Selain Bukan Hobi Kaleng-Kaleng, Bermain Golf Ternyata Bisa Bikin Umur Panjang

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Kamis, 13 Februari 2020 16:04
Selain Bukan Hobi Kaleng-Kaleng, Bermain Golf Ternyata Bisa Bikin Umur Panjang
Siapa yang suka main golf? Ada kabar baik buat kamu, nih!

Pada suatu waktu, pas lagi nongkrong sama teman-teman lama, seorang teman nyeteluk: "Orang-orang pensiunan, yang berumur, olahraganya kebanyakan main golf."

Ketika saya pikir-pikir, iya juga. Lalu pagi tadi, saya nggak sengaja baca sebuah artikel, yang menyebutkan bahwa bermain golf bisa buat seseorang panjang umur.

Apakah itu alasannya orang berumur hobinya jadi bermain golf, biar umurnya panjang?

1 dari 2 halaman

CNN menyebutkan bahwa orang dewasa yang bermain golf setidaknya satu kali dalam sebulan bisa menurunkan risiko orang dewasa dari kematian dini.

Terdapat sebuah penelitian yang menyebutkan yang mendukung pernyataan ini. Penelitian tersebut dilakukan oleh para peneliti dari Zeenat Qureshi Stroke Institute.

Penelitian tersebut menyertakan sekitar 5,900 orang dewasa yang berumur lebih dari 65 tahun. 10 Tahun kemudian, diketahui bahwa 384 peserta rutin bermain golf, setidaknya sekali dalam sebulan.

Meski penelitian nggak menemukan perbedaan yang signifikan antara tingkat serangan jantung dan struk pada orang yang bermain golf maupun yang nggak, tetap aja ada perbedaan tingkat kematian antara pegolf dan non-pegolf.

2 dari 2 halaman

Tingkat kematian lebih rendah dari yang non-pegolf

Para peneliti menemukan orang yang bermain golf punya tingkat kematian lebih dari 8 % lebih rendah dibanding mereka yang nggak.

Alasannya adalah selain merupakan olahraga yang menyehatkan, golf merupakan olahraga yang sangat menyenangkan, begitu penjelasan Qureshi, Dr. Adhan Qureshi, penulis utama penelitian tersebut, yang juga seorang profesor neurologi di University of Missouri.

Meski demikian, golf nggak bisa menjadi faktor utama seseorang untuk bisa mengurangi risiko kematian dini. Bisa dari tidur dengan jumlah waktu yang cukup, bahkan sampai perihal pemilihan dan pola makan.

Semoga bermanfaat, ya!

 

Beri Komentar