24 Manfaat Buah Kiwi Hijau dan Kiwi Gold Untuk Diet dan Kesehatan

Reporter : Sofi
Sabtu, 4 Januari 2020 14:20
24 Manfaat Buah Kiwi Hijau dan Kiwi Gold Untuk Diet dan Kesehatan
Kalian pasti pernah tahu kiwi di swalayan. Rasa asam dan manisnya yang segar dapat menutrisi tubuhmu agar tetap sehat karena kandungan nutrisinya. Berikut adalah manfaat buah kiwi yang harus kamu tahu

Buah kiwi adalah buah kecil yang mengandung banyak rasa dan banyak manfaat kesehatan. Daging hijau mereka manis dan sedikit asam. Ini juga penuh dengan nutrisi seperti vitamin C, vitamin K, vitamin E, folat, dan kalium.

Mereka juga memiliki banyak antioksidan dan merupakan sumber serat yang baik. Biji hitam kecil mereka dapat dimakan, seperti halnya kulit berwarna cokelat, meskipun banyak yang lebih suka mengupas kiwi sebelum memakannya. Berikut adalah manfaat buah kiwi yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Manfaat Buah Kiwi Untuk Ibu Hamil

ilustrasi ibu hamil © Diadona

Manfaat buah kiwi ini uga bisa diraskan untuk ibu hamil. Hal ini karena kiwi mempunyai banyak nutrisi yang aman untuk janin dan ibunya.Berikut adalah manfaat buah kiwi untuk ibu hamil.

1. Asam folat tinggi

Jika memiliki asupan asam folat yang cukup selama masa kehamilan, maka bayi pun dapat tercegah dari spina bifida atau kelainan pada tulang belakang dan juga anencephaly atau kelainan dimana otak tidak terbentuk dengan sempurna.

Mengkonsumsi kiwi saat masa kehamilan sangat bagus. Karena buah kiwi sendiri memiliki kandungan asam folat yang cukup tinggi. Sedangkan bagi ibu hamil, membutuhkan rata-rata 0,6 hingga 0,8 mg asam folat tiap harinya.

2. Melindungi DNA bayi

Kandungan antioksidan yang terdapat pada buah kiwi ini bermanfaat untuk melindungi DNA bayi. Selain itu, antioksidan ini juga bermanfaat loh untuk bantu jaga kesehatan sang ibu. Bukan hanya untuk melindungi DNA dan jaga kesehatan ibu hamil, nyatanya antioksidan pun memiliki manfaat untuk mencegah munculnya sel kanker pada tubuh.

3. Meningkatkan kekebalan tubuh

Kesehatan pada ibu hamil juga berpengaruh loh pada kesehatan janin yang dikandung. Maka dari itu, bagi para ibu yang sedang hamil, menjaga kesehatan sangatlah penting untuk dilakukan. Vitamin C yang ada pada buah kiwi ini mampu untuk menambah sistem imun pada tubuh.

Apalagi vitamin c pada satu gelas kiwi pun cukup banyak. Sehingga kekebalan tubuh pada ibu hamil pun dapat terjaga dengan baik. Selain itu, buah yang memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi ini pun bisa membantu kamu untuk menangkal radikal bebas yang mungkin saja membahayakan janin dalam kandungan.

4. Mengatasi mual

Manfaat buah kiwi lainnya bagi ibu hamil adalah untuk mengatasi mual yang diderita selama masa kehamilan. Bukan hal yang baru lagi jika pada masa kehamilan sang ibu kerap merasakan mual. Rasa asam yang dimiliki oleh kiwi ini lah yang mampu membantu mengurangi rasa mual untuk ibu hamil.

Bukan hanya karena kandungan vitamin C saja yang mampu untuk mengurangi mual, vitamin B yang ada pada kiwi pun bisa menatasi rasa mual loh.

5. Mengatasi hipertensi

Pada masa kehamilan mengalami hipertensi tentu saja sangat berpengaruh dan bisa membahayakan ibu hamil dan juga janin. Untuk itu, manfaat buah kiwi lainnya adalah mengatasi masalah hipertensi. Tentu saja mengalami tekanan darah tinggi atau hipertensi pada ibu hamil bisa menghambat pertumbuhan dan perkembangan pada janin.

Selain itu, jika sang ibu mengalami tekanan darah tinggi di masa kehamilan, maka kemungkinan untuk melahirkan di waktu yang tidak tepat pun bisa terjadi, dan ini akan mengakibatkan bayi terlahir prematur. Apalagi jika sang ibu memiliki riwayat tekanan darah tinggi, tentu pada masa kehamilan ini sangat diwaspadai. Oleh karena itu, ada baiknya jika pada masa kehamilan sang ibu mengkonsumsi buah kiwi secara rutin dan teratur.

2 dari 4 halaman

Manfaat Buah Kiwi Untuk Diet

 

Ilustrasi Perempuan Diet © Diadona

Manfaat buah kiwi untuk diet adalah salah satu cara berdiet yang efektif. Buah yang satu ini mengandung kalium dan beta karoten. Kiwi juga mengandung banyak vitamin E dan serat pangan yang efektif dalam melangsingkan tubuh yang jumlahnya lebih banyak daripada pisang yang dianggap sebagai buah paling baik untuk diet.

Kandungan serat dalam kiwi juga akan melancarkan pencernaan sehingga sembelit jelas tak akan menyerang. Cara konsumsinya juga sangat mudah. Siapkan saja buah kiwi yang sudah dikupas dan air putih hangat. Pagi hari setelah bangun, konsumsi buah ini dengan air putih hangat.

Manfaat buah kiwi ini untuk mengaktifkan saluran pencernaan di pagi hari. Memakan kiwi dengan meminum air hangat di pagi hari akan melarutkan serat yang dikandung sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh. Metabolisme tubuh juga semakin meningkat sehingga mampu membantu membakar lemak dalam tubuh.

Hebatnya lagi, sarapan dengan kiwi ini tak akan membuatmu mudah lapar, loh!. Ini karena kiwi dan air akan membuat perut terasa kenyang lebih lama. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah jangan makan kiwi terlalu banyak, konsumsi kiwi harus tetap diperhatikan ya. Batasi konsumsi kiwi maksimal 3 buah dalam sehari. Terlalu banyak makan kiwi sama saja dengan mengonsumsi terlalu banyak gula.

3 dari 4 halaman

Manfaat Buah Kiwi Gold

kiwi gold © Diadona

Buah kiwi mempunyai dua jenis macam yaitu kiwi dengan daging berwarna hijau, dan kiwi dengan daging berwarna kuning. Buah kiwi gold lebih manis dibanding dengan kiwi hijau. Tapi manfaat buah kiwi ini juga tidak jauh berbeda. Berikut adalah manfaat buah kiwi gold.

1. Memiliki vitamin C yang membantu tubuh menyerap zat besi

Buah kiwi mengandung vitamin C dosis tinggi yang bertindak sebagai antioksidan kuat. Kandungan itu memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga tubuhmu dapat melawan penyakit. Berdasarkan data USDA, kiwi biasa mengandung vitamin C hampir dua kali lipat jeruk segar yang sering disebut-sebut sebagai sumber utama vitamin C.

Kiwi juga mengandung asam folat yang menghasilkan sel darah merah dan putih serta antibodi yang melindungi tubuh dari infeksi.

2. Mengurangi rasa kembung

Manfaat buah kiwi gold ini adalah memabntu pencernaan protein dan mengurangi rasa kembung. Hal ini dikarenkaan buah kiwi gold memiliki enzim unik, yaitu actinidin.

3. Mengandung serat yang tinggi sehingga dapat menjaga kesehatan pencernaan

Sama seperti kebanyakan buah-buahan dan sayuran, kiwi mengandung jumlah tinggi yang sangat penting untuk pencernaan. Dengan makan dua buah kiwi, kamu akan memberi tubuhmu 4,2 gram serat makanan. Kiwi juga mengandung enzim actinidin, yang diduga meningkatkan pencernaan. Lebih jauh, sebuah penelitian Universitas Hong Kong mengamati orang dewasa yang mengalami konstipasi kronis yang makan dua buah kiwi sehari selama sebulan.

Setelah penelitian, ditemukan bahwa subjek dewasa mengalami pengurangan ketidaknyamanan sebesar 23%, mengurangi waktu pencernaan hingga 15 jam, yang sebenarnya menggandakan frekuensi pergerakan usus mereka sebelumnya.

4. Potassiumnya penting untuk memperbaiki sel, jaringan dan fungsi organ

Stres oksidatif dapat menyebabkan kerusakan pada DNA kita. Ini dapat menyebabkan masalah kesehatan. Sebagian berkat antioksidannya, ada beberapa bukti dari sebuah penelitian yang lebih tua bahwa konsumsi kiwi atau ekstrak kiwi secara teratur mengurangi kemungkinan stres oksidatif.

Karena kerusakan DNA oksidatif sangat terkait dengan kanker usus besar, konsumsi kiwi secara teratur juga dapat menurunkan risiko kanker usus besar.

5. Menjaga kadar gula dalam tubuh

Manfaat buah kiwi gold selanjutnya adalah menjaga kadar gula dalam tubuh. Hal ini karena kandungan gula yang terdapat kiwi gold ini tidak tinggi. Sehingga baik dikonsumsi penderita diabetes

6. Menangkal radikal bebas

Manfaat buah kiwi gold ini juga dapat menangkal radikal bebas karena kaya vitamin E sebagai antioksidan.

7. Sumber nutrisi

Manfaat buah kiwi gold yang terakhir adalah sebagai sumber nutrisi. Buah kiwi gold mengandung folat yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan sel.

4 dari 4 halaman

Manfaat Buah Kiwi Untuk Kesehatan

smoothies bowl kiwi © Diadona

Manfaat buah kiwi ini juga dapat untuk kesehatan. Kandungan vitamin, dan nutrisi lainnya yang banyak dipercaya sebagai kesehatan tubuh. Apa saaj manfaat tersebut? Berikut adalah manfaat buah kiwi untuk kesehatan.

1. Melindungi mata

Buah kiwi adalah sumber phytochemical yang baik, yang membantu mencegah degenerasi makula. Vitamin A dan phytochemical hadir dalam buah kiwi melindungi mata dari katarak dan gangguan penglihatan, sehingga merawat mata.

2. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Kehadiran vitamin C dalam buah kiwi membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menangkal penyakit. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Fisiologi dan Farmakologi Kanada menunjukkan bahwa buah kiwi memperkuat kekebalan dan mengurangi kemungkinan penyakit pilek atau flu

3. Membantu tidur nyenyak

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Nutrisi Klinis Asia Pasifik telah mengungkapkan bahwa buah kiwi mengandung antioksidan yang telah terbukti bermanfaat untuk gangguan tidur seperti insomnia

4. Menurunkan tekanan darah

Buah kiwi adalah buah yang sangat baik dalam mengelola tekanan darah. Menurut sebuah studi tahun 2014, zat bioaktif dalam 3 kiwi per hari dapat membantu mengurangi tekanan darah lebih dari 1 apel per hari. Tekanan darah rendah mengurangi risiko stroke dan serangan jantung.

5. Membantu mengobati asma

Orang dengan asma harus makan buah kiwi karena mereka memiliki efek menguntungkan pada fungsi paru-paru, menurut sebuah penelitian. Buah-buahan yang kaya vitamin C seperti kiwi dapat membantu mengurangi mengi pada anak-anak yang menderita asma.

6. Mengurangi risiko pembekuan darah

Kiwi dapat mengurangi risiko pembekuan darah, menurut sebuah studi dari University of Oslo. Para peneliti juga menemukan bahwa mengonsumsi 2-3 kiwi per hari dapat menurunkan risiko pembekuan darah. Pembekuan darah dapat menyebabkan serangan jantung, stroke atau merusak organ tubuh lainnya.

7. Memberikan kulit sehat

Kiwi adalah sumber vitamin C yang sangat baik, antioksidan yang larut dalam air yang melindungi kulit dari kerusakan berbahaya yang disebabkan oleh sinar matahari, polusi, dan asap. Buah kiwi menunda penuaan dan meningkatkan tekstur kulit secara keseluruhan.

8. Mencegah batu ginjal

Buah kiwi adalah sumber potasium yang baik yang dikaitkan dengan pengurangan pembentukan batu ginjal, menurunkan risiko stroke, pelestarian kepadatan mineral tulang dan perlindungan terhadap hilangnya massa otot.

9. Meningkatkan kesehatan jantung

Buah kiwi kaya akan vitamin C dan potasium yang baik untuk meningkatkan kesehatan jantung. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi kiwi setiap hari mengurangi kemungkinan stres oksidatif yang mengarah pada berbagai masalah kesehatan termasuk penyakit jantung

10. Meningkatkan mood dan energi ekstra

Enzim aktif yang terkandung dalam kiwi ternyata bisa meningkatkan tingkat energi metabolisme dan membantu neurotransmiter untuk meningkatkan energi. Penelitian yang diterbitkan Journal of Nutritional Science di Selandia Baru mempelajari 35 pria berusia 18 hingga 35 tahun selama periode enam minggu.

Laki-laki itu kemudian diberikan setengah kiwi atau dua kiwi per hari. Setelah itu ditemukan bahwa mereka yang mengonsumsi dua kiwi per hari dan menikmati peningkatan energi 31 persen.

11. Membantu pencernaan

Buah kiwi mengandung enzim proteolitik yang disebut actinidin yang dikenal karena sifat pelarutan proteinnya. Kiwi juga mengandung serat yang membantu pencernaan. Sebuah studi menemukan bahwa ekstrak kiwi dapat meningkatkan pencernaan dan menjaga masalah pencernaan di teluk.

Bagaimana menurutmu mengenai manfaat di atas? Apakah kamu salah satu penggemar dari buah kiwi ini? Tulis jawabanmu di kolom komentar ya!

Beri Komentar