26 Manfaat Telur Asin, dan Telur Puyuh untuk Kesehatan juga Kecantikan Wajah

Reporter : Sofi
Rabu, 22 Januari 2020 12:56
26 Manfaat Telur Asin, dan Telur Puyuh untuk Kesehatan juga Kecantikan Wajah
Apakah telur adlah makanan kesukaanmu? Ketahuilah manfaat apa saja yang bisa kamu dapatkan.

Telur adalah salah satu sumber protein yang tinggi. Telur juga bisa digolongkan sebagai "superfood" karena manfaatnya yang beragam. Kamu bisa memanfaatkannya untuk kesehatan hingga kecantikan.

Telur sering digunakan pada campuran banyak jenis makanan. Mulai dari roti, cake, makanan sehari-hari, hingga dengan cara sederhana dengan menggorengnya. Dari seringnya penggunaan telur dalam kehidupan sehari-hari kita, sudah tahukah kamu tentang manfaat telur? Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah manfaat telur yang harus kamu ketahui.

1 dari 4 halaman

Manfaat Masker Putih Telur

Ilustrasi TelurIlustrasi Telur © 2020 https://rawpixel.com/

Pasti kalian sudah pernah dengan masker telur, kan? Kebanyakan penggunaan masker telur ini yang digunakan adalah bagian putih telurnya. Lalu, manfaat telur apa saja yang bisa kamu dapat dalam bentuk masker ini? Berikut adalah manfaat masker putih telur yang harus kamu ketahui.

Mengecilkan pori-pori

Manfaat telur ini bisa untuk mengecilkan lubang besar yang ada pada wajahmu, atau yang biasa kita sebut sebagai pori-pori. Caranya, campurkan 1 sendok teh putih telur dan 1 perasan lemon. Oleskan secara merata ke seluruh wajah atau cukup di daerah yang berpori-pori besar. Tunggu hingga 15 menit, dan setelah itu bilas menggunakan air hangat. lakukan perawatan ini selama dua kali seminggu, dan pori-pori di wajah akan menyusut.

Mengencangkan kulit

Manfaat telur yang selanjutnya adalah dapat mengencangkan kulit. Putih telur dipercaya mampu mengencangkan kulit wajah yang kendur dan keriput. Kamu bisa mencobanya dengan mengoleskan putih telur tipis-tipis di atas wajahmu. Kemudian, bilas wajah kamu dan keringkan.

Mengurangi kantung mata

Putih telur dipercaya mampu mengecilkan kantung mata. Caranya yaitu dengan menggosokkan dengan lembut putih telur di bagian kantung mata menggunakan jari telunjuk perlahan-lahan. Setelah itu, bilas hingga bersih dan keringkan dengan handuk lembut. Kemudian, oleskan minyak kelapa untuk hasil yang optimal. Oleh karena itu, manfaat telur kali ini adalah untuk mengurangi kantung mata.

Mengkilapkan rambut

Bagi kamu yang memiliki rambut kusam, kamu wajib manfaat telur ini. Caranya, kocok putih telur hingga berbusa dan tambahkan satu sendok teh perasan lemon. Kemudian, usapkan pada rambutmu dan bungkus menggunakan shower cap. Setelah didiamkan selama 10 menit, bilas menggunakan air dan keringkan menggunakan handuk. Kamu akan melihat hasilnya.

Menghilangkan minyak di rambut

Manfaat telur selanjutnya adalah menghilangkan minyak rambut. Mengoleskan putih telur di rambut mungkin akan terasa sangat menjijikkan. Akan tetapi, putih telur yang sudah dipisahkan dari kuningnya tidak akan berbau amis. Putih telur dapat mengencangkan folikel rambut, sehingga mencegah sebum berlebih yang disekresikan ke kulit kepala. Hal inilah yang membuat minyak di kepala menjadi berkurang atau hilang.

2 dari 4 halaman

Manfaat Putih Telur untuk Wajah

Ilustrasi WajahIlustrasi Wajah © 2019 https://www.diadona.id/Velizar Ivanov@unsplash

Sudah bukan rahasia lagi jika manfaat putih telur ini bisa digunakan untuk wajah. Tahukah jika manfaat telur ini dapat megnghilangkan rambut di wajah? Berikut adalah manfaat putih telur untuk wajah lebih lengkapnya.

Menyingkirkan bintik hitam di wajah

Bintik hitam di wajah bisa menjadi salah satu masalah besar bagimu. Masalah ini sangat mungkin membuat kepercayaan dirimu menurun. Dengan mengusapkan putih telur ke wajah kamu, pori-pori yang ada di kulit pun menciut, dan bintik hitam yang ada di wajah pun menghilang.

Mencegah jerawat dan bekas jerawat

Jerawat yang muncul bisa disebabkan oleh sekresi sebum berlebih ke permukaan kulit. Putih telur dapat menjadi solusi mengatasi masalah tersebut. Caranya, oleskan putih telur yang dicampurkan dengan 2 tetes tea tree oil dan usapkan secara perlahan dengan ujung jari. Akan tetapi, pastikan bahwa ujung jari yang kamu gunakan untuk mengusapkan putih telur sudah bersih.

Mengurangi minyak di wajah

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa putih telur mampu meminimalkan pori-pori di wajah, manfaat telur ini sangat baik bagi mereka yang wajahnya berminyak. Perawatan yang dilakukan pun sama dengan perawatan mengecilkan pori-pori. Hanya saja, kamu perlu membersihkan wajahmu terlebih dahulu sebelum melakukannya.

Menghilangkan rambut wajah

Manfaat telur ini mampu menghilangkan rambut-rambut yang ada di wajah. Cukup oleskan putih telur ke seluruh wajah, lalu tempelkan kertas masker di atasnya. Setelah itu, oleskan kembali sedikit putih telur di atas kertas masker yang sudah menempel di wajah.

Apabila sudah kering, kamu bisa mengupas kertas masker yang menempel di wajah, dan rambut-rambut yang ada di wajah kamu pun akan ikut tercabut bersama dengan kertas masker tersebut.

Menyamarkan keriput dan garis halus di wajah

Faktor usia mungkin akan membuat wajahmu menjadi keriput dan mulai muncul garis halus. Masker putih telur dapat menjadi solusinya. Dengan menggunakan masker ini sebanyak dua kali seminggu, kulitmu akan terasa kencang dan tampak muda kembali.

3 dari 4 halaman

Manfaat Telur Asin

Ilustrasi Telur AsinIlustrasi Telur Asin © 2019 https://www.diadona.id /liputan6.com

Banyak orang menyukai telur asin. Sampai-sampai menjadi sebuah trend untuk makanan memiliki rasa telur asin. Selain rasanya yang enak, manfaat telur asin ini juga jangan sampai ketinggalan. Memang, manfaat apa saja sih yang ada dalam telur asin ini? Berikut manfaat telur asin yang harus kamu ketahui.

Mencegah anemia

Manfaat telur asin yang pertama adalah mencegah anemia. Kandungan zat besi yang tinggi di dalam telur asin ternyata dapat mencegah gejala anemia. Pengidap anemia biasanya mengalami berbagai gejala seperti mual, pusing, sakit kepala, dan mudah lelah yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Selain itu, telur asin juga kaya akan antioksidan yang mampu melindungi tubuh dari radikal bebas. Kamu dapat mengonsumsi telur asin agar tubuh tetap kuat dan tidak mudah diserang penyakit.

Menyehatkan tulang

Manfaat telur asin mengandung fosfor dan kalsium yang cukup untuk menjaga dan membantu pertumbuhan tulang. Kandungan tersebut dapat mencegah penyakit tulang, salah satunya osteoporosis. Kandungan protein di dalam telur asin juga membuat tulang kamu lebih kuat untuk menjalani berbagai aktivitas.

Sangat dianjurkan untuk anak-anak dan juga remaja agar mengonsumsi telur asin, sehingga mereka memiliki tulang yang kuat dan sehat. Tak hanya anak-anak dan remaja, bagi kamu yang sudah mengalami menopause juga bisa mengonsumsi makanan yang satu ini. Hal ini karena asupan telur asin bisa menjaga tulang kamu tetap sehat walaupun telah masuk pada masa menopause.

Menyehatkan kulit

Manfaat telur asin berikutnya adalah untuk kesehatan kulit karena mengandung vitamin E cukup tinggi. Vitamin E bermanfaat untuk meningkatkan kecerahan dan kehalusan kulit. Tak hanya itu, vitamin E yang terkandung dalam telur asin juga dapat melindungi kulitmu dari jamur, iritasi, gatal-gatal, kulit kasar dan lainnya.

Mengatasi tekanan darah tinggi

Manfaat telur asin juga bisa menurunkan tekanan darah. Kandungan nutrisi di dalam telur asin mampu mempertahankan dan meningkatkan tekanan darah secara normal sehingga bisa mencegah penyakit stroke dan serangan jantung. Kandungan protein di dalam telur asin ternyata mampu menurunkan tekanan darah terhadap dinding arteri sehingga penyakit darah tinggi bisa diatasi. Kamu dapat mengonsumsi makanan ini, namun jangan terlalu sering karena kandungan garam di dalam telur asin tidak baik jika terlalu sering dikonsumsi.

Menyehatkan mata

Kandungan nutrisi di dalam telur asin, terutama vitamin A atau B mampu membantu mata menjadi lebih jernih dengan penglihatan yang sangat baik. Berbagai masalah mata seperti katarak dan yang berkaitan dengan usia juga bisa diatasi dengan mengonsumsi telur asin. Namun, tidak harus setiap hari untuk mengonsumsi makanan bulat yang satu ini. Kamu bisa mengonsumsinya dalam beberapa rentang waktu karena kandungan sodium di dalam telur asin juga tidak terlalu baik untuk tubuh jika dikonsumsi secara berlebihan.

Baik untuk pertumbuhan Otak

Manfaat telur asin juga untuk pertumbuhan otak. Kandungan Omega 3 pada telur asin dapat membantu pertumbuhan sel-sel otak dan mencegahnya rusak. Mengonsumsi telur asin sangat disarankan untuk ibu hamil dan anak yang berusia 1-3 tahun.

Kandungan protein yang tinggi di dalam telur asin, juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Kamu dapat mengonsumsi telur asin saat sarapan atau dijadikan sebagai pelengkap saat memakan makanan berat.

4 dari 4 halaman

Manfaat Telur Puyuh

Ilustrasi Telur PuyuhIlustrasi Telur Puyuh © 2020 https://rawpixel.com/

Telur dengan ukuran kecil ini terkenal dengan kandungan kolesterol yang tinggi. Namun, ukuran telur yang kecil ini juga menyimpan banyak manfaat telur yang baik untuk tubuh manusia. Berikut adalah manfaat telur puyuh yang harus kamu ketahui.

Mengontrol tekanan darah

Perlu untuk diketahui, telur puyuh memiliki kandungan potassium yang cukup tinggi. Salah satu jenis mineral ini diketahui mampu membantu meredakan ketegangan yang terjadi di arteri ataupun pembuluh darah. Dengan fakta tersebut, manfaat telur puyuh mampu secara signifikan dapat menjaga tekanan darah tetap stabil terkendali.

Meningkatkan kesehatan jantung

High Density Lipoprotein (HDL) membentuk setidaknya lebih dari 60% lemak di dalam telur puyuh. Asam lemak tersebut secara signifikan membantu meningkatkan kesehatan jantung menjadi lebih baik. Kendati sangat baik bagi jantung, telur puyuh mampu bisa sangat berbahaya bagi penderita kolesterol. Sebab kolesterol di dalam telur puyuh sangat tinggi, sehingga bagi kalian yang tengah memiliki kadar kolesterol tinggi sebaiknya hindari mengonsumsi telur puyuh secara berlebih.

Memperlambat gejala penuaan

Manfaat telur puyuh dapat membantu memperlambat gejala penuaan terutama pada organ di dalam tubuh. Kaya akan antioksidan, selenium, asam lemak vital serta vitamin membuat telur puyuh dijadikan sebagai agen antipenuaan yang sangat sempurna. Tenang saja, tidak hanya organ dalam tubuh saja, manfaat telur tersebut juga bisa dirasakan langsung oleh kulit baik wajah maupun tubuh. Namun tetap, untuk mendapatkan hasil maksimal kalian harus mengonsumsinya secara teratur setiap harinya.

Mengatasi alergi dan peradangan

Keistimewaan dari telur puyuh ini yaitu memiliki kandungan ovomucoid di dalamnya. Ovomucoid merupakan salah satu jenis protein yang berfungsi untuk menghambat reaksi alergi pada tubuh seseorang. Karena keistimewaan tersebut, protein ini kerap dijadikan sebagai bahan dasar obat anti alergi. Selain alergi, telur puyuh juga bisa mengatasi peradangan serta kongesti pada seseorang.

Mengatasi sakit perut

Manfaat telur puyuh telah dikenal sebagai salah satu obat rumahan yang kerap diandalkan untuk mengobati beberapa penyakit. Mulai dari gastritis, tukak lambung ulkus duodenum dan masih banyak lainnya. Sebab, telur puyuh memiliki senyawa antioksidan serta basa yang tinggi.

Jika dikonsumsi secara teratur, telur puyuh ini mampu menjaga masalah pencernaan dan mampu mengendalikan sistem percernaan agar tetap stabil.

Mencegah penyakit kronis

Memiliki kandungan vitamin A dan vitamin C yang sangat tinggi, membuat telur puyuh mampu membantu mencegah beberapa penyakit masuk ke dalam tubuh. Secara signifikan, telur puyuh mampu membantu mencegah munculnya beberapa penyakit kronis. Tidak hanya itu saja, telur puyuh juga dapat meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Meningkatkan penglihatan

Beberapa vitamin memang terkandung di dalam telur puyuh khususnya vitamin A. Seperti yang diketahui, vitamin A sangat bagus untuk meningkatkan kemampuan serta menjaga penglihatan seseorang tetap sehat. Menariknya juga, dengan mengonsumsi telur puyuh nantinya akan mengurangi risiko degenerasi makula dan mencegah perkembangan katarak pada mata kalian.

Meningkatkan sistem imun

Tidak hanya meningkatkan metabolisme, telur puyuh juga mampu meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh seseorang. Kandungan yang terdapat di dalam telur puyuh secara efektif membantu membersihkan racun serta logam berat yang menyatu dengan darah. Tidak hanya itu saja, telur puyuh juga mampu meningkatkan aktivitas otak serta daya ingat seseorang.

Meningkatkan metabolisme

Manfaat telur puyuh diketahui mengandung vitamin B yang sangat tinggi. Kandungan tersebut sangat efektif dalam meningkatkan aktivitas di sistem metabolisme seseorang. Tidak hanya di bagian tertentu saja, namun semua metabolisme di seluruh tubuh. Vitamin B juga mampu meningkatkan fungsi enzimatik serta hormone kalian.

Meningkatkan kadar hemoglobin

Telur puyuh memiliki kandungan zat besi yang sangat tinggi. Seperti yang diketahui pula, zat besi merupakan salah satu jenis kandungan yang memiliki peranan penting dalam mengatasi anemia. Anemia merupakan suatu kondisi di mana kadar sel darah merah lebih rendah dari jumlah normalnya atau tidak mengandung hemoglobin yang cukup. Dengan mengonsumsi secara teratur, telur puyuh akan meningkatkan kadar hemoglobin kalian.

Jadi jenis telur apa yang kalian suka, dan bagaimana kalian biasa mengolahnya? Beri jawaban kalian di kolom komentar ya!

Beri Komentar