39 Manfaat Olahraga Lari, dan Renang, yang Baik untuk Kesehatan Tubuh juga Mental

Reporter : Sofi
Selasa, 7 Januari 2020 17:03
39 Manfaat Olahraga Lari, dan Renang, yang Baik untuk Kesehatan Tubuh juga Mental
Ada berbagai macam olahraga dngan manfaat masing-masing. Berikut manfaat olahraga yang harus kamu ketahui.

Olahraga adalah setiap gerakan yang membuat ototmu bekerja dan mengharuskan tubuhmu untuk membakar kalori. Ada banyak jenis aktivitas fisik, termasuk berenang, berlari, jogging, berjalan, menari, dan lain-lain. Menjadi aktif telah terbukti memiliki banyak manfaat kesehatan, baik secara fisik maupun mental. Bahkan dapat membantumu hidup lebih lama. Berikut manfaat macam-macam olahraga yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

1 dari 3 halaman

Manfaat Olahraga Lari

ilustrasi olahraga lari © Diadona

Olahraga lari merupakan olahraga paling sederhana dan sangat bermanfaat bagi tubuh. Olahraga yang satu ini dipercaya sebagai olahraga paling murah karena tidak perlu membutuhkan uang banyak untuk melakukannya. Perseiapan dalam melakukan olahraga ini pun tidak terlalu banyak, menjadikan olahraga ini simple tapi sangat bermanfaat.

Macam-macam dari lari ini ada lari jarah kauh, lari jarak dekat, dan jogging atau lari kecil. Kemudian manfaat olahraga lari apa saja yang didapat? Berikut manfaat olahraga lari.

1. Menurunkan berat badan

Olahraga lari dapat membantu menurunkan berat badan. Manfaat olahraga lari berperan dalam mengurangi kalori dalam tubuh. Lari juga akan menurunkan kolesterol darah, mengurangi rasa lapar dan memperbaiki metabolisme tubuh. Hal ini akan berpengaruh pada berat badan yang tentu saja akan berkurang.

2. Terhindar dari penyakit kardiovaskular

Aktivitas olahraga seperti lari merupakan hal yang dapat membantu kamu hidup lebih lama. Hal ini dibuktikan oleh seorang asisten profesor bidang kinesiologi di Iowa University, Amerika Serikat bernama Duck-Chul Lee. Penelitiannya menunjukkan bahwa mereka yang gemar berolahraga lari cenderung lebih kecil risikonya terkena penyakit kardiovaskular.

Minimnya risiko terkena penyakit berarti peluang untuk hidup lebih panjang jauh lebih besar dibandingkan mereka yang tidak suka olahraga lari.

3. Mengecilkan betis dengan lari jarak jauh

Jika diperhatikan, para pelari jarak jauh atau marathon biasanya memiliki kaki yang langsing dan kencang. Berbeda dengan kaki pelari sprinter yang cenderung besar, pelari marathon memiliki kaki yang terbentuk dengan baik. Melihat hal tersebut, manfaat olahraga lari yang didapat dengan lari jarak jauh dengan santai akan lebih efektif untuk mengecilkan betis daripada berlari dengan cepat dalam waktu singkat.

4. Meningkatkan fungsi organ tubuh

Lari secara rutin akan menguatkan jantung, menambah jumlah kapiler serta sel-sel darah merah dalam tubuh. Jantung yang terlatih akan memompa jumlah darah yang lebih besar per siklus. Saat aliran darah meningkat, konsumsi oksigen juga akan meningkat. Membiasakan diri berlari dengan rutin akan memberikan efek positif pada tulang dan sendi-sendi dalam tubuh.

ilustrasi olahraga lari © Diadona

Manfaat olahraga lari juga berlaku bagi orang yang berusia lanjut karena mencegah penyakit sendi degeneratif atau ostearthritis.

5. Meningkatkan kualitas otak

Saat kamu sedang berlari, otak akan menghasilkan solusi kreatif untuk masalah-masalah yang sedang kamu hadapi. Ini bisa terjadi karena adanya asupan oksigen yang membantu sistem saraf pusat, termasuk otak, berfungsi lebih aktif.

6. Motivasi untuk berinteraksi

Sebagian besar orang melakukan olahraga lari di hari minggu pagi di jogging track yang disediakan khusus untuk mereka yang ingin berolahraga. Selain menjadi hari libur nasional, hari minggu juga dimanfaatkan banyak orang untuk berinteraksi dengan orang-orang yang jarang ditemui.

7. Mengurangi kecemasan

Mengurangi kecemasan adalah salah satu manfaat olahraga lari. Dengan berlari, kamu akan mengalami penurunan ketegangan otot sehingga mengurangi kecemasan yang dialami. Selain itu, berlari dengan banyak orang juga meningkatkan kepercayaan diri.

8. Mengurangi depresi

Ketika kamu berolahraga, tubuh kamu melepaskan hormon khusus yang disebut endorfin atau hormon kebahagiaan. Saat kandungan endorfin dalam darah meningkat, kamu akan mengalami sedikit perasaan euforia dan perasaan depresi pun menghilang.

9. Meningkatkan kepercayaan diri

Berkat manfaat olahraga lari yang berdampak positif pada kesehatan fisik, secara otomatis kepercayaan diri pun akan meningkat. Misalnya, ketika kamu berhasil menurunkan berat badan, kamu akan semakin percaya diri saat tampil di hadapan publik.

10. Mencegah kanker usus

Manfaat olahragai lari berikutnya adalah mencegah kanker usus. Ketika sampah makanan selama lima hari beraktivitas, masih ada yang tertimbun di dalam usus kamu. Jika begitu, maka racun-racun dan radikal bebas yang ada di dalamnya akan melakukan kontak yang lama dengan usus, sehingga bisa menyebabkan kanker usus.

Karena itulah lari pagi setiap akhir pekan sangat dianjurkan bagimu untuk meluangkan waktu sejenak setidaknya 30-60 menit.

ilustrasi olahraga lari © Diadona

11. Meningkatkan semangat dan disiplin bekerja

Olahraga lari berpengaruh terhadap peningkatan mood, sehingga mampu menumbuhkan semangat dalam bekerja. Bahkan, menyempatkan diri berolahraga di tengah jam kerja juga dapat meningkatkan performa kerja.

12. Menjadi awet muda

Saat berlari pagi, tubuh akan melepas hormon endorfin. Hal itu bermanfaat untuk melepas stres, membuat tubuh lebih bugar, bahkan bisa menghilangkan rasa nyeri pada bagian tertentu. Namun, sebelum lari pagi, kamu perlu melakukan persiapan khusus supaya mendapatkan manfaatnya secara maksimal.

Sebelum lari pagi, pastikan kamu melakukan pemanasan terlebih dahulu. Sebab, otot belum panas sama sekali selepas bangun tidur. Hal ini tentunya berbeda apabila jogging pada sore hari, karena kamu tentunya sudah melakukan kegiatan yang merangsang pergerakan otot.

13. Menyehatkan jantung

Sebuah studi menunjukkan bahwa dengan berlari sejauh 16 Km dalam seminggu bisa menekan resiko penyakit atau gangguan tekanan darah hingga 39%. Masalah endapan kolesterol pada pembuluh darah jantung (aterosklerosis) juga bisa berkurang mencapai 34%.

Dengan begitu, lari pagi memiliki manfaat membantu mengurangi resiko penyakit-penyakit jantung setelah bekerja penuh selama sepanjang minggu. Di sisi lain, kamu juga menjaga pembuluh darah untuk tetap dan terhindar dari endapan kolesterol jahat seperti penyakit jantung koroner.

14. Memperbaiki kualitas tidur

Jika kamu memiliki masalah dengan tidur, olahraga lari dapat membantu kamu mengurangi masalah ini. Cobalah untuk berlari setiap hari di pagi hari. Rutin berlari akan menghilangkan masalah insomnia sehingga meningkatkan kualitas tidur dan membuat pola hidup menjadi lebih baik.

15. Paru-paru sehat

Berolahraga di pagi hari akan membuat paru-paru lebih sehat dan bersih, karena kamu akan menghirup udara bersih dengan kandungan oksigen tertinggi. Jika paru-paru sehat, tentunya saluran pernapasan lainnya juga menjadi lebih sehat, khususnya bagi kamu yang memiliki masalah atau penyakit pada saluran pernapasan seperti asma, bronkhitis, dan lain sebegainya.

Sebuah penelitian melibatkan para penderita asma untuk lari pagi, yaitu berlari rutin tiap minggunya selama 3 bulan. Hasilnya serangan asma mereka jarang kambuh berkat lari pagi secara rutin.

2 dari 3 halaman

Manfaat Olahraga Renang

ilustrasi olahraga renang © Diadona

Salah satu olahraga air yang disukai dengan orang-orang adalah olahraga renang. Selain itu, olahraga renang juga termasuk murah, dan menyenangkan. Kebayakan orang berfikir bahwa manfaat renang adalah untuk meninggi tinggi badan. Tidak hanya itu saja, berikut adalah manfaat olahraga renang yan gharus kamu ketahui.

1. Untuk kesehatan jantung

Aktivitas berenang pernah dianggap sebelah mata oleh para penderita penyakit jantung karena dikhawatirkan akan kambuh ketika melakukannya. Namun, berbagai penelitian terbaru menunjukkan manfaat olahraga renang adalah untuk meningkatkan kebugaran jantung dan pembuluh darah. Latihan renang yang dilakukan secara rutin selama 12 minggu akan membuat konsumsi oksigen naik hingga 10%. Kemudian peningkatan jumlah darah yang dipompa jantung tiap kali berdenyut mencapai 18%.

Di sisi lain, apabila kamu memiliki kolesterol tinggi, berenang bisa mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL). Namun, jika kamu mengidap penyakit jantung, hipertensi, atau penyakit berat lainnya, disarankan berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum berenang.

2.Melatih pernafasan

Manfaat olahraga renang mampu melatih pernapasan agar lebih kuat dan panjang. Hal ini karena gerakan saat berenang meliputi otot anggota tubuh yang mampu memacu aliran darah ke jantung, paru-paru lebih lancar, dan juga pembuluh darah.

3. Meningkatkan kekuatan otot

Dengan rajin berenang, maka kamu bisa merasakan manfaat olahraga renang dengan mendapatkan otot dan tulang yang kuat. Otot yang kuat akan terlihat dari postur tubuh. Perlahan, bentuk tubuh akan semakin atletis karena otot yang terbentuk sempurna.

ilustrasi olahraga renang © Diadona

4. Bentuk tubuh ideal

Berenang merupakan pilihan tepat bagimu yang menginginkan tubuh ideal. Bagian bisep mampu terbentuk efektif jika kamu sering berenang. Hal ini karena seluruh anggota tubuh bergerak.

5. Meninggikan badan

Jika ingin memiliki tubuh yang tinggi, salah satu aktivitas yang bisa kamu lakukan adalah berenang. Berenang membuat tubuh sehat juga tinggi. Maka dari itu, ajarkan anak sedari dini untuk berenang.

6. Melemaskan otot tegang pada ibu hamil

Manfaat olahraga renang juga bisa dirasakan oleh ibu hamil. Bagi ibu hamil disarankan untuk melakukan olahraga renang. Hal itu guna melemaskan kembali ketegangan tulang belakang dan bahu lantaran perut yang semakin membesar. Ibu hamil terkadang waswas untuk melakukan olahraga renang.

Namun, hal ini akan sedikit membantu ibu hamil untuk melalui proses persalinan secara normal. Akan tetapi ibu hamil dianjurkan berenang dengan porsi ringan. Bagi ibu hamil, daya apung selama berada di dalam air akan meringankan persendian dari beban berat.

7. Menyehatkan jantung

Salah satu manfaat olahraga renang adalah menyehatkan jantung yang nantinya akan meningkatkan sistem pernapasan makin lebih baik.

8. Meredakan stres

Banyak bergerak mampu menghilangkan stres dan merangsang hormon endorfin yang mampu membuat suasana hati menjadi lebih tenang. Bahkan, tanpa kamu sadari, saat bersentuhan dengan air pun, suasana hati menjadi lebih senang.

9. Meredakan radang sendi

Postur tubuh yang kurang ideal bisa diperbaiki dengan berenang. Latihan berenang mampu mengurangi masalah yang sering menyerang tulang belakang. Gerakan saat berenang mampu memperkuat otot dan semakin kencang.

ilustrasi olahraga renang © Diadona

10. Menurunkan berat badan

Berenang adalah olahraga yang paling bagus untuk membakar lemak. Jika kamu ingin cepat kurus, maka rajinlah berolahraga.

11. Panjang umur

Manfaat olahraga renang lainnya adalah memanjangkan usia. Dengan renang, maka usia bisa lebih panjang dan tetap bugar di usia senja.

12. Terapi saat cidera

Jika saat cidera otot maka salah satu alternatif pemulihannya adalah dengan berenang. Maka dari itu, banyak sekali atlet olahraga yang cidera lalu berenang untuk memulihkannya.

13. Menurunkan risiko diabetes

Manfaat olahraga berenang lainnya adalah mampu menurunkan risiko diabetes. Hal ini, karena berenang mampu membakar kalori dan lemak hingga gula sehingga kamu terbebas dari diabetes.

14. Meningkatkan kualitas tidur

Tidak sedikit orang mengalami kesulitan dan gangguan tidur, atau dikenal dengan istilah insomnia. Banyak orang mencari tentang cara pencegahan atau pengobatan insomnia di mesin pencarian Google. Gangguan insomnia menyebabkan kondisi penderita tidak prima dan mengantuk saat melakukan aktivitas keesokan harinya.

Jika mengalami kesulitan untuk mendapatkan kualitas tidur, kamu harus mencoba manfaat olahraga renang. Berenang memberikan efek yang cukup besar untuk membantumu tidur lebih nyenyak di malam hari.

3 dari 3 halaman

Manfaat Olahraga bagi Tubuh

ilustrasi wanita sehat dan bahagia © Diadona

Masih banyak orang yang malas untuk berolahraga. Padahal, manfaat yang didapat untuk tubuh sangatlah banyak dan baik untuk tubuh. Berikut manfaat olahraga bagi tubuh yang harus kamu ketahui.

1. Membuat merasa lebih bahagia

Manfaat olahraga secara teratur dapat meningkatkan suasana hatimu dan mengurangi perasaan cemas dan depresi.

2. Membantu menurunkan berat badan

Manfaat olahraga selanjutnya adalah memabantu menurunkan berat badan. Latihan sangat penting untuk mendukung metabolisme yang cepat dan membakar lebih banyak kalori per hari. Ini juga membantumu mempertahankan massa otot dan penurunan berat badan.

3. Baik untuk tulang dan otot

Aktivitas fisik membantumu membangun otot dan tulang yang kuat. Ini juga dapat membantu mencegah osteoporosis.

4. Meningkatkan energi

Terlibat dalam aktivitas fisik rutin dapat meningkatkan tingkat energi. Ini benar bahkan pada orang dengan kelelahan yang berkepanjangan dan mereka yang menderita penyakit serius.

5. Mengurangi risiko penyakit kronis

Aktivitas fisik harian sangat penting untuk menjaga berat badan yang sehat dan mengurangi risiko penyakit kronis.

ilustrasi wanita sehat © Diadona

6. Menjaga kesehatan kulit

Olahraga ringan dapat memberikan perlindungan antioksidan dan meningkatkan aliran darah, yang dapat melindungi kulit dan menunda tanda-tanda penuaan.

7. Menjaga kesehatan dan memori otak

Olahraga teratur meningkatkan aliran darah ke otak dan membantu kesehatan dan memori otak. Di antara orang dewasa yang lebih tua, ini dapat membantu melindungi fungsi mental.

8. Membantu relaksasi dan kualitas tidur

Aktivitas fisik teratur, terlepas dari apakah itu aerobik atau kombinasi latihan aerobik dan resistensi, dapat membantumu tidur lebih baik dan merasa lebih berenergi di siang hari.

9. Mengurangi rasa sakit

Latihan memiliki efek yang menguntungkan pada rasa sakit yang terkait dengan berbagai kondisi. Ini juga dapat meningkatkan toleransi nyeri.

10. Meningkatkan kehidupan seks yang lebih baik

Olahraga dapat membantu meningkatkan hasrat, fungsi, dan kinerja seksual pada pria dan wanita. Ini juga dapat membantu mengurangi risiko disfungsi ereksi pada pria.

Olahraga apa yang menjadi hobi kamu, dan kenapa? Beri ceritamu di kolom komentar ya!

Beri Komentar