22 Manfaat Temulawak untuk Wajah dan Kesehatan

Reporter : Sofi
Jumat, 24 Januari 2020 12:51
22 Manfaat Temulawak untuk Wajah dan Kesehatan
Manfaat temulawak yang biasa kamu tau mungkin untuk menambah nafsu makan. Tidak hanya itu, masih banyak manfaat temulawak yang harus kamu ketahui. Berikut manfaat temulawak tersebut.

Temulawak atau curcuma xanthorrhiza adalah tumbuhan obat yang tergolong dalam suku temu-temuan. Tumbuhan ini asli berasal dari Indonesia khusunya dari Pulau Jawa. Di Indonesia sendiri temulawak banyak digunakan untuk jamu godog. Temulawak menganadung 48-59,64 persen zat tepung, 1,6-2,2 persen kurkumin dan 1,48-1,63% minyak asiri dan dipercaya dapat meningkatkan kerja ginjal serta anti inflamasi.

Berikut manfaat temulawak yang mengesankan dan sudah dirangkum dari berbagai sumber.

1 dari 3 halaman

Manfaat Temulawak untuk Wajah

Ilustrasi Wajah Berseri © Diadona

Tidak hanya kesehatan, manfaat temulawak ini juga bisa digunakan untuk wajah. Berikut adalah manfaat temulawak untuk wajah yang harus kamu ketahui.

Mengatasi jerawat

Manfaat temulawak yang pertama adalah untuk mengatasi jerawat. Salah satu penyebab jerawat muncul ialah akibat debu polusi udara, yang mana itu adalah bakteri dan kotoran yang bisa menempel pada kulit wajah kamu. Pakailah masker temulawak secara rutin untuk mengatasi jerawat tersebut. Selain itu dengan masker temulawak juga dapat membantu mengecilkan pori-pori wajah, yang mana jika kamu memiliki pori-pori wajah terlalu besar maka akan sangat rentan untuk terkena jerawat.

Melembapkan wajah

Manfaat temulawak yang selanjutnya adalah untuk melembapkan wajah. Lembap di sini ialah menjaga kulit wajah agar terhindar dari beberapa permasalahan seperti wajah berminyak dan wajah kering. Jadi jika wajah kamu tetap lembap, kamu akan terbebas dari jerawat ataupun iritasi akibat wajah kering.

Mencegah penuaan dini

Keriput di kening dan muncul kantung mata, itu berarti tanda-tanda penuaan dini. Jika kamu ingin mencegah atau menghilangkan permasalah itu, pakailah masker temulawak secara rutin. Dengan begitu kulit kamu pun akan kencang, bebas kerutan, dan kantung mata.

Mengatasi noda hitam

Sama seperti jerawat, noda hitam membandel di wajah memang membuat rasa percaya diri kamu berkurang. Nah, dengan masker temulawak, noda hitam ataupun bekas luka di wajah pun bisa hilang jika kita menggunakannya secara rutin.

Mencerahkan kulit

Kulit kusam dan gelap disebabkan oleh adanya sel-sel kulit mati yang menumpuk di kulit. Nah, dengan masker temulawak, sel kulit mati tersebut dapat terangkat sehingga kulit wajah pun akan tampak terlihat lebih cerah.

2 dari 3 halaman

Manfaat Temulawak untuk Kesehatan

Ilustrasi Wanita Tertawa © Diadona

Manfaat temulawak tentu juga berfungsi untuk kesehatan tubuh kamu. Berikut adalah manfaat temulawak untuk kesehatan.

Meningkatkan fungsi otak dan saraf otak

Manfaat temulawak yang pertama adalah mampu merangsang saraf yang ada di otak sehingga mampu meningkatkan fungsi dan kinerja otak. Manfaat temulawak yang satu ini sangat baik untuk anak-anak dalam usia yang masih berkembang dan tumbuh.

Baik untuk penderita alzheimer

Selain baik untuk pasien penderita Arthritis, manfaat temulawak juga baik dikonsumsi bagi penderita Alzheimer. Kandungan yang terdapat dalam temulawak mampu memberikan efek tenang pada penderita sehingga gejala Alzheimer dapat dikurangi.

Mengurangi risiko penyakit jantung

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, manfaat temulawak sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Dengan kondisi jantung yang sehat tentu risiko penyakit jantung juga berkurang, bahkan bisa sampai pada tahap tidak berpotensi mengalami penyakit maupun gangguan jantung.

Mencegah penyakit kronis akibat pertambahan usia

Tidak hanya itu saja, manfaat temulawak juga mampu mencegah berbagai jenis penyakit kronis terutama penyakit yang disebabkan karena pertambahan usia. Temulawak mampu menjaga kesehatan pembuluh darah, mencegah perkembangan sel kanker dan masih banyak lagi.

Menambah nafsu makan

Untuk anak-anak yang mengalami susah makan atau tidak memiliki nafsu makan, kita bisa memberinya suplemen temulawak untuk meningkatkan nafsu makannya. Manfaat temulawak ini bisa diperoleh karena temulawak memperlancar pencernaan, sehingga anak akan mengalami rasa lapar lebih cepat.

Baik untuk sistem pencernaan

Kandungan yang terdapat dalam temulawak juga baik untuk merangsang produksi cairan empedu. Yang mana cairan ini sangat baik untuk mengatasi berbagai masalah pencernaan. Selain itu, manfaat temulawak juga membantu memperlancar sistem pencernaan tubuh.

Menjaga kesehatan otak

Mengonsumsi temulawak secara rutin juga dapat menjaga kesehatan otak dari berbagai masalah dan gangguan. Hal ini dikarenakan manfaat temulawak mampu meningkatkan hormone BDNF yang ada di dalam otak.

Menjaga kesehatan jantung

Manfaat temulawak mengandung zat alami antiperadangan yang mampu melawan bakteri penyebab berbagai masalah kesehatan. Selain itu, mengonsumsi temulawak secara teratur juga ampuh menjaga kesehatan jantung. Kita bisa mengonsumsinya sebagai suplemen atau meminum air rebusan temulawak.

Mengatasi depresi

Efek tenang yang diberikan setelah mengonsumsi temulawak sangat baik untuk mengatasi masalah depresi, kegundahan, dan stres. Hal ini disebabkan karena kandungan dalam temulawak mampu meningkatkan hormon BDNF (Brain-derived Neurotrhopic Factor) yang penting dalam menenangkan otak.

Mencegah peradangan

Peradangan menjadi penyebab utama dari berbagai jenis penyakit kronis. Untuk mencegah terjadinya peradangan, kita bisa mengonsumsi temulawak secara rutin karena temulawak mengandung zat alami antiperadangan yang ampuh.

Meningkatkan kecerdasan

Dengan fungsi otak yang meningkat, maka kinerja otak juga akan mengalami peningkatan. Oleh sebab itu, anak yang mengonsumsi temulawak secara rutin akan mampu berkonsentrasi dengan lebih baik dan menjadi anak yang cerdas. Maka dari itu, manfaat temulawak ini adalah meningkatkan kecerdasan.

3 dari 3 halaman

Manfaat Jamu Temulawak

Ilustrasi Wanita Tertawa © Diadona

Salah satu cara tradisional untuk memanfaatkan temulawak adalah dengan cara membuatnya jamu. Berikut adalah manfaat jamu temulawak.

Mengatasi masuk angin

Masuk angin adalah kondisi di mana tubuh kita merasa tidak enak yang bisa disertai perut kembung, kepala pusing, menggigil, serta mual. Penyebabnya bisa terjadi karena berbagai faktor, misalnya kelelahan beraktivitas di suhu rendah. Manfaat temulawak dapat membuat tubuh menjadi lebih hangat, dan mengurangi rasa mual yang diakibatkan oleh masuk angin.

Obat untuk diuretik

Manfaat temulawak dipercaya mampu menjadi jenis obat diuretik, yaitu zat yang mampu membersihkan tubuh dari kelebihan garam dan air. Sehingga garam tidak menumpuk dan menyebabkan berbagai jenis penyakit kronis pada tubuh. Obat diuretik efektif untuk mengobati gagal jantung, pembengkakan jaringan, dan masalah pada ginjal.

Mengatasi masalah perut

Dengan sistem pencernaan yang lancar, maka berbagai masalah perut seperti kembung, akan lebih mudah diatasi. Oleh sebab itu, temulawak sangat baik dikonsumsi untuk berbagai masalah perut.

Meningkatkan sindrom metabolisme

Dengan mengonsumsi temulawak secara rutin, baik berupa suplemen atau mengonsumsinya dengan cara tradisional, dipercaya mampu meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Selain itu, temulawak juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh dari serangan berbagai jenis penyakit.

Menjaga kesehatan hati

Manfaat temulawak juga terbukti mampu melindungi dan menjaga kesehatan hati dari berbagai masalah kesehatan seperti hepatotoksin. Gangguan dari hepatotoksin yang terus berkembang akan memperburuk kondisi kesehatan hati dan menyebabkan berbagai jenis penyakit.

Mencegah kanker

Karena kandungan antiperadangan yang tinggi inilah, yang juga membuat temulawak bermanfaat untuk mencegah perkembangan sel-sel pemicu kanker. Sel-sel kanker yang tidak bisa berkembang akan membuatnya mati dan tidak bisa kembali lagi, sehingga tubuh akan terhindar dari kanker.

Itulah manfaat temulawak, mengesankan bukan? Semoga manfaat temulawak di atas bermanfaat bagimu!

Beri Komentar