25 Manfaat Labu Kuning Kukus untuk Bayi, Ibu Hamil, dan Kesehatan

Reporter : Sofi
Jumat, 14 Februari 2020 12:39
25 Manfaat Labu Kuning Kukus untuk Bayi, Ibu Hamil, dan Kesehatan
Sudah tahu manfaat labu kuning untuk kesehatan tubuhmu juga bayimu? Berikut manfaat labu kuning tersebut.

Labu kuning adalah jenis labu yang kaya akan gizi dan dapat dibuat berbagai pangan untuk dihidangkan. Semua bagian dari labu kuning bisa dimakan termasuk daging, biji serta kulitnya. Terdapat 19 vitamin dan mineral, termasuk antioksidan, serat, serta beragam nutrisi lain yang terkandung di dalam labu. Dalam 100 gram labu, terdapat 6,5 gram karbohidrat, 26 kalori, 1 gram protein, 2,7 gram gula, 21 miligram kalsium, 340 mg kalium, dan 12 mg magnesium.

Dari kandungan tersebut, manfaat labu kuning sangatlah bagus untuk tubuh. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut adalah manfaat labu kuning yang mengesankan.

1 dari 3 halaman

Manfaat Labu Kuning untuk Bayi

Untuk membantu masa perkembangan, bayi membutuhkan makanan yang mengandung banyak nutrisi. Salah satu makanan yang bisa membantu memenuhi kebutuhan gizi bayi adalah labu kuning. Berikut adalah manfaat labu kuning untuk bayi.

Ilustrasi Bayi © Diadona

Membuat tidur menjadi lebih nyenyak

Bayi juga bisa mengalami gangguan tidur dan membuat kualitas istirahatnya terganggu. Selain memberikannya susu putih hangat sebelum tidur, kamu bisa memberikan labu kuning sebagai alternatifnya. Hal ini dikarenakan manfaat labu kuning memiliki zat tryptophan yang merupakan asam amino esensial yang dapat membantu tubuh bayi memproduksi hormon serotonin. Hormon ini berguna untuk mengelola suasana hati, membuat tidur lebih nyenyak, sekaligus membuat lebih tenang.

Melancarkan sistem pencernaan bayi

Selain kaya akan vitamin dan mineral, manfaat labu kuning juga banyak mengandung serat dan karbohidrat kompleks. Nutrisi ini baik untuk menjaga saluran pencernaan bayi agar lancar dan mencegahnya terkena sembelit.

Rendah kalori, tinggi serat

Kamu yang ingin memberikan labu kuning sebagai camilan juga tak perlu khawatir si Kecil akan mengalami obesitas. Sebab, manfaat labu kuning memiliki kalori yang sedikit, tetapi kaya akan serat. Tingginya serat pada labu kuning berkhasiat untuk menjaga kelancaran sistem pencernaan si Kecil.

Kaya akan kandungan serat, manfaat labu kuning juga memberikan efek kenyang lebih lama pada si Kecil yang berusia sekolah dasar. Dengan efek kenyang lebih lama, ia tidak akan mudah tergiur dengan jajanan yang tak sehat. Otomatis si Kecil tak akan mudah terkena penyakit.

Menjaga kesehatan mata

Labu yang memiliki warna kuning dan oranye memiliki kandungan beta karoten yang diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh. Zat ini sangat berguna untuk meningkatkan kesehatan mata. Selain itu, ada lutein dan zeaxanthin yang merupakan antioksidan yang kuat berguna untuk melindungi mata dari beragam penyakit, serta membantu retina menyerap dan memproses cahaya yang masuk ke mata.

Labu kuning bisa dijadikan alternatif wortel karena kandungannya hampir sama. Selain kandungannya mirip dengan wortel, rasa labu kuning jauh lebih enak daripada wortel.

Mengandung berbagai nutrisi penting untuk bayi

Vitamin dan mineral yang tersedia pada labu cocok untuk perkembangan bayi. Misalnya, kalsium dan magnesium membantu membangun tulang yang lebih kuat, alat bantu fosfor dalam fungsi otak, pencernaan, keseimbangan hormon, dll.

Kaya akan antioksidan

Betakaroten yang ada dalam labu adalah antioksidan, yang dapat mengurangi stres oksidatif pada banyak organ. Tubuh bayi juga mengubah sebagian betakaroten menjadi vitamin A. Selain itu, lutein dan zeaxanthin juga terkandung dalam labu kuning. Kedua zat tersebut merupakan antioksidan yang kuat. Sehingga, manfaat labu kuning dapat menjaga dan meningkatkan kesehatan si Kecil secara keseluruhan.

Meningkatkan daya tahan tubuh

Tak hanya buah-buahan asam saja yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Manfaat labu kuning untuk bayi yang bisa didapatkan untuk memperbaiki daya tahan tubuh dan mencegah berbagai macam penyakit terutama penyakit menular seperti flu. Hal ini dikarenakan labu kuning memiliki kandungan zat besi, asam folat, serta vitamin A, vitamin C, dan vitamin E yang merupakan antioksidan. Nah, semua nutrisi inilah yang berfungsi untuk membentuk kekebalan tubuh bayi.

Antioksidan juga berperan penting dalam menangkal efek radikal bebas. Mencukupi asupan labu kuning bisa membuat sel-sel kekebalan tubuh bekerja lebih baik untuk menangkal dan mencegah infeksi serta mempercepat proses penyembuhan ketika bayi sedang sakit atau terluka.

Meningkatkan kualitas kesehatan kulit

Manfaat labu kuning untuk bayi yang bisa didapatkan selanjutnya adalah mampu meningkatkan kualitas kesehatan kulit. Hal ini dikarenakan adanya kandungan betakaroten dalam labu kuning yang menghasilkan antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas dan mencegah radiasi dari sinar UV.

Selain itu, vitamin C pada labu kuning juga berpengaruh terhadap proses pembentukan kolagen agar kulit bayi selalu kenyal dan sehat.

2 dari 3 halaman

Manfaat Labu Kuning Kukus

Salah satu cara mengolah labu kuning adalah dengan mengukusnya. Berikut manfaat labu kuning kukus.

Ilustrasi Labu Kukus © Diadona

Menjaga kesehatan kulit

Manfaat labu kuning yang pertama adalah manjaga kesehatan kulit. Kandungan betakaroten dalam labu kuning dipercaya dapat menjadi tabir surya alami yang dapat melindungi kulit dari bahaya sinar UV. Vitamin C yang terkandung dalam labu kuning juga dapat membantu menjaga produksi kolagen yang merupakan salah satu protein utama penyusun kulit.

Meningkatkan kualitas tidur

Manfaat labu kuning berikutnya adalah dapat meningkatkan kualitas tidur. Manfaat labu kuning mengandung asam amino yang dapat membantu produksi hormons serotonin dalam tubuh. Serotonin adalah salah satu hormone yang dapat memberikan rasa tenang dan nyaman. Tidak hanya dipercaya dapat membuat tidur lebih nyenyak, serotonin juga dipercaya dapat mencegah depresi.

Meningkatkan imunitas tubuh

Sistem imun yang menurun akan membuat seseorang mudah terserang berbagai penyakit. Manfaat labu kuning yang tidak kalah penting lainnya adalah meningkatkan imunitas tubuh. Kandungan antioksidan dalam labu kuning dapat membantu memelihara kesehatan secara keseluruhan serta menurunkan risiko berbagai penyakit kronis. Makanan yang mengandung antioksidan juga dipercaya sebagai agen antikanker.

Menjaga kesehatan seksual pria

Manfaat labu kuning selanjutnya bisa didapatkan dari bagian bijinya. Ya, labu kuning memang tidak hanya dapat dikonsumsi daging buahnya saja, tetapi juga bagian bijinya. Biji labu kuning dipercaya memiliki kandungan zinc yang tinggi sehingga dapat membantu meningkatkan kualitas sperma. Selain itu, sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa antioksidan dalam labu kuning juga dapat mencegah gangguan prostat.

Menjaga kesehatan jantung

Manfaat labu kuning lainnya adalah membantu menjaga kesehatan jantung. Kandungan kalium dalam labu kuning dapat membantu untuk menurunkan tekanan darah. Selain itu, manfaat labu kuning juga memiliki kandungan serat dan vitamin C yang juga merupakan nutrisi yang baik untuk memelihara jantung.

Serat dapat membantu mencegah penumpukan kolesterol jahat dalam pembuluh darah. Sedangkan vitamin C bekerja sebagai antioksidan yang akan bekerja untuk mencegah kerusakan sel.

Membantu menurunkan berat badan

Serat yang tinggi dalam labu kuning juga membuat buah ini dipercaya untuk membantu menurunkan berat badan. Labu kuning diserap lebih lama dalam pencernaan sehingga dapat memberikan sensasi kenyang yang lebih lama. Buah ini juga memili kalori yang rendah sehingga sangat cocok untuk masuk ke dalam menu diet untuk menurunkan berat badan.

Baik untuk penderita diabetes

Salah satu makanan yang baik dikonsumsi untuk penderita diabetes adalah makanan yang tinggi serat dan labu kuning adalah salah satunya. Penderita diabetes umumnya diharuskan untuk mengganti konsumsi nasi dengan jenis karbohidrat lainnya. Meskipun belum diketahui bagaimana labu kuning dapat berpengaruh pada gula darah, tetapi labu kuning tetap menjadi makanan yang baik untuk dikonsumsi penderita diabetes.

Memelihara sistem pencernaan

Manfaat labu kuning selanjutnya adalah memelihara sistem pencernaan. Kandungan serat yang tinggi dalam labu dipercaya mampu untuk menjaga kerja sistem pencernaan dan mengatasi masalah seperti sembelit. Labu kuning juga mengandung antioksidan sehingga dapat menurunkan risiko berbagai gangguan pencernaan.

Menjaga kesehatan mata

Manfaat labu kuning berikutnya adalah menjaga kesehatan mata. Umumnya seseorang akan menurun kemampuan penglihatannya seiring dengan bertambahnya usia, namun bukan berarti seseorang tidak berpotensi mendapatkan masalah penglihatan di usia muda. Kebiasaan membaca yang salah, paparan layar ponsel dan komputer, dan kebiasaan lainnya juga dapat memicu gangguan mata.

Kandungan vitamin A dan beta-karoten dalam labu kuning dapat membantu untuk mencegah penurunan fungus mata tersebut. Kandungan lutein dan zeaxhantin dalam labu kuning juga dipercaya dapat menurunkan risiko degenerasi makula dan juga katarak.

3 dari 3 halaman

Manfaat Labu Kuning untuk Ibu Hamil

Ibu hamil memerlukan nutrisi yang lebih banyak dari biasanya. Labu kuning bisa membantu untuk mencukupi nutrisi tersebut. Berikut manfaat labu kuning untuk ibu hamil.

Ilustrasi Ibu Hamil © Diadona

Mencegah gangguan otot

Kandungan zinc dalam labu mendukung fungsi vitamin C dan E dalam memperkuat sistem otot dan massa tulang. Zat-zat ini begitu diperlukan mengingat selama masa kehamilan, ibu hamil sering menghadapi gangguan di bagian otot atau tulang karena bertambahnya massa tubuh.

Mencegah bayi terlahir cacat

Kandungan asam folat yang terdapat pada labu dipercaya bisa mencegah bayi cacat lahir. Folat adalah salah satu zat terpenting yang dibutuhkan ibu hamil dan janin selama masa kehamilan. Folat bekerja dengan menjaga tumbuh kembang sistem saraf sehingga ancaman-ancaman yang terkait dengan hal ini dapat dihindarkan.

Menjaga sistem pencernaan

Seperti halnya jenis sayuran lain, labu juga memiliki kandungan serat tinggi yang sangat berguna untuk menjaga sistem pencernaan dan menghindarkan gangguan seperti sembelit dan lain sebagainya. Fungsi lain dari serat adalah menjaga berat badan si ibu hamil agar tetap berada dalam ukuran normal dan wajar.

Meningkatkan daya ingat

Buah labu adalah sumber lutein yang sangat baik. Lutein adalah salah satu vitamin karotenoid yang erat kaitannya dengan vitamin A dan betakaroten. Kandungan ini berperan penting bagi kesehatan mata. Selain itu, kandungan lutein juga dapat meningkatkan fungsi kognitif, termasuk kemampuan belajar, mengingat, dan konsentrasi.

Menjaga suasana hati

Tidak hanya dagingnya saja yang dimanfaatkan, manfaat labu kuning juga terdapat pada bijinya. Biji labu kuning adalah sumber triptofan, yakni asam amino esensial yang dapat diubah menjadi serotonin, zat kimia yang terkait dengan tidur dan rasa bahagia. Karena tubuh tidak membuat triptofan sendiri, maka mengonsumsi biji labu dapat membuat ibu hamil lebih mudah tidur dan memiliki suasana hati yang lebih baik.

Meningkatkan daya tahan tubuh

Jika ibu hamil sering terkena penyakit, seperti batuk atau pilek, tidak ada salahnya mulai sekarang untuk rutin mengonsumsi labu. Sifat antioksidan dalam vitamin A dan C pada labu dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, buah ini juga dipercaya membantu tubuh melawan infeksi virus, bakteri, dan jamur.

Memberi tambahan energi

Memiliki kandungan kalori yang rendah gula, labu adalah buah yang tidak membahayakan bagi ibu hamil. Sedangkan, kalori berguna memberi energi pada ibu hamil untuk tetap dapat menjalankan aktivitas sehari-hari. Selain itu, mengonsumsi labu juga dapat mencegah terjadinya dehidrasi karena labu mengandung air sebanyak 90%.

Menstabilkan tekanan darah

Gangguan tekanan darah pada ibu hamil bisa sangat menganggu kesehatannya. Agar hal ini tidak terjadi, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi labu. Kandungan kalium pada labu dipercaya dapat menstabilkan tekanan darah.

Sementara itu, karena kandungan vitamin larut lemak yang cukup tinggi pada labu, disarankan untuk tidak mengonsumsi terlalu banyak labu agar tidak terjadi keracunan vitamin A. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar