6 Manfaat Blewah bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Jumat, 27 Desember 2019 10:42
6 Manfaat Blewah bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui
Blewah banyak manfaatnya? Memangnya apa saja sih?

Blewah memiliki penampilan yang menarik, karena memiliki warna yang terlihat manis. Blewah merupakan salah satu buah yang rendah kalori, namun memiliki berbagai nutrisi penting. Kandungan nutrisi pada blewah mampu membantu menurunkan risiko penyakit tertentu, dan mampu membuat tubuhmu menjadi sehat.

Ada berbagai manfaat blewah bagi kesehatan yang jarang diketahui. Yuk simak ulasannya, seperti yang dikutip dari Reader's Digest (20/11) berikut ini.

1 dari 6 halaman

1. Blewah bagi Kesehatan Rambut

Kandungan vitamin A dan C pada blewah berkhasiat membantu menjaga rambut yang kuat dan sehat. Vitamin A dikenal sebagai retinol, diperlukan untuk produksi sebum, suatu senyawa yang menjaga kulit kepala dan rambut tetap lembap.

Vitamin C dalam bleah dibutuhkan untuk membangun dan memelihara kolagen, yang menyediakan struktur pada kulit dan rambut. Selain itu juga berfungsi menyerap zat besi. Kekurangan zat besi akan berakibat pada kerontokan rambut, namun kelebihan zat besi justru menambah racun dalam tubuh.

2 dari 6 halaman

2. Blewah Membantu Menjaga Kesehatan Kulit

Blewah mengandung vitamin A, C, serta kaya akan cairan sehingga baik untuk membantu menjaga kesehatan kulit. Untuk meningkatkan manfaat dari blewah, sebaiknya gabungkan dengan mengonsumsi lemak sehat seperti minyak zaitun, alpukat dan almond. Kamu bisa menyulap makanan ini menjadi sebuah salad, dengan tambahan minyak zaitun, segenggam almond dan sepotong salmon.

3 dari 6 halaman

3. Blewah Membantu Tubuh Tetap Terhidrasi

Blewah tidak hanya menjadi makanan penutup yang menyegarkan dan rendah kalori, namun kandungan air yang tinggi pada blewah mampu membuat tubuhmu tetap terhidrasi. Blewah kaya akan kalium, elektrolit yang hilang manakala tubuh mengeluarkan keringat.

Mengonsumsi blewah yang kaya akan kalium, mampu memulihkan tubuh seusai melakukan olahraga, sekaligus mengurangi kemungkinan kram otot dan kelelahan.

4 dari 6 halaman

4. Blewah Baik untuk Jantung

Kandungan serat, kalium, dan vitamin C pada blewah berkontribusi dalam menjaga kesehatan jantung manusia. Makanan tinggi serat seperti blewah mampu membantu mengontrol tekanan darah, menurunkan LDL, serta kolesterol jahat.

Kandungan kalium pada blewah akan membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi risiko stroke, pembentukan batu ginjal, dan melindungi terhadap kemungkinan hilangnya massa otot dan kepadatan mineral tulang.

5 dari 6 halaman

5. Blewah Membantu Menjaga Pencernaan

Blewah mengandung serat larut dan tidak larut, yang bekerja bersama untuk kesehatan usus, membantu mencegah sembelit dan menjaga saluran pencernaan tetap sehat. Memiliki saluran pencernaan yang sehat dapat membantu menangkal kondisi seperti divertikulitis dan sindrom iritasi usus. Bahkan dengan mengonsumsi makanan yang tinggi serat, terbukti mampu mengurangi risiko kanker usus besar.

6 dari 6 halaman

6. Blewah Membantu Mengontrol Nafsu Makan

Blewah merupakan makanan yang kaya akan serat, sehingga mampu mengendalikan rasa lapar, sekaligus membantu mengendalikan berat badan. Blewah termasuk buah dengan kalori rendah dan tidak mengandung lemak atau kolesterol.

Beri Komentar