Beragam Manfaat Bawang Bombay untuk Tubuh dan 10 Hacks yang Akan Mengejutkanmu

Reporter : Wuri Anggarini
Sabtu, 8 Februari 2020 17:13
Beragam Manfaat Bawang Bombay untuk Tubuh dan 10 Hacks yang Akan Mengejutkanmu
Ternyata bukan hanya mampu memberikan nutrisi bagi kesehatan, bawang bombay menjadi bahan yang sangat fleksibel dan banyak bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari.

Merasa masakan buatanmu kehilangan bahan yang membuatnya terasa lebih lezat? Kamu mungkin akan bertanya-tanya jika bawang bombay adalah jawabannya. Yup, bawang bombay  memang sering digunakan untuk menambahkan aroma dan kelezatan di berbagai hidangan, baik sop, tumisan, saus pasta, gorengan hingga salad.

Bukan hanya sebagai bumbu masak, bawang bombay juga menjadi salah satu anggota superfood yang paling sederhana, penuh dengan vitamin dan nutrisi, tapi harganya cukup terjangkau. Tidak salah jika bawang bombay menjadi salah satu bahan yang paling banyak dimakan di dunia, berkat banyaknya manfaat bawang bombay bagi tubuh. Mulai dari mencegah kanker, membantu mengendalikan gula darah, melindungi sistem pencernaan, menjaga kesehatan jantung, menjaga kesehatan tulang, hingga menjadi sumber antioksidan.

Manfaat bawang bombay untuk tubuh sebagai antibakteri dan anti-peradangan pun sudah dikenal selama bertahun-tahun dalam pengobatan tradisional. Ternyata bukan hanya mampu memberikan nutrisi bagi kesehatan, bawang bombay menjadi bahan yang sangat fleksibel dan banyak bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari.

1 dari 10 halaman

Gunakan untuk Membersihkan Pemanggang

©Shutterstock © Diadona

Memiliki alat pemanggang sendiri membuat berbagai acara seperti arisan atau kumpul-kumpul bersama keluarga jadi lebih seru. Tapi urusan membersihkan alat pemanggang dari bekas bakaran bisa jadi tugas berat karena sulit menghilangkan bekas minyak dan gorong. Ketimbang mengandalkan pembersih kimia, coba manfaatkan bawang bombay untuk membersihkannya.

Potong bawang bombay menjadi dua lalu tusuk dengan garpu. Gosok logam yang menjadi tempat panggangan dengan bawang bombay hingga bersih. Lalu bilas dengan air hangat untuk mendapatkan hasil yang bersih dalam waktu singkat. Kadar air dalam bawang bombay dan manfaat antiseptik mampu membersihkan sekaligus memberikan aroma yang lezat pada makanan yang dipanggang.

2 dari 10 halaman

Merawat Kecantikan Kulit

Selain dikonsumsi langsung untuk mendapatkan manfaat bawang bombay untuk tubuh, juga dapat digunakan untuk melakukan perawatan kulit dari luar. Perawatan kecantikan menggunakan bahan alami memang lagi booming karena dianggap cukup efektif dan tergolong aman serta rendah risiko. Perawatan kecantikan menggunakan bawang bombay ini memang sedikit bau tapi khasiatnya bisa membantu menghilangkan flek hitam dan jerawat.

Untuk mencerahkan kulit, cukup parut setengah bawang bombay lalu peras untuk mendapatkan ekstraknya dalam mangkuk kecil. Campurkan dengan 2 sendok teh cukup dan 1 sendok makan hidrogen peroksida. Oleskan sedikit ke area kulit yang ternoda setiap pagi dan sore, buktikan sendiri bagaimana flek tersebut memudah seiring perawatan rutin selama beberapa minggu.

Sedangkan untuk mengobati jerawat, cukup campurkan irisan bawang dengan air lalu blender atau tekan dengan garpu hingga halus. Oleskan ke jerawat secara rutin untuk memanfaatkan kandungan antibakteri dan anti-peradangan di dalam bawang bombay.

3 dari 10 halaman

Mencegah Alpukat Kecokelatan

©Shutterstock © Diadona

Siapa yang nggak doyan menyantap alpukat? Baik dijadikan minuman, dessert dingin, saus guacamole yang eksotik, hingga topping roti panggang, alpukat termasuk buah yang sebaguna.

Namun memiliki sisa alpukat mendatangkan kesulitan lain untuk menyimpannya. Dengan cepat permukaan daging alpukat menjadi kecokelatan karena enzim di dalamnya mudah teroksidasi saat terpapar udara. Tidak heran jika potongan alpukat atau makanan yang terbuat dari alpukat mudah berubah warna menjadi kurang menarik.

Salah satu cara yang terbukti ampuh untuk menjaga warna alpukat tetap hijau dan segar adalah dengan meletakkan bawang bombay di dekatnya. Gas belerang yang berasal dari bawang akan membantu menghentikan proses oksidasi.

4 dari 10 halaman

Menghapus Karat dari Pisau

Percaya atau tidak, enzim dalam bawang dapat menghilangkan karat dari benda logam, salah satunya pisau dapur. Jika memiliki pisau dapur yang mulai berkarat, gunakan untuk membelah bawang bombay dan biarkan dalam posisi tersebut selama beberapa detik baru tarik kembali. Ulangi proses ini sampai karat larut lalu cuci seperti biasa dan keringkan.

5 dari 10 halaman

Menghilangkan Noda

©Shutterstock © Diadona

Siapa sangka kalau bawang bombay bisa menghilangkan noda? Dua jenis noda yang berhasil dihilangkan dengan sari bawang bombay adalah tinta dan noda gosong akibat terkena setrika.

Jika memiliki bawang bombay yang sangat segar dan berair, potong jadi dua dan gosokkan pada noda. Cara lainnya, parut ke dalam mangkuk lalu gosokkan di atas noda. Agar hasilnya lebih maksimal, pakai kapas atau kain bersih dan rendam dalam sari bombay lalu tekankan di atas pakaian yang bernoda. Biarkan selama 8-10 menit dan jika perlu, oleskan kembali ekstrak bawang bombay hingga noda tinta atau tanda hangus hilang, lalu cuci seperti biasa.

6 dari 10 halaman

Merawat Rambut yang Mulai Menipis

Salah satu manfaat bawang bombay untuk tubuh yang cukup populer adalah merawat kesehatan rambut. Kandungan sulfur di dalamnya mampu meningkatkan aliran darah ke folikel rambut.

Untuk menggunakan bawang bombay sebagai salah satu cara untuk merawat rambut dan kulit kepala, pertama-tama kamu harus mengekstrak sari bawang bombay. Pertama, kupas bawang bombay, lalu potong menjadi dua hingga empat potong. Haluskan dengan blender atau parut dengan tangan, dan saring.

Pijatkan sari bawang bombay ke kulit kepala dan biarkan selama 10-15 menit. Jika baunya terasa terlalu menyengat, tutupi kepala dengan shower cap. Bilas dengan air hangat dan kemudian keramas seperti biasa.

7 dari 10 halaman

Mengurangi Sakit Telinga

©Shutterstock © Diadona

Salah satu manfaat bawang bombay untuk tubuh yang telah dikenal sejak lama adalah meringankan sakit pada telinga, misalnya radang atau merasa tersumbat. Pertama potong bawang bombay segar dan panaskan dalam microwave selama satu menit. Bungkus dengan kain katun atau kain tipis lainnya agar tidak membakar kulit. letakkan pada bagian telinga yang sakit selama 20-30 menit.

Quercetin, bahan kimia yang ditemukan dalam bawang bombay memiliki sifat anti-peradangan alami yang dapat meringankan peradangan. Pastikan untuk pergi ke dokter jika rasa sakitnya memburuk atau berlanjut lebih dari 24 jam.

8 dari 10 halaman

Menjauhkan Tanaman dari Serangga

Manusia bukan satu-satunya yang enggan mencium bau bawang. Kutu daun dan serangga lain yang sering jadi musuh tanaman di kebun juga dapat dicegah dengan bawang bombay. Caranya cukup mudah dan sederhana.

Pertama, potong bawang bombay dan haluskan dengan menambahkan secangkir air. Saring dan semprotkan cairan tersebut pada tanaman dengan daun yang berlubang usai dimakan serangga. Untuk hasil terbaik, gunakan saat fajar sebelum tanaman mulai terpapar sinar matahari.

9 dari 10 halaman

Membersihkan Sepatu

©Shutterstock © Diadona

Sepatu yang terkena noda lumpur atau rumput seringkali butuh waktu yang cukup lama dan usaha untuk membersihkannya. Coba gunakan irisan bawang bombay dengan cara menggosokkannya di sepatu selama beberapa menit. Bilas dengan air atau masukkan ke dalam mesin cuci.

10 dari 10 halaman

Menyingkirkan Bau Tak Sedap

Aroma bawang yang menyengat rupanya dapat menetralkan bau yang kuat di udara. Cukup iris bawang dan letakkan di kamar atau lemari yang bau selama beberapa jam lalu buang. Selain mampu menyerap bau cat di ruangan yang baru saja dicat, bawang bombay juga dapat menyerap bau lumut di ruang yang cenderung lembap atau garasi.

Selain berbagai manfaat bawang bombay untuk tubuh yang sehat, siapa sangka jika bumbu masak tersebut punya banyak kegunaan lain. Yuk, buktikan sendiri! (eth)

Beri Komentar