Cara Menghilangkan Cegukan pada Bayi dan Orang Dewasa yang Berkepanjangan

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Jumat, 14 Februari 2020 13:05
Cara Menghilangkan Cegukan pada Bayi dan Orang Dewasa yang Berkepanjangan
Nggak enak kan pas tiba-tiba ngobrol harus terhenti karena kamu cegukan?

Semua orang pasti pernah yang mengalami cegukan. Walaupun cegukan ini bsia hilang dalam kurun waktu tertentu, cegukan ini bisa mengganggung saat kamu makan dan sedang berbicara.

Banyak orang membuat daftar cara menghilangkan cegukan, mulai dari bernafas di kantong kertas samap makan gula. Tapi, efektif nggak sih?

Ditambah belum banyak penelitian yang memvalidasi gimana cara menghilangkan cegukan sesungguhnya. Namun ada banyak bukti yang telah didukung oleh testimoni banyak orang, dan hal tersebut sudah berlangsung sejak lama.

1 dari 3 halaman

Cara Menghilangkan Cegukan pada Bayi

Ilustrasi Bayi © Diadona

Seperti pada orang dewasa, cegukan pada bayi baru lahir,atau bayi yang sudah agak besar, merupakan hal yang biasa dan bukan suatu maslah yang berarti.

Jika cegukan terjadi selama menyusui, cara menghilangkan cegukan yakni hentikan pemberian ASI sampai cegukan hilang. Namun bisa jadi melanjutkan pemberian makan akan menghentikan cegukan. Jika bayi sering cegukan saat menyusu, beri makan bayi saat dia sudah rileks, dan belum terlalu lapar.

Untuk cara menghilangkan selanjutnya, yakni mengubah posisi bayi atau bayi atau menenangkannya untuk menyembuhkan cegukan.

2 dari 3 halaman

Cara Menghilangkan Cegukan pada Orang Dewasa

Ilustrasi Bayi © Diadona

Cegukan terjadi karena diafragma mulai kejang tanpa disadari. Apa sih diafragma itu? Yaitu otot besar yang membantu jalan pernafasan keluar dan masuk. Saat kejang, kamu tiba-tiba menarik nafas dan pita suara tertutup sehingga muncullah suara yang berbeda.

Dalam beberapa kasus, cegukan datang dan pergi dengan cepat. Ada beberapa faktor yang berkontribusi dalam cara menghilangkan cegukan secara alami ini, yakni

  • Makan terlalu banyak atau terlalu cepat
  • Minuman berkarbonasi
  • Makanan pedas
  • Sedang stres atau bersemangat secara emosional
  • Minum alkohol
  • Terkena perubahan suhu yang cepat

Cara menghilangkan cegukan yang akan Diadona bahas kali ini hanya berlaku untuk cegukan yang berlangsung kurang dari 48 jam. Apa saja nih?

Dikutip dari healthline.com, coba deh cara menghilangkan cegukan dengan teknik pernafasan dan postur. Karena terkadang, perubahan sederhana pada pernapasan atau postur dapat merilekskan diafragma.

Latihan Pernapasan Terukur.

Coba cara menghilangkan cegukan dengan mengganggu sistem pernapasan melalui dengan pernapasan lambat dan terukur. Tarik napas selama lima hitungan dan keluarkan selama lima hitungan.

Tahan Nafas

Tarik napas dalam-dalam dan ambil udara yang besar lalu tahan selama sekitar 10 hingga 20 detik. Selanjutnya dalam cara menghilangkan cegukan, bernapaslah perlahan. Ulangi seperlunya.

Tarik Napas ke Dalam Kantong Kertas.

via GIPHY

Cara menghilangkan cegukan dengan teknik ini tergolong populer lho. Tempatkan kantong makan siang kertas di atas mulut dan hidung. Perlahan-lahan bernapas masuk dan keluar, kempis dan menggembungkan tas. Dalam cara menghilangkan cegukan ini, jangan pernah gunakan kantong plastik.

Peluk Lutut

Duduklah di tempat yang nyaman trus dekatkan lutut ke dada dan tahan posisi tersebut selama dua menit.

Tekan Dada

Untuk cara menghilangkan cegukan, kamu bisa menggunakan teknik kompresi dada. Yakni, bersandar atau membungkuk ke depan untuk menekan dada, yang memberi tekanan pada diafragma.

Manuver Valsava

Untuk melakukan manuver ini sebagai cara menghilangkan cegukan, cobalah menghembuskan napas sambil mencubit hidung dan tutup mulut.

Untuk cara menghilangkan cegukan selanjutnya, kamu bisa menggunakan titik tekan untuk menekan area tubuh yang sangat sensitif terhadap tekanan. Menerapkan tekanan pada titik-titik ini dengan tangan dapat membantu mengendurkan diafragma atau merangsang saraf vagus atau frenik.

Menarik Lidah

Cara menghilangkan cegukan bisa kamu lakukan dengan menarik lidah. Ini karena menarik lidah dapat merangsang saraf dan otot di tenggorokan. Untuk cara menghilangkan cegukan, pegang ujung lidah dan tarik perlahan ke depan sekali atau dua kali.

Tekan Diafragma

Diafragma memisahkan perut dari paru-paru. Gunakan tangan untuk memberikan tekanan pada area tepat di bawah ujung tulang dada untuk cara menghilangkan cegukan.

Remas Telapak Tangan

Untuk cara menghilangkan cegukan, gunakan ibu jari untuk menekan telapak tangan yang lain.

Pijatkan Arteri Karotis

Arteri karotis ada di kedua sisi leher. Itu yang Anda rasakan ketika Anda memeriksa denyut nadi dengan menyentuh leher Anda. Berbaringlah, putar kepala Anda ke kiri, dan pijat arteri di sisi kanan dengan gerakan memutar selama 5 hingga 10 detik.

 

3 dari 3 halaman

Cara Menghilangkan Cegukan Berkepanjangan

Ilustrasi Obat © Diadona

Karena cegukan berkepanjangan atua lebih dari 48 jam jarang banget terjadi, maka penelitain tentang cara menghilangkan cegukan masih terbatas sekali.

Chlorpromazine

Obat-obatan biasanya efektif dalam cara menghilangkan cegukan kronis, tetapi penyelidikan lebih lanjut mengenai penyebab yang mendasarinya diperlukan untuk menentukan bagaimana mencegah cegukan kembali.

Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) menyetujui chlorpromazine untuk cara menghilangkan cegukan kronis. Obat penenang, pelemas otot, dan obat penenang juga dapat digunakan untuk mengganggu kejang yang menyebabkan cegukan.

Kadang-kadang, pengobatan mungkin tidak berhasil, dan pembedahan pada saraf yang mengontrol gerakan diafragma mungkin diperlukan.

Beri Komentar