26 Manfaat Tahu Putih dan Tempe untuk Kesehatan

Reporter : Sofi
Rabu, 22 Januari 2020 12:33
26 Manfaat Tahu Putih dan Tempe untuk Kesehatan
Tahu yang setiap hari kamu lihat, atau makan mengandung banyak manfaat. Apa saja? Berikut manfaat tahu tersebut.

Tahu adalah makanan yang terbuat dari kedelai. Untuk kebanyakan orang, mungki nsudah tidak asing dengan tahu ini. Tahu menjadi makanan yang kita konsumsi sehari-hari, bahkan ini juga menjadi makanan kesukaanmu.

Tapi, tahukah kamu manfaat tahu yang sering kamu konsumsi ini? Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah manfaat tahu yang mengesankan.

1 dari 4 halaman

Manfaat Tahu dan Tempe

Ilustrasi Tahu dan TempeIlustrasi Tahu dan Tempe © 2020 https://vitapurahealth.com/

Tidak hanya tahu, makanan yang terbuat dari kedelai dan memiliki kepopuleran juga adalah tempe. Tahu dan tempe sering kali dijadikan sepasang makanan yang tidak terpisahkan. Nilai gizi yang terkandung dalam tahu dan tempe ini juga sangat banyak. Berikut adalah manfaat tahu dan tempe yang harus kamu ketahui.

Meringankan gejala menopouse

Manfaat tahu dan tempe yang pertama adalah dapat meringankan gejala menopause. Hal ini dikarenakan adanya senyawa organik di dalam tahu, isoflavon. Senyawa inilah yang sangat berperan dalam membantu mengatasi gejala menopause pada perempuan.

Isoflavon merupakan senyawa berbasis tanaman yang meniru hormone estrogen dalam tubuh. Maka tak heran kalau tahu bisa membantu menstabilkan kadar estrogen saat menopause dan juga memberikan kelegaan dari hot flashes atau perasaan demam panas tiba-tiba yang bisa muncul pada gejala menopause.

Mengurangi risiko kanker

Manfaat tahu dan tempe untuk kesehatan pertama mampu mengurangi risiko kanker. Manfaat tahu ini karena memiliki senyawa isoflavon. Ini merupakan kandungan berupa antioksidan yang dapat menghambat pertumbuhan kanker.

Beberapa penelitian juga telah menunjukkan bahwa mengonsumsi kacang kedelai dan produk olahannya termasuk tahu dapat menurunkan risiko kanker, terutama kanker prostat, kanker usus besar atau kolorektal, dan kanker payudara.

Menurunkan risiko penyakit kardiovaskular

Manfaat tahu memiliki kandungan protein yang tidak kalah tinggi dari tempe. Tak heran kalau tahu bisa menggantikan sumber protein hewani dalam menu makanan. Kandungan protein nabati pada tahu juga berperan untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh, tekanan darah tinggi, dan risiko aterosklerosis.

Selain itu, zat aktif di dalam kedelai dan tahu juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Oleh karena itu, mengonsumsi produk kedelai secara teratur seperti tahu dipercaya bisa menurunkan kadar kolesterol dan lemak jenuh di dalam tubuh. Hal inilah yang bisa mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Baik untuk penderita diabetes tipe 2

Penderita diabetes tipe 2 kerap mengalami penyakit ginjal, menyebabkan tubuhnya mengeluarkan protein berlebihan dalam urine. Penelitian juga telah menunjukkan bahwa orang yang hanya mengonsumsi protein kedelai dapat mengeluarkan lebih sedikit protein daripada mereka yang hanya mengonsumsi protein hewani. Maka dari itu, manfaat tahu ini baik bagi penderita diabetes tipe 2.

Tinggi kalsium

Tempe mengandung kalsium yang tinggi. Sebuah penelitian yang di lakukan di Kuala Lumpur mendapatkan bahwa kandungan kalsium di dalam 4 buat tempe setara dengan kalsium dari susu sapi.

Sumber protein

Tempe mengandung protein berkualitas tinggi dan asam amino yang dibutuhkan tubuh. Protein dalam tempe dapat menghasilkan manfaat tahu dan tempe untuk membantu mempertahankan jaringan otot dan juga membuat enzim yang berguna bagi kebutuhan sel.

Menangkal radikal bebas

Manfaat tahu dan tempe mampu menangkal radikal bebas. Manfaat ini didapat karena tempe mengandung antioksidan isoflavon yang berperan dalam melawan radikal bebas. Antioksidan ini dapat membantu mencegah berbagai penyakit degeneratif seperti penyakit jantung koroner, tekanan darah tinggi, diabetes dan lain sebagainya serta dapat pula mencegah berbagai jenis kanker (prostat, payudara).

Membantu proses metabolisme tubuh

Kandungan riboflavin (vitamin B2 ) dan niacin (vitamin B3) yang terdapat di dalam tempe berperan dalam proses metabolisme tubuh. Kedua zat ini mengaktifkan enzim yang dibutuhkan tubuh agar berfungsi. Riboflavin juga memberi manfaat bagi kesehatan mata dan kulit, sedangkan niacin dapat membantu mengontrol nafsu makan. Maka dari itu, manfaat tahu dan tempe ini adalah membantu proses metabolisme tubuh.

Cocok untuk orang yang sedang diet

Kandungan sodium dalam tempe sangat sedikit, berbeda dengan makanan hasil fermentasi kedelai lainnya seperti miso yang sangat asin.

Mengurangi risiko penyakit jantung dan kolesterol

Tempe mengandung isoflavon yang membantu mengurangi kolesterol jahat (LDL). Selain itu, tempe banyak mengandung lemak tak jenuh majemuk (PUFA) dan niasin yang juga berperan menurunkan kolesterol jahat sehingga dapat menurunkan resiko serangan jantung.

Mengandung antibiotik natural

Jamur Rhizopus memproduksi antibitok natural yang berguna untuk mencegah penyakit seperti diare dan disentri.

Baik untuk penderita diabetes

Protein yang terkandung dalam tempe sangat baik dikonsumsi bagi penderita diabetes terutama yang bermasalah dalam mengonsumsi sumber protein hewani. Protein dan serta dalam tempe dapat mencegah naiknya tekanan darah dan menjaga agar gula darah tetap terkontrol.

Mudah dicerna

Manfaat tahu dan tempe berikutnya didapat berkat kaya serat. Serat sangat penting untuk membantu proses pencernaan serta mencegah berbagai penyakit kronis. Tempe merupakan pilihan baik bagi orang yang memiliki masalah pencernaan.

Hal ini dikarenakan proses fermentasi tempe membuat oligosakarida yang suit dicerna menjadi lebih mudah dicerna. Tempe difermentasikan menggunakan jamur Rhizopus yang memproduksi enzim phytase yang membantu meningkatkan penyerapan mineral seperti zinc, zat besi dan kalsium.

2 dari 4 halaman

Manfaat Air Tahu

Ilustrasi Susu KedelaiIlustrasi Susu Kedelai © rawpixel.com

Pada awalnya banyak yang mengira bahwa air tahu ini adalah air bekas rendaman tahu, atau rebusan tahu. Padahal air tahu ini adalah sebutan lain dari susu kedelai. Berikut adalah manfaat air tahu.

Memperkuat pembuluh darah

Salah satu manfaat air tahu yang pertama adalah memperkuat tubuh dari dalam, tepatnya pembuluh darah. Asam lemak omega 3 dan omega 6 serta kandungan phytoantioksidan yang ditemukan dalam kedelai sangat efektif dalam melindungi pembuluh darah dari luka dan perdarahan.

Senyawa ini mengikat lapisan pembuluh darah dan mempertahankan sel-sel lapisan dari serangan radikal bebas dan deposit kolesterol. Pengikatan gizi ini juga meningkatkan fluiditas dan fleksibilitas pembuluh darah sehingga mereka jauh lebih tahan terhadap perubahan tekanan darah.

Mencegah kanker prostat

Manfaat susu kedelai lainnya sangat penting untuk pencegahan kanker. Susu kedelai merupakan sumber fitoestrogen, hormon tanaman yang unik, yang dapat menghambat produksi testosteron pada pria. Penurunan kadar testosteron pada pria dapat mengurangi risiko kanker prostat. Penelitian telah menunjukkan bahwa pria yang jarang makan kedelai cenderung mengembangkan hipertrofi prostat atau kanker prostat.

Mencegah sindrom pascamenopause

Manfaat susu kedelai ternyata penting bagi mereka yang telah melewati masa menopause. Selama menopause, produksi estrogen akan menurun. Penurunan estrogen yang tiba-tiba dapat menciptakan sejumlah masalah kesehatan bagi wanita menopause. Wanita menopause memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit jantung, diabetes dan obesitas. Mereka juga lebih rentan terhadap depresi, perubahan suasana hati, insomnia dan gangguan psikologis lainnya.

Kandungan fitoestrogen dalam kedelai adalah pengganti estrogen. Rutin mengonsumsi kedelai bisa menjadi cara bagus untuk mencegah dan mengurangi sindrom pascamenopause.

Mencegah osteoporosis

Selain untuk menopause, manfaat susu kedelai bisa didapat bagi mereka yang osteoporosis. Osteoporosis adalah penyakit yang terkait dengan usia dan hormon. Kandungan fitoestrogen dalam kedelai dapat membantu mempercepat penyerapan kalsium oleh tubuh dan mencegah hilangnya massa tulang. Untuk manfaat maksimal, pastikan bahwa kamu membeli susu kedelai yang diperkaya dengan ekstra kalsium dan vitamin D.

Menurunkan kolesterol

Salah satu manfaat susu kedelai adalah untuk menurunkan kolesterol. Susu kedelai memiliki kemampuan untuk meningkatkan profil lipid darah. Tidak seperti susu sapi, yang tinggi lemak jenuh dan kolesterol, lemak susu kedelai sebagian besar tak jenuh dan nol kolesterol.

Asam lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda yang ditemukan dalam kedelai juga dapat menghambat penumpukan kolesterol dalam aliran darah. Penelitian telah menunjukkan bahwa asupan rutin kedelai dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah. Hal itu membuat susu kedelai menjadi minuman yang ideal bagi kamu yang memiliki kolesterol tinggi atau memiliki riwayat keluarga dengan penyakit jantung koroner.

3 dari 4 halaman

Manfaat Tahu Putih

Ilustrasi TahuIlustrasi Tahu © 2020 https://hungryhuy.com/

Ada banyak macam tahu. Tapi tahu yang paling banyak dikonsumsi adalah tahu putih. Berikut adalah manfaat tahu putih yang harus kamu ketahui.

Baik untuk mencegah menopause dini

Salah satu manfaat tahu yang penting bagi wanita adalah mencegah menopause dini. Kedelai yang terkandung dalam tahu memiliki isoflavon yang membantu selama tahap pra menopause di mana tubuh cenderung memiliki ketidakseimbangan estrogen. Isoflavon adalah senyawa nabati yang dapat membantu menstabilkan kadar estrogen selama menopause. Tidak hanya itu tahu juga kaya akan kalsium tinggi yang baik untuk kesehatan tulang.

Mengontrol berat badan

Manfaat tahu selanjutnya adalah berguna untuk mengontrol berat badan. Jika kamu sedang diet, maka mengonsumsi tahu sangat disarankan. Tahu memiliki kalori yang rendah, jadi tidak usah khawatir bila mengkonsumsi tahu dalam jumlah yang banyak. Tahu membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Tidak hanya itu, tahu kaya akan nutrisi penting yang dapat membantu menghasilkan energi sehingga dapat menekan nafsu makan dan membuat perut terasa kenyang dalam jangka waktu yang lama.

Menjaga kesehatan darah

Salah satu manfaat tahu yang penting lainnya adalah menjaga kesehatan darah. Manfaat tahu kaya akan zat besi yang membantu meningkatkan pembentukan sel darah, sehingga kamu terbebas dari anemia. Sebagai sumber zat besi yang sangat baik, tahu berfungsi untuk membantu mencegah anemia.

Kekurangan zat besi menyebabkan penurunan jumlah sel darah merah sehingga tahu merupakan solusi yang tepat untuk dikonsumsi. Selain itu, protein kedelai pada tahu juga dapat menurunkan kadar gula dalam darah, sehingga mampu mengurangi risiko terserang penyakit diabetes. Jadi secara garis besar, tahu sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan darah.

Mengurangi risiko kanker

Masih terkait dengan kandungan isoflavon, manfaat tahu tidak hanya mencegah menopause dini, namun juga bisa membantu mengurangi risiko kanker payudara dan prostat. Selain itu selenium dalam tahu berfungsi untuk menjaga tubuh tetap sehat karena mengandung antioksidan yang tinggi. Tahu juga dipercaya dapat mengurangi kanker payudara, paru-paru dan prostat.

4 dari 4 halaman

Manfaat Kembang Tahu

Ilustrasi Kembang TahuIlustrasi Kembang Tahu © 2020 https://pressurecookrecipes.com/

Kembang tahu yang lembut biasa terdapat pada wedang tahu atau tahwa. Minuman ini menggunakan kuah jahe yang bisa menyamankan kerongkongan dan tubuh. Kembang tahu tersebut tentu memiliki manfaat yang baik untuk tubuh karena terbuat dari susu kedelai. Berikut manfaat dari kembang tahu yang harus kamu ketahui.

Mencegah osteoporosis

Selain senyawa isoflavon, tahu juga mengandung tinggi kalsium. Kalsium merupakan bahan utama untuk pembentukan tulang. Bila kamu kekurangan asupan kalsium, maka akan mudah menyebabkan osteoporosis terutama di usia tua.

Baik untuk fungsi ginjal

Protein yang terkandung di dalam kedelai penting untuk kamu yang sedang menjalani cuci darah atau transplantasi ginjal. Manfaat tahu juga dapat meningkatkan fungsi ginjal. Pada sebuah analisa dari sembilan kali percobaan menunjukkan efek positif kedelai bagi penderita ginjal kronis. Hal ini dikarenakan adanya kandungan protein di dalamnya.

Baik untuk fungsi otak dan elastisitas kulit

Kandungan isoflavon dan lecithin pada tahu juga diduga memiliki pengaruh baik terhadap fungsi otak dan ingatan. Selain itu, isoflavon secara signifikan mengurangi keriput dan meningkatkan elastisitas kulit.

Baik untuk kesehatan kulit

Manfaat tahu bagi kesehatan kulit adalah mengencangkan otot kulit, sehingga kulit kamu sehat alami. Mineral, vitamin dan protein dari tahu bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Oleh karena itu, makan tahu secara teratur juga bisa memperlambat proses penuaan.

Apakah tahu ini adalah makanan kesukaanmu dan bagaimana kamu biasa mengolah tahu ini? Beri jawabanmu di kolom komentar ya!

Beri Komentar