25 Manfaat Jeruk Nipis dan Air Perasannya Untuk Wajah dan Kesehatan

Reporter : Bagus Prakoso
Sabtu, 28 Desember 2019 12:05
25 Manfaat Jeruk Nipis dan Air Perasannya Untuk Wajah dan Kesehatan
Selain untuk pelengkap dan penambah rasa pada makanan, jeruk nipis juga memiliki segudang manfaat yang baik untuk tubuh.

Siapa yang nggak kenal jeruk nipis? Jeruk nipis biasanya dijadikan sebagai pelengkap sekaligus penambah rasa pada makanan. Selain itu, air perasan jeruk sering dijadikan penghilang bau amis pada ikan sebelum diolah. 

Selain itu, masih banyak lho khasiat dalam jeruk nipis. Berdasarkan data Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) dalam 100 gram jeruk nipis mengandung makronutrien berupa:
- Energi: 44 kalori
- Protein: 0,5 gram
- Lemak: 0,2 gram
- Karbohidrat: 10 gram
- Serat: 0,4 gram
- ASH: 0,4 gram

Kemudian, mineral yang terkandung dalam jeruk nipis meliputi:
- Kalsium: 18 miligram
- Fosfor: 22 miligram
- Besi: 0,2 miligram
- Natrium: 3 miligram
- Kalium: 108,9 miligram
- Tembaga: 0,06 miligram
- Zinc: 0,1 miligram

Selain itu, adapun kandungan Vitamin dan antioksidan berupa:
- Beta-karoten: 23 mikrogram
- Karoten Total: 4 mikrogram
- Thiamin (vitamin B1): 0,01
- Vitamin B2: 0,03 mikrogram
- Niasin: 0,2 mikrogram
- Vitamin C: 20 mikrogram

Dari berbagai kandungan tersebut, jeruk nipis mempunyai manfaat yang sehat bagi tubuh. Apa saja manfaat jeruk nipis yang bisa kita dapatkan? Yuk kita simak!

1 dari 5 halaman

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Wajah

Ilustrasi Wajah Wanita © Diadona

Umumnya, jeruk nipis digunakan untuk meningkatkan cita rasa pada makanan. Namun, dari berbagai macam kandungan yang sudah dijelaskan ternyata jeruk nipis juga bisa dimanfaatkan untuk kesehatan wajah. Apa saja manfaat jeruk nipis untuk wajah?

1. Mencerahkan wajah

Jeruk nipis kaya akan anti-oksidan dan vitamin C yang membantu kulit agar terhindar dari jerawat, mencerahkan wajah, mengatasi minyak berlebih, dan mengangkat sel kulit mati.  

Cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapat manfaat jeruk nipis ini adalah dengan memeras 1 jeruk nipis, kemudian oleskan air perasan jeruk nipis pada wajah. Diamkan beberapa menit dan cuci muka dengan air bersih.

2. Mengencangkan kulit

Kandungan dalam jeruk nipis dipercaya bisa digunakan untuk mengencangkan wajah secara alami. Caranya sama, dengan mengoleskan air perasan jeruk nipis pada wajah lalu cuci muka dengan air bersih.

3. Menghilangkan jerawat

Jeruk nipis memiliki sifat antibiotik yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan jerawat. Untuk hasil yang maksimal, kamu bisa mencampurnya dengan madu dan olskan pada wajah yang berjerawat.

4. Menyamarkan bekas jerawat dan flek hitam

Manfaat jeruk nipis untuk wajah ternyata bisa menyamarkan bekas jerawat. Bagi kamu yang punya masalah dengan wajah karena jerawat dan ingin segera menghilangkan bekasnya, kamu bisa memakai jeruk nipis. Kandungan dalam jeruk nipis dipercaya dapat menghilangkan bekas akibat jerawat serta flek hitam.

5. Membersihkan komedo

Jeruk nipis juga dipercaya memiliki manfaat untuk menghilangkan komedo di wajah. Dengan melakukan seperti poin-poin sebelumnya secara rutin, kamu bisa mendapat manfaat jeruk nipis dengan maksimal.

2 dari 5 halaman

Manfaat Jeruk Nipis Untuk kesehatan

ilustrasi jeruk nipis © Diadona

Berbagai macam kandungan ada dalam jeruk nipis. Tidak hanya vitamin C, jeruk nipis juga mengandung vitamin B1, B2, B3, B5, dan lain sebagainya. Karena mengandung banyak nutrisi, nggak heran kalau jeruk nipis juga memiliki manfaat untuk kesahatan. Apa saja sih manfaat jeruk nipis untuk kesehatan? Yuk kita simak!

1. Meningkatkan imunitas

Ya! Sudah nggak heran kalau vitamin C memang memiliki sifat meningkatkan imunitas. Dengan rajin meminum air perasan jeruk nipis, kandungan antioksidan berupa flavonoid akan membantu meningkatkan imunitas kamu.

2. Menyeimbangkan pH

Manfaat jeruk nipis juga untuk menyeimbangkan asam dan basa dalam tubuh. Ketika kandungan pH tidak seimbang maka risiko untuk terkena penyakit akan tinggi sehingga dengan pH yang seimbang akan menurunkan risiko terkena penyakit.

3. Mencegah kanker

Manfaat jeruk nipis yang ketiga adalah mencegah kanker. Kandungan liminoid dalam jeruk nipis berperan sebagai penangkal radikal bebas. Hal ini berfungsi menurunkan risiko terkena berbagai jenis kanker antara lain leukimia, kanker lambung, dan kanker usus besar.

4. Membantu mengurangi tekanan darah tinggi

Kandungan dalam jeruk nipis dipercaya dapat mengurangi tekanan darah tinggi. Hal ini akan mencegah kamu terkena hipertensi. Kamu bisa merasakan manfaat jeruk nipis jika kamu mengonsumsinya secara rutin.

5. Membantu mengobati asam urat

Manfaat jeruk nipis ternyata juga sebagai obat asam urat. Kandungan asam sitrat pada jeruk nipis merupakan faktor penting yang berguna untuk melarutkan asam urat secara alami. Dengan rutin minum jeruk nipis setiap pagi, kamu akan dapat merasakan manfaat jeruk nipis untuk kesehatan ini.

6. Menurunkan kolesterol

Flavonoid dalam jeruk nipis bertindak sebagai anti-oksidan kuat. Antioksidan akan membantu melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas. Kamu bisa meminum perasan air jeruk nipis hangat dan minum di pagi hari dan malam hari secara rutin. Dengan begitu, kadar kolesterol jahat pada tubuh kamu akan segera berkurang.

7. Menyehatkan ginjal

Manfaat jeruk nipis selanjutnya adalah menyehatkan ginjal. Asam sitrat dalam jeruk nipis dapat mencegah proses pengikatan mineral lain yang dilakukan oleh kalsium. Kamu bisa merasakan manfaat jeruk nipis dengan meminum air perasan jeruk nipis setiap hari. Hasil yang kamu dapatkan adalah ginjal yang sehat dan mencegah terjadinya batu ginjal.

8. Menjaga kadar gula

Kandungan Vitamin C dalam jeruk nipis juga bermanfaat bagi penderita diabetes. Kadar gulanya yang rendah juga aman bagi penderita diabetes. Jeruk nipis juga dapat mengurangi penyerapan gula dalam darah. Alhasil, kadar gula darah dalam tubuh bisa lebih terjaga.

9. Mengurangi risiko penyakit jantung

Manfaat jeruk nipis berikutnya adalah mengurangi risiko penyakit jantung. Jeruk nipis merupakan sumber magnesium dan kalium yang berfungsi menjaga kesehatan jantung. kalium dapat menurunkan tekanan darah secara alami dan melancarkan sirkulasi darah. Hal ini membatnu mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

3 dari 5 halaman

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Diet

ilustrasi olahraga wanita © Diadona

Kamu pasti sudah tahu kalau buah-buahan sangat bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Nah! Salah satu buah yang baik dikonsumsi saat diet adalah jeruk nipis. Berikut ini manfaat jeruk nipis yang bisa kamu rasakan untuk diet.

1. Memaksimalkan pembakaran lemak

Manfaat jeruk nipis untuk diet yang pertama adalah dapat memaksimalkan pembakaran lemak. Penelitian pada 2005 lalu di Journal of the American College of Nutrition mengatakan zat-zat seperti antioksidan, asam sitrat dan vitamin C bisa membakar lemak hingga 30 persen lebih banyak ketika kamu beraktivitas dan berolahraga. 

Jadi, kalau kamu sedang berolahraga akan lebih baik jika kamu sambil mengonsumsi jeruk nipis sebelum atau sesudah berolahraga. Jika dilakukan secara rutin, kamu akan bisa mendapat manfaat jeruk nipis untuk diet dengan maksimal.

2. Menunda rasa lapar

Penelitian membuktikan mengonsumsi sayur dan buah yang kaya akan serat bisa membuat kenyang lebih lama. Sama halnya dengan jeruk nipis yang mengandung serat dipercaya dapat mengenyangkan kamu tanpa kalori yang berlebihan. Hal ini sangat membantu untuk diet kamu.

3. Membantu melancarkan pencernaan

Manfaat jeruk nipis untuk diet juga karena dapat membantu melancarkan pencernaan. Berbagai maslaah pencernaan bisa membuat kamu lebih susah diet. Jeruk nibis bisa melancarkan pencernaan karena senyawa flavonoid. Senyawa ini digunakan untuk meningkatkan enzim yang diperlukan untuk mengurai makanan.

4 dari 5 halaman

Manfaat Masker Jeruk Nipis

Ilustrasi Wajah Wanita Sehat Cantik © Diadona

Salah satu yang sering digunakan oleh kalangan wanita adalah menggunakan jeruk nipis sebagai masker wajah. Zat asam alfa-hidroksi (AHA) yang dikandung jeruk nipis dapat membantu membuka pori-pori yang tersumbat. Selain itu, zat-zat pada jeruk nipis dapat bersifat antibakteri dan eksfolian untuk mencegah pengelupasan kulit. Selain itu juga membantu menangani jerawat. 

Adapun cara membuat dan menggunakan masker jeruk nipis yang bisa kamu terapkan. Untuk mendapatkan efektivitas masker jeruk nipis sebagai antibakteri dan eksfolian, gunakan air hasil perasannya dan oleskan ke bagian wajah. Kamu juga bisa mengoleskannya menggunakan kapas. Diamkan selama 10 menit, kemudian bilas dengan air dingin sampai bersih. 

Untuk mendapat manfaat masker jeruk nipis dengan maksimal, kamu bisa menambah bahan lain seperti gula, minyak zaitun, minyak kelapa, bayam, atau madu.
Adapun beberapa manfaat masker jeruk nipis yang bisa kamu dapatkan. Apa saja itu?

1. Mengangkat sel kulit mati

Dengan mencampurkan masker jeruk nipis dan gula kamu bisa mendapatkan manfaat mengangkat sel kulit mati dan menghaluskan kulit. Caranya adalah dengan mencampurkan air perasan jeruk nipsi dengan 1 cangkir gula. Gunakan sebagai scrub untuk wajah.

2. Menghaluskan kulit

Kamu bisa mendapat manfaat masker jeruk nipis dengan mencampurkannya dengan minyak kelapa untuk menghaluskan kulit. Campuran Jeruk nipis dan minyak kelapa berguna untuk melembapkan dan menghaluskan kulit.  

Caranya adalah dengan mencampurkan jeruk nipis dengan setengah cangkir minyak kelapa dan seperempat cangkir gula pasir. Campurkan semua bahan dan aplikasikan pada kulit. Setelah itu bilas dan keringkan.

3. Membersihkan jerawat dan kulit bercahaya

Kamu bisa mencampurkan masker jeruk nipis dengan bayam dan madu untuk membersihkan jerawat dan kulit yang lebih bercahaya. Bayam mengandung vitamin A, C, E, K, dan folat yang bisa membantu membersihkan jerawat dan membuat kulit lebih bercahaya. Caranya dengan mencampurkan 9-10 lembar bayam dengan 2 sendok perasan jeruk nipis serta 1 sendok makan madu. Haluskan dengan diblender. Kemudian kamu bisa mengaplikasikannya pada wajah. Diamkan 10-15 menit. Lalu bilas hingga bersih dan keringkan wajah.

5 dari 5 halaman

Manfaat Minum Air Jeruk Nipis

ilustrasi jeruk nipis © Diadona

Jeruk nipis memang dipercaya menyehatkan badan. Salah satu yang paling sering digunakan untuk kesehatan adalah dengan memanfaatkan air jeruk nipis. Apa saja sih manfaat minum air jeruk nipis? Yuk kita simak!

1. Mendorong rasa haus

Salah satu manfaat minum air jeruk nipis adalah mendorong rasa haus. The centers of Desease Control and Prevention (CDC) menyatakan seseorang yang rutin minum air perasan jeruk nipis akan mendorong lebih banyak minum air. Dengan begitu kebutuhan cairan untuk tubuh akan terpenuhi .

2. Menurunkan berat badan

Seperti di poin pertama, dengan minum air perasan jeruk nipis akan mendorong lebih banyak minum air putih. Studi di Nutritional Epidemiology menyatakan orang yang minum banyak air akan memiliki pola amakan yang lebih bagus karena lebih menghindari minuman manis.
Dengan begitu akan mengurangi jumlah gula dan lemak yang masuk dalam tubuh setiap harinya. Hal ini efektif membantu seseorang yang ingin menurunkan berat badannya.

3. Pencernaan lancar.

Dengan minum air perasan jeruk nipis setiap pagi dapat membantu mengatasi masalah pencernaan. Salah satu masalah pencernaan adalah kesulitan buang air besar.
Asam jeruk nipis membantu air liru memecahkan makanan dan merangsang sekresi pencernaan di perut.

4. Meningkatkan kualitas kulit

Jeruk nipis mengandung vitamin C dan antioksidan. Dengan minum air perasan lemon secara rutin akan menjaga meningkatkan penampilan kulit secara alami.

5. Menghindarkan dari kanker dan jantung

Studi di Medicine (Baltimore) tahun 2015 menyatakan manfaat minum air jeruk nipis berkaitan dengan penurunan risiko kanker. Kandungan magnesium dan kalium dalam jeruk nipis menjaga kesehatan jantung secara keseluruhan.
Kamu bisa mendapat manfaat maksimal dengan rutin minum air jeruk nipis.

Ternyata banyak ya manfaat jeruk nipis untuk tubuh. Jadi tunggu apa lagi untuk rutin mengonsumsi jeruk nipis dan menggunakan berbagai olahannya. Semoga bermanfaat.

Beri Komentar