Bukan Karena Keturunan Bule, Ini Lho Alasan Warna Mata Lansia Tiba-Tiba Berubah Jadi Warna Biru!

Reporter : Mila Ismiranda
Selasa, 30 Juni 2020 12:57
Bukan Karena Keturunan Bule, Ini Lho Alasan Warna Mata Lansia Tiba-Tiba Berubah Jadi Warna Biru!
Kok bisa sih warna mata lansia berubah tiba-tiba?

Sering nggak sih kamu melihat dan memperhatikan warna mata orang tua atau lansia yang warnanya biru keabu-abuan? Mungkin kamu bakal berpikir bahwa mereka memiliki keturunan bule atau semacamnya.

Tapi ternyata hal ini salah, warna mata yang tiba-tiba berubah biru keabu-abuan pada lansia adalah suatu kondisi yang bisa dijelaskan secara medis. Penasaran? Yuk, simak!

1 dari 3 halaman

Pengertian

 Arcus senilis pada LansiaArcus senilis pada Lansia © shutterstock

Dalam dunia medis, ini dinamakan Arcus senilis. Arcus senilis memang sering terjadi pada orang yang berusia 40 tahun keatas.

Kondisi ini membuat timbulnya seperti lingkaran terang yang menyerupai warna biru keabu-abuan pada sekitar tepi iris.

2 dari 3 halaman

Penyebab

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya Arcus senilis sering dialami oleh orang 40 keatas, oleh karena itu diduga kondisi ini disebabkan karena faktor usia.

Meski belum bisa dipastikan, ada juga yang mengatakan kalau kondisi adalah akibat penumpukan lemak. Tapi, terjadinya Arcus senilis tidak berarti bahwa seseorang memiliki kolesterol tinggi ya.

3 dari 3 halaman

Pengobatan

Arcus senilis sebetulnya tidak perlu dikhawatirkan dan tidak berbahaya. Namun, jika disertai dengan tanda-tanda kolestrol tinggi, sebaiknya segera pergi ke dokter untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut ya.

Semoga informasi ini bermanfaat!

 

Beri Komentar