23 Manfaat Daun Mint Kesehatan, Diet, dan Kecantikan Wajah

Reporter : Sofi
Jumat, 17 Januari 2020 14:59
23 Manfaat Daun Mint Kesehatan, Diet, dan Kecantikan Wajah
Daun mint sering kali digunakan sebagai hiasan pada makanan atau minuman. Tapi taukah kamu manfaat yang dapat kamu peroleh dari daun mint ini? Berikut manfaat daun mint yang harus kamu tahu.

Daun mint ini terkenal karena sesnsai pendinginan yang diberikannya. Daun mint dapat ditambahkan pada makanan atau minuman dalam bentuk segar maupun kering. Daun mint adalah bahan populer dalam beberapa makanan dan minuman, mulai dari teh dan minuman beralkohol hingga saus, salad, dan makanan penutup.

Ketika mengonsumsi daun ini, kamu akan mendapatkan manfaat daun mint. penelitian menunjukkan bahwa beberapa manfaat daun mint berasal dari mengoleskannya ke kulit, menghirup aroma atau mengambilnya sebagai kapsul. Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah manfaat daun mint yang harus kamu ketahui.

1 dari 4 halaman

Manfaat Daun Mint untuk Kesehatan

Manfaat daun mint ini bisa untuk kesehatan tubuh. Hal ini karena daun mint adalah sumeber vitamin A yang sangat baik, vitamin yang larut dalam lemak yang sangat penting untuk kesehatan mata dan penglihatan malam. Berikut adalah manfaat daun mint untuk kesehatan yang lebih lengkap.

1. Pereda nyeri

Manfaat daun mint yang pertama adalah sebagai pereda nyeri. Banyak spesies mint yang bisa dimanfaatkan untuk pereda nyeri alami. Penggunaan ekstrak peppermint sebagai obat luar terbukti meningkatkan ambang batas nyeri pada manusia.

Sementara, sebagian dari keluarga bushmint, mint Brazil (Hyptis crenata), terbukti efektif sebagai pereda nyeri dengan efek seperti aspirin ketika dikonsumsi sebagai teh.

2. Potensial redakan radang lambung

Ilustrasi Wanita Diare © Diadona

Pengujian saat ini masih terbatas pada uji hewan. Hasilnya, mentol bisa membantu melindungi lapisan dalam perut dari efek negatif indometacin (obat pereda nyeri sendi) dan etanol. Hasil itu menunjukkan menthol potensial mencegah radang lambung yang disebabkan oleh konsumsi alkohol dan penggunaan obat pereda nyeri secara rutin.

3. Atasi sindrom usus besar teriritasi

Manfaat daun mint selanjutnya adalah dapat mengatasi sindrom usus besar teriritasi. Penggunaan minyak peppermint terbukti efektif dan aman digunakan untuk mengobati para penderita sakit perut ataupun ketidaknyamanan lain yang diasosiasikan sebagai sindrom usus besar teriritasi. Berdasarkan studi, 2,5 kapsul berlapis enterik menjadi takaran paling efektif dan mampu mencegah kapsul terlarut di dalam perut yang bisa menyebabkan mulas.

Hasil pengujian menunjukkan, 75% pasien pengidap sindrom usus besar yang mengonsumsi kapsul berisi minyak peppermint, dua kali sehari selama empat minggu, mengaku ketidaknyamanan yang dirasakan berkurang 50% dari pasien yang hanya mengonsumsi kapsul plasebo saja.

4. Mengatasi luka pada puting ibu menyusui

Kebanyakan ibu sangat bahagia bila mampu menyusui anak-anaknya. Namun, momen tersebut tak jarang menimbulkan trauma dan nyeri gara-gara luka pada puting ibu. Pada April 2007, sebuah penelitian yang diterbitkan di International Breastfeeding Journal menunjukkan peppermint bisa membantu meredakan rasa sakit tersebut. Caranya dengan mengoleskan air rebusan daun peppermint ke daerah yang sakit.

5. Meredakan gatal-gatal akibat alergi

Daun mint mengandung zat antioksidan dan antiinflamasi yang disebut sebagai asam rosmarinik. Setelah dipelajari, kandungan tersebut terbukti efektif meredakan gatal-gatal akibat alergi. Caranya gampang, remas daun mint lalu gosokkan ke area yang gatal hingga rasa itu reda. Maka dari itu, manfaat daun mint adalah meredakan gatl-gatal akibat alergi.

6. Meredakan gejala demam

Ilustrasi wanita dengan penyakit paru-paru © Diadona

Demam dan flu merupakan masalah kesehatan yang kerap dialami oleh siapa saja. Untuk meredakan gejalanya, kamu bisa menggunakan manfaat daun mint dengan mengonsumsinya. Kandungan menthol dalam daun mint sangat efektif untuk memperlancar saluran pernafasan dan pencernaan sehingga gejala demam akan mereda.

7. Meningkatkan fungsi otak

Daun mint juga mampu meningkatkan fungsi otak. Untuk mendapatkan manfaat daun mint yang satu ini, kamu cukup menghirup aroma mint secara rutin. Bisa dengan menanam daun mint, atau dengan aroma terapi mint.

Dengan rutin menghirup daun mint, tingkat frustasi, kecemasan, dan kelelahan dapat berkurang. Manfaat daun mint yang berkaitan dengan peningkatan fungsi otak memang masih memerlukan penelitian lebih lanjut lagi.

Manfaat daun mint untuk pereda stres dan penenang sudah terbukti. Dengan pikiran yang tenang, rasa lelah yang berangsung berkurang, tentu akan mempengaruhi kinerja otak dalam berpikir.

8. Meredakan gangguan pernafasan

Manfaat daun mint selanjutnya ialah meredakan gangguan pernafasan. Kamu bisa mengonsumsi permen kunyah rasa mint untuk mengatasi masalah ini, selain itu kandungan mint juga dapat mencegah bau mulut. Kandungan mentol pada daun mint sangat berperan dalam meredakan gangguan pernafasan dan masalah bau mulut.

Kamu juga bisa menambahkan mint dalam minuman hangat, atau mengonsumsi permen mint. Rasa dingin dan segar tidak hanya mampu merelaksasi saluran pernapasan, tapi juga dapat membunuh bakteri penyebab bau mulut.

9. Membantu mengatasi asma

Asma merupakan gangguan pernapasan yang sangat mengganggu. Namun tak perlu khawatir, kamu bisa menggunakan manfaat daun mint untuk mengatasi gangguan pernapasan seperti asma. Daun mint mengandung aroma mentol yang akan membantu membuka saluran pernapasan karena mengandung antiinflamasi.

Daun ini juga memiliki sifat antibakteri yang berperan mengobati infeksi akibat serangan bakteri pada saluran pernapasan. Semua kandungan tersebut yang membuat daun mint berguna bagi pengidap asma karena mampu melonggarkan saluran pernapasan. Daun mint juga bisa mengatasi hidung tersumbat akibat flu. Caranya, kamu bisa menghirup aroma daun mint mentah atau meminumnya sebagai teh.

2 dari 4 halaman

Manfaat Daun Mint untuk Diet

Ilustrasi Diet © Diadona

Daun mint ini juga bisa untuk membantu program diet kamu. Dengan menambahkan daun mint ke dalam menu diet kamu, kamu bisa merasakan manfaat daun mint ini yang salah satunya adalah mengatasi perut buncit kamu. Daun mint ini biasanya ditambahkan pada infused water, salad, dan lain sebagainya. Berikut adalah manfaat daun mint untuk diet yang harus kamu ketahui.

1. Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Manfaat daun mint juga efektif meredakan masalah pencernaan lainnya seperti sakit perut akibat diare maupun sembelit. Gangguan pencernaan biasanya terjadi karena setelah makan, kamu langsung bekerja sembari duduk. Makanan tersimpan terlalu lama di sebelum melewati sisa saluran pencernaan.

Berbagai penelitian telah menunjukkan makanan melewati lambung lebih cepat ketika orang mengambil minyak peppermint dengan makanan, sehingga bisa melancarkan sistem pencernaan.

2. Mengatasi perut buncit

Perut buncit bisa membuat orang kurang percaya diri ketika berpenampilan. Masalah ini sebenarnya bisa diatasi dengan rutin mengambil manfaat daun mint dengan mengonsumsi daun mint. Tapi, kamu juga perlu menyeimbangkan dengan pola makan dan gaya hidup sehat seperti berolahraga.

Untuk mengatasi perut buncit, kamu bisa meminum teh daun mint. Kamu juga bisa membuatnya sebagai infused water. Supaya hasilnya lebih maksimal, kamu bisa mencampurkan daun mint dengan air lemon atau jeruk nipis.

Infused water merupakan salah satu menu yang kerap dimasukkan dalam program diet. Minuman sehat ini memberikan nutrisi dan vitamin bagi tubuh, sehingga mampu mencegah lapar dan dahaga. Daun mint akan membantu mendetoks racun dan lemak dalam tubuh.

3. Mengurangi lemak dari dalam tubuh

Penumpukan lemak dalam tubuh menjadi masalah yang dihadapi oleh banyak orang saat ini. Ada banyak saran tentang bagaimana mengurangi lemak di tubuh. Salah satunya adalah dengan diet seimbang dan olahraga rutin. Nah, berikut adalah sebuah minuman menakjubkan yang bisa mencairkan lemak hanya dalam 4 hari. Simak ulasan menarik dari myhealthtips.in berikut ini.

Bahan:

- 8 Gelas air
- 1 sdt parutan jahe
- 1 buah mentimun
- 1 buah lemon
- 12 lembar daun mint

Cara:

- Ambil mentimun, kupas dan parut.

- Tambahkan perasan air lemon.

- Kemudian tumbuk 12 lembar daun mint sampai halus dan taruh di piring terpisah.

- Campur semua bahan dengan 1 sdt parutan jahe, lalu masukkan ke dalam lemari es dan biarkan selama semalam.

- Tambahkan 8 gelas air di pagi hari.

- Minum jus ini selama sehari, setiap kali kamu merasa haus.

- Lakukan ini selama minimal 4 hari berturut-turut untuk mencairkan lemak di tubuh.

3 dari 4 halaman

Manfaat Daun Mint untuk Wajah

Ilustrasi Masker Wajah © Diadona

Masalah kulit wajah tentu selalu ada karena kulit kita selalu terpapar matahari, debu, dan polusi. Selain untuk kesehatan dan diet, manfaat daun mint bisa digunakan untuk masker wajah kamu untuk membantu mengurangi masalah di wajah kamu. Berikut manfaat daun mint untuk wajah yang harus kamu ketahui.

1. Mencegah dan mengatasi jerawat

Bahan:
- 1 sdt air lemon
- Satu genggam daun mint

Cara:
- Haluskan daun mint.

- Beri air lemon ke dalam daun mint yang sudah dihaluskan.

- Gunakan campuran daun mint dan lemon tersebut pada bagian wajah yang berjerawat.

- Diamkan 15 menit, lalu bilas wajah dengan air dingin.

- Lakukan perawatan ini pada siang hari dan malam sebelum tidur. Ramuan masker ini juga bisa menyapu minyak berlebih dari pori-pori kulit.

2.  Mencerahkan kulit wajah

Tumbuk beberapa lembar daun mint segar dan aplikasikan pada kulit wajah yang sudah dibersihkan. Diamkan selama 30 menit, kemudian bilas wajah dengan air dingin hingga bersih.

3. Masker mint dan madu - Mengencangkan kulit

Bahan:
- Satu genggam daun mint
- 1 sdt madu

Cara:
- Haluskan daun mint.

- Campurkan madu dengan daun mint.

- Oleskan campuran daun mint dan madu pada wajah kamu yang sudah dibersihkan sebelumnya.

- Diamkan selama 30 menit, kemudian bilas hingga bersih.

Selain menjadikan kulit lebih kencang, masker ini juga bisa melembapkan kulit secara alami, tanpa membuatnya berminyak.

4. Mendinginkan kulit yang terbakar sinar matahari

Mint dan air mawar sama-sama memiliki sifat mendinginkan. Bisa menenangkan kulit yang mengalami inflamasi atau kemerahan setelah terpapar sinar Ultra Violet.

Bahan:
- Segenggam daun mint
- Air mawar secukupnya

Cara:
- Haluskan daun mint.

- Beri air mawar pada daun mint yang sudah dihaluskan.

- Terapkan pada wajah yang sudah dibersihkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air dingin.

5. Menyamarkan tanda-tanda penuaan dini

Bahan:
- Segenggam daun mint
- 2 cm mentimun

Cara:
- Cuci semua bahan.

- Kemudian haluskan semua bahan bersamaan dengan blender.

- Aplikasikan campuran pada wajah yang sudah bersih.

6. Meringkas pori dan menjadikan awet muda

Bahan:
- 1 putih telur
- Segenggam daun mint
- 1 sdt madu

Cara:
- Masukkan putih telur, daun mint, dan madu ke dalam blender. Haluskan.

- Beri campuran tersebut pada wajahmu, diamkan selama 30 menit, kemudian bilas.

Putih telur berguna untuk menyamarkan penampilan pori-pori yang lebar dan mengencangkan kulit.

7. Meremajakan dan menjadikan kulit bercahaya

Bahan:
- oatmeal
- satu genggam daun mint
- Air

Cara:
- Haluskan daun mint dan beri air untuk menghaluskannya.

- Campurkan oatmeal pada daun mint yang sudah halus.

- Terapkan pada kulit wajah, kemudian diamkan sampai setengah kering.

- Lakukan pijatan ringan dengan gerakan melingkar selama kurang-lebih 1 menit. Setelah itu bilas wajah dengan air dingin.

Kandungan sapponin di dalam oatmeal berfungsi sebagai pembersih alami yang ramah untuk kulit sensitif. Ramuan ini juga efektif untuk menyamarkan flek dan bekas jerawat.

4 dari 4 halaman

Manfaat Daun mint untuk Kecantikan

Ilustrasi Wanita © Diadona

Daun mint ini sering kali menjadi bahan dasar produk kecantikan. Hal ini karena salah satu kandungannya adalah antiinflamasi dan menthol yang memebrikan rasa menyegarkan jika digunakan untuk kulit kita. Berikut adalah manfaat daun mint untuk kecantikan.

1. Menghilangkan noda hitam

Daun mint bekerja baik untuk menghilangkan noda hitam pada kulit wajah. Ambil beberapa lembar daun mint, kemudian haluskan dengan menambahkan air dan kunyit bubuk. Aplikasikan pada wajah, kemudian gosok dengan lembut menggunakan jari. Bilas wajah hingga bersih. Lakukan perawatan kecantikan ini dua kali dalam seminggu untuk hasil maksimal.

2. Mencerahkan kulit wajah

Kandungan antioksidan pada daun mint dapat membantu mengangkat sel kulit mati. Sehingga membuat kulit terlihat lebih sehat, lembap, dan cerah bercahaya. Haluskan daun mint dengan tambahan kunyit dan air mawar. Aplikasikan pada wajah hingga leher, kemudian diamkan hingga 15 menit. Bilas wajah hingga bersih lalu keringkan. Wajah kamu akan terlihat lebih cerah.

3. Mengeringkan jerawat

Daun mint mengandung antibakeri yang dapat membunuh kuman pada jerawat. Sehingga jerawat dapat mengering lebih cepat. Haluskan daun mint kemudian aplikasikan pada area wajah yang berjerawat. Diamkan beberapa saat, kemudian bilas hingga bersih. Setelah perawatan secara rutin, lihat sendiri hasilnya jerawat hilang lebih cepat.

Setelah mengetahui manfaat daun mint tersebut, kamu tidak ragu lagi bukan untuk memanfaatkannya? Beri jawabanmu di kolom komentar ya!

Beri Komentar