Cara Mengeluarkan Dahak pada Bayi Baru Lahir, Bayi 1 Bulan dan 5 Bulan secara Alami

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Jumat, 7 Februari 2020 15:44
Cara Mengeluarkan Dahak pada Bayi Baru Lahir, Bayi 1 Bulan dan 5 Bulan secara Alami
Orang tua harus tahu ini..

Musim hujan begini memang rawan sekali terserang penyakit, terutama batuk dan pilek. Saat mengalami pilek, misalnya, ingus yang keluar dari hidung sering mengganggu pernafasa. Apalagi untuk anak kecil yang masih belum nbis mengelarka ingus mereka sendiri.

Hal yang sama juga terjadi saat batuk berdahak, dimana dahak akan bikin tenggorokan nggak nyaman. Susah banget sih memang saat bayi harus mengalami ini karena sekali lagi, mereka nggak bisa mengeluarkan dahaknya sendiri. Mereka membutuhkan para ibu untuk cara mengeluarkan dahak pada bayi.

Sebelum berlanjut pada cara mengeluarkan dahak pada bayi, kenali dulu dong apa sih dahak itu? Jadi, dahak merupakan lendir yang dikeluarkan oleh tubuh sebagai respon atas gangguan di saluran pernafasan atas. Nggak cuman mengganggu saluran pernafasan, dahak pada bayi juga bisa mengganggu proses menelan ASI.

Lalu gimana ya cara mengeluarkan dahak pada bayi?

1 dari 4 halaman

Cara Mengeluarkan Dahak pada Bayi 1 Bulan

ilustrasi menyusui © Diadona

Bayi berumur satu bulan yang terserangs akit akan bikin orang tua merasa was-was, terlebih bila berupa batuk yang bikin berdahak. Lalu gimana cara mengeluarkan dahak pada bayi?

Menghangatkan Tubuh Bayi

Cara mengeluarkan dahak pada bayi bisa dilakukan dengan prinsip menghangatkan seperti pada cara yang pertama, namun kali ini ditujukan untukseluruh tubuh bayi. Bis akamu lakukan dengan memandikannya atau berendam di air hangat selama beberepa saat. Dengan demikian, dahak akan mengencer dan jadi lebih mudah untuk dikeluarkan.

Setelah mandi, kamu sepertinya perlu untuk memakaikannya baju hangat, dan mengoleskan minyak telon ke seluruh tubuhnya untuk menghangatkannya.

Hidrasi

Ini karena tubuh yang terdehidrasi dengan baik mampu untuk mengencerkan dahak. Makanya, cara mengeluarkan dahak pada bayi bisa dilakukan dengan memberikannya banyak minum.

Dahak bisa sangat sulit dikeluarkan karena teksturnya yang kental. Maka dengan konsumsi banyak cairan diasumsikan bisa membuat dahak jadi lebih encer dan mempermudah keluarnya dari tenggorokan.

Untuk anak yang masih berusia di bawah 6 bulan, berikan ASI sebanyak mungkin untuk mengencerkan dahak dan sebagai cara mengeluarkan dahak pada bayi. Sedangkan, anak yang sudah berusia di atas 6 bulan, ibu bisa memberinya air putih. Semakin besar umurnya maka semakin banyak pula kebutuhan akan cairan dalam mengencerkan dan cara mengeluarkan dahak pada bayi.

2 dari 4 halaman

Cara Mengeluarkan Dahak pada Bayi 5 bulan

ilustrasi bayi tidur malam © Diadona

Cara mengeluarkan dahak pada bayi berusia lima bulan.

Gunakan Alat Penyedot Khusus

Untuk cara mengeluarkan dahak pada bayi, kamu bisa menggunakan sebuah alatpenmyedot khusus yang terbuat dari karet. Kamu bisa mendapatkan alat ini di apotek dengan berbagai variasi ukuran dan fitur.Untuk cara mengeluarkan dahak dengan penyedot ini bisa kamu lakukan sebagai berikut:

  • Tempatkan ujung alat penyedot ke dalam rongga mulut bayi
  • Kalau dahak berbentuk kental, maka cairkan terlebih dulu dengan teteskan 2-3 larutan air garam atau larutan salin siap pakai ke dalam hidung bayi sebelum memasukkan ujung alat penyedot ke dalam hidungnya.
  • Keluarkan udara dari balon terlebih dahulu, lalu pegang ujung balon alat penyedot dengan telunjuk dan jari tengah.
  • Masukkan ujung alat penyedot ke dalam mulut atau hidung secara perlahan dan lepaskan ibu jari yang sebelumnya menekan dasar balon untuk mengeluarkan udara, sehingga dahak dalam mulut atau lendir dalam hidung bayi tersedot.

 

3 dari 4 halaman

Cara Alami Mengeluarkan Dahak pada Bayi

Ilustrasi Bayi Tidur © Diadona

Cara mengeluarkan dahak pada bayi secara alami tanpa harus menggunakan alat bantu.

Buat Posisi Tidur yang Berbeda untuk Bayi

Dengan mengubah sedikti saja posisi tidurnya, maka bisa sebagai cara mengeluarkan dahak pada bayi. Caranya, beri bantal di kepalanya agar posisi kepala lebih tinggi. Ini bisa untuk mengatasi hidungnya yang tersumbat oleh lendir dan cara mengeluarkan dahak pada saluran pernafasan pada bayi.

Telungkupkan Bayi

Cara mengeluarkan dahak pada bayi lainnya yakni dengan menelungkupkannya. Saat bayi sudah dalam posisi demikian, maka tepuklah dengan lembut punggung bayi terutama pada saat mereka sedang batuk.

Cara mengeluarkan dahak pada bayi, yakni dengan meletakan satu kaki ibu sedikit lebih ke atas daripada kaki bagian satunya. Telungkupkan si kecil dengan posisi kepala berada di bagian yang rendah dan badannya di bagian yang lebih tinggi sedikit.

Posisi ini nantinya akan membantu melancarkan aliran dahak hingga keluar melalui mulut atau hidung. Agar cara mengeluarkan dahak kali ini lebih efektif, jangan lupa menepuk-nepuk punggung si kecil dengan lembut dan perlahan.

4 dari 4 halaman

Cara Mengeluarkan Dahak pada Bayi Baru Lahir

Ilustrasi Bayi © Diadona

Dilansir dari theasianparent.com, ada banyak hal yang bsia kamu lakukan sebagai cara mengeluarkan dahak pada bayi yang baru lahir. Diantaranya:

Penguapan

Cara mengeluarkan dahak pada bayi dengan penguapan ini sepertinya juga zsudah sering kamu lakukan saat sedang flu yah, meskipun tujuannya bukan untuk mengeluarkan dahak tapi untuk memberikan kelembaban. Proses cara mengeluarkan dahak pada bayi denggan penguapan:

  1. Siapkan baskom berisi air hangat. Untuk efek hangat yang menenangkan, kamu bisa mencampurkan dengan beberapa tetes minyak kayu putih.
  2. Bawa bayi mendekat ke baskom tersebut agar dia bisa menghirup uap dari air hangat dalam baskom
  3. Posisikan bayi dengan tengkurap, dekatkan dalam jarak yang aman agar cara mengeluarkan dahak pada bayi dengan cara ini bisa terpenuhi, tanpa membuat bayi berada dalam bahaya berdekatan dengan air hangat
  4. Dengan sedikit menepuk-nepuk punggung bayi, dahak pada bayi perlahan-lahan akan menjadi lebih encer dan lebih mudah dikeluarkan

Cara mengeluarkan dahak pada bayi dengan penguapan ini dapat dilakukan karena uap hangat akan mencapai saluran pernafasan bayi, membantu melegakan, mengencerkan dahak sehingga lebih mudah dikeluarkan.

Berjemur di Sinar Matahari

Sinar matahari yang hangat nggak cuman bermanfat untuk kesehatan si kecil, tapi bisa banget sebagai cara mengeluarkan dahak bayi. Saat terkena sinar matahari yanbg hangat, maka dahak bayi akan mengecer dan jadi lebih mudah untuk dikeluarkan.

Ini langkah yang harus kamu lakukan untuk saat menejmur bayi dalam cara mengeluarkan dahak pada bayi.

  1. Jemur bayi sekitar 10 menit di bawah inar matahari pada pukul 7 - 8 pagi.
  2. Posisikan bayi dengan tengkurap di pangkuan, dengan kepala sedikit lebih rendah dari tubuhnya. Lalu oleskan minyak telon pada dada dan punggungnya
  3. Tepuk-tepuk punggung bayi dengan lembut.

Hal-hal yang harus kamu perhatikan saat menjadikan acara berjemur sebagai cara mengeluarkan dahak pada bayi, yakni dengan menjaga mata si kecil dari terpaan sinar matahari langsung. Juga jauhkan si kecil dari debu dan polusi udara.

Beri Komentar