8 Cara Mengobati Gusi Bengkak, Bernanah karena Gigi Berlubang secara Alami

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Kamis, 13 Februari 2020 16:35
8 Cara Mengobati Gusi Bengkak, Bernanah karena Gigi Berlubang secara Alami
Sakit gusi karena bengkak nggak kalah bikin senewen kok. Lalu gimana cara mengobati gusi bengkak?

Gusi yang bengkak bukan terjadi secara tiba-tiba. Bisa jadi, itu merupakan suatu tanda adanya penyakit gusi maupun infeksi. Penyebabnya beragam, dan kebanyakan berhubungan dengan kesehatan mulut atau komplikasi dari masalah kesehatan mulut.

Tapi ada juga sih gusi bengkak yang disebabkan oleh hal sederhana seperti partikel makanan yang nyangkut di gigi dan tinggal di gusi. Hal ini dapat dengan mudah menyebabkan iritasi dan pembengkakan di daerah tersebut.

Sebagian besar masalah ini tidak berlangsung lama dan akan hilang begitu partikel makanan terbuang.

1 dari 3 halaman

Cara Mengobati Gusi Bengkak karena Gigi Berlubang

Ilustrasi Garam Laut Mati © Diadona

Gusi bisa saja mengalami bengkak karena kondisi gigi berlubang. Nah kalau kondisi seperti ini, gimana cara mengatasi gusi bengkak ?

Air Garam

Penelitian yang dilakuka pada 2016 lalu menyebut kalau air garam dapat sebagai cara mengobati gusi bengkak, dan menenangkan gusi yang meradang.

Langkah

  • Campurkan 1 sdt garam dan satu gelas air hangat suam-suam kuku.
  • Gunakan untuk berkumur-kumur selama 30 detik.
  • Muntahkan ya, jangan ditelan
  • Lakukan ini 2 hingga 3 kali sehari sampai pembengkakan hilang.

Kompres Air Hangat

Cara mengobati gusi bengkak selanjutnya, yakni dengan kompres air hangat maupun dingin. Ini karena suhu akan menghilangkan rasa sakit sekaligus menenangkan gusi.

Langkah

  • Rendam waslap bersih atau handuk dengan air hangat, peras sisa airnya.
  • Pegang kain hangat pada wajah- di luar mulut, tidak langsung pada gusi - selama sekitar 5 menit.
  • Cara mengobati gusi bengkak dengan air dingin juga bisa kamu lakukan dengan langkah yang sama, hanya menggantinya dengan kantong beris es batu.

Ulangi siklus hangat / dingin 2 hingga 3 kali lagi.
Lakukan ini 2 hingga 3 kali sehari selama dua hari pertama setelah ditemukannya gusi yang bengkak.

2 dari 3 halaman

Cara Mengobati Gusi Bengkak secara Alami

Ilustrasi Lidah Buaya © Diadona

Ada beberapa bahan yang bisa kamu gunakan sebagai cara mengobati gusi bengkak. Selain mudah ditemukan, bahan tersebut juga punya risiko yang kecil banget untuk terjadinya iritasi.

Lidah Buaya

Sebuah penelitian menyebut kalau lidah buaya bisa menjadi cara mengobati gusi bengkak. Gel lidah buaya mengurangi peradangan pada gusi akibat radang gusi. Namun, penelitian ini juga mencatat lidah buaya tidak selalu lebih baik daripada obat kumur.

Yang patut dicatata, gel lidah buaya nggak menyembuhkan radang tapi mengurangi peradangannya. Karena itu sekarang ini sudah banyak perusahaan pembuat obat kumur yang menggunakan lidah buaya sebagai bahan aktif, namun ada juag yang memilih menggunakan gel tanaman ini secara langsung.

Gimana cara mengobati gusi bengkak dengan lidah buaya? Yang cukup dengan mengunyah lidah buaya selama beberapa waktu sampai gellnya keluar. Kunyahlah selama beberapa menit lalu keluarkan dari mulut.

Ilustrasi Kunyit © Diadona

Gel Kunyit

Kunyit bisa untuk cara mengobati gusi bengkak karena kandungan kurkuminnya yang bersifat anti okaidan dan antiinflamasi. Sebuah penelitian juga menyebut kalau kurkumin dapat mencegah plak dan radang gusi, penyebab terjadinya pembengkakan.

Berikut langkah-langkah untuk menggunakan gel kunyit sebagai cara mengobati gusi bengkak

  • Gosok gigi, bilas mulut sampai bersihOleskan gel kunyit ke gusi
  • Biarkan gel menempel di gusi selama 10 menitAlirkan air pada gel untuk membilas gel
  • Muntahkan
  • Lakukan ini 2 kali sehari sampai pembengkakan hilang.

Minyak Essensial

Dari penelitian dalam European Journal of Dentistry di tahun 2013 lalu, beberapa minyak essesnail bisa sebagai cara mengobati gusi bengkak. Diantaranya, peppermint, tea tree oil dan minyak tyme yang efektif mencegah pertumbuhan mikroorganisme penyebab penyakit di mulut.

Trus gimana cara pakainya?

  • Campurkan tiga tetes minyak tersebut ke 800 ml air hangat
  • Gunakan untuk berkumur selama 30 detik
  • Muntahkan
  • Lakukan dua kali sehari sampau pembengkakan hilang

3 dari 3 halaman

Cara Mengobati Gusi Bengkak Bernanah

Ilustrasi Obat Kumur © Diadona

Gusi bengkak dan terdapat nanah di sekitarnya? Kemungkinan itu merupakan gejala abses gigi, yakni kumpulan nanah dalam gigi dan di sekitarnya yang terbentuk sebagai akibat dari infeksi gigi.
Kondisi tersebut biasanya akan membuat gusi jadi bengkak dan terdapat kemerahan di sekitar gigi.

Untuk itu, coba deh cara mengobati gusi bengkak berikut untuk mengurangi peradangan serta meningkatkan eksehatan gusi.

Obat Kumur Antiseptik

Memang obat ini nggak bisa menghilangkan plak pada gigi, namun bisa mengendalikan penumpukan bakteri yang membaut plak jadi bertambah. Kamu bsia mendapatkan obat ini di apotek, sebagai cara mengobati gusi bengkak. Untuk efek yang lebih optimal, carilah yang mengandung bahan dengan sifat antiseptik yang kuat, seperti cetylpyridinium chloride.

Ibuprofen

Gusi yang bengkak pasti bikin linu banget di area tersebut. Untuk cara mengobati gusi bengkak bisa kamu lakukan dengan penghilang rasa sakit seperti ibuprofen, misalnya. Obat ini akan mengurangi rasa sakit gusi sementara seseorang menjalani perawatan untuk abses gigi atau penyakit periodontal.

Masalah gusi bengkak ini sebenarnya masalah umum kok, dan hampir sebagian besar bukan sesuatu yang perlu dikhawatirkan. Namun bisa saja gusi bengkak yang bertahan lebih dari 1-2 hari merupakan tanda dari masalah seperti gingivitis, periodontitis, atau abses gigi . Jika pembengkakan terjadi bersamaan dengan demam , maka jangan ragu untuk datang ke dokter gigi.

Antibiotik

Dokter biasanya akan meresepkan antibiotik sebagai cara mengobati gusi bengkak kamu. Nggak cuman itu, pemberian antibiotik akan disertai dengan tindakan berupa

Beri Komentar