5 Manfaat Bangun Pagi yang Harus Kamu Ketahui

Reporter : Arif Mashudi
Senin, 27 Januari 2020 15:45
5 Manfaat Bangun Pagi yang Harus Kamu Ketahui
If you win the morning, you win the day!

Bagi Kebanyakan orang apalagi anak-anak muda, bangun pagi merupakan pekerjaan yang cukup berat dan sulit. Padahal, bangun pagi akan membuat kita lebih bersemangat dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Udara pagi hari yang masih segar memiliki manfaat luar biasa untuk kesehatan tubuh kita. Dilansir dari www.sleepadvisor.org, ada banyak manfaat yang bisa didapatkan ketika kita bangun lebih pagi. Apa saja? Mari simak ulasan di bawah ini.

1 dari 3 halaman

1. Meningkatkan Kualitas Tidur
Menjaga rutinitas tidur akan membuat tubuhmu untuk bangun dan tidur pada waktu yang sama di setiap harinya secara alami. Hal ini, cukup penting untuk untuk aktifitas internal tubuh. Ini berbeda dengan ketika akhir pekan kamu tidur larut malam dan bangun kesiangan, tubuh akan sulit untuk mrnyesuaikan dengan pola tersebut.

2. Menjaga Kesehatan Jantung dan Paru-Paru
Bangun di pagi hari memberikan dampak yang sangat bagus untuk kesehatan, karena kita bisa menghirup udara pagi yang masih segar. Hal itu tentunya sangat baik bagi jantung dan juga paru-paru. Jika kita rajin bangun pagi setiap hari dan menghirup udara pagi yang masih belum terkontaminasi polusi, tentunya jantung dan paru-paru akan semakin sehat.

 

2 dari 3 halaman

Ilustrasi Wanita Karier © Diadona

3. Mendongkrak Produktivitas
Sebuah penelitian yang dilakukan oleh profesor biologi di University of Education di Heidelberg menemukan bahwa orang yang bangun lebih pagi memiliki energi yang lebih banyak. Selanjutnya, otak cenderung lebih waspada dan lebih berkonsentrasi di pagi hari. Hasilnya, akan banyak hal yang bisa diselesaikan ketika kita bangun di pagi hari.

4. Mempunyai Waktu Lebih Untuk Olahraga
Bangun lebih awal membuat kita memiliki lebih banyak waktu untuk berolahraga di pagi hari. Olahraga di pagi hari, akan membuat lebih segar dan berenergi sepanjang hari.

Ilustrasi Wanita Olahraga © Diadona

3 dari 3 halaman

5. Meningkatkan Konsentrasi
Memulai hari lebih pagi, bisa meningkatkan konsentrasi. Sebab, kita jadi memiliki waktu lebih banyak untuk fokus pada tujuan dan daftar pekerjaan di hari tersebut, tanpa terganggu oleh teman kerja yang lain atau orang di rumah.

Kita juga jadi punya lebih banyak waktu untuk menyesuaikan diri sebelum memulai pekerjaan. Hal ini akan membuat lebih peka terhadap situasi, terutama di jam-jam sibuk.

Nah, itulah beberapa manfaat bangun di pagi hari. Mulai sekarang jangan malas untuk bangun pagi, ya!

 

Beri Komentar