8 Manfaat Bekam di Kepala dan Wajah untuk Kesehatan

Reporter : Sofi
Kamis, 30 Januari 2020 11:14
8 Manfaat Bekam di Kepala dan Wajah untuk Kesehatan
Manfaat bekam bisa untuk menghilangkan jerawat? Berikut adalah manfaat bekam lebih lengkapnya.

Terapi bekam adalah suatu pengobatan alternatif dengan menggunakan cangkir atau bahan berbentuk cangkir/mangkuk yang diletakkan di atas kulit tubuh untuk kemudian dihisap. Cangkir dapat dibuat dari berbagai bahan, seperti kaca, bambu, dan tembikar. Bekam sendiri di bedakan menjadi tiga berdasarkan tekniknya.

Bekam kering, merupakan terapi bekam yang tidak mengeluarkan darah kotor melainkan hanya angin. Bekam basah, merupakan terapi dengan memberikan tusukan jarum kecil pada kulit agar darah kotor keluar. Sedangkan bekam luncur, bisa dilakukan dalam bekam kering maupun basah dan memiliki teknik dengan menggerakkan cangkir ke berbagai arah dengan bantuan minyak pijat.

Lalu apa saja sih manfaat bekam ini? Berikut adalah manfaat bekam yang harus kamu ketahui.

1 dari 3 halaman

Manfaat Bekam di Kepala

Ilustrasi Wanita PusingIlustrasi Wanita Pusing © 2019 https://www.diadona.id/medicalnewstoday.com

Manfaat bekam di kepala dipercaya sebagai titik terbaik dalam praktek bekam. Akan tetapi, metode bekam pada kepala ini tidak boleh dilakukan dengan sembarangan karena ada beberapa titik saraf yang harus diketahui dalam menjalankan bekam di kepala ini. Berikut adalah manfaat bekam di kepala yang harus kamu ketahui.

Mengeluarkan racun dari dalam tubuh

Mengeluarkan racun dari dalam tubuh menjadi salah satu manfaat bekam di kepala. Metode bekam ini akan membersihkan darah dari segala macam racun dan juga sel darah yang sudah mati atau tidak berfungsi. Ini bisa terjadi karena secara umum kesehatan tubuh dipengaruhi oleh kondisi sel darah merah yang juga sehat. Dengan bersihnya darah yang mengalir di dalam tubuh, maka berbagai penyakit bisa dihindari dan kualitas kesehatan tubuh semakin meningkat.

Melancarkan peredaran darah

Manfaat bekam di kepala akan mengeluarkan darah kotor yang sudah tidak berfungsi dan jika didiamkan maka akan berdampak tidak baik untuk tubuh. Dengan lancarnya aliran darah, maka gumpalan darah patogen akan hilang dan peredaran darah dalam tubuh akan kembali teratur. Manfaat bekam di kepala salah satunya memang untuk melancarkan peredaran darah, bahkan tidak hanya pada kepala saja.

Mengatasi jerawat

Wajah yang berjerawat bisa terjadi karena menumpuknya darah kotor atau mati pada area wajah. Manfaat bekam di kepala salah satunya adalah untuk mengatasi jerawat. Manfaat bekam di kepala membuat penumpukkan darah kotor yang ada di sekitar wajah akan sangat mudah untuk dikeluarkan yang kemudian akan diganti dengan sel darah merah baru sehingga jerawat bisa diatasi dan dicegah untuk timbul kembali.

Mengatasi migrain

Manfaat bekam di kepala selanjutnya adalah dapat mengatasi migrain. Pada area kepala terdapat sekitar 100 titik bekam yang paling baik. Selain itu darah yang keluar saat melakukan bekam kepala ini akan membuat berbagai gangguan di area kepala seperti migrain bisa diatasi dengan baik secara aman tanpa menggunakan bahan kimia. Kamu bisa mendapatkan manfaat bekam di kepala ini dengan melakukannya bersama ahlinya.

2 dari 3 halaman

Manfaat Bekam Wajah

Ilustrasi Terapi Bekam WajahIlustrasi Terapi Bekam Wajah © 2020 https://today.com/

Bekam di wajah ini juga bisa dilakukan dan mempunyai manfaat kecantikan. Berikut manfaat bekam wajah. Manfaat bekam wajah mampu mengatasi tanda penuaan dini.

Bekam wajah sering digunakan sebagai perawatan antipenuaan. Hal ini disebabkan teknik bekam yang digunakan mampu merangsang pertumbuhan kolagen pada kulit sehingga membuat kulit terasa kenyal dan mengurangi tampilan garis halus. Karena melibatkan vakum di wajah, otomatis akan merangsang sirkulasi darah pada kulit. Sehingga kulit akan nampak berkilau alami. Biasanya, bekam wajah akan memakan waktu sekitar 30 menit.

Dimulai dengan membersihkan area wajah dan leher. Kemudian memijat area wajah dan leher menggunakan minyak esensial. Sebuah cangkir akan diletakkan di atas wajah untuk kemudian digeser secara perlahan seperti memijat di seluruh permukaan kulit. Efek hisap pada cangkir akan menciptakan ruang kosong dan secara efektif mengeluarkan kotoran kulit sambil mengangkat jaringan wajah.

3 dari 3 halaman

Manfaat Bekam bagi Kesehatan

Ilustrasi Orang TuaIlustrasi Orang Tua © 2019 https://www.diadona.id/@dailybn

Tentu terapi bekam ini memiliki manfaat kesehatan bagi tubuh kita. Berikut manfaat bekam bagi kesehatan.

Membuang racun, angin, dan kolesterol

Racun, angin, dan kolesterol bisa ditarik dengan cara menyedot darah kotor sehingga darah menjadi bersih. Biasanya, racun, angin, dan kolesterol berkumpul bersama darah di lapisan kulit.

Melancarkan peredaran darah

Terapi bekam terbukti mampu membantu melancarkan peredaran darah. Penyedotan darah kotor berdampak meningkatkan aliran darah sehingga membuat pembuluh menjadi lebih kuat. Tidak hanya manfaat bekam, kamu juga perlu tahu mengenai efek samping yang ditimbulkan ketika kamu melakukan terapi bekam ini akan menimbulkan efek samping.

Efek Samping dan Siapa yang Tidak Boleh Melakukan Terapi Bekam

Efek samping yang bisa di timbulkan dari terapi bekam di antaranya, infeksi kulit, peradangan, dan luka bakar. Hal ini di sebabkan karena jarum dan perangkat hisap yang digunakan bisa meninggalkan luka seperti memar pada kulit.

Mengutip dari laman hellosehat, National Center for Complementary and Integrative Health mengatakan jika pengobatan ini memiliki resiko menularkan penyakit melalui darah, seperti hepatitis B dan C. Efek ini memungkinkan terjadi jika penggunaan alat bekam di gunakan oleh lebih dari satu orang tanpa melalui proses sterilisasi.

The British Cupping Society menuturkan, “ Terapi bekam dapat mengobati berbagai macam kondisi penyakit." Hal ini memang belum didukung oleh penelitian, tetapi organisasi tersebut mengatakan bahwa terapi dapat digunakan pada:

1. Kelainan darah seperti anemia dan hemofilia

2. Penyakit rematik seperti arthritis dan fibromyalgia

3. Fertilitas

4. Masalah kulit seperti eksim dan jerawat

5. Tekanan darah yang tinggi seperti hipertensi

6. Migrain

7. Kegelisahan dan depresi

8. Sesak napas seperti yang disebabkan oleh alergi dan asma

9. Varises

The British Cupping Society menambahkan juga agar wanita hamil atau wanita yang sedang menstruasi, penderita kanker metastatik, dan orang yang mengalami patah tulang tidak melakukan terapi ini. Organisasi tersebut juga mengatakan bahwa terapi bekam tidak boleh dilakukan pada bagian tubuh seperti urat dalam trombosis, ulcer, lambung, arteri dan urat nadi.

Namun seperti pengobatan alternatif lainnya, terapi bekam memang belum diteliti secara luas. Para peneliti mengatakan bahwa kebanyakan studi mengenai terapi ini, masih kecil dan kurang. Studi lebih lanjut di diperlukan untuk membuktikan atau menyangkal klaim mengenai manfaat kesehatan.

Beri Komentar