Benarkah Virus Corona Bisa Menyebar Melalui Ponsel?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Kamis, 12 Maret 2020 11:37
Benarkah Virus Corona Bisa Menyebar Melalui Ponsel?
Padahal ponsel dekat dengan kita. Pernah nggak kepikiran ponsel bisa jadi salah satu penyebaran virus corona?

Kita semua tahu bahwa virus corona sudah menyebar sangat cepat ke berbagai negara. Bahkan dikabarkan di negara kita sendiri Bertambah, Pasien Virus Corona di Indonesia Kini Mencapai 34 Orang.

Kabar lainnya tentang penyebaran virus corona ini juga macam-macam. Salah satunya adalah virus corona bisa menyebar melalui ponsel. Hmm, emang benar ya?

1 dari 3 halaman

Sebuah artikel yang dilansir dari Boldsky menerangkan bahwa selain menjaga kebersihan tubuh kita, kita juga perlu menjaga kebersihkan perangkat pribadi kita seperti ponsel. Sebab, ternyata ponsel juga merupakan salah satu sarang bakteri dan virus hidup.

Seperti halnya SARS dan MERS, menurut The Journal of Hospital Infection, virus corona dapat hidup pada benda-benda mati seperti gelas, plastik, dan logam sampai sembilan hari.

Jadi walaupun kamu menjaga kebersihan tanganmu semaksimal mungkin tapi nggak membersihkan ponselmu, kamu bisa terkena kuman, bakteri, dan virus yang berasal dari ponselmu.

2 dari 3 halaman

Makanya, kamu juga harus tetap membersihkan ponsel yang setiap jamnya selalu kamu gunakan itu.

Kamu bisa membersihkannya dengan sabun dan air. Bisa juga menggunakan hand sanatizer yang bisa kamu gunakan untuk tangan. Tapi, kalau ponsel kamu ini tahan air, ya.

Kalau bisa gunakan serta mikro yang lembut untuk mengusapnya. Kalau nggak ada, kamu juga bisa menggantinya dengan tisu kok. Tapi jangan tiso yang beralkohol ya, bisa-bisa nanti layar ponsel kamu rusak.

Kalau ponselmu ada casingnya, jangan lupa untuk membersihkannya juga. Tapi kalau kotornya udah keterlaluan banget, mendin kamu buang aja, jangan lagi digunain.

3 dari 3 halaman

Nah guys, jadi udah tahu kan ternyata virus corona bisa menyebar melalui ponsel. Tapi kamu nggak usah khawatir. Dengan menjaga kebersihan ponselmu, hal yang sempat kamu khawatirkan itu nggak akan terjadi kok.

Pokoknya biasanya hidup bersih bahkan sampai barang-barang pribadi kita sekali pun. Semoga bermanfaat, ya!

Beri Komentar