Bukan Hamil, Telat Menstruasi Justru Pertanda kamu Alami Penyakit Ini!

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Rabu, 15 April 2020 08:25
Bukan Hamil, Telat Menstruasi Justru Pertanda kamu Alami Penyakit Ini!
Jangan sampai salah kira ya.

Kehamilan memang selalu ditandai dengan berhentinya menstruasi. Nggak sedikit wanita yang mengira dirinya tengah hamil ketika tidak mengalami menstruasi atau ketika telat datang bulan. Padahal jika mengalami ini, bisa jadi ini merupakan pertanda beberapa penyakit lho.

Pada normalnya sistem menstruasi terjadi tiap bulan. Siklus menstruasi dimulai dari sejak hari pertama menstruasi hingga menstruasi berikutnya tiba. Nah, kalau siklusmu sedang tidak stabil. Ini bisa jadi pertanda suatu penyakit lho. Dilansir dari berbagai sumber, ini penyakit yang bisa dialami ketika telat datang bulan.

1 dari 5 halaman

1. Gangguan Tiroid

Ilustrasi Sakit Tiroid © Diadona


Kelenjar Tiroid berperan untuk mengatur metabolisme tubuh. Jika kelenjar tiroid terganggu dan nggak bekerja dengan baik, hal ini dapat berimbas pada siklus menstruasi yang jadi terganggu.

Nggak cuma menstruasi, tapi gangguan tiroit biasanya juga membuat ramut rontok, mudah lelah, berat badan dan berat badan yang naik-turun dengan drastis.

 

2 dari 5 halaman

2. Sindrom Ovarium Polistik (PCOS)

Ilustrasi Menstruasi © Diadona


PCOS merupakan suatu kelainan pada hormon dan sistem metabolisme tubuh sehingga mengganggu kinerja dari indung telur. Nah, kondisi ini menyebabkan datang bulan jadi terlambat datang.

 

3 dari 5 halaman

3. Ketidakseimbangan Hormon


Adanya ketidakseimbangan hormon ini juga bisa jadi pemicu menstruasi yang terlambat datang.

Hal ini disebabkan karena hormon esterogen yang mempengaruhi kesuburan dan siklus haid. Selain itu ada juga pengaruh darihormon esterogen yang membantu mengatur sistem reproduksi mempersiapkan siklus haid.

 

4 dari 5 halaman

4. Amenorrhea

Ilustrasi Kanker Serviks © Diadona

Amenorrhea sendiri terdapat dua jenis, yaitu primer dan sekunder. Pada jenis primer merupakan kondisi ketika wanita belum mengalami menstruasi meski telah melewati fase pubertas.
Sedangkan jenis sekunder terjadi ketika wanita yang diusia subur tidak kunjung mendapatkan haid hingga 3-6 bulan.

 

5 dari 5 halaman

5. Kanker Rahim

Ilustrasi Kanker Serviks © Diadona


Siklus menstruasi yang nggak teratur atau telat bisa jadi salah satu gejala dari kanker rahim stadium awal. Namun ketika telah memasuki stadium lebih lanjut, gejala yang ditimbulkan pun lebih kompleks.

Nah jadi itu dia kelima penyakit yang bisa jadi penyebab wanita nggak mengalami menstruasi atau telat datang bulan.

Jadi telat menstruasi nggak selalu berarti seorang wanita sedang hamil ya, banyak kemungkinan yang bisa terjadi. SJika kamu mengalami hal ini, sebaiknya kamu segera mengecek kebenarannya. Apakah itu kehamilan atau pertanda lainnya. Semoga kamu selalu diberi kesehatan, girls.

Beri Komentar