27 Manfaat Jamur Tiram, Kuping, Merang, dan Kancing untuk Kesehatan

Reporter : Sofi
Rabu, 22 Januari 2020 13:25
27 Manfaat Jamur Tiram, Kuping, Merang, dan Kancing untuk Kesehatan
Di balik kenikmatan jamur, tahukah kamu manfaat apa saja yang dapat kamu rasakan jika mengonsumsinya? Berikut manfaat jamur yang harus kamu tahu.

Mungkin kalian sudah tidak asing lagi dengan jamur. Bukan jamur yang tumbuh sembarang, tapi jamur yang bisa dikonsumsi. Ada banyak jenis jamur yang dijual dipasaran.

Tidak sedikit pula orang untuk membudidayakan jamur untuk komsumsi sehari-hari ini. Hal ini karena nilai gizi yang baik untuk tubuh, jamur juga sering kali menjadi alternatif bagi mereka yang sedang menjalani diet. Dirangkum dari berbagai sumber berikut adalah manfaat jamu yang harus kamu ketahui.

1 dari 4 halaman

Manfaat Jamur Tiram

Ilustrasi Jamur Tiram © Diadona

Jamur tiram adalah salah satu jamur yang paling sering dijumpai dan harganya yang terjangkau. Banyak orang membudidayakan jamur ini, karena banyak yang suka. Berikut adalah manfaat jamur tiram yang harus kamu ketahui.

Menurunkan kolesterol

Manfaat jamur tiram yang mengandung lovastatin bisa membantu mengatur sirkulasi kadar kolesterol dalam darah. Kemudian kandungan betaglucan, yakni salah satu bentuk serat larut air yang ditemukan tinggi pada jamur tiram juga bisa memengaruhi kadar kolesterol. Betaglucan berfungsi menyerap kolesterol di aliran darah. Selain itu, jamur tiram juga dipercaya mampu membantu menurunkan kadar trigliserida dan gula darah pada penderita diabetes.

Mencegah kanker

Sebuah penelitian terbitan International Journal of Oncology tahun 2008, menunjukkan bahwa suplemen yang terbuat dari ekstrak jamur tiram dapat menekan pertumbuhan sel kanker payudara dan kanker usus besar. Suplemen yang sama juga bisa membantu mencegah penyebaran sel kanker kebagian tubuh lainnya. Jamur tiram juga mengandung betaglucan dan glokoprotein yang dapat meningkatkan respon antikanker tubuh secara alami.

Meningkatkan daya tahan tubuh

Sebuah penelitian yang dimuat dalam Journal of Traditional and Complementary Medicine menunjukkan bahwa jamur tiram berpotensi dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada manusia. Bahan aktif yang terdapat dalam jamur tiram dapat merangsang makrofrag untuk bekerja lebih aktif. Makrofrag adalah salah satu bagian dari sel darah putih yang betugas untuk melawan virus, bakteri, dan mikroorganisme yang ada di dalam tubuh.

Menjaga kesehatan jantung

Manfaat jamur tiram selanjutnya adalah menjaga kesehatan jantung. Jamur tiram mengandung betaglucan yang bisa berperan besar dalam mengendalikan kadar kolesterol di dalam darah sekaligus menjaga kesehatan jantung. Selain itu, jamur tiram juga mengandung kalium yang berfungsi untuk menjaga fungsi jantung, otot, dan juga saraf.

Manfaat jamur tiram juga bisa menurunkan tekanan darah karena kandungan zat ergosterol yang mampu mengembangkan manfaat vitamin D dengan bantuan sinar matahari menjadi lebih efektif. Hal ini dapat menyebabkan tekanan darah menjadi turun dan stabil.

Menangkal radikal bebas

Manfaat jamur tiram selanjutnya adalah mampu menangkal radikal bebas. Manfaat jamur tiram dipercaya mengandung antioksidan yang bisa membantu menangkal radikal bebas. Radikal bebas sangat berbahaya bagi tubuh karena bisa memicu berbagai gangguan kesehatan seperti gangguan jantung dan kanker. Kemudian, antioksidan juga berperan dalam meningkatkan sistem imunitas dan melindungi kulit dari penuaan.

Kaya antioksidan

Manfaat jamur tiram lainnya adalah bisa menjadi sumber antioksidan yang baik untuk tubuh. Antioksidan dalam jamur tiram bisa untuk melawan berbagai efek buruk yang ditimbulkan oleh radikal bebas. Jamur tiram mengandung ergothioneine, yaitu zat antioksidan yang membantu mencegah terjadinya peradangan. Kemudian ergothioneine juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya pembentukan plak di pembuluh darah yang memicu penyakit jantung dan aterosklerosis.

Sumber Vitamin B3

Manfaat jamur tiram selanjutnya adalah sebagai sumber vitamin B3. Vitamin yang memiliki nama lain niacin ini memegang peran penting untuk membantu proses pertumbuhan, perkembangan, serta kerja organ-organ di dalam tubuh. Selain itu vitamin B3 juga bertugas untuk membantu memecah karbohidrat, lemak, dan protein dari makanan yang kamu konsumsi agar bisa digunakan sebagai energi. Vitamin B3 juga dipercaya memiliki fungsi menjaga kesehatan jantung dan menurunkan kolesterol jahat.

Membantu mengatasi penyakit liver

Manfaat jamur tiram yang terakhir adalah mampu membantu mengatasi penyakit hati atau liver. Jamur tiram memiliki sifat antibakteri dan antitumor yang membantu menetralisir racun-racun yang masuk dalam tubuh. Jamur tiram baik dikonsumsi untuk kamu dari berbagai usai yang baik untuk kesehatan hati.

2 dari 4 halaman

Manfaat Jamur Kuping

Ilustrasi Jamur Kuping © Diadona

Jamur kuping adalah jamur dengan tekstur kenyal berwarna hitam. Kalian mungkin sering menjumpai jamur ini pada sup. Jamur ini biasa dijual dalam keadaan kering. Berikut adalah manfaat jamur kuping yang harus kamu ketahui.

Menurunkan berat badan

Manfaat jamur kuping untuk kesehatan berikutnya adalah mampu menurunkan berat badan. Pektin dan serat dalam jamur kuping dianggap membantu mencegah obesitas dan mendorong penurunan berat badan dengan mencegah penyerapan lemak. Kandungan serat tinggi di jamur kuping membantu membuat perut terasa kenyang lebih cepat. Protein yang tinggi di dalam jamur kuping memberikan energi dan zat untuk bahan bakar tubuh.

Sebagai antioksidan dan antiinflamasi

Kandungan vitamin B2 atau riboflavin dalam jamur kuping bertindak sebagai antioksidan kuat. Riboflavin melindungi sel dari radikal bebas dan mengurangi risiko penyakit kronis. Sementara ekstrak polarisakarida yang terdapat dalam jamur kuping memiliki sifat antiinflamasi. Hal ini berguna untuk mengatasi atau mengobati iritasi dan peradangan yang terjadi pada selaput lendir.

Menurunkan risiko stres

Manfaat jamur kuping untuk kesehatan selanjutnya adalah menurunkan risiko stres. Vitamin B2 atau Riboflavin yang ada di dalam jamur kuping memiliki efek mengurangi stres fisik dan mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat.

Mencegah gangguan alzheimer

Orang-orang berusia lanjut dianjurkan untuk makan jamur kuping. Ekstrak polisakarida yang terdapat dalam jamur kuping mampu menunjukkan aktivitas penghambatan terhadap salah satu enzim kunci yang terlibat dalam penyakit Alzheimer.

Sebagai antivirus yang handal

Jamur kuping mengandung trace mineral germanium, yang memiliki efek antivirus dan antitumor. Germanium juga dikenal memberi energi pada tubuh, oleh karena itu manfaat jamur kuping sebagai ramuan yang memerangi virus.

Mencegah anemia

Manfaat jamur kuping selanjutnya adalah untuk mencegah anemia. Salah satu penyebab anemia adalah karena kurangnya asupan zat besi, yang merupakan mineral yang sangat penting dalam pembentukan sel darah. Satu porsi jamur kuping dapat memenuhi kebutuhan zat besi sekitar 9-21% dari kebutuhan harian.

Melancarkan sirkulasi darah

Seperti disebutkan sebelumnya, salah satu manfaat jamur kuping adalah melancarkan sirkulasi darah. Itu karena di dalam jamur kuping mengandung zat antikoagulan yang bertindak seperti pengencer darah, mirip dengan aspirin. Lancarnya aliran darah sangat penting untuk mencegah terjadinya berbagai komplikasi dan penyakit.

Selain itu, jamur kuping dikenal mengandung zat besi yang sangat tinggi dan merupakan obat yang populer untuk menghilangkan gejala anemia. Jamur kuping kaya akan zat besi, protein, vitamin, dan polisakarida. Terpenoid dalam jamur ini dianggap membantu penderita alergi dengan mencegah aktivitas antigen.

Mengobati wasir

Kemampuan jamur kuping yang bisa memperlancar sirkulasi darah, bermanfaat dalam mengobati wasir. Jamur kuping memiliki efek pendinginan pada darah, meningkatkan sirkulasi dan mengobati memar. Itulah mengapa manfaat jamur kuping digunakan untuk mengobati wasir.

Pembuluh darah bengkak yang terletak di sekitar anus atau di dubur bawah disebut wasir. Sekitar 50 persen orang dewasa mengalami gejala wasir pada usia 50 tahun. Jamur kuping juga kaya serat yang dapat meringankan sembelit akibat wasir.

Obati hipertensi

Salah satu manfaat jamur kuping untuk kesehatan adalah mengobati hipertensi. Mengonsumsi jamur kuping menimbulkan efek hiperkolesterolemia. Karena efek inilah jamur kuping mampu mengatasi penyumbatan di pembuluh darah, sklerosis pembuluh darah dan hipertensi.

Salah satu penyebab hipertensi adalah penyempitan arteri ginjal. Dengan mengurangi kolesterol, maka kemungkinan penyempitan akan berkurang. Jamur kuping bisa mengurangi risiko hipertensi, pembekuan darah, dan trombosis. Manfaat jamur kuping juga dapat mencegah pembekuan darah.

Menurunkan kolesterol

Manfaat jamur kuping untuk kesehatan berikutnya adalah bisa menurunkan kadar kolesterol LDL dan trigliserida dalam darah. Manfaat jamur kuping yang satu ini masih dalam tahap penelitian, sehingga membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan efektivitasnya. Mengingat khasiat jamur kuping yang dapat meningkatkan sirkulasi darah, berarti jamur ini memiliki efek positif terhadap kadar kolesterol dalam darah.

Polisakarida yang ditemukan pada jamur jenis ini dapat menurunkan kolesterol darah dan trigliserida. Jika tidak diobati, kolesterol tinggi dapat menyebabkan plak menumpuk di arteri. Seiring waktu, plak ini dapat mempersempit pembuluh darah.

3 dari 4 halaman

Manfaat Jamur Merang

Ilustrasi Jamur © Diadona

Jamur ini mudah ditemukan di pasar dan dijual segar maupun sudah diawetkan dalam gelas atau kantung plastik. Bentuknya bulat lonjong, warnanya kecokelatan dan tumbuh di media merang sehingga disebut jamur merang. Berikut adalah manfaat jamur merang yang harus kau ketahui.

Mengatasi radikal bebas

Manfaat jamur merang yang pertama bisa mengatasi radikal bebas di dalam tubuh. Karena pada jamur merang mengandung selenium, berfungsi sama dengan flavonoid yang dikenal untuk menjegah radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas dalam tubuh tersebut layaknya seperti asap polusi, alkohol, makanan yang memiliki lemak jahat, dan radiasi elektromagnetik yang bisa menimbulkan penyakit serius dalam tubuh anda.

Mencegah pertumbuhan sel kanker

Manfaat jamur merang selanjutnya yaitu mencegah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh, terutama pada penyakit kanker payudara dan kanker prostat. Karena kandungan betaglukan dan asam linoleat terkonjugasi memiliki efek karsinogenik. Dan perlu kamu ketahui bahwa kandungan hormon estrogen dalam tubuh yang terlalu tinggi akan bisa memicu risiko terkena kanker payudara.

Oleh karena itu, asam linoleat yang ada pada jamur merang bisa membantu menurunkan efek hormon estrogen tersebut. Dan betaglukan pada jamur merang akan menghambat pertumbuhan sel kanker prostat.

Mencegah penyakit jantung

Akibat dari naiknya kolesterol dalam darah, bisa memicu akan terkena penyakit jantung. Oleh karena itu manfaat jamur merang ikut berperan aktif untuk melawan lemak jahat yang mengakibatkan naiknya kolesterol dalam darah. Dan ada baiknya jika kamu sering mengonsumsi jamur merang untuk kesehatan jantung kamu.

Sebelumnya juga perlu kamu ketahui, bahwa pada jamur merang memiliki kandungan mineral yang tinggi. Salah satunya adalah kalium dan zat tembaga, yang mana fungsi zat tembaga pada jamur merang adalah sebagai zat antibakteri dan ditunjang dengan kalium yang berguna untuk menjaga fungsi pembuluh darah dalam tubuh. Sehinggga dengan mengkonsumsi jamur merang, maka jantung bisa terjaga dan berfungsi dengan baik.

4 dari 4 halaman

Manfaat Jamur Kancing

Ilustrasi Jamur © Diadona

Jamur ini bentuknya memamg mirip seperti kancing, sehingga disebut jamur kancing. Jamur ini juga mudah didapat, dan bisa dicampurkan dalam aneka jenis masakan. Kandungan yang ada di dalam jamur ini juga banyak. Berikut adalah manfaat jamur kancing yang harus kamu ketahui.

Kuatkan tulang

Manfaat jamur kancing bagi tulang adalah dengan meningkatkan asupan tembaga dan fosfor. Mineral-mineral ini memiliki peran berbeda dalam kesehatan tulang. Fosfor berkontribusi pada jaringan mineral anorganik yang memberikan kepadatan tulang. Sementara tembaga membantu tubuh membuat kolagen, protein yang membuat tulang tidak rapuh.

Kedua mineral juga membantu dalam produksi energi, dan fosfor membantu tubuh membuat DNA. Secangkir jamur putih menyediakan 305 mikrogram tembaga, atau 34% dari asupan harian yang direkomendasikan, serta 80 mg fosfor, atau 11% dari kebutuhan asupan harian.

Mencegah kanker

Manfaat jamur kancing melindungi tubuh dari berbagai garis sel kanker. Pada Juni 2010, departemen patologi tanaman di Penn State merilis laporan yang menyatakan bahwa jamur kancing telah terbukti efektif dalam mengobati kanker payudara, usus besar dan prostat. Menurut sebuah penelitian dalam " Cancer Research," edisi Desember 2006, " konsumsi satu 1/2 cangkir jamur kancing sehari dapat menghentikan pertumbuhan tumor kanker payudara. Seorang wanita yang sehat dapat mengonsumsi kurang dari 1/2 cangkir untuk sangat mengurangi risiko terkena kanker payudara.

Tingkatkan kekebalan tubuh

Sel-sel khusus dalam tubuh, yang disebut sebagai sel-sel pembunuh alami, merespons dengan cepat terhadap penjajah asing seperti virus atau sel kanker. Respons cepat mereka sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh, karena membantu tubuh melawan penyakit.

Terbitan Juni 2007 " Journal of Nutrition" melaporkan bahwa makan jamur kancing dapat meningkatkan sistem kekebalan dengan meningkatkan aktivitas sel pembunuh alami. Meskipun mereka tidak sepenuhnya mengerti bagaimana caranya, para ilmuwan percaya bahwa ini berkat kandungan polisakarida dari jamur yang bertanggung jawab atas kemampuan meningkatkan kekebalan tubuh.

Sehatkan jantung

Penyakit jantung adalah penyebab utama kematian di seluruh dunia, mengonsumsi jamur kancing dapat membantu tubuh mencegah penyakit ini. Faktor risiko utama untuk penyakit jantung adalah atherogenesis, yang merupakan pembentukan plak di dinding arteri, yang menyebabkan aterosklerosis dan pengerasan pembuluh darah.

Para peneliti di Arizona State University menguji efek jamur kancing pada sel endotel manusia dalam tabung reaksi. Hasil penelitian mereka, yang diterbitkan dalam edisi Juli 2010 " Nutrition Journal," menunjukkan bahwa jamur kancing mengurangi peradangan pada sel-sel arteri dan mencegah sel-sel darah putih menempel ke dinding arteri. Para peneliti menyimpulkan bahwa mengonsumsi jamur kancing bisa menjadi sarana untuk mencegah penyakit jantung.

Kaya vitamin B

Dengan menambahkan jamur kancing ke makanan sehari-hari kamu juga akan mengkonsumsi lebih banyak vitamin B kompleks, terutama B2 dan B5. Kedua nutrisi membantu mengaktifkan enzim yang sel tubuh perlu ubah menjadi energi. Vitamin B2 juga mendukung fungsi hati, sementara vitamin B5 membantu dalam produksi hormon.

Secangkir jamur putih mengandung 1,4 mg vitamin B5, yang merupakan 28% dari asupan harian yang direkomendasikan. Setiap porsi juga mengandung 0,37 mg vitamin B2, 34 dan 28% dari asupan harian yang direkomendasikan untuk wanita dan pria.

Menurunkan penyakit kronis

Jamur kancing juga mengandung sejumlah antioksidan yang bermanfaat. Bahan kimia dengan fungsi antioksidan melawan oksidasi, suatu proses kimia yang meningkatkan risiko mutasi genetik, dan juga merusak lipid dan protein yang membentuk membran sel. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam " Journal of Agricultural and Food Chemistry" pada 2010, jamur kancing mengandung ergosterol, salah satu jenis antioksidan yang bermanfaat.

Manfaat jamur kancing mungkin juga berperan dalam memerangi penyakit kronis. Satu penelitian pada hewan, diterbitkan dalam edisi Januari 2010 " Nutrition Research," mencatat bahwa jamur putih membantu menurunkan kadar kolesterol dan gula darah. Ini menunjukkan bahwa jamur putih mungkin menawarkan manfaat untuk mengendalikan kolesterol tinggi atau diabetes, meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui seberapa baik mereka bekerja.

Apa jamur kesukaanmu dan olahan jamur mana yang kamu suka?

Beri Komentar