5 Makanan yang Menjaga Kesehatan Paru-Paru

Reporter : Arif Mashudi
Senin, 27 Januari 2020 14:28
5 Makanan yang Menjaga Kesehatan Paru-Paru
Beberapa makanan yang kamu temui setiap hari ternyata bisa menjaga kesehatan paru-parumu.

Paru-paru merupakan salah satu organ tubuh yang vital pada sistem pernapasan manusia. Seiring dengan berkembang pesatnya industri di zaman modern ini, semakin sering udara yang kita hirup terpapar oleh polusi. Dilansir dari situs Medical News Today, kesehatan paru-paru sangat penting bagi seseorang karena paru-paru adalah organ pembersih diri yang akan mulai sembuh sendiri setelah paparan polutan dan asap berhenti. Beberapa makanan pun dipercaya bisa membuat saluran udara dan paru-paru lebih sehat jika dikonsumsi saat terpapar polusi.

Polusi udara dapat menyebabkan banyak penyakit seperti radang paru, asma, atau bahkan kanker. Untuk mencegah datangnya penyakit jahat tersebut, kita bisa mengkonsumsi makanan yang bisa menyehatkan paru-paru secara alami. Apa saja makananya? simak baik-baik ulasan di bawah ini, ya!

1 dari 5 halaman

ilustrasi buah apel © Diadona

1. Apel

Berdasarkan hasil penelitian dari Respiratory Journal, anak-anak ataupun orang dewasa yang meminum jus buah apel setidaknya satu hari sekali, kemungkinanya sangat kecil untuk mengidap penyakit pernapasan. Hal tersebut disebabkan, Apel mempunyai kandungan senyawa fenolik dan flavonoid yang berfungsi mengurangi peradangan di rongga-rongga organ pernapasan.

2 dari 5 halaman

2. Teh Hijau
Banyak sekali manfaat kesehatan dan juga perawatan kecantikan yang terdapat pada teh hijau. Selain itu, teh hijau juga sangat efektif mengurangi peradangan di paru-paru. Hal tersebut dikarenakan teh hijau mengandung quercetin, yakni antioksidan yang bertindak sebagai antihistamin alami. Teh hijau juga bagus untuk melindungi paru-paru dari iritasi dengan mengeluarkan selaput lendir dan untuk membantu menjaga saluran udara di pernapasan tetap bersih.

Ilustrasi Teh Hijau © Diadona

3 dari 5 halaman

Ilustrasi ikan salmon © Diadona

3. Ikan Segar
Asam lemak omega-3 yang terkandung dalam ikan segar seperti salmon dapat mengurangi peradangan pada paru-paru serta efektif melawan bakteri. Selain itu, kandungan omega-3 juga dapat melawan infeksi bakteri umum yang ditemukan pada orang yang memiliki penyakit paru-paru.

 

4 dari 5 halaman

4. Brokoli
Journal of National Cancer Institute menunjukkan bahwa wanita yang makan lebih dari lima porsi sayuran setiap minggu memiliki risiko lebih rendah terkena kanker paru-paru. Sayuran seperti brokoli, kubis, dan juga kangkung membantu mengurangi resiko terkena kanker. Jenis sayuran tersebut banyak mengandung glukosinolat, senyawa alami yang telah ditemukan menghambat perkembangan beberapa jenis kanker pada hewan dan beberapa manusia, termasuk kanker paru-paru.

23 Manfaat Jus Sayur Brokoli untuk Kesehatan dan Bayi © Diadona

5 dari 5 halaman

Ilustrasi Bawang Putih © Diadona

5. Bawang Putih
Bawang putih juga memiliki sifat anti-inflamasi dan juga mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Berdasarkan penelitian, orang yang mengkonsumsi bawang putih sangat rendah kemungkinanya untuk terkena kanker.

Nah, itulah beberapa makanan yang bisa menjaga paru-parumu tetap sehat. Jangan lupa juga untuk selalu menggunakan masker untuk menghindari paparan polusi udara.

Beri Komentar