8 Manfaat Kulit Manggis dan Daun Sirsak untuk Kesehatan

Reporter : Sofi
Senin, 27 Januari 2020 13:07
8 Manfaat Kulit Manggis dan Daun Sirsak untuk Kesehatan
Kulit manggis yang biasa dibuang, ternyata mengandung antioksidan yang baik untuk tubuh. Berikut adalah manfaat kulit manggis yang harus kamu ketahui.

Manggis ( Garcinia mangostana ) adalah buah tropis yang eksotis dengan rasa agak manis dan asam. Ini berasal dari Asia Tenggara tetapi dapat ditemukan di berbagai daerah tropis di seluruh dunia. Buah ini kadang-kadang disebut sebagai manggis ungu karena warna ungu tua kulitnya berkembang ketika matang. Sebaliknya, daging bagian dalam yang berair berwarna putih cerah.

Selain buahnya yang biasa dikonsumsi, kulit mnaggis dipercaya memiliki manfaat untuk kesehatan. Berikut adalah manfaat kulit manggis yang sudah dirangkum dari berbagai sumber.

1 dari 3 halaman

Manfaat Rebusan Kulit Manggis

Ilustrasi Teh © Diadona

Salah satu cara untuk mendapatkan manfaat kulit manggis ini adalah dengan mengonsumsi rebusannya. Untuk diingat jika akan merebus kulit manggis ini, kamu harus mencuci dan memastikan bahwa kulit manggis benar-benar bersih untuk tidak menambah penyakit dalam tubuh kamu akibat kotoran dari luar. Berikut adalah manfaat kulit manggis tersebut.

Kontrol gula darah

Manfaat kulit manggis memiliki kalori yang sangat sedikit. Ini membuat kulit manggis sangat aman bagi penderita diabetes. Kulit manggis juga mengandung serat yang membantu menjaga gula darah dalam tingkat normal, dengan mengikat gula berlebihan di usus dan mencegahnya diserap ke dalam darah.

Tetapi perlu diingat bahwa cara terbaik untuk mengendalikan diabetes adalah menjaga hidup sehat, seperti makan makanan sehat dan aktivitas fisik teratur.

Buang racun dalam tubuh

Manfaat kulit manggis selanjutnya adalah untuk membuang racun daalm tubuh kamu. Antioksidan dalam kulit manggis dapat mengikat dengan racun dan senyawa kimia yang masuk ke dalam tubuh dari polusi udara, rokok, makanan yang terkontaminasi dan radiasi. Zat berbahaya ini nantinya akan dihilangkan dari tubuh dengan air seni.

Jika zat-zat itu masuk ke usus, antioksidan di kulit manggis akan melindungi lapisan lendir usus sehingga lapisan lendir tidak akan bersentuhan langsung dengan racun. Proses ini juga bisa mencegah pembentukan kanker usus besar.

Dukung kesehatan tulang dan mata

Salah satu manfaat kulit manggis untuk kesehatan kulit manggis adalah menjaga kepadatan tulang, karena kandungan kalsiumnya. Kalsium penting untuk menjaga kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis. Jika kulit manggis dikonsumsi oleh anak-anak dan remaja, manfaat kulit manggis dapat mendukung pertumbuhan tulang yang optimal, membuat anak-anak tumbuh lebih tinggi dengan tulang yang kuat.

Selain itu, manfaat kulit manggis juga mengandung vitamin A, yang sangat baik untuk kesehatan penglihatan. Vitamin A dapat melindungi retina dan mempertajam penglihatan, dan mencegah xerophtalmia (kurangnya penglihatan dalam cahaya redup/gelap).

2 dari 3 halaman

Manfaat Kulit Buah Manggis

Ilustrasi Orang Tua © Diadona

Selain di rebus, manfaat kulit manggis biasa diekstrak untuk mempermudah mengonsumsinya. Berikut adalah manfaat kulit manggis yang harus kamu ketahui.

Mencegah penyakit jantung

Manfaat kulit manggis adalah dapat mencegah penyakit jantung. Hal ini berkaitan dengan kemampuan mengendalikan kadar kolesterol pada manggis. Serat dalam kulit manggis memiliki kemampuan meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan mengurangi kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida.

Antioksidan yang terkandung dalam kulit manggis berikatan dengan LDL dan trigliserida dalam darah dan mempercepatnya untuk diproses menjadi asam empedu, yang nantinya akan dihilangkan dari tubuh. Dengan kadar kolesterol seimbang, ini dapat mencegah pembentukan plak di dinding bagian dalam pembuluh darah, sehingga mencegah aterosklerosis. Aterosklerosis diketahui menyebabkan banyak penyakit kardiovaskular, seperti hipertensi, stroke, dan juga serangan jantung.

Menyehatkan kulit

Manfaat kulit manggis juga bisa untuk menyehatkan kulit, lho! Antioksidan yang tinggi pada kulit manggis sangat bermanfaat untuk mencegah penuaan dini. Antioksidan menghilangkan sel-sel mati dan mendorong proses regenerasi sel-sel baru. Selain itu, vitamin C dalam kulit manggis dapat mencerahkan kulit kusam dan berminyak.

Vitamin C juga mempromosikan pembentukan kolagen, yang dibutuhkan untuk menjaga kulit tetap kencang dan awet muda. Bahkan, manfaat kulit manggis juga memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi jerawat dan jerawat yang meradang, dan mencegah pembentukan jerawat baru. Manfaat kulit manggis memiliki agen antimikroba yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

Mencegah kanker

Kulit manggis sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh orang-orang yang rentan terhadap kanker, atau mereka yang sudah memiliki kanker. Tingginya antioksidan dalam kulit manggis sangat penting untuk melawan radikal bebas penyebab kanker. Apalagi xanthone, antioksidan yang terkandung dalam kulit manggis, dapat mencegah proliferasi sel kanker.

Ini akan sangat membantu proses penyembuhan kanker. Tetapi, harus diingat bahwa kulit manggis tidak dapat membunuh sel kanker sepenuhnya. Pasien kanker masih harus menjalani kemoterapi dan radioterapi, dan kulit manggis digunakan sebagai suplemen makanan.

Cegah penyakit kardiovaskular

Manfaat kulit manggis bisa untuk mencegah penyakit kaedovaskular. Serat dalam kulit manggis memiliki kemampuan meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan mengurangi kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida. Serat mengikat dengan LDL dan trigliserida di usus, mencegah mereka untuk diserap ke dalam darah. Antioksidan yang terkandung dalam kulit manggis berikatan dengan LDL dan trigliserida dalam darah dan mempercepatnya untuk diproses menjadi asam empedu, yang nantinya akan dihilangkan dari tubuh.

Dengan kemampuan mengendalikan kadar kolesterol, manggis memiliki manfaat kesehatan menjaga kesehatan jantung. Dengan kadar kolesterol seimbang, ini dapat mencegah pembentukan plak di dinding bagian dalam pembuluh darah, sehingga mencegah aterosklerosis. Aterosklerosis diketahui menyebabkan banyak penyakit kardiovaskular, seperti hipertensi, stroke, dan serangan jantung.

3 dari 3 halaman

Manfaat Kulit Manggis dan Daun Sirsak

Ilustrasi Sakit © Diadona

Dr. Devika Y dari laman alodokter.com mengatakan bahwa Sejauh ini penelitian mengenai ekstrak kulit manggis baru dilakukan pada hewan dengan skala penelitian kecil di laboratorium. Sampai saat ini belum ada penelitian yang dilakukan pada manusia. Sehingga manfaat ekstrak kulit manggis belum terbukti secara ilmiah pada manusia.

Masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk manfaat ekstrak kulit manggis pada manusia. Daun sirsak diklaim bisa menghambat penyebaran sel kanker. Namun belum ada penelitian medis yang menunjang mengenai manfaat daun sirsak untuk benjolan, tumor, ataupun kanker. Untuk penjelasan lebih lengkapnya kamu dapat membaca halaman alodokter.com.

Untuk diingat bahwa jika akan mengonsumsi kulit manggis ini untuk selalu berkonsultasi pada dokter yang bersangkutan dengan penyakit yang akan kamu sembuhkan. Semoga manfaat kulit manggis di atas bermanfaat!

Beri Komentar