9 Penyebab Muntah Darah dan Mimisan secara Tiba-Tiba, Tanda Penyakit Bahaya?

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Minggu, 9 Agustus 2020 21:53
9 Penyebab Muntah Darah dan Mimisan secara Tiba-Tiba, Tanda Penyakit Bahaya?
Daripada mengaitkannya dengan unsur mistis, kenali aja yuk apa saja penyebab muntah darah ini.

Muntah darah, atau yang disebut dengan hematemesis, adalah keberadaan darah pada muntahan. Penyebab muntah darah bisa karena sesuai hal yang kecil, namun tetap saja mengkhawatirkan. Muntah darah ini juga bisa karena kondisi serius yang membutuhkan penanganan medis segera.

Darah yang dimuntahkan bisa aja berwarna coklat, merah tua atua merah cerah. Warna darah sering bsia dijadikan suatu petunjuk medis tentang penyebab muntah darah dan keparahan kondiisnya.

Melansir Healthline, misalnya seseorang memuntahkan darah yang berwarna geap bisa jadi merupakan tanda dari pendarahan yang berasal dari saluran cerna bagian atas, seperti perut. Darah yang lebih gelap biasanya menunjukkan sumber perdarahan yang kurang cepat dan stabil.

Bagimana kalau berwarna merah terang? Apa penyebab muntah darah ini?

Ini terjadi sebagai bagian dari pendarahan akut yang yang berasal dari esofagus atau perut. Ini mungkin merupakan sumber perdarahan cepat.

Meski begitu, kamu nggak sebaiknya menganalisa penyebab muntah darah sendiri ya! Segera hubungi dokter terlebih kalau kamu memuntahkan darah dalam volume besar, mengalami pusing atau perubahan pernapasan.

1 dari 4 halaman

Apa Penyebab Muntah Darah?

Penyebab Muntah Darah © Diadona

Ada banyak penyebab muntah darah dengan tingkat keparahan yang bervariasi. Dan ini biasanya muncul sebagai akibat dari cidera, penyakit atau konsumsi obat.

Saat muntah darah, berarti ada pendaraha di suatu tempat di saluran makanan, perut, atau bagian pertama dari usus kecil.

Sakit Maag atau Maag Parah

Kalau kamu mengalami muntah dan nyeri seperti ada rasa terbakar di perut, kemungkinan besar penyebab muntah darah tersebut adalah tukak lambung atau radang parah pada lapisan lambung (gastritis).

Menurut NHS, penyebab muntah darah ini terjadi karena ada tukak atau peradangan yang merusak arteri. Luka juga dapat terbentuk di dinding usus 12 jari, yang disebut ulkus duodenum.

Varises Eskofagos

Varises eskofagus adalah pembuluh darah yang membesar di bagian bawah pipa makanan (esofagus). Bagian ini bisa saja berdarah sebagai gejala dari suatu penyakit, tapi biasanya tidak menimbulkan rasa sakit.

Varises esofagus biasanya terkait dengan penyakit hati karena konsumsi alkohol. bila penyebab muntah darah karena varises eskofagus maka penderita harus segera dirawat.

Penyakit Gastro-Oesophageal Reflux Parah

Yakni kondisi medis di mana asam dalam sistem pencernaan mengalami kebocoran, keluar dari perut dan naik ke kerongkongan.

Nah, pada penderita GORD parah, asam akan mengiritasi lapisan esofagus, memunculkan pendarahan. Inilah yang jadi penyebab muntah darah.

Sobekan pada Kerongkongan

Muntah yang berkepanjangan bisa menyebabkan lobek pada lapisan eksofagus. Inilah yang akhirnya juga jadi penyebab muntah darah.

Tumor

Baik tumor jinak maupun tumor ganas yang tumbuh pada kerongkongan atau lembung bsia jadi penyebab muntah darah.

2 dari 4 halaman

Penyebab Muntah Darah dan Mimisan

Penyebab Muntah Darah © Diadona

Lapisan hidung mengandung banyak pembuluh darah kecil yang berada di dekat permukaan. Pembuluh darah ini bisa sesekali rusak. Penyebabnya antara lain:

Udara Kering, yakni ketika selaput hidung mengering dan jadi lebih rentang dengan pendarahan dan infeksi

  • Mengupil
  • Sinusitis akut
  • Alergi
  • Penggunaan aspirin
  • Gangguan perdarahan, seperti hemofilia
  • Pengencer darah (antikoagulan), seperti warfarin dan heparin
  • Iritasi kimiawi, seperti amonia
  • Sinusitis kronis
  • Penggunaan kokain
  • Flu biasa
  • Septum menyimpang
  • Benda asing di hidung
  • Semprotan hidung, seperti yang digunakan untuk mengobati alergi, jika sering digunakan
  • Rinitis non alergi (kongesti kronis atau bersin yang tidak berhubungan dengan alergi)
  • Trauma di hidung

Nah, bila darah pada mimisan tersebut masuk ke saluran cerna,maka jadi penyebab muntah darah.

3 dari 4 halaman

Penyebab Muntah Darah secara Tiba-Tiba

Penyebab Muntah Darah © Diadona

Bila muntah darah terjadi secara tiba-tiba tanpa adanya gejala medis lain yang menyertainya, kemungkinan :

Darah yang Tertelan

Ada kemungkinan enyebab muntah darah terjadi karena tubuh menelan darah dalam kondisi tertentu, misalnya setelah mimisan parah. Kalau ini terjadi, darah juga bisa muncul di kotoran, membuatnya tampak hitam seperti aspal.

Hamil

Kehamilan identikan dengan kondisi muntah dan mual di pagi hari. Bila hal ini terus terjadi, sangat mungkin meyebabkan komplikasi berupa luka pada saluran cerna dan jadi penyebab muntah darah.

Menelan Racun

Misalnya menelan arsenik, suatu bahan kimia semi logam alami yang bisa ditemukan di air dalam tanah di seluruh dunia. Senyawa arsen ini bisa bereaksi dengan mudah dengan sel-sel tubuh, menggantikan unsur-unsur tertenti dari sel dna mengubah fungsi sel itu sendiri.

4 dari 4 halaman

Penyebab Muntah ada Bercak Darah

Penyebab Bayi Muntah © Diadona

Darah yang termuntah dari tubuh bisa saja tercampur dengan muntah lainnya. Sehingga darah hanya terlihat sebagai suatu bercak. Penyebab muntah darah tersebut bisa karena:

Robekan pada Kerongkongan

Yakni keberadaan robekan pada kerongkongan yang berbatasan dengan lambung. Gejalanya bisa beruoa muntah yang kuat, lalu diikuti dengan muntah darah yang ringan. Muntah kuat tersebut membuat terjadinya robekan pada lapisan epitel esofagus, yang pada akhirnya mengakibatkan pendarahan kecil dan penyebab muntah darah.

Namun bisa juga muntah yang berdarah ini disebabkan oleh hal-hal yang udah Diadona sebutkan di atas.

Untuk tahu apakah penyebab muntah darah tersebut karena kondisi medis yang darurat atau engga, penitng banget untuk memperhatiakn hal berikut:

  • Waktu
  • Frekuensi
  • Volume pendarahan
  • Riwayat dispepsia, disfagia, atau odynophagia
  • Riwayat penyakit terdahulu
  • Status merokok
  • Status alohol
  • Pengguanan steroi, NSAID, antikoagulan dan bifosfonat

Kalau kamu merasa penyebab muntah darah kamu alami karena hal medis yang ringan, bukan berarti hal tersebt jadi alasan buat nggak memperhatikan gejala lebih lanjut dan memeriksakan diri ke dokter ya!

Beri Komentar