Aroma Mantan Selalu Bikin Nostalgia tuh Kenapa, sih?

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Rabu, 12 Februari 2020 19:00
Aroma Mantan Selalu Bikin Nostalgia tuh Kenapa, sih?
Pernah nggak tiba-tiba kecium suatu bau yang mirip mantan?

Mantan pacar adalah seseorang yang pernah sangat dekat dengan kita, karena itu kita tahu banget gerak-geriknya, kebiasaannya, password handphone-nya sampai aroma badannya. Semua hal tentang mantan masih tersimpan rapi di memori otak, apalagi kalau belum move on.

Nah kamu pernah nggak ketika lagi ada di suatu tempat, tiba-tiba kamu mencium aroma mantanmu? seketika kamu langsung cari di sekeliling kamu, mungkin ada si dia. Tapi nyatanya nggak, itu hanya aroma orang lain yang sama dengan si mantan. Huh, kesel ya.

1 dari 3 halaman

Ilustrasi Wanita Mencium Bunga © Diadona

Meski udah berusaha ngelupain semua hal tentang mantan tapi masih inget aja sama aromannya. Iya, nyatanya kita memang nggak akan pernah bisa ngelupain bau mantan lho.

Jangan salah, kekuatan aroma atau bau-bauan itu luar biasa banget lho. Contoh lainnya nih, misalnya kalian udah makan dan perut terasa kenyang. Tapi ketika mencium sesuatu yang wanginya lezat, pasti kalian tertarik mencoba. Ya kan?

2 dari 3 halaman

Ilustrasi pasangan bahagia © Diadona

Ternyata, aroma secara instan bisa membangkitkan memori karena adanya bagian olfactory bulb. Bagian ini secara langsung terhubung ke amygadala dan hippocampus, yaitu bagian seputar memori dan emosi.

Dilansir dari nbcnews.com, menurut Dr. Ron DeVere, ketika orang secara sadar berusaha mengingat sesuatu, mereka fokus pada detail, bukan perasaan.

" Kalau kamu mengetahui suatu aroma, kamu akan secara langsung terbawa ke nostalgia masa lalu dimana kamu pernah mencium bau tersebut. Barulah kamu menyadari itu bau apa atau siapa."

3 dari 3 halaman

ilustrasi wanita sedih © Diadona

Karena aroma bisa membuat kita bernostalgia,aroma ini juga bikin kita cuma mengingat memori manisnya saja. Seperti mantan, ketika tiba-tiba mencium aromanya dia suatu tempat, yang kita inget bukan alasan kenapa putus, memori kita bertengkar atau kesedihan saat di hubungan itu. Tapi hanya kenangan manis dan memori bahagia saja yang muncul.

Jadi kalau kamu baru saja mencium aroma mantan di suatu tempat. Dan ini bikin kamu jadi ingin chat dia, kenapa enggak? Its okay kok! asalkan dia belum punya pacar ya.

Beri Komentar