4 Makanan Fermentasi yang Bagus Bagi Kesehatan Tubuh

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Kamis, 23 Januari 2020 22:56
4 Makanan Fermentasi yang Bagus Bagi Kesehatan Tubuh
Tidak cukup makan, tubuh juga membutuhkan makanan bergizi.

Sebagai negara yang memiliki kekayaan kuliner, di Indonesia terdapat beberapa makanan yang diolah dengan proses fermentasi. Makanan fermentasi adalah jenis makanan yang diolah dengan bantuan mikroorganisme seperti bakteri, ragi, dan lainnya. Makanan ini tidak hanya meningkatkan daya simpan makanan dan kaya gizi, tapi juga dapat membantu menambah bakteri baik dalam usus.

Dilansir dari berbagai sumber, inilah makanan fermentasi di Indonesia yang menyehatkan tubuh.

1 dari 4 halaman

1. Tempe

Ilustrasi Masakan Tempe © Diadona


Tempe merupakan salah satu makanan yang digemari oleh hampir sebagian besar orang Indonesia. Tidak hanya enak, tempe juga salah satu makanan fermentasi yang sehat.

Tempe mengandung berbagai zat nutrisi seperti asam amino, probiotik. Yang mana keduanya berguna untuk menjaga metabolisme dan menjaga kesehatan tubuh.

2 dari 4 halaman

2. Tahu

Ilustrasi Tahu © Diadona


Sama digemarinya dengan tempe, tahu kaya akan zat besi yang membantu meningkatkan pembentukan sel darah, sehingga kamu terbebas dari anemia.

Sebagai sumber zat besi yang sangat baik, tahu berfungsi untuk membantu mencegah anemia. Kekurangan zat besi menyebabkan penurunan jumlah sel darah merah sehingga tahu merupakan solusi yang tepat untuk dikonsumsi.

3 dari 4 halaman

3. Tape

Ilustrasi Tape © Diadona

Terdapat kandungan karbohidrat, vitamin A, vitamin B1, vitamin B12, kalsium, dan fosfor yang terkandung di dalam tape singkong. Kandungan ini sangat bermanfaat berbagai kebutuhan tubuh.

4 dari 4 halaman

4. Kecap

 

Ilustrasi kecap © Diadona

Selain protein, manfaat kecap berikutnya berasal dari kandungan zat besi yang ada pada kecap. Zat besi merupakan salah satu jenis zat yang juga diperlukan oleh tubuh kita. Zat besi sendiri sangat baik untuk membantu memperlancar peredaran darah kita, dan juga dapat membantu mencegah munculnya gejala anemia atau kekurangan darah, seperti tubuh yang menjadi lemas, mudah terserang penyakit, dan juga mudah merasa lemas dan juga lelah.

Beri Komentar