26 Manfaat Biji Pepaya untuk Kesehatan Mata dan Kecantikan Wajah juga Rambut

Reporter : Sofi
Sabtu, 11 Januari 2020 13:30
26 Manfaat Biji Pepaya untuk Kesehatan Mata dan Kecantikan Wajah juga Rambut
Jangan buang biji pepaya, karena ternyata biji pepaya bisa untuk dimaanfaatkan. Berikut manfaat biji pepaya yang harus kamu ketahui.

Buah pepaya adalah buah yang berasal dari daerah tropis. Banyak orang menyukai buah pepaya karena rasanya yang manis dan nutrisi yang terkandung juga banyak. Tapi dari buah pepaya tersebut, kebanyakan orang membuang bijinya yang berwarna hitam kecil itu. Padahal biji pepaya tersebut dapat dimakan dan nilai gizi yang terkadung juga banyak. Biji pepaya ini akan snagat bermanfaat untuk kesehatan jika mengonsumsinya dengan jumlah yang tepat. Berikut adalah manfaat biji pepaya yang sudah dirangkum dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Manfaat Biji Pepaya untuk Wajah

Ilustrasi Wanita Cantik © Diadona

Manfaat biji pepaya juga bisa untuk kecantikan wajah. Berikut manfaat biji pepaya untuk wajah.

1. Pengurangan kerut

Pepaya kaya akan antioksidan, seperti likopen , yang dapat bertahan melawan tanda-tanda penuaan yang terlihat. Sebuah studi 2015 menunjukkan bahwa banyak dari kerusakan kulit dan kerutan yang terjadi karena penuaan dapat dikaitkan dengan aktivitas radikal bebas yang berlebihan. Sebuah studi 2014 wanita yang lebih tua yang mengkonsumsi campuran antioksidan termasuk vitamin C dan likopen, memiliki pengurangan yang terukur dalam kedalaman kerutan wajah.

2. Kontrol jerawat

Enzim papain dan chymopapain dalam pepaya dapat mengurangi peradangan. Papain yang melarutkan protein dapat ditemukan di banyak produk pengelupasan kulit. Produk-produk ini membantu mengurangi jerawat dengan menghilangkan sel-sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori.

Retinol , bentuk vitamin A topikal, dapat membantu mengobati dan mencegah lesi jerawat yang meradang.

3. Pengobatan melasma

Pepaya adalah obat rumah yang populer untuk melasma. Para pendukung penyembuhan alami menyarankan bahwa enzim, betakaroten, vitamin, dan phytochemical dalam pepaya memiliki sifat pencerah kulit.

2 dari 4 halaman

Manfaat Biji Pepaya untuk Kesehatan

ilustrasi wanita sehat © Diadona

Selain untuk kecantikan, biji pepaya dipercaya untuk kesehatan juga. Salah satunya adalah antioksidan yang melindungi diri dari radikal bebas. Berikut adalah manfaat biji pepaya untuk kesehatan.

1. Kaya nutrisi

Tidak hanya buahnya saja yang kaya nutrisi, ternyata biji pepaya juga kaya akan protein, lemak, magnesium, kalsium dan fosfor.

2. Menjaga pencernaan

Sama halnya dengan daging buah, ternyata biji pepaya juga mengandung enzim pencernaan dalam jumlah yang besar sehingga sangat ampuh dalam mengatasi masalah pencernaan.

3. Menyembuhkan hati

Sebuah studi sudah membuktikan bahwa mengkonsumsi biji pepaya yang sudah dihancurkan dan dicampur dengan jus lemon sebanyak dua kali sehari akan membantu menyembuhkan penyakit sirosis hati (penyusutan hati akibat mengonsumsi alkohol berlebih).

4. Antioksidan

Biji pepaya merupakan antioksidan yang sangat bagus untuk melindungi tubuh dari kerusakan radikal bebas.

5. Anti bakteri

Ekstrak dari biji pepaya akan membantu menyerang berbagai bakteri jahat seperti Escherichia Coli, Staphylococcus, dan Salmonella, yang ada dalam sistem pencernaan kita.

6. Mencegah peradangan

Manfaat biji pepaya selanjutnya adalah mencegah peradangan. Sebaiknya kamu rutin mengonsumsi biji pepaya. Karena biji ini memiliki sifat antiinflamasi yang baik bagi tubuh.

7. Mencegah virus

Ternyata biji pepaya mampu memerangi virus jahat yang ada pada tubuh. Bahkan di Costa Rika, Amerika Tengah, biji pepaya dianggap sebagai obat herbal yang dapat menyembuhkan penyakit demam berdarah. Maka dari itu manfaat biji pepaya untuk mencegah virus.

8. Menjaga kesehatan ginjal

Manfaat biji pepaya selanjutnya adalah menjaga kesehatan ginjal. Biji pepaya mengandung antioksidan untuk menghambat kerusakan sel dalam tubuh. Salah satunya adalah sel pada ginjal, bahkan biji pepaya dapat membantu mencegah risiko gagal ginjal. Ginjal merupakan organ penting bagi tubuh. Ginjal berfungsi sebagai penyaring cairan di tubuh.

9. Mencegah stress

Manfaat biji pepaya selanjutnya adalah mencegah stress. Biji pepaya dapat mencegah tubuh dari stres oksidatif. Jus yang dibuat dari biji pepaya dapat bekerja secara efisien dalam mengekang efek radikal bebas dalam tubuh dan mencegahnya tubuh dari stres oksidatif dan kerusakan.

10. Membersihkan tubuh

Kandungan zat asam tertentu dan zat antioksidan di dalam biji pepaya serta madu membantu mengeluarkan semua racun di dalam tubuh dan organ vital lainnya. Karena hal itu membuat manfaat biji pepaya ini adalah membersihkan tubuh.

11. Membunuh cacing di perut

Makan biji pepaya adalah salah satu cara alami terbaik untuk manfaat biji pepaya yang menyingkirkan cacing di dalam perut dan bisa merusak kesehatan pencernaan.

12. Menurunkan berat badan

Manfaat biji pepaya selanjutnya adalah menurunkan berat badan. Kandungan lipid sehat dan kalium di dalam kombinasi biji pepaya dan madu akan meningkatkan sistem metabolisme dalam tubuh sehingga membantu untuk menurunkan berat badan.

13. Membentuk otot

Kombinasi biji pepaya dan madu tinggi akan protein sehingga membantu membangun jaringan otot dan akan membuat tubuhmu terlihat lebih kencang.

14. Melawan kelelahan

Manfaat biji pepaya selanjutnya dalah melawan kelelahan. Biji pepaya dan madu mengandung glucosinolates yang membantu tubuh untuk melawan kelelahan.

15. Membunuh virus flu

Kandungan zat antioksidan yang kuat dalam biji pepaya dan madu akan membuat sistem kekebalan tubuh jadi lebih kuat sehingga bermanfaat untuk melawan virus flu.

16. Meningkatkan fertilitas pria

Manfaat biji pepaya selanjutnya adlaah meningkatkan fertilitas pria. Kandungan enzim tertentu di dalam biji pepaya memiliki kemampuan untuk meningkatkan jumlah sperma pria sehingga bermanfaat positif untuk kesuburan mereka.

3 dari 4 halaman

Manfaat Biji Pepaya untuk Rambut

Ilustrasi Rambut Berkilau © Diadona

Manfaat biji pepaya ini juga dimanfaatkan untuk kecantikan rambut kamu. Berikut adalah manfaat biji pepaya untuk rambut.

1. Menghitamkan rambut

Biji pepaya yang mengandung glucoside cacirin dan karpain diketahui bermanfaat menghitamkan rambut. Berikut cara untuk mengolah biji pepaya tersebut.

Bahan :
- 1 genggam biji pepaya tua

Cara membuat:
- Sangrai biji pepaya sampai kering lalu ditumbuk hingga halus. Peras dan saring. Beri sedikit air saat akan digunakan, oleskan ke rambut sambil dipijat. Biarkan sampai kering, lalu keramas.

- Lakukan cara ini 2 kali dalam seminggu untuk beberapa minggu dan rasakan manfaatnya.

2. Pertumbuhan rambut

Menurut studi 2018, senyawa dalam pepaya, termasuk likopen, menunjukkan " aktivitas merangsang pertumbuhan rambut yang kuat."

3. Pencegahan ketombe

Salah satu penyebab utama ketombe adalah jamur mirip ragi yang dikenal sebagai malassezia. Sebuah artikel 2011 menunjukkan bahwa sifat antijamur dari biji pepaya dapat membantu mengendalikan dan mencegah ketombe.

4 dari 4 halaman

Manfaat Biji Pepaya untuk Mata

ilustrasi mata © Diadona

Ternyata kandungan yang ada pada biji pepaya dapat bermanfaat untuk mata. Berikut adalah manfaat biji pepaya untuk mata.

1. Untuk penglihatan sehat

Selain sifat antioksidannya, karotenoid seperti beta-karoten yang ditemukan dalam pepaya dapat diubah menjadi vitamin A, terutama penting untuk mata dan penglihatan yang sehat.

Manfaat biji pepaya juga termasuk tingkat yang baik dari dua senyawa khusus yang disebut lutein dan zeaxanthin. Dikenal sebagai xanthophylls, fitonutrien ini terkonsentrasi oleh tubuhmu di daerah makula mata.

Manfaat biji pepaya memberikan perlindungan terhadap sinar biru UV dan energi tinggi yang dapat merusak retina mata kita dan terlibat dalam persepsi detail halus.

2. Degenasi makula mata

Penelitian menunjukkan asupan zeaxanthin dan lutein yang baik secara signifikan dapat mengurangi risikomu mengalami degenerasi makula terkait usia (ARMD), penyebab paling umum kebutaan di Amerika.

3. Melindungi dari penyakit mata kronis

Tingginya kadar lutein dan zeaxanthin dalam makanan seperti pepaya juga dapat melindungi dari berkembangnya katarak, glaukoma, dan penyakit mata kronis lainnya. Sumber lutein dan zeaxanthin yang baik lainnya adalah labu, bayam, brokoli dan kuning telur dari telur buras.

4. Mempertajam penglihatan

Banyak orang juga melaporkan peningkatan ketajaman visual dan persepsi warna dengan dosis tinggi lutein dan zeaxanthin dalam suplemen yang berasal dari sumber alami.

Jika kamu sangat bergantung pada mata untuk waktu yang lama, terutama untuk mendeteksi detail halus seperti membaca kata-kata di layar komputer sepanjang hari, maka asupan lutein ekstra setiap hari dan khususnya zeaxanthin dapat membantu secara signifikan.

Apakah kamu juga sering membuang biji pepaya ini tanpa memanfaatkan dulu sebelumnya? Beri jawabanmu di kolom komentar ya!

Beri Komentar