9 Cara Mengatasi Keputihan Gatal secara Alami saat Hamil dengan Bawang Putih

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Jumat, 3 Januari 2020 18:24
9 Cara Mengatasi Keputihan Gatal secara Alami saat Hamil dengan Bawang Putih
Keputihan dalam kondisi normal tidak berbahaya bagi kesehatan. Namun membuat tidak nyaman, terlebih bila muncul rasa gatal. Kamu bisa mengatasinya dengan menjaga kebersihan dan penggunaan bahan alami.

Keputihan merupakan kondisi keluarnya cairan dari vagina dan umum dialami oleh wanita selama tahun-tahun reproduksi. Kondisi ini dianggap normal ketika berupa cairan bening, tidak berwarna, tidak berbau dan tidak menimbulkan reaksi apapun. Namun keputihan bisa menjadi tanda infeksi ketika kemuculannya berupa cairan berwarna kuning, berbau menyengat, disertai dengan gatal dan iritasi.

1 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Keputihan Gatal

Ilustrasi pisang © Diadona

Rasa gatal yang muncul akibat keputihan tentu sangat mengganggu ya. Kamu jadi tidak nyaman setiap beraktivitas. Menggaruk area kewanitaan karena rasa gatal juga bisa menyebabkan infeksi dan rasa perih karena luka. Saat keputihan mulai terasa sangat gatal, artinya ini bukan keputihan yang normal terjadi.

Buah Pisang

Pisang sudah dikenal luas sebagai bahan alami untuk mengobati keputihan. Buah ini juga bermanfaat mengatasi masalah pencernaan kamu. Kamu bisa mengkonsumsi dua buah pisang dalam satu hari, dan lakukan sampai keputihan kamu sembuh.

Air Kunyit

Sifat alami kunyit akan menghilangkan infeksi miss V dengan sifat antibakteri yang dimilikinya. Kamu bisa meminum ait perasan kunyit yang telah dipatrut, sebanyak dua kali dalam sehari. Lakukan sampai kamu benar-benar sembuh.

Kompres dengan Air Dingin

Mengompres daerah kewanitaan dnegan air dingin akan meredakan rasa gatal akibat keputihan. Caranya, siapkan handuk yang sudah direndam dengan air dingin selama beberapa saat. Kompres miss V kamu selama beberap saat sampai rasa gatal tersebut hilang.

2 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Keputihan Secara Alami

Ilustrasi Bawang Putih © Diadona

Ada banyak penyebab terjadinya keputihan, namun yang paling umum adalah karena ketidakseimbangan estrogen pada tubuh. Jumlah keputihan juga dapat meningkat karena infeksi vagina dan juga dapat menghilang lalu muncul kembali dari waktu ke waktu.

Cara Mengatasi Keputihan dengan Bawang Putih

Sifat antibiotik yang dimiliki bawang putih bisa menghilangkan infeksi yang menjadi penyebab keputihan, dan antijamur yang mampu menyingkirkan bakteri jahat pada vagina. Dikutip dari tophomeremedies, bawang putih bisa kamu konsumsi langsung secara mentah dengan dicampur air hangat. Minum larutan ini sebelum makan. Bila terasa berat, kamu bisa mencampurkan bawang putih di setiap masakan yang kamu buat.

Cara Mengatasi Keputihan dengan Daun Sirih

Daun sirih cukup dikenal sebagai obat keputihan, hingga dibuat sebagai formula utama dalam produk pembersih miss V. Daun sirih mengandung zat antibiotik, antibakteri dan antijamur. Cara mengatasi keputihan dnegan daun sairih bsia kamu lakukan dengna meminum air rebusannya, atau menggunakannya untuk membilas miss V.

Cara mengatasi Keputihan dengan Buah Okra
Okra merupakan salah satu bahan terbaik dalam cara mengatasi keputihan.

Cara mengatasi buah okra dapat kamu lakukan sebagai berikut:
1. Cuci okra sampai bersih, potong beberapa bagian
2. Tempatkan dalam panci dan tambahkan air
3. Nyalakan api dan biarkan air sampai mendidih dan berkurang sampai setengah dari volume awal.
4. Matikan api, saring airnya
5. Air rebusan daun okra dapat kamu minum dengan tambahan madu, minum sebnayak tiga kali sehari.

3 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil

ilustrasi hamil © Diadona

Dilansir dari liputan6, dalam wawancara dengan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, dr. Amaranila Lalita, SpKK, masalah keputihan seharusnya tidak terlalu dikhawatirkan walaupun jumlahnya berlebihan.

Menurutnya, organ intim didesain secara luar biasa sehinggga mampu membersihkan dirinya sendiri. Keputihan merupakan upaya menjaga vagina atau proteksi. Dan cairan yang keluar dari vagina sebenarnya hanya membilas kotoran dan tidak sampai masuk ke dalamnya.

Menjaga Kebersihan Daerah Kewanitaan

Cara mengatasi keputihan sekaligus mencegahnya adalah dengan menjaga daerah kewanitaan. Hal ini penting sekali dan seharusnya dpaat dengan mudah dilakukan. Misalnya, mencucinya cukup dengan air mengalir, rajin mengganti celana dalam, dan memakai celana dalam dari bahan yang menyerap keringat.

4 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Keputihan Berlebihan

Ilustrasi Cuka Apel © Diadona

Keputihan berlebihan terjadi karena kondisi higienitas yang kurang, infeksi saluran genital, atau gangguang fungsi kekebalan tubuh. Sayangnya, sebagian besar wanita malu buat membahasa masalah ini. Akibatnya, banyak diantara mereka yang menghindari pembahasan masalah dengan penyedia layanan medis. Inilah yang membuat proses penyembuhan menajid sebuah tantangan.

Cuka Apel

Dilansir dari Newhealthguide (3/12), Dalam beberapa tahun terakhir, cuka apel telah menjadi bahan favorit dalam soslusi berbagai masalah kesehatan, termasuk menangani penyakit keputihan. Ini karena cuka apel bisa membantu mengatur pH vagina, yang kemudian dapay membantuk mengendalikan produksi lendir.

Caranya, ambil secangkir cuka apel yang kemudian dicampur dengan air dingin kurang lebih 2 liter. Gunakan air ini untuk berendam selama kurang lebih 10 menit. Bilas tubuh sesudahnya. Hindari penggunaan air hangat ya, karena hal tersebut justru bisa meningkatkan jumlah bakteri tak baik yang ada di miss V. Setelah selesai membilas, keringkan tubuh kamu dengan handuk kering.

Daun Sambiloto

Kamu mungkin pernah mendengar nama daun ini untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, dan ternyata salah satunya yakni keputihan. Daun ini mudah ditemui di berabgai tempat. Cara mengatasi keputihan dengan daun sambiloto yakni dengan merebus beberapa lembar daunnya dan meminum air rebusan tersebut secara rutin.

Konsumsi Yougurt

Dalam yougurt terdapat kandungan bakteri baik yang bagus untuk tubuh kamu. Dalam jurnal penelitian terbitan Journal of Antimicrobial Chemotherapy menyebut, konsumsi yougurt bisa mengembalikan keseimbangan alami bakteri dan jamur yang ada di miss V.

Beri Komentar