Cara Mengobati Diabetes Kering dan Luka Bernanah pada Diabetes secara Alami

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Selasa, 4 Februari 2020 16:22
Cara Mengobati Diabetes Kering dan Luka Bernanah pada Diabetes secara Alami
Dan yup, nggak ada cara mengobati diabetes yang bikin penderitanya sembuh total. Yang ada adalah gimana sih cara mengontrol gula darah biar nggak kambuh.

Cara mengobati diabetes sebenarnya hanya perlu dilakukan dengan perubahan gaya hidup. Meski begitu, banyak orang yang nggak tahu dan nggak disipilin melakukannya. Padahal, jumlah penderitanya terus meningkat.

Di tahun 2017 lalu,  International Diabetes Federation (IDF) memperkirakan ada sekitar 425 juta penbderita diabetes di seluruh dunia. Sedangkan di Indonesia sendiri, penderita diabetes yang berusia lebih dari 15 tahun ada pada angka 10 persen dari seluruh populasi. Cukup banyak, kan?

Data dari WHO menyebut kalau penyakit ini menyumbang angka kematian di peringkat ke-7 di seluruh dunia. Dan berita buruknya, semua orang sangat mungkin terkena penyakit diabetes ini. Memang sih, faktor keturunan memegang peran penting. Namun, gaya hidup nggak kalah berpengaruh.

Dan yah, nggak ada cara mengobati penyakit diabetes. Yang bisa kamu lakukan yakni dengan mengontrol kadar gula dalam darahnya. 

1 dari 3 halaman

Cara Mengobati Diabetes Kering

Di masyarakat kita cenderung terdapat penyebutan jenis diabetes sebagai diabetes basah dan diabetes kering. Penggunaan istilah tersebut sering dikaitkan dengan jenis luka yang terbentuk akibat diabetes.

Misalnya, diabetes basah merujuk pada diabetes dengan luka basah dan bernanah, dan diabetes kering yang ditandai dengan luka kering pada pasien diabetes.

Meski begitu, dalam dunia media tidak ada yang disebut dengan diabetes basah maupun diabetes kering. Pengelompokan diabetes dilakukan berdasarkan jenis sebabnya. 

Begini begini. Jadi, penyakit diabetes muncul karena terjadinya kelebihan gula dalam darah. Penyebabnya, karena kekurangan hormon insulin yang berfusngi mengubah gula menjadi energi. Bila diabetes tipe 1, seseorang memang tidak memiliki insulin akibat autoimun. Yakni, sistem kekebalan tubuhnya memakan sel-sel penghasil insulin.

Sedangkan pada diabetes tipe II, jumlah insulin yang dihasilkan nggak cukup untuk mengubah gula dalam darah menjadi energi.

Cara mengobati diabetes tipe 1 biasanya dilakukan dengan injeksi insulin dalam tubuh, sedangkan cara mengobati diabetes pada tipe 2 biasanya lebih berfokus pada diet tubuh biar gula darah yang dimiliki pas dengan jumlah insulin mereka. 

 

2 dari 3 halaman

Cara Mengobati Diabetes secara Alami

Ilustrasi Diabetes © Diadona

Meski begitu, saat dokter sudah mendiagnosa kamu dengan penyakit diabetes, kamu nggak bisa mencari mengobati diabetes sendiri. Kamu harus mencari dokter yang akan membantu kmembuat rencana perawatan diabetes yang tepat untuk dalam cara mengobati diabetes.

Dan nggak cuman satu orang dokter aja, kamu juga mungkin perlu perawatan kesehatan lain seperti termasuk dokter kaki, ahli gizi, dokter mata, dan spesialis diabetes. Cara mengobati diabetes membutuhkan pengawasan ketat terhadap kadar gula darah dengan kombinasi obat - obatan., olahraga, dan diet.


Cara Mengobati Diabetes dengan Diet Ketogenik

Diet ini merupakan cara mengobati diabetes yang harus dilakukan. Diet ketogenik meliputi diet dengan tinggi asupan lemak, protein, namun tinggi karbohidrat. Nggak cuman sebagai cara mengobati diabetes, diet ini juga dapat menurunkan berat badan serta meningkatkan kesehatan kamu.

Dengan kondisi diet tersebut, maka tubuh akan menjadi sangat efisien dalam membakar lemak untuk energi. Nggak cuman untuk mengubah lemak menjadi senyawa keton di hati, namun juga memasok energi untuk otak.

Diet ketogenik sebagai cara mengobati diabetes, dapat menyebabkan penurunan gula dan kadar insulin dalam jumlah besar.

Selain itu sebagai cara mengobati diabetes, diet ketogenik dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan menyebabkan kehilangan lemak, yang mengarah pada manfaat kesehatan yang signifikan bagi penderita diabetes tipe 2 atau prediabetes.

Cara Mengobati Diabetes dengan Menurunkan Berat Badan

Cara mengobati diabetes bisa dilakukan dengan melakukan penurunan berat badan. Dilansir dari mayoclinic.org, kehilangan sekitar 7 persen atau lebih dari berat badan sebelumnya, bisa membuat dampak pada kadar gula dalam darah. Jadi ketika kamu punya berat sekitar 82 kg, maka harus menurunkan berat badan sekitar 6 kg sebagai salahs atu cara mengobati diabetes.

Cara Mengobati Diabetes dengan Makan Sehat

Sebenarnya nggak ada lho makanan khusus yang bisa kamu koonsumsi sebagai cara mengobati diabetes. Namun penting untuk fokus pada aturan berikut:
- Lebih sedikit kalori
- Lebih sedikit karbihodrat olahan
- Mengurangi makanan yang mengandung lemak jenuh
- Lebih banyak buah, sayuran dan serat

Cara Mengobati Diabetes dengan Melakukan Banyak Aktivitas Fisik

Aktiviats fisik disebut dapat menurunkan kadar gula dalam darah, dan secara lebih lanjut bisa sebagai cara mengobati diabetes. Namun yang terpenting adalah dengan memeriksa kadar gula darahs ebelum berolahraga. Mungkin kamu butuh camilan atau yang lainnya untuk mencegah gula darah tiba-tiba anjlok, terlebih kalau sebelumnya kamu sudah minum obat penurun kadar gula dalam darah.

3 dari 3 halaman

Cara Mengobati Luka Bernanah pada Diabetes

ilustrasi diabetes © Diadona

Saat seseorang mengidap diabetes, maka luka yang terbentuk pada tubuh penderita akan cenderung memakan waktu lebih lama untuk sembuh. Hal ini dapat meningkatkan resiko infeksi dan komplikasi lainnya.

Mengapa hal ini bisa terjadi? Begini ceritanya. Ketika glukosa darah tetap tinggi secara permanen, maka hal tersebut akan merusak fungsi sel darah putih. Sel darah putih adalah pusat peran sistem kekebalan tubuh. Ketika sel darah putih tidak dapat berfungsi dengan benar, tubuh kurang mampu melawan bakteri dan menutup luka.

Terlebih, orang dengan diabetes yang tidak terkontrol dapat mengalami sirkulasi yang buruk. Ketika sirkulasi melambat, darah bergerak lebih lambat, yang membuatnya lebih sulit bagi tubuh untuk mengirimkan nutrisi ke luka. Akibatnya, luka-luka sembuh perlahan, atau mungkin tidak sembuh sama sekali.

Cara mengobati diabetes telah dibahas pada artikel di atas. Lalu gimana kalau kaki penderita sudah terlanjur bernanah?

Kontrol Luka

Sangat penting bagi penderita diabetes untuk memantau luka mereka dengan hati-hati. Bersihkan dengan air mengalir dan sabun, lalu keringkan dan oleskan salep antibiotik agar luka tidak terinfeksi oleh kuman. Ini memang bukan cara mengobati diabets, namun untuk mengobati gimana efek dari penyakit diabetes tersebut.

Mengganti Pembalut Luka

Saat luka tersebut dibalut oleh kapas atau kain kasa, sangat penting untuk menjaganya tetap bersih. Ini untuk mencegah infeksi lebih lanjut akibat kontaminasi dengan pembalut yang penuh dengan kuman di luka. 

Jangan Menekan Bekas Luka

Kalau luka tersebut di kaki, maka penting untuk membuat ganjalan pada alas kaki sehingga kaki tidak terkena benda-benda yang keras.

Terapi Insulin

Beberapa orang dengan diabetes tipe 2 bisa mencapai kadar gula dalam cara mengobati diabetes dengan diet dan olahraga saja. Tetapi banyak juga yang membutuhkan obat diabetes atau terapi insulin. Keputusan obat mana sih yang paling baik sebagai cara mengobati diabetes, tergantung oleh banyak faktor termasuk juga kadar gula dalam darah dan masalah kesehatan lainnya.

Beri Komentar