37 Manfaat Teh Hijau, Teh Hitam, Teh Daun Kelor, hingga Teh Basi Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Reporter : Sofi
Jumat, 10 Januari 2020 15:17
37 Manfaat Teh Hijau, Teh Hitam, Teh Daun Kelor, hingga Teh Basi Untuk Kesehatan dan Kecantikan
Sudah tahukah kamu teh basi masih bisa digunakan? Simak manfaat teh berikut untuk lebih jelasnya.

Minuman teh merupakan minuman paling disukai di dunia. Hal ini karena rasanya yang enak, mudah didapat, dapat diminum kapan saja, dan kandungan manfaat yang banyak didalamnya. Teh juga adalah minuman yang mengandung kafein, sebuah infusi yang dibuat dengan cara menyeduh daun, pucuk daun, atau tangkai daun yang dikeringkan dari tanaman Camellia sinensis dengan air panas. Jenis teh ini ada beraneka ragam yang diantaranya ada teh hijau, teh hitam, teh putih, dan teh oolong. Ada juga teh rempah yang berasal dari bunga, atau rempah-rempah seperti teh chammomile, teh butterfly pea flower, dan lain sebagainya.

Dari beragam jenis teh tersebut, masing-masing dari teh tersebut memiliki manfaat dan kandungan sendiri. Berikut adalah manfaat beberapa teh yang mengesankan dan sudah dirangkum dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Manfaat Teh Hijau

Ilustrasi Teh HijauIlustrasi Teh Hijau © 2019 https://www.diadona.id

Teh hijau adalah mengandung antioksidan dan nutrisi yang memiliki efek kuat apada tubuh. Ini termasuk meningkatkan fungsi otak, membakar lemak, dan mengurangi risiko kanke. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah manfaat teh hijau yang harus kamu ketahui.

1. Mengurangi risiko penyakit kardiovaskular

Penyakit kardiovaskular termasuk penyakit jantung dan stroke bisa kamu cegah dengan manfaat teh hijau. Sebab minum teh hijau akan meningkatkan kapasitas zat antioksidan dalam darah yang kemudian berguna untuk melindungi partikel LDL dari oksidasi. Dengan meminum teh hijau pun memiliki risiko untuk terkena penyakit kardiovaskular lebih rendah 31%.

Untuk mendapatkan manfaat teh hijau secara maksimal, pastikan bahwa kamu menyeduhnya dengan benar serta tidak menambahkan gula ke dalam olahan teh hijau yang akan kamu minum.

2. Menurunkan risiko diabetes

Diabetes tipe 2 adalah penyakit yang menjadi epidemi saat ini. Namun jangan khawatir. Sebab kamu bisa menurunkan risiko diabetes dengan manfaat teh hijau. Penelitian di Jepang menunjukkan bahwa mereka yang rajin minum teh hijau memiliki risiko 42% lebih rendah untuk terkena diabetes.

3. Meningkatkan kesehatan oral

Kandungan katekin dalam teh hijau memberi manfaat teh hijau untuk mendukung kesehatan mulut dan gigi. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa zat ini akan membunuh bakteri Streptococcus mutans dalam mulut yang menyebabkan pembentukan plak dan menurunkan risiko gigi berlubang.

4. Menurunkan risiko kanker

Teh hijau tinggi akan kandungan zat antioksidan. Hal ini memberi manfaat teh hijau untuk menurunkan risiko berbagai jenis kanker. Sebab diketahui bahwa kerusakan oksidatif berkontribusi terhadap perkembangan kanker seperti kanker payudara, kanker prostat, serta kanker usus dan zat antioksidan dalam teh hijau mampu menangkalnya.

Ilustrasi Teh HijauIlustrasi Teh Hijau © 2019 https://www.diadona.id / @pixabay

5. Meningkatkan fungsi otak

Bahan aktif dalam teh hijau yakni kafein berguna untuk mendukung fungsi otak. Sebabnya saat kafein masuk ke dalam otak, maka kafein akan memblokir neurotransmitter penghambat yang disebut dengan Adenosine. Dengan cara ini, terjadi penembakan neuron dan konsentrasi neurotransmitter seperti dopamine dan norepinefrin. Hasilnya, fungsi otak akan meningkat.

6. Meningkatkan pembakaran lemak

Manfaat teh hijau lainnya adalah untuk meningkatkan jumlah lemak yang dibakar ketika kamu sedang olahraga. Hal ini terlihat dari penelitian yang membuktikan bahwa orang yang minum teh hijau sebelum olahraga membakar 17% lemak lebih banyak dibandingkan dengan mereka yang tidak minum teh hijau.

7. Membuatmu mengonsumsi lebih sedikit kalori

Manfaat teh hijau lainnya untuk menurunkan berat badan adalah mengurangi nafsu makanmu. Sebab salah satu rahasia agar penurunan berat badan ini bisa berlangsung maksimal adalah kamu harus mengontrol jumlah kalori yang kamu konsumsi.

8. Mengobati jerawat

Kandungan katekin dalam teh hijau menjadikan teh ini berguna untuk mengobati jerawat. Sebabnya katekin bersifat anti bakteri, membantu mengatur ketidakseimbangan hormon, dan anti inflamasi yang jadi penyebab timbulnya jerawat. Bahkan sebuah penelitian di tahun 2012 yang diterbitkan dalam ournal of Investigative Dermatology menyimpulkan bahwa epigallocatechin-3-gallate (EGCG), komponen dalam teh hijau, membantu mengobati jerawat dengan memodulasi target molekuler intraseluler dan menghambat pertumbuhan bakteri jerawat.

9. Mengurangi mata bengkak dan lingkaran hitam

Kandungan antioksidan dan tanin memberi manfaat teh hijau untuk mengobati mata yang bengkak dan mengurangi lingkaran hitam di bawah mata. Zat alami ini membantu untuk menyusutkan pembuluh darah di bawah kulit halus di sekitar mata yang gilirannya mampu mengurangi peradangan dan pembengkakan.

2 dari 4 halaman

Manfaat Teh Hitam

ilustrasi tehilustrasi teh © rawpixel.com

Teh hitam berasal dari tanamn Camellia sinensis dan sering dicampur dengan tanaman lain untuk rasa yang berbeda, seperti Earl Grey, English Breakfast, atau Chai. Teh hitam ini lebih kuat dalam segi rasa dan mnegandung lebih banyak kafein daripada teh lainnya, tapi tidak lebih banyak dari kopi. Teh hitam juga menawarkan manfaat kesehatan maupun kecantikan karena mengandung senyawa yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Berikut adalah manfaat teh hitam yang harus kamu ketahui.

1. Mencegah kanker

Manfaat teh hitam yang pertama adalah untuk mencegah kanker. Hal ini disebabkan karena teh hitam kaya akan polifenol catechin yang membantu dalam mencegah jenis kanker tertentu. Wanita yang rajin minum teh hitam juga dapat terhindar dari risiko kanker ovarium.

Sejumlah manfaat tersebut bisa kamu petik dari konsumsi teh hitam secara rutin. Oleh karena itu, sebaiknya kamu jadikan teh hitam sebagai minumanmu setiap hari.

2. Menurunkan risiko diabetes

Konsumsi teh hitam secara teratur diketahui dapat menurunkan risiko penyakit diabetes. Tentu saja hal ini bisa terjadi jika kamu tidak menggunakan gula pada minumanmu.

3. Memperkuat tulang dan gigi

Selain baik untuk kesehatan pencernaan, kandungan fitokimia yang ada di dalam teh hitam mampu memperkuat tulang dan gigi. Kandungan ini juga diketahui mampu mengurangi risiko penyakit arthritis.

4. Melindungi jantung

Mengonsumsi teh hitam juga mampu melindungi kesehatan jantung secara keseluruhan. Penelitian menunjukkan bahwa mereka yang rajin minum teh hitam setiap hari akan berkurang risikonya untuk terkena penyakit jantung dan stroke sebanyak 20%.

ilustrasi tehilustrasi teh © rawpixel.com

5. Menyehatkan pencernaan

Kandungan fitokimia dan tanin yang ada di dalam teh hitam memiliki efek restoratif pada saluran pencernaan kamu. Efek ini akan membuat sistem pembuangan kotoran menjadi lancar dan mampu menjaga kesehatan sistem pencernaan.

6. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Teh hitam mengandung antigen yang disebut alkylamines yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Minuman ini juga mengandung senyawa bernama tanin yang berfungsi untuk mencegah penyakit ringan yang disebabkan virus.

7. Berfungsi sebagai zat antioksidan

Polifenol yang ada di dalam teh hitam juga merupakan jenis zat antioksidan yang sangat baik untuk melindungi tubuh dari efek radikal bebas. Polifenol juga mampu mencegah kerusakan DNA dan memperpanjang usia.

8. Meningkatkan kesehatan mulut

Teh hitam mengandung polifenol yang mampu menghancurkan bakteri merugikan di dalam mulut. Bakteri ini merupakan penyebab gigi berlubang, plak, serta infeksi mulut lainnya.

3 dari 4 halaman

Manfaat Teh Basi

ilustrasi tehilustrasi teh © rawpixel.com

Teh basi atau teh bekas seduhan yang dibiarkan beberapa waktu ternyata juga bisa dimanfaatkan lho! Jadi jangan pernah membuang bekas seduhan teh atau ampas teh begitu saja, kamu bisa memanfaatkannya untuk melembapkan kulit wajah. Selain itu, berikut adalah manfaat teh basi yang harus kamu simak.

1. Mengatasi jamur kuku

Manfaat teh basi juga mampu untuk mengobati infeksi dan gatal-gatal pada kuku. Caranya, tempelkan teh basi yang sudah ditiriskan selama beberapa jam ke bagian kuku yang berjamur. Diamkan selama beberapa menit, lalu cuci menggunakan air hangat. Lakukan berulang kali hingga rasa gatalnya hilang.

2. Mengatasi rambut kering

Kehilangan nutrisi yang berlebihan pun dapat menyebabkan rambut yang kering dan bercabang. Caranya, rendam teh basi selama semalaman dan peras airnya untuk dibilaskan pada rambut keesokan harinya. Diamkan selama beberapa menit lalu bilas sampai bersih.

3. Mengatasi rambut rontok

Untuk mengatasi masalah rambut rontok, kamu bisa menggunakan teh basi. Caranya, gunakan teh basi sebagai campuran masker anti rambut rontok. Siapkan satu kantong teh basi lembab dan usapkan pada kulit kepala. Pijat beberapa menit agar sari teh basinya meresap masuk ke pori-pori kulit kepala. Lalu bilas menggunakan sampo dan air hangat sampai bersih.

4. Mengencangkan kulit

Banyaknya vitamin E yang terkandung dalam teh, apalagi teh basi membuat banyak manfaat untuk kecantikan kulit wajah. Apalagi teh basi ini bisa membuat kulit wajah menjadi lebih kencang dan lembut. Cara menggunakan teh basi untuk mengencangkan wajah yaitu dengan membasuh wajah dipagi hari dengan teh sisa semalam secara rutin seminggu 3 kali, dijamin kulit wajah menjadi lebih kencang dan tidak kendur.

5. Menyamarkan mata panda

Adanya kandungan vitamin A dan vitamin E pada teh basi bisa dimanfaatkan untuk membuat mata terlihat lebih segar. Cara menggunakannya, cukup rendam wajah kamu pada mangkuk berisi larutan air dan teh basi. Kemudian bilas dengan air hangat setelahnya. Apabila dilakukan secara rutin akan menjadikan area mata hitam di bawah mata akan lebih cerah dan kantung kempes secara perlahan.

Ilustrasi TehIlustrasi Teh © 2019 https://www.diadona.id/@scitechdaily

6. Melembapkan kulit wajah

Manfaat teh basi lainnya dipercaya mampu melembapkan kulit, sehingga cara perawatan ini cocok dilakukan bagi pemiliki kulit cenderung kering. Cukup mencuci wajah setiap pagi menggunakan teh basi. Dengan begitu kamu akan merasakan kulit lebih kenyal dan lembut setelah seminggu penggunaan. Kandungan vitamin E juga akan melindungi kulit kamu dari kerutan-kerutan penyebab penuaan dini.

7. Mencerahkan kulit wajah

Vitamin E pada teh sangat dianjurkan untuk digunakan apabila kamu menginginkan menjaga kecantikan kulit. Vitamin E pada teh tidak akan hilang walaupun sudah basi. Cara menggnakannya cukup mudah. Cukup saring bubuk teh basi dan diamkan selama satu malam sebelum dioleskan ke seluruh wajah. Diamkan beberapa menit, lalu bisa wajah dengan air hangat hingga bersih.

8. Mencegah jerawat dan komedo

Manfaat teh basi lainnya untuk kesehatan mampu mencegah terjadinya peradangan akibat jerawat dan komedo. Hal ini dikarenakan endapan air teh basi memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri sehingga dapat mencegah terjadinya peradangan.

9. Menjaga kesehatan kulit wajah

Kandungan Vitamin A, Vitamin C dan Vitamin E di dalam teh terbukti ampuh untuk merawat wajah. Pengendapan ampas teh ini ternyata tidak merusak kandungan vitamin yang terdapat di dalamnya. Vitamin E memiliki efektifitas untuk mencerahkan kulit dan menjaga elastisitas kulit. Penggunaan teh basi layaknya skrub dapat dioleskan langsung ataupun dijadikan sebagai masker wajah.

4 dari 4 halaman

Manfaat Teh Daun Kelor

ilustrasi teh daun kelorilustrasi teh daun kelor © debsgastronomy.com

Teh daun kelor mengandung antioksidan yang baik untuk mengatasi masalah peradangan pada tubuh. Selain itu teh daun kelor juga memiliki kandungan baik yang lain seperti polifenol, isothiocyanate, flavonoid, karotenoid, dan asam. Dari kandugnan tersebut, manfaat dari teh daun kelor salah satunya dapat menjaga berat badanmu. Berikut adalah manfaat teh daun kelor lebih lengkapnya.

1. Meringankan nyeri haid

Manfaat teh daun kelor yang pertama adalah dapat meringankan nyeri haid. Dengan konsumsi teh daun kelor. Menurut penelitian daun kelor mengandung bahan alami yang bermanfaat untuk meredakan nyeri serta inflamasi saat menstruasi.

2. Mencegah penyakit kuning

Penyakit kuning bisa dicegah dengan konsumsi teh daun kelor secara teratur. Konsumsi daun ini akan menjadikan tubuh lebih kebal terhadap virus yang menyebabkan penyakit tersebut.

3. Mengatasi diabetes

Manfaat teh daun kelor berikutnya adalah mengatasi diabetes. Kadar gula yang tidak seimbang pada penderita diabetes bisa diatasi dengan mengonsumsi teh daun kelor. Asam klorogenik yang terkandung di dalam daun kelor sangat baik untuk menjadikan gula darah stabil. Konsumsi setidaknya 150 mg ekstrak daun kelor secara rutin untuk mengatasi penyakit diabetes.

4. Menjaga kesehatan ginjal

Salah satu manfaat teh daun kelor yang tak bisa diabaikan adalah membantu menjaga kesehatan ginjal. Beragam penyakit yang menyerang ginjal bisa dicegah dengan daun kelor.

5. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat teh daun kelor dapat menjaga kesehatan jantung, terutama dalam menangkal kolesterol jahat dan inflamasi yang bisa menyebabkan gangguan kesehatan pada jantung.

ilustrasi teh daun kelorilustrasi teh daun kelor © tea-village.com

6. Menurunkan tekanan darah

Moringa oleifera alias kelor mengandung quercetin, antioksidan kuat yang bisa membantu menormalkan tekanan darah.

7. Menjaga berat badan

Salah satu manfaat teh daun kelor untuk kesehatan adalah menjaga berat badan. Teh daun kelor membantu menangani masalah pencernaan, yang manfaatnya merangsang metabolisme tubuh agar optimal dalam membakar kalori. Sebagian orang membuat teh dari daun kelor, hal ini sangat baik karena adanya manfaat kandungan yang kaya akan polyphenol. Senyawa ini merupakan antioksidan yang memiliki fungsi untuk meningkatkan sistem imun tubuh dan berkontribusi dalam proses pembuangan racun dari dalam tubuh.

8. Mencukupi gizi ibu menyusui dan anak

Manfaat teh daun kelor berikutnya adalah meningkatkan kualitas gizi ASI pada ibu menyusui. Daun kelor memiliki kandungan luar biasa, seperti vitamin C, zat besi, protein dan senyawa flavonoid. Semua zat-zat penting ini akan mendorong produksi ASI berkualitas pada ibu menyusui.

Daun kelor juga memiliki kandungan zat besi yang tinggi yaitu hingga 25 kali lipat dibandingkan zat besi yang terkandung dalam bayam. Daun kelor bagus dikonsumsi oleh wanita selesai melahirkan yang menyebabkan tubuh kekurangan zat besi.

9. Menyehatkan mata

Manfaat teh daun kelor selanjutnya adalah menyehatkan mata. Daun kelor memiliki kandungan tinggi vitamin A yang sangat baik untuk mata. Beberapa fungsi vitamin A untuk kesehatan mata di antaranya adalah mencegah risiko penyakit mata plus, minus dan silinder.

10. Mengobati rematik

Manfaat teh daun kelor yang terakhir adalah untuk mengobati rematik. Penggunaan daun kelor dalam pengobatan rematik untuk mengurangi rasa sakit pada sendi dan menurunkan penumpukan asam urat pada sendi. Kondisi ini sangat penting dalam mengatasi masalah rematik atau asam urat.

Teh apa yang menjadi kesukaanmu, dan pengalaman apa yang kamu dapat dari seduhan teh itu? Bagikan ceritamu di kolom komentar ya!

Beri Komentar