21 Manfaat Cuka Apel Untuk Kecantikan Wajah, Rambut, dan Diet

Reporter : Sofi
Rabu, 1 Januari 2020 15:24
21 Manfaat Cuka Apel Untuk Kecantikan Wajah, Rambut, dan Diet
Banyak manfaat dari cuka apel yang dijadikan untuk kecantikan. Apa sajakah manfaat tersebut? Berikut manfaat cuka apel yang dapat kamu ikuti.

Cuka apel telah terbukti menjadi solusi efektif untuk mengobati berbagai kondisi kulit yang bermasalah. Manfaat cuka apel juga untuk menjaga gigi dan tulang tetap kuat, mencegah rambut rontok, mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah, memperbaiki daya tahan tubuh dari serangan virus, bakteria, dan jamur.

Cuka apel mengandung beta-karoten, yang mendukung regenerasi sel-sel kulit mati. Cuka apel juga menjadi sumber asam asetat, asam laktat dan asam malat. Minuman sari apel ini bersifat antibakteri dan antijamur, sehingga bisa membantu memerangi infeksi kulit, meredakan kulit kering, peradangan, dan gatal. Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah deretan manfaat cuka apel yang harus kamu ketahui.

1 dari 4 halaman

Manfaat Cuka Apel Untuk Wajah

ilustrasi wanitailustrasi wanita © allure.com

Mencuci muka dengan cuka apel setiap hari dapat meremajakan kulit wajah, karena mengandung sumber potasium yang sangat baik, yang mampu membantu menyeimbangkan pH kulit dan melawan alergi. Tapi, kamu tidak boleh menggunakan cuka apel murni untuk membasuh wajah. Buatlah larutan campuran: cuka apel 50% dan air 50%. Sebelum mencuci muka dengan larutan ini, oleskan pada kulit tangan kamu terlebih dahulu untuk menguji efeknya. Pastikan kulitmu tidak sensitif. Berikut manfaat cuka apel lainnya yang dapat kamu simak.

1. Mengatasi jerawat

Tingkat keasaman cuka akan membantu penyembuhan dan pengeringan jerawat secara alami dan aman. Selain itu cuka apel juga bisa membantu mengurangi gejala penuaan dini di wajah.

2. Membersihkan pori-pori

Kamu bisa membuat masker wajah dengan mencampur cuka sari apel dengan tepung beras. Biarkan selama 10-15 menit pada wajah dan bilas hingga bersih. Cuka sari apel juga dapat membantu membuka pori-pori.

Ambil segelas air dan tambahkan sesendok penuh cuka apel. Celupkan sepotong kapas ke dalam gelas, lalu bersihkan kulit Anda dengan campuran tersebut. Cuka bisa menjadi toner alami yang akan mengencangkan kulit dan melancarkan sirkulasi darah berkat kandungan asam asetat yang terkandung pada cuka.

3. Memudarkan bekas jerawat

Asam suksinat di dalam cuka apel akan membantu proses pengelupasan kulit mati sekaligus meredakan peradangan yang disebabkan oleh jerawat, dengan demikian jaringan parut tidak akan terbentuk. Sementara itu, asam laktat akan memperbaiki kondisi kulit orang yang menderita jerawat.

4. Menyeimbangkan pH kulit

Cuka apel dapat menyeimbangkan kadar pH kulit dan produksi minyak pada wajah karena mengandung sumber potasium.

5. Bantu kurangi bintik hitam

Ketika kamu mencuci wajah setiap hari dengan cuka apel, kamu akan melihat perubahan yang terjadi pada bintik-bintik hitam di wajah. Cuka apel kaya akan asam alfa hidroksi yang akan mengangkat sel kulit mati dan menggantinya dengan yang baru.

Selain membasuh muka dengan cuka apel, oleskan sedikit cairan ini pada kapas dan aplikasikan langsung ke bintik hitam. Tunggu sekitar 30 menit dan bilas wajah Anda dengan air dingin, lalu keringkan. Lakukan setiap dua kali sehari selama enam minggu dan Anda akan melihat perbedaannya.

6. Menghilangkan racun

Penggunaannya secara teratur akan menghilangkan racun dari kulit wajah, membuatnya berseri dan bersih.

7. Lawan kerutan

Cuka sari apel yang dilarutkan dapat membantu meminimalkan munculnya garis-garis halus dan keriput. Kamu bisa merendam kapas atau kain katun di dalam cuka sari apel encer, lalu oleskan pada kulitmu. Bilas dengan air hangat dan keringkan.

8. Menghilangkan kutil di wajah

Kutil bisa tumbuh di bagian kulit mana saja, termasuk pada bagian wajah. Kamu dapat menghilangkan kutil yang membandel dengan cuka apel. Caranya campurkan cuka apel dengan air, kemudian rendam kapas atau kain lembut. Kompreskan pada bagian wajah yang berkutil. Lakukan cara ini beberapa kali secara rutin.

9. Mengatasi kulit akibat terbakar matahari

Cuka sari apel dikenal untuk membantu menyembuhkan kulit terbakar. Akibat paparan sinar matahari, wajah bisa terasa terbakar. Cuka apel ini membantu untuk meredakan rasa sakit dan mempercepat proses penyembuhan. Caranya, campurkan setengah cangkir cuka sari apel dengan 4 gelas air. Celupkan kain ke dalam air campuran, oleskan ke kulit yang terbakar sinar matahari, semberi dipijat sebentar. Ulangi cara ini beberapa kali sehari selama beberapa hari sampai kondisi wajah membaik.

2 dari 4 halaman

Manfaat Cuka Apel Untuk Kecantikan

ilustrasi wanitailustrasi wanita © wallpaperswide.com

Manfaat cuka apel ternyata cukup banyak digemari oleh orang-orang karena banyak manfaat yang terkandung didalamnya. Berikut manfat cuka apel untuk kecantikan yang dapat kamu ketahui.

1. Detoksifikasi badan

Mandi menggunakan cuka apel dapat digunakan sebagai detoksifikasi keseluruhan yang bagus dan dapat membantu mengatasi nyeri otot karena aktivitas fisik. Namun berhati- hati ketika melakukannya, karena cuka apel dapat mengiritasi bagian pribadi tubuh.

2. Merendam kaki dan kuku

Merendam kaki dan kuku ke dalam cuka apel dapat mengurangi pembengkakan dan membuat kulit di sekitarnya menjadi lebih halus. Selain itu, cuka apel juga dapat membantu kuku yang kusam atau menguning.

3. Mengelupaskan kulit mati

Cuka sari apel akan menenangkan kulitmu dan akan membuatnya lebih lembut dan kenyal. Asam alfa hidroksilnya dapat menghilangkan sel-sel kulit mati dan membuat sel-sel kulit baru yang sehat. Cara penggunaannya, tuangkan cuka sari apel ke dalam bak air hangat. Rendam tubuhmu sekaligus wajah selama 15 hingga 20 menit. Biarkan asam pelindung meresap ke dalam kulit. Lakukan cara ini saat mandi secara rutin untuk menjaga tingkat pH kulitmu.

4. Menghilangkan selulit

Manfaat cuka apel untuk kecantikan adalah sebagai bahan alami untuk menghilangkan selulit. Masalah selulit seringkali mengganggu penampilan tubuhmu. Caranya cukup mudah, campurkan cuka apel dan minyak pijat dengan tiga banding satu. Kemudian aplikasikan pada kulit yang memiliki selulit dengan memijatnya perlahan. Lakukan secara rutin sebanyak dua kali sehari.

3 dari 4 halaman

Manfaat Cuka Apel Untuk Diet

ilustrasi wanita dietilustrasi wanita diet © rawpixel.com

Banyak cara untuk menurunkan berat badan. Usaha yang diperlukanpun beragam. Tapi ada salah satu cara mudah jika ingin menurunkan berat badan dengan cepat. Cuka apel dan madu, seduh dengan air hangat dan minum setiap sehari sekali. Minum cuka apel madu hangat membantu membersihkan usus, meluruhkan sampah di dalam sistem pencernaan dan melancarkan pencernaan.

Minuman ini sangat bagus membantu menurunkan berat badan. Cuka apel yang punya rasa asam manis ini mengandung bakteri acetobacter dari hasil fermentasi yang mampu membantu penghancuran makanan di dalam usus. Cuka apel juga bisa membantu mengurangi kadar gula darah setelah makan dan menurunkan tekanan darah.

Penelitian dari Journal of Food Science menyebutkan bahwa cuka apel bisa membantu meningkatkan fungsi pencernaan dalam memproses makanan. Peneliti mengatakan bahwa cuka apel bukan hanya bisa membantu menurunkan berat badan, tapi juga mencegah diabetes, menurunkan hipertensi, menurunkan kolesterol dan bahkan mencegah kanker usus besar. Caranya mudah, cukup campurkan air hangat secukupnya dengan 2 sdm cuka apel dan 2 sdm madu murni. Minum di pagi atau sore hari, bisa juga diminum kapan pun setiap hari.

4 dari 4 halaman

Manfaat Cuka Apel Untuk Rambut

ilustrasi rambutilustrasi rambut © wallpaperswide.com

Selain untuk wajah, manfaat cuka apel ini juga bisa digunakan untuk rambut. Apa saja manfaat tersebut? Berikut manfaat cuka apel untuk rambut.

1. Mengatasi ketombe

Manfaat cuka apel lainnya adalah mengatasi ketombe, kulit kepala kering, dan gatal. Aplikasikan cuka apel menggunakan bola kapas ke kulit kepala setiap malam sebelum tidur.

2. Menghilangkan produk kimia berat

Membilas rambut menggunakan cuka apel satu kali dalam seminggu dapat membantu menghilangkan penumpukan produk kimia yang berat.

3. Menjadikan rambut berkilau

Agar batang rambut lebih sehat dan berkilau, campurkan 1/2 sendok makan cuka sari apel dengan 1 cangkir air, lalu gunakan untuk tonik rambut. Diamkan selama beberapa menit kemudian bilas.

4. Menjaga keseimbangan pH kulit kepala

pH yang tidak seimbang menyebabkan ketombe di kulit kepala dan berbagai masalah kulit lainnya. Campurkan cuka apel dan air dengan perbandingan 1:2, kemudian gunakan untuk kulit kepala agar kulit sehat terawat.

Cuka apel adalah bahan yang belum teruji klinis yang mampu menjadi obat untuk wajah cerah. Pengaplikasiannya pun harus dikombinasikan dengan beberapa bahan yang bersahabat dengan kulit. Tidak semua kulit cocok dengan penggunaan cuka apel ini. Hati-hati dengan menggunakan bahan ini karena secara ilmiah masih belum teruji.

Ternyata kandungan manfaat cuka apel cukup banyak. Bagaimana menurut kalian? Tulis di kolom komentar ya!

Beri Komentar