23 Manfaat Jus Sayur Brokoli untuk Kesehatan dan Bayi

Reporter : Sofi
Senin, 6 Januari 2020 18:25
23 Manfaat Jus Sayur Brokoli untuk Kesehatan dan Bayi
Brokoli adalah salah satu tanaman hijau yang masih banyak tidak disukai orang, tapi tidak sedikit yang suka dengan sayur ini. Berikut adalah manfaat yang terkandung.

Brokoli (Brassica oleracea) adalah sayuran yang masih berhubungan dengan kubis, kangkung, kembang kol, dan kubis brussel. Brokoli mengandung banyak nutrisi, termasuk serat, vitamin C, vitamin K, zat besi, dan kalium. Ini juga membanggakan lebih banyak protein daripada kebanyakan sayuran lainnya. Sayuran hijau ini dapat dinikmati baik mentah maupun dimasak, tetapi penelitian terbaru menunjukkan bahwa mengukus dengan lembut memberikan manfaat kesehatan paling besar. Dari kandungan nutrisi di atas, berikut manfaat brokoli yang sudah dirangkum dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Manfaat Sayur Brokoli

brokolibrokoli © wallpaperswide.com

Sayur brokoli mengandung vitamin C sebanyak 2 kali lipat buah jeruk. Sayuran renyah ini juga memiliki kandungan kalsium, selenium, dan sejumlah antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan. Dari nutrisi yang terkandung, terdapat banyak manfaaat brokoli yang dapat diperoleh tubuh. Berikut manfaat brokoli yang dapat kamu ketahui.

1. Mengurangi berat badan

Manfaat brokoli merupakan salah satu sayur yang memiliki kandungan kaya akan serat. Kandungan serat dalam brokoli mampu membuat perut menjadi terasa kenyang lebih lama. Karena itu, brokoli merupakan salah satu jenis sayuran yang dapat membantu dalam proses diet atau penurunan berat badan.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

Manfaat brokoli selanjutnya adalah meningkatkan kekebalan tubuh. Vitamin C dan antioksidan yang terkandung dalam brokoli dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan vitamin C dan antioksidan ini mampu melawan infeksi dan melindungi tubuh dari serangan virus dan bakteri.

Selain meningkatkan kekebalan tubuh, brokoli memiliki kandungan lain yang dapat bermanfaat untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

3. Mengontrol tekanan darah

Konsumsi brokoli dapat membantu untuk menjaga tekanan darah. Manfaat brokoli dengan kandungan kalium dan magnesium yang terdapat dalam brokoli telah diketahui dapat mengontrol tekanan darah tinggi. Untuk itu, bagi penderita gangguan tekanan darah tinggi, dapat mengkonsumsi agar tekanan darah menjadi normal.

4. Mengontrol kolesterol

Mengkonsumsi brokoli yang dimasak dengan direbus memiliki efek yang baik untuk kesehatan jantung dan dapat menghindarkan dari gejala sakit jantung. Manfaat brokoli dari kandungan serat yang ada dalam brokoli mampu mengatasi masalah menumpuknya kolesterol dalam tubuh. Sehingga aliran darah menjadi lancar dan terhindar dari penyakit jantung.

BrokoliBrokoli © rawpixel.com

5. Menjaga kesehatan kulit

Selain baik untuk kesehatan, manfaat brokoli ini ternyata juga baik dapat menjaga kesehatan kulit. Senyawa glucoraphanin dalam brokoli dapat membantu kulit memperbaiki kulit rusak yang disebabkan sinar matahari atau proses penuaan. Vitamin E yang terkandung dalam brokoli bagus untuk mempercepat proses regenerasi sel kulit mati.

6. Menjadikan rambut berkilau

Minyak biji brokoli mengandung asam lemak unik yang mirip dengan silikon di dalam sampo. Asam lemak yang disebut asam erucic ini akan memberikan kilauan sehat pada rambutmu.

7. Menjaga kesuburan rambut

Vitamin B dan vitamin C yang ada di dalam brokoli bisa membuat folikel rambutmu lebih kuat. Vitamin C juga memerangi radikal bebas yang dapat menyebabkan kerontokan rambut.

Sayuran hijau gelap seperti brokoli juga sarat dengan vitamin A dan C yang membantu menghasilkan sebum, minyak kulit kepala alami yang membuat rambut senantiasa lembut.

8. Mencegah jerawat

Manfaat brokoli yang terakhir adalah mecengah jerawat. Vitamin dan mineral di dalam brokoli bertindak sebagai nutrisi yang menjaga kesehatan kulit dan mencegah timbulnya jerawat dari dalam. Kulit pun senantiasa mulus bebas masalah.

2 dari 4 halaman

Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan

ilustrasi wanita sehatilustrasi wanita sehat © hackensackmeridianhealth.org

Brokoli adalah salah satu sayuran hijau yang memiliki banyak manfaat. Tapi, masih banyak orang yang tidak suka untuk makan sayuran ini. Tidak sedikit juga orang yang suka memakan sayuran ini. Padahal, nutrisi yang terkadung dapat berguna untuk kesehatan tubuh kita. Apa saja manfaat brokoli bagi kesehatan? Berikut adalah manfaat brokoli bagi kesehatan.

1. Menyehatkan kulit dari dalam

Manfaat brokoli yang mengandung zat yang disebut glucoraphanin akan diolah tubuh menjadi sulforaphane yang berfungsi membantu perbaikan sel kulit. Memakan brokoli secara teratur akan menjadikan kulit sehat, lembap, dan lembut dari dalam.

2. Melindungi kulit dari paparan sinar UV

Brokoli disebut mampu melindungi kulit lebih baik daripada tabir surya terhadap kanker kulit. Bahkan, kamu bisa mengoleskan ekstrak brokoli di kulitmu sebelum mandi. Sulforaphane di dalamnya akan melindungi kulit dari sinar ultra violet.

Studi menunjukkan bahwa ekstrak kecambah brokoli berkhasiat melindungi kulit dari kerusakan jaringan dan kanker yang disebabkan oleh radiasi sinar ultra violet.

3. Menjadikan kulit awet muda

Brokoli termasuk sayuran yang kaya akan antioksidan. Maka dari itu, manfaat brokoli yang mengandung vitamin C di dalam sayuran ini dapat membantu meningkatkan produksi kolagen. Kolagen merupakan nutrisi kunci untuk menjaga kekenyalan dan elastisitas kulit. Jadi konsumsi sayuran ini secara teratur akan menjadikan kulit awet muda.

4. Menjaga berat badan

Metabolisme yang baik dan berat badan terkontrol dimulai dari pencernaan yang sehat. Brokoli dipecah di dalam lambung menjadi sejumlah senyawa. Salah satunya adalah indolocarbazole atau ICZ. ICZ mengaktifkan senyawa lain yang disebut reseptor aril hidrokarbon atau AHR) yang bertugas menjaga kelancaran fungsi cerna usus.

Vitamin C dan dan kalsium di dalam brokoli akan membantu melancarkan metabolisme tubuh. Serat di dalam brokoli juga baik untuk mereka yang sedang berdiet. Memakan brokoli akan membuat perut cepat kenyang. Sayuran ini juga rendah kalori.

brokolibrokoli © rawpixel.com

5. Menjaga kepadatan tulang dan gigi

Brokoli merupakan sumber vitamin K, kalsium, kalium, dan magnesium yang sangat baik. Semuanya berperan dalam menjaga kepadatan tulang dan gigi. Beberapa ahli mengatakan vitamin K menjaga kekuatan tulang lebih baik daripada kalsium. Secangkir brokoli mengandung 270% vitamin K yang kamu butuhkan dalam sehari.

6. Menurunkan risiko kanker payudara

Salah satu jenis kanker yang risikonya bisa diturunkan dengan konsumsi brokoli adalah kanker payudara. Sayuran ini mengandung glukosinolat, bahan kimia yang memiliki belerang. Selama proses memasak, mengunyah, dan mencerna, glukosinolat dipecah untuk membentuk senyawa yang aktif secara biologis. Salah satunya adalah indole-3-carbinol yang memiliki khasiat antikanker.

9. Mencegah kanker prostat

Manfaat brokoli berikutnya adalah dapat membantu mencegah kanker prostat. Jenis kanker ini adalah penyakit yang menyerang para pria. Brokoli mengandung solforaphane yang baik untuk mencegah kanker prostat.

Mengonsumsi brokoli secara rutin dapat menurunkan risiko serangan kanker prostat pada pria. Selain itu, mengonsumsi brokoli juga dapat mengecilkan prostat yang sudah membesar.

3 dari 4 halaman

Manfaat Brokoli untuk Bayi

ilustrasi bayi makanilustrasi bayi makan © dailymail.co.uk

Brokoli juga biasa dikonsumsi oleh bayi yang baru belajar mengunyah. Hal ini karena nutrisi yang terkandung memang cocok untuk masa pertumbuhan bayi. Berikut manfaat brokoli untuk bayi.

1. Menjaga pencernaan

Salah satu manfaat brokoli untuk bayi adalah dapat membantu menjaga pencernaan bayi. Brokoli banyak mengandung serat sehingga dapat membantu mengatasi masalah sulit buang air pada bayi. Selain itu brokoli juga mengandung sulforaphane yang dapat mencegah pertumbuhan bakteri pada tubuh bayi. Dengan mengonsumsi brokoli secukupnya, bayi akan terhindar dari masalah pencernaan.

2. Membentuk hemoglobin

Manfaat brokoli untuk bayi selanjutnya adalah dapat membantu membentuk hemoglobin. Beberapa anak seringkali mengalami masalah kekurangan zat besi. Hal ini dapat menyebabkan pertumbuhan anak menjadi terganggu. Dengan mengonsumsi brokoli maka kebutuhan hemoglobin anak akan tercukupi.

3. Mengurangi alergi

Tubuh bayi cenderung lebih sensitif dari orang dewasa sehingga lebih rawan terkena alergi. Namun kamu bisa menggunakan manfaat brokoli untuk mengurangi alergi pada bayi. Brokoli mengandung zat isothiocyanates dan kaempferol yang berfungsi sebagai anti peradangan. Kedua zat tersebut dapat mengatasi alergi pada bayi. Dengan mengonsumsi brokoli, alergi akan lebih jarang untuk kambuh.

4 dari 4 halaman

Manfaat Jus Brokoli

jus brokolijus brokoli © rawpixel.com

Banyak cara untuk mengolah brokoli untuk dikonsumsi. Salah satunya adalah dengan membuatnya menjadi jus brokoli. Berikut manfaat jus brokoli tersebut.

1. Detoksifikasi

Brokoli sangat bermanfaat untuk detoksifikasi tubuh. Kandungan glucoraphanin, gluconasturtiin, dan glucobrassicin di dalam brokoli akan menetralkan dan menghilangkan bahan kimia yang tidak diinginkan dari tubuhmu.

2. Melawan radikal bebas

Banyak manfaat brokoli yang baik untuk tubuh. Salah satunya yaitu melawan radikal bebas. Kandungan antioksidan dan vitamin C dalam brokoli dapat melawan radikal bebas yang menjadi penyebab berbagai macam penyakit. Selain itu mengonsumsi brokoli dapat membantu meredakan flu yang menyerang tubuhmu.

3. Menjaga metabolisme tubuh

Brokoli sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Kunci dari tubuh yang sehat adalah memiliki metabolisme yang baik. Kandungan kalsium dan vitamin C dalam brokoli dapat melancarkan metabolisme tubuh. Selain itu kandungan serat dalam brokoli juga baik untuk kamu yang sedang menjalani program diet.

Bagaimana menurut kalian tentang manfaat brokoli di atas? Tidak ragu lagi untuk mengonsumsi sayur yang satu ini bukan? Tuliskan jawabanmu di kolom komentar ya!

Beri Komentar