Bahan Dapur Ini Dipercaya Bisa Mengembalikan Indra Penciuman Pasca Terkena Covid-19, Apa Aja?

Reporter : Bagus Prakoso
Jumat, 9 Juli 2021 13:20
Bahan Dapur Ini Dipercaya Bisa Mengembalikan Indra Penciuman Pasca Terkena Covid-19, Apa Aja?
Beberapa bumbu dapur ini dipercaya bisa mengembalikan indra penciuman yang hilang akibat infeksi.

Virus Covid-19 kini tengah menjadi pandemi yang melanda dunia. Beberapa gejala penderita Covid-19 antara lain batuk, sesak napas, hingga hilangnya penciuman.

Hilangnya indra penciuman pada penderita Covid-19 biasa dikenal dengan istilah Anosmia. Gejala ini umum ditemui karena terjadinya infeksi pada sistem pernapasan.

Hal ini membuat orang-orang tak bisa mencium atau mengenali aroma, bahkan yang sangat menyengat. Jika mengalami hal seperti ini, sebaiknya jangan panik. Karena kamu bisa memulihkan indra penciumanmu dengan bumbu dapur alami yang mudah ditemui di rumah.

Apa saja itu? Melansir dari Stle Craze, berikut beberapa bumbu dapur yang bisa mengembalikan indra penciuman.

1 dari 6 halaman

1. Garam

Ilustrasi GaramIlustrasi Garam © shutterstock.com/g/Alesia Boukun

Garam dipercaya bisa mengembalikan indra penciuman. Caranya, membuat larutan air garam untuk membilas rongga hidung. Cara ini bisa dilakukan untuk memulihkan kemampuan indra penciuman yang hilang akibat infeksi atau alergi.

2 dari 6 halaman

2. Bawang Putih

Ilustrasi Bawang PutihIlustrasi Bawang Putih © pixabay.com/stevepb

Bawang putih memiliki aroma yang cukup menyengat. Ternyata bumbu dapur ini dipercaya bisa mengembalikan indra penciuman. Hal inii karena bawang putih mengandung zat antimikroba dan anti-inflamasi.

Caranya cukup mudah. Rebus 2-3 siung bawang putih yang telah dicincang. Setelah air rebusan bawang putih mendidih, angkat dan saring dalam gelas. Konsumsi air rebusan bawang putih 2 kali sehari.

3 dari 6 halaman

3. Jahe

Ilustrasi JaheIlustrasi Jahe © shutterstock.com/id/g/pilipphoto

Jahe adalah salah satu tanaman obat-obatan yang memiliki banyak khasiat. Ternyata, jahe juga bisa digunakan untuk meredakan flu dan juga mengembalikan indra penciuman yang hilang akibat infeksi.

Caranya cukup simpel, konsumsi potongan kecil jahe atau bisa juga diracik menjadti teh jahe yang menghangatkan. Konsumsi secara rutin.

4 dari 6 halaman

4. Kayu Manis

Bubuk Kayu ManisBubuk Kayu Manis © https://www.independent.co.uk/

Kayu Manis kerap digunakan untuk masakan dan minuman hangat. Memiliki aroma yang harum, kayu manis memiliki rasa manis dan sensasi hangat khas rempah-rempah.

Ternyata, kayu manis juga punya manfaat untuk kesehatan. Salah satunya adalah untuk mengembalikan indra penciuman akibat infeksi.

Caranya, racik kayu manis dan madu sebagai teh. Tambahkan 1/2 sendok teh kayu manis bubuk, 1 sendok teh madu, dan air hangat secukupnya. Minum racikan teh kayu manis ini 2 kali sehari.

5 dari 6 halaman

5. Daun Kari

Daun KariDaun Kari © alibaba.com

Daun kari kerap digunakan dalam masakan-masakan yang kaya akan rempah-rempah. Ternyata, Daun kari juga menyimpan beragam manfaat kesehatan. Hal ini karena daun kari memiliki kandungan zat anti-inflamasi. Baik digunakan untuk mengurangi gejala flu dan melegakan pernapasan.

Daun kari ini juga bisa digunakan untuk mengembalikan indra penciuman. Caranya cukup mudah. Rebus 10-15 lembar daun kari bersama 1 gelas air putih selama 30 menit. Setelah itu, minum rebusan air daun kari sebanyak 2 kali sehari.

Beri Komentar