26 Manfaat Daun dan Buah Jambu Biji untuk Kesehatan juga Kecantikan Rambut

Reporter : Sofi
Senin, 6 Januari 2020 14:22
26 Manfaat Daun dan Buah Jambu Biji untuk Kesehatan juga Kecantikan Rambut
Jambu biji adalah tanaman yang biasa ditanam oleh orang-orang di pekarangan rumah. Hal ini karena manfaat yang terdapat pada jambu biji. Berikut adalah manfaat jambu biji yang mengesankan.

Jambu biji adalah pohon tropis yang berasal dari Amerika Tengah. Buahnya berbentuk oval dengan kulit hijau muda atau kuning dan mengandung biji yang bisa dimakan. Terlebih lagi, daun jambu biji digunakan sebagai teh herbal dan ekstrak daun sebagai suplemen.

Buah jambu biji sangat kaya akan antioksidan, vitamin C, potasium, dan serat. Kandungan nutrisi yang luar biasa ini memberi mereka banyak manfaat kesehatan. Dari kandungan tersebut, dirangkum dari berbagai sumber berikut adalah manfaat jamnu biji dan daun jambu biji.

1 dari 4 halaman

Manfaat Daun Jambu Biji

daun jambu biji © Diadona

Daun jambu biji diketahui dapat mengatasi masalah kesehatan. Hal ini karena daun jambu biji mengandung nutrisi dan mineral seperti vitamin C, flavonoid, antioksidan, dan tanin. Daun jambu biji juga dikenal memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi bagi tubuh. Untuk lebih jelasnya lagi, berikut adalah manfaat daun jambu biji yang harus untuk kalian.

1. Menurunkan kadar gula darah

Beberapa bukti menunjukkan bahwa daun jambu biji dapat meningkatkan kontrol gula darah. Sejumlah penelitian menemukan bahwa ekstrak daun jambu biji mampu menekan kadar gula darah dalam jangka panjang dan resistensi insulin. Ini adalah kabar baik bagi penderita diabetes atau mereka yang berisiko.

Beberapa penelitian yang melibatkan manusia juga menunjukkan hasil yang mengesankan. Satu studi dari 19 orang mencatat, minum teh daun jambu biji mampu menurunkan kadar gula darah setelah makan. Efeknya bertahan hingga dua jam.

2. Meringankan gejala nyeri menstruasi

Banyak wanita mengalami dismenore, yaitu gejala nyeri haid, seperti kram perut. Namun, ada beberapa bukti bahwa ekstrak daun jambu biji dapat mengurangi intensitas nyeri kram menstruasi. Ekstrak daun jambu biji juga dianggap membantu meringankan kram rahim atau kram perut.

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Banyak ilmuwan percaya bahwa tingginya kadar antioksidan dan vitamin dalam daun jambu biji dapat membantu melindungi jantung dari kerusakan oleh radikal bebas.

Tingginya kadar kalium dan serat larut dalam jambu biji juga dianggap berkontribusi terhadap peningkatan kesehatan jantung. Selain itu, ekstrak daun jambu biji pun dikaitkan dengan tekanan darah rendah, penurunan kolesterol jahat, dan peningkatan kolesterol baik. Karena tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol jahat yang tinggi dikaitkan dengan risiko penyakit jantung dan stroke, maka mengonsumsi ekstrak daun jambu biji dapat membawa manfaat yang berharga.

4. Melancarkan sistem pencernaan

Ekstrak daun jambu biji dapat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan. Studi menunjukkan bahwa daun jambu biji bisa mengurangi intensitas dan durasi diare. Beberapa penelitian juga menunjukkan, ekstrak daun jambu biji bersifat antimikroba. Ini berarti dapat menetralkan mikroba berbahaya di usus kamu yang dapat menyebabkan diare.

5. Kecantikan kulit

Berbagai macam vitamin dan antioksidan yang dikemas dalam daun jambu biji dapat bekerja sangat baik untuk kecantikan kulit. Antioksidan dapat melindungi kulit dari kerusakan, yang dapat memperlambat proses penuaan dini, membantu mencegah keriput. Selain itu, ekstrak daun jambu biji bahkan dapat membantu mengobati jerawat ketika diterapkan langsung ke wajah.

daun jambu biji © Diadona

6. Sebagai antikanker

Ekstrak daun jambu biji terbukti memiliki efek antikanker. Penelitian menunjukkan, ekstrak daun jambu biji dapat mencegah dan bahkan menghentikan pertumbuhan sel kanker. Ini kemungkinan disebabkan oleh tingginya tingkat antioksidan kuat yang mencegah radikal bebas dari merusak sel, salah satu penyebab utama kanker.

Satu studi lain menemukan, minyak daun jambu biji empat kali lebih efektif untuk menghentikan pertumbuhan sel kanker dibandingkan obat kanker tertentu. Meskipun hasil percobaan itu menjanjikan, tetapi tidak berarti bahwa ekstrak daun jambu biji dapat membantu sepenuhnya mengobati kanker pada manusia.

7. Mengatasi diare

Bagi yang sedang menderita diare, manfaatkan daun jambu biji untuk mengatasinya. Menurut sebuah penelitian, daun jambu biji memiliki sifat antidiare. Coba konsumsi teh daun jambu biji saat diare.

Bisa juga konsumsi kapsul ekstrak daun jambu biji atau dengan menambahkan beberapa tetes minyak esensial ke dalam air hangat. Dengan mengonsumsinya secara rutin, intensitas diare bisa berkurang.

8. Mencegah obesitas

Percaya atau tidak, daun jambu biji secara efektif mampu membantu menurunkan berat badan. Hal ini karena daun jambu biji akan menghentikan pati kompleks dari konversi menjadi gula. Meningkatnya berat badan terjadi saat gula dimetabolisme oleh hati kemudian diubah menjadi lemak.

Kamudian, lemak yang dihasilkan nantinya akan dikeluarkan ke dalam darah. Konsumsi ekstrak daun jambu biji secara teratur dan dengan dosis yang tepat.

9. Mengatasi masalah gusi

Dikenal memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi, daun jambu biji mampu melindungi gigi dan gusi dari berbagai masalah. Mulai dari peradangan, gigi berlubang, gusi berdarah dan masih banyak lainnya. Hal tersebut juga telah dinyatakan dan diterbitkan dalam Journal of Pharmacognosy Review.

10. Atasi demam berdarah

Hati-hati saat memasuki musim hujan sebab berbagai jenis nyamuk akan berterbangan di sekitar rumah. Begitu juga dengan nyamuk penyebab penyakit demam berdarah, Aedes aegypti. Seseorang yang terindikasi menderita demam berdarah, kadar darah yang ada tubuh akan mengalami menurunan.

Semakin turun kadar darah dan trombosit pasien, maka semakin kritis pula kondisinya. Jika tidak segera ditangani dengan tepat, nyawa bisa menjadi taruhannya. Daun jambu biji mampu untuk mengatasi masalah tersebut. Menurut Journal of Natural Medicines, daun jambu biji merupakan salah satu obat paling baik untuk meningkatkan kadar trombosit pasien.

2 dari 4 halaman

Manfaat Jambu Biji Merah

jambu biji © Diadona

Jambu biji memiliki dua jenis dengan perbedaan pada warna daging buah, yaitu berwarna putih dengan tekstur renyah dan merah muda dengan tekstur lebih empuk. Tetapi nutrisi yang terkandung dalam kedua jenis jambu tersebut juga tidak berbeda jauh. Berikut adalah manfaat jambu biji merah yang harus kamu ketahui.

1. Meningkatkan imunitas tubuh

Manfaat jambu biji yang pertama adlaah meningkatkan imunitas tubuh. Jambu adalah buah yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sebab jambu mengandung vitamin C tinggi yang bisa mencegah tubuh terserang berbagai penyakit. Jambu biji merupakan salah satu buah dengan kandungan vitamin C yang tinggi. Bahkan kandungan vitamin C dalam jambu biji melebihi kandungan vitamin C di jeruk.

Manfaat jambu biji yang mengandung vitamin C ini juga dapat bermanfaat dalam mengurangi risiko terkena penyakit infeksi. Selain itu, vitamin C juga penting untuk menjaga kesehatan tulang, gigi, gusi, dan pembuluh darah, membantu dalam penyembuhan luka, meningkatkan fungsi otak, serta membantu tubuh menyerap zat besi.

2. Mencegah Kanker

Manfaat jambu biji selanjutnya adalah dapat mencegah kanker. Hal ini disebabkan karena jambu biji mengandung zat antioksidan yaitu flavonoid dan fitonutrien yang efektif untuk mencegah kanker.

Manfaat jambu biji yang mengandung vitamin C dosis tinggi sebagai antioksidan di dalamnya juga untuk menetralkan radikal bebas penyebab kanker. Kandungan antioksidan ini tidak hanya terdapat di buah jambu biji saja, tapi juga di daunnya.

3. Menyehatkan mata

Manfaat jambu biji selanjutnya adalah untuk menyehatkan mata. Kandungan vitamin A dalam jambu biji mampu mencegah infeksi mata dan penyakit mata. Tak hanya itu, vitamin A ini juga penting untuk pertumbuhan dan perkembangan sel-sel tubuh, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta membuat kulit tetap sehat.

4. Menurunkan tekanan darah dan kolesterol

Manfaat jambu biji berikutnya untuk menjaga tekanan darah. Sebab jambu biji mengandung kalium yang bermanfaat untuk melindungi tubuh dari pengaruh eksternal yang bisa merusak kesehatan tekanan darah. Jambu biji merupakan buah yang sebaiknya kamu konsumsi jika menderita darah tinggi.

Selain itu, berdasarkan sebuah penelitian, disebutkan bahwa mengonsumsi buah jambu biji dapat menurunkan kolesterol jahat dan menurunkan tekanan darah. Hal ini bisa didapatkan karena kandungan vitamin C dan serat dalam jambu biji.

3 dari 4 halaman

Manfaat Buah Jambu Biji

jambu biji © Diadona

Buah jambu biji ini biasa dikonsumsi langsung, ada yang mengolahnya sebagai jus, asinan, dan lain-lain. Hal ini karena jambu biji mudah untuk ditemukan dan rasanya yang enak dengan teksturnya yang renyah, juga disukai banyak orang. Sebagai orang yang menyukai atau biasa mengonsumsi jambu biji, tentu kamu harus manfaaf jambu biji yang terkandung. Berikut manfaat jambu biji yang harus kamu ketahui.

1. Mencegah dan mengatasi diabetes

Manfaat jambu biji yang pertama adalah sebagai obat alami bagi penderita diabetes. Selain itu secara medis, buah ini juga terbukti untuk mencegah lonjakan gula. Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa jambu biji diduga secara signifikan dapat mengurangi gejala diabetes, serta mengurangi kerusakan akibat proses peradangan dan oksidasi pada penderita diabetes. Kamu bisa berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya.

2. Melancarkan saluran pencernaan

Manfaat jambu biji untuk kesehatan selanjutnya adalah dapat melancarkan saluran pencernaan. Manfaat ini berkaitan dengan kandungan serat yang tinggi pada jambu biji, sehingga dapat mencegah sembelit dan memastikan bahwa kuman baik di dalam saluran pencernaan tetap bekerja.

3. Mencegah demam berdarah

Manfaat jambu biji untuk kesehatan yang satu ini mungkin sudah populer terdengar, yaitu untuk mencegah demam berdarah. Menurut penelitian, ekstrak daun jambu biji diduga dapat menghambat pertumbuhan virus dengue. Daun jambu biji yang direbus pun diyakini dapat menurunkan risiko pendarahan pada penderita DBD, dan mampu meningkatkan jumlah trombosit pada penderita demam berdarah dengue.

Namun hal ini masih sebatas pengobatan herbal. Sebaiknya kamu selalu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu terkait kondisi kesehatan dan dalam menggunakan berbagai obat-obatan alternatif.

4. Meningkatkan imunitas tubuh

Manfaat jambu biji selanjutnya adalah meningkatkan imunitas tubuh. Jambu adalah buah yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sebab jambu mengandung vitamin C tinggi yang bisa mencegah tubuh kamu dari serangan berbagai penyakit.

5. Antitumor dan antiinflamasi

Manfaat jambu biji ini dengan kandungan lycopene di dalamnya berfungsi sebagai zat antiinflamasi dan mencegah pertumbuhan tumor.

6. Mencegah penuaan dini

Manfaat jambu biji selanjutnya adalah mencegah penuaan dini. Kandungan zat antioksidan tinggi dalam jambu mampu menetralkan radikal bebas dan mencegah terjadinya stres oksidatif penyebab penuaan dini.

7. Menyehatkan kulit

Jambu biji mengandung vitamin A, nutrisi yang penting untuk meningkatkan kesehatan kulit. Manfaat jambu biji ini untuk mengeluarkan antioksidan yang bisa membuat kulitmu terlihat segar kembali.

8. Menambah jumlah darah

Manfaat jambu biji yang mengandung vitamin E, K, folat, niasain, mangan, tembaga, magnesium, dan asam panthothenic dimana semuanya berfungsi untuk menambah jumlah sel darah merah dalam tubuhmu.

4 dari 4 halaman

Manfaat Daun Jambu Biji untuk Rambut

ilustrasi rambut © Diadona

Manfaat daun jambu biji tidak berhenti pada kesehatan saja. Manfaat jambu biji dengan menggunakan daunnya ini juga untuk kecantikan rambut. Berikut adalah manfaat daun jambu biji untuk rambut.

1. Menjadikan rambut berkilau

Mencuci rambut dengan air daun jambu biji membantu menghilangkan penumpukan kotoran dan membuka folikel yang tersumbat. Ini membantu mencegah rambut berminyak dan ketombe. Menghilangkan kotoran di rambut dan kulit kepala membantu menghaluskan poros rambut, membuatnya lembut dan berkilau.

Daun jambu biji juga dapat menebalkan helaian rambut yang membuatnya akan terlihat lebih bervolume. Akar rambut juga menjadi lebih kuat sehingga tidak mudah rontok dan terhindar dari penipisan rambut.

2. Menyuburkan rambut

Daun jambu biji juga kaya Vitamin B dan Vitamin C yang berkhasiat untuk menyehatkan folikel serta membantu pertumbuhan rambut. Vitamin C membantu meningkatkan aktivitas kolagen. Kolagen membantu rambut tumbuh lebih cepat dan sehat.

Memijat kepala dengan air rebusan jambu biji bisa meningkatkan tekanan darah yang membantu folikel menerima lebih banyak nutrisi. Ini menghasilkan pertumbuhan rambut yang sehat.

3. Melindungi rambut dari radikal bebas

Sinar matahari, asap, dan polusi menyebabkan oksidasi atau perubahan susunan sel yang menyebabkan kematian sel. Antioksidan dikatakan membantu menetralisir radikal bebas dalam tubuh dan ini diperkirakan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Sifat antioksidan pada daun jambu biji membantu melawan radikal bebas, sehingga mencegah kerusakan kulit kepala dan rambut.

Daun jambu biji juga mengandung likopen yang memberikan perlindungan dari sinar ultraviolet matahari yang berbahaya.

4. Mencegah rambut rontok

Rambut rontok adalah akibat langsung dari kondisi kulit kepala yang tidak sehat. Daun jambu biji memiliki sifat analgesik, antiinflamasi, antimikroba, dan antioksidan yang membuatnya menjadi bahan yang populer untuk menjaga kesehatan kulit kepala. Antioksidan pada daun jambu biji membantu mencegah rambut rontok, meningkatkan pertumbuhan rambut dan mencegah penyusutan folikel.

Rambut rontok juga bisa dikaitkan dengan tingkat stres. Memijat kulit kepala dengan air daun jambu biji mampu merilekskan kepala dan menenangkan tubuh.

Setelah mengetahui manfaat jambu biji dengan daunnya tersebut, tentu tidak usah ragu lagi untuk menggunakan khasiat yang terkadung di dalamnya bukan? Bagaimana menurutmu tentang manfaat tersebut? Tulis jawabanmu di kolom komentar ya!

Beri Komentar