5 Cara Untuk Mengatasi Anxiety Disordermu Sehari-hari

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Selasa, 28 Januari 2020 16:51
5 Cara Untuk Mengatasi Anxiety Disordermu Sehari-hari
Melawan diri sendiri memang tidak mudah, tapi kamu perlu, wajib dan harus melakukannya, karena kamu bisa.

Anxiety disorder adalah gangguan mental yang membuat penderitanya memiliki kecemasan berlebih. Kecemasan ini dapat berupa rasa takut dan khawatir yang dapat berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari. Bagi mereka yang tidak mengetahui, hal ini memang terlihat remeh dan sepele. Namun tidak bagi mereka yang mengalaminya.

Pada dasarnya hampir semua orang memiliki anxiety disorder atau gangguan kecemasan. Namun ketika hal ini mulai mengganggu kegiatan sehari-harimu, maka kamu perlu mulai melakukan hal-hal yang dapat membantumu mengatasinya. Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya.

 

1 dari 5 halaman

1. Jangan terlambat

Ilustrasi Wanita Menarik Napas © Diadona


Jika kamu terburu-buru, jantungmu akan berdebar seperti drum. Lebih baik sedikit lebih awal dan menunggu. Jika terlambat, jangan terburu-buru. Ambil nafas dalam-dalam dan biarkan dirimu menyesuaikan diri sedikit. Karena yang terpenting adalah ketenangan pikiranmu.

2 dari 5 halaman

2. Tidur Teratur

ilustrasi wanita mimpi buruk © Diadona


Penderita gangguan kecemasan biasanya akan mengalami rasa cemas berlebih ketika akan tidur. Pikiran akan dipenuhi dengan kekhawatiran atas kejadian hari tersebut hingga hal yang akan terjadi keesokan harinya.

Padahal tidur berfungsi untuk membuat tubuhmu dan otakmu beristirahat setelah kepenatan yang terjadi hari itu. kamu dapat mendengarkan musik, atau melakukan meditasi terlebih dahulu ketika akan tidur. Sehingga dapat mmebuatmu lebih mudah beristirahat.

3 dari 5 halaman

3. Pilih apa yang akan kamu kenakan terlebih dahulu

ilustrasi wanita nonton tv © Diadona


Tidak ada yang lebih buruk daripada mencoba menyatukan pakaian pada menit terakhir. Berbusana bagus juga akan membantu meningkatkan kepercayaan diri. Pilih sesuatu yang nyaman dan membuatmu merasa aman.

4 dari 5 halaman

4. Jangan takut berbagi masalahmu dengan orang lain

Ilustrasi pasangan makan © Diadona


Jika kamu sedang mengalami perasaan cemas dan takut akan sesuatu, maka tidak ada salahnya jika kamu menceritakan hal tersebut pada teman atau sahabatmu. Bebanmu akan terasa berkurang jika kamu membaginya dengan orang lain. Terlebih kamu juga akan mendapatkan dukungan dan masukan dari orang disekitarmu tersebut yang dapat memberimu sudut pandang lain.

5 dari 5 halaman

5. Selalu berpikiran positif

ilustrasi wanita tenang © Diadona


Memang terdengar remeh, namun hal ini jika benar-benar dapat kamu terapkan. Maka benar-benar dapat membantu pikiranmu.

Gangguan kecemasan sama seperti gangguan lainnya yang dapat disembuhkan. Jangan biarkan gangguan ini mempengaruhi seluruh pikiranmu menjadi negatif. Tetap tanamkan rasa optimis pada dirimu. Dengan memahami hal ini, maka hal ini dapat mengurangimu gangguan anxiety mu.

And hey, tetap semangat ya!

Beri Komentar