11 Cara Mempercepat Haid yang Telat, Datangnya Haid dan Selesainya yang Aman untuk Kamu

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Kamis, 13 Februari 2020 14:15
11 Cara Mempercepat Haid yang Telat, Datangnya Haid dan Selesainya yang Aman untuk Kamu
Memang sih haid akan membatasi kamu melakukan sesuatu. Makanya kamu pengen biar dia cepat datang lalu cepat pulang.

Kamu pernah merasa ingin sekali cepat datang haid? Mungkin karena ada acara penting yang ingin kamu datangi seperti ingin sholat Ied, mau umroh, atau kegiatan lain seperti camping dan yang lainnya.

Atau bisa juga kamu terlambat haid dan pengen banget punya haid yang tepat waktu? Berita baik! Ada beberapa cara mempercepat haid yang mungkin bisa membantu kamu. Sebagian besar caranya merupakan langkah-langkah yang alami kok.

Meski begitu nggak ada cara mempercepat haid yang benar-benar dijamin keefektifannya. Nah, di artikel Diadona kali ini akan dibahas beberapa cara mempercepat haid dan mitos serta penelitian yang mendukungnya. Yuk disimak!

1 dari 3 halaman

Cara Mempercepat Haid yang Telat

Ilustrasi Jamu MenstruasiIlustrasi Jamu Menstruasi © https://www.fimela.com/

Ada beberapa hal yang menyebabkan terjaidnya telat haid. Beberapa kemungkinan yang mungkin terjadi diantaranya:

  • Stres
  • Naik atau turunnya berat badan
  • PIL hormonal
  • Diabetes
  • Masalah tiroid
  • Kehamilan

Yang penting dalam cara mempercepat haid yakni jangan lakukan saat kamu sedang hamil. Jadi, pastikan bahwa kamu memang benar tidak sedang hamil.

Cara mempercepat haid yang sangat umum dilakukan dengan zat yang disebut dengan emmenagogues. Nah, penggunaan zat ini sebagai cara mempercepat haid akan membuat kehamilan kamu berakhir.

Oke, balik lagi ke topik. Jadi gimana sih cara mempercepat haid biar dia cepat datang?

Kunyit

Dalam hal cara mempercepat haid, kunyit dipercaya sebagai emmenagog alami, yang bekerja dengan mempengaruhi kadar estrogen dan progesteron. Sayangnya, penelitiannya masih belum banyak ditemukan.

Kalau kamu tertarik mencoba menggunakan kunyit sebagai cara mempercepat haid, coba deh masukkan bahanini ke dalam makanan. Kamu juga bisa menambahkannya ke susu atau sesederhana minum jamu kunyit.

Ke Dokter

Kalau kamu ingin cara mempercepat haid yang terlambat banget, nggak ada salahnya mulai melakukan konsultasi dengan dokter sebagai suatu pilihan. Ini penting untuk mendeteksi siapa tahu ada masalah dibalik keterlambatan berikut, atau hal lainnya yang berkaitan dengan penanganan medis.

Terlebih bila kondisimu masuk dalam kategori berikut:

  • Tidak mens selama sekitar 3 bulan berturut-turut
  • Sebelum usia 45 tahun
  • Adanya pendarahakan di antara waktu mens dan setelah berhubungan intim
  • Perubahan periode jadi lebih lama, atau jadi tidak menentu

Jahe

Jahe adalah obat tradisional untuk yang bisa untuk cara mempercepat haid. Jahe juga diyakini menyebabkan kontraksi uterus. Lagi-lagi sayangnya, jahe sebagai cara mempercepat haid ini tidak terbukti oleh penelitian ilmiah.

Karena jahe nggak enak dimakan mentah, coba deh kamu gunakan tips berikut untuk jahe sebagai cara mempercepat haid.

  • Kupas dan iris jahe
  • Rebus dalam air mendidih selama lima sampai tujuh menit
  • Saring, minum airnya. tambhakan madu atau gula.

buah nanasbuah nanas © rawpixel.com

Nanas

Banyak orang percaya cara mempercepat haid bisa dilakukan dengan konsumsi nanas karena kandungan enzim bromelain. Enzim ini diklaim dapat mempengaruhi estrogen dan hormon lainnya.

Beberapa penelitian menyebut kalau bromelain dapat membantu mengurangi peradangan. Itu berarti, nanas dapat dijadikan cara mempercepat haid yang terlambat yang melibatkan peradangan .

Sayangnya, belum ada nih penelitian yang mengatakan bahwa mengonsumsi suplemen nanas atau bromelain akan memicu haid.

2 dari 3 halaman

Cara Mempercepat Datangnya Haid

Ilustrasi Pil KBIlustrasi Pil KB © fimela.com

Mungkin kamu ada rencana pengen berenang ke pantai minggu depan dan ngga kpengen hal tersebut gagal karena kamu haid? Coba deh cara mempercepat haid berikut:

Pil KB

Dari medicalnewstoday.com menyebut, nggak ada cara mempercepat haid yang bisa diandalkan sebaik metode pil kontrasepsi ini.

Pil ini merupakan pil kombinasi, yang mengandung estrogen dan progestin. Pil ini dikonsumsi 21 hari, kemudian berhenti meminumnya atau meminum pil dummy selama 7 hari. Nah, menstruasi akan muncul di 7 hari ini.

Lalu gimana cara mempercepat haid? Dengan minum pil hormon lebih awal, sehingga haid akan datang lebih awal juga.

Olahraga

Olahraga ringan dapat melemaskan otot dan disebuta sebagai cara mempercepat haid. Sayangny metode ini belum dikonfirmasi secara ilmiah.

Beberapa orang mengalami menstruasi yang tidak teratur karena metode olahraga yang giat. Nah, sedangkan berolahraga dalam jumlah sedang dapat membantu mengembalikan hormon yang dibutuhkan untuk mengembalikan siklus menstruasi yang teratur.

Relaksasi

Pernah tahu kan kalau stres bisa bikin menstruasi tidak teratur. Yup, itu emmang betul kok. Makanya, rileksasi bisa sebgaia cara mempercepat haid yang terlambat.

Coba deh lakukan Yoga,, meditasi, dan waktu bersama teman dan orang yang dicintai suntuk membantu menjaga tingkat stres tetap rendah, dan untuk cara mempercapat haid.

Ilustrasi Tidur dengan PasanganIlustrasi Tidur dengan Pasangan © glamour.com

Orgasme

Ternyata cara mempercepat datangnya haid lho. Kombinasi hormon yang dihasilkan selama aktivitas seksual dan kontraksi uterus selama orgasme dapat membantu melebarkan serviks dan membantu rahim mulai melepaskan lapisannya.

Diet dan Berat Badan

Saat ada perubahan berat badan, biasanya juga disertai dengan perubahan jadwal haid. Terlebih untuk yang sedang mengalami penuruann berat badan. Ini karena tubuh membutuhkan lemak untuk menghasilkan hormon yang berhubungan dengan haid.

3 dari 3 halaman

Cara Mempercepat Haid Selesai

ilustrasi olahraga renangilustrasi olahraga renang © rawpixel.com


Memang sih haid ini bikin kita membatasi diri. Makanya banyak orang yang mencari cara mempercepathaid atau gimana biar haid cepet selesai karena mau berenang, main ke pantai, atau kegiatan lainnya.

Dari healthline.com, durasi haid bervariasi dan dipengaruhi oleh banyak hal, termasuk stres, indeks massa tubuh, dan hormon. Periode rata-rata dapat berlangsung dari dua hingga tujuh hari, meskipun beberapa wanita memiliki periode haid yang lebih lama. Banyak wanita juga mengalami pemendekan siklus mereka secara alami seiring bertambahnya usia.

Vitamin C

Vitamin C dipercaya dapat sebagaa cara mempercepat haid. Ini mungkin karena kemungkinan efek vitamin C pada tingkat estrogen dan progesteron , yang merupakan hormon yang bertanggung jawab atas waktu siklus menstruasi.

Tapi sekali lagi, nggak ada bukti penelitian yang mendukung kalim tersebut.

Tapi kalau kamu ingin mencoba vitamin C untuk cara mempercepat haid, coba deh konsumsi makanan berikut:

  • Sayuran berdaun hijau, seperti bayam dan kangkung
  • Buah jeruk, seperti jeruk dan jeruk bali
  • Sayuran silangan, seperti brokoli dan kubis Brussel

Berolahraga Secara Teratur

Menurut laporan yang diterbitkan di LiveStrong, olahraga dapat memiliki dampak yang signifikan pada siklus menstruasi kamu. Artinya, oalharag bisa sebagai cara mempercepat haid dan durasinya.

Selain itu, olahraga akan membuat kram menstruasi hilang sekaligus mengurangi stres, dan bahkan meringankan suasana hati, karena pelepasan 'hormon bahagia' yang disebut endorfin.

Beri Komentar