hati-hati, ya!

Dalam sebuah hubungan, pasti pernah suatu waktu timbul rasa cemburu. Kamu juga pernah, kan? Itu normal-normal saja terjadi, soalnya itu pertanda bahwa kamu benar-benar mencintainya si doi. Malah kalau nggak ada rasa cemburu sama sekali apalagi pas tahu doi jalan sama orang lagi, cintamu kayaknya harus dipertanyakan.

Cemburu buta berarti rasa cemburu seseorang kepada pasangannya sangatlah berlebihan. Ujungnya bisa berupa makian yang menyayat hati, bahkan sampai bermain fisik hingga sakit.

Ternyata, orang yang cemburu nggak jelas berlebihan alias cemburu buta kepada pasangannya adalah pertanda dia memiliki gangguan jiwa. Istilah medisnya disebut dengan Sindrom Othello. Pernah dengar, nggak?

1 dari 4 halaman

Sebuah artikel yang berasal dari MedicineNet menjelaskan sindrom othello merupakan khayalan perselingkuhan yang tak masuk akal seseorang kepada pasanganan.

Sindrom ini, dilansir dari Hellosehat, erat kaitannya dengan gangguan jiwa yaitu delusi. Tau kan apa itu delusi? Ya, otak membayangkan sesuatu yang padahal nggak pernah terjadi. Orang yang delusi nggak mau menerima fakta. Mereka nggak tau bedanya mana kenyataan mana imajinasi. Mereka hanya menyikapi apa yang mereka yakini.

2 dari 4 halaman

Ilustrasi Pasangan Bertengkar © Diadona

Makanya, bisa dibilang orang yang memiliki sindrom othello ini yakin banget pokoknya bahwa pasangannya ini pasti berselingkuh, padahal nggak ada bukti kuat yang mendukung tuduhan terebut, bahkan kalaupun sebenarnya perselingkuhan tersebut nggak benar-benar terjadi.

MedicineNet juga menjelaskan, mereka dengan sindrom othello akan selalu mencari setiap celah kesalahan sang pasangan. Mereka akan terus menggali dan terus menggali demi memenuhi keyakinannya tersebut bahwa sang pacar berselingkuh. Bisa dari selalu ngecek HP sang pacar, introgasi yang terus berulang, bahkan sampai menguntit.

3 dari 4 halaman

Mengenal Lebih tentang Sindrom Othello

Istilah othello ini sebenarnya lahir dari sebuah karangan dari sastrawan terkemu dunia yaitu Shakespeare, yang berjudul Othello. Othello adalah seorang pria yang berperan sebagai prajurit perang. Othello ini mempunyai istri, dan teman-teman prajuritnya selalu mengompori Othello bahwa sang istri itu nggak setia. Hingga akhirnya, Othello pun termanipulasi dan membunuh sang istri, meski sebenarnya sang istri sama sekali nggak selingkuh.

MedicineNet menyebutkan bahwa istilah sindrom Othello dinamai oleh seorang psikiater Inggris, John Todd (1914-1987), pada sebuah makalah yang diterbikannya bersama K. Dewhurst yang berjudul " The Othello Syndrome: a study in the psychopathology of sexual jealousy."

4 dari 4 halaman

Emang sih cemburu itu wajar kepada pasangan sendiri wajar, tapi kalau kamu emang punya bukti yang jelas. Jangan sampai kamu cemburu nggak jelas terhadap pasangan, bisa jadi itu cemburu buta, dan kemungkinan kamu punya gangguan jiwa yang disebut dengan sindrom othello itu lho!

Beri Komentar