21 Manfaat Buah Salak Pondoh untuk Kesehatan, Ibu Hamil, dan Diabetes

Reporter : Sofi
Selasa, 4 Februari 2020 13:57
21 Manfaat Buah Salak Pondoh untuk Kesehatan, Ibu Hamil, dan Diabetes
Buah dengan kulit yang terlihat seperti ular ini mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh. Selain rasanya yang enak, berikut manfaat buah salak yang mengesankan.

Salak merupakan salah satu buah yang tersebar pada banyak daerah di Indonesia dan mudah didapat. Kulit yang berbentuk seperti kulit ular ini banyak digemari orang. Selain rasanya yang enak, buah salak mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh seperti protein, kalsium, zat besi, potasium, vitamin C, beta karoten, serta karbohidrat.

Manfaat buah salak ini juga sangat banyak yang salah satunya adalah dapat menajaga kesehatan mata kamu. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah manfaat buah salah yang sudah dirangkum dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Manfaat Buah Salak untuk Kesehatan

Salah satu manfaat buah salak adalah untuk kesehatan tubuh kita. Berikut adalah manfaat buah salak untu kesehatan yang harus kamu tahu.

Mencegah kebutaan pada malam hari

Manfaat buah salak bagus untuk kesehatan mata. Oleh karena itu, kalau kamu makan buah ini, akan meningkatkan mata untuk melihat dalam kondisi gelap dan terang. jika kamu ingin mencegah kebutaan pengelihatan pada malam hari, cobalah untuk mengonsumsi buah salak secara rutin.

Bertindak sebagai antidiare

Ilustrasi Sakit Perut © Diadona

Manfaat buah slak berikutnya adalah sebagai antidiare. Nutrisi dari buah salak membantu kamu meningkatkan efisiensi pencernaan dan menghilangkan gejala sembelit, kembung dan kram.

Menjaga kesehatan kardiovaskular

Manfaat buah salak kaya dengan kandungan potasium untuk menjaga kesehatan jantung. Tingginya antioksidan dan mineral pada buah ini membuat sistem kardiovaskular tubuh berfungsi secara tepat dan membantu menjaga asupan air dalam tubuh.

Kontrol gula darah

Pterostilbene dalam buah salak dapat membantu menurunkan glukosa pada darah. Teh yang terbuat dari kulit buah salak membantu regenerasi sel di pankreas. Sebagai hasilnya, ini membantu mengendalikan diabetes.

Membentuk otot tubuh

Buah salak mengandung banyak protein. Hal ini berarti manfaat buah salak dapat kamu jadikan alternatif untuk menambah massa otot tubuh. Imbangi dengan olahraga secara teratur agar otot tubuh menjadi lebih sehat.

Bantu menurunkan berat badan

ilustrasi diet © Diadona

Manfaat buah salak lainnya dapat membantu menurunkan berat badan yang berlebih. Hal ini dikarenakan salak memiliki kandungan serat dan antioksidan. Tak heran, sebagian orang kerap mencoba dan memasukkan buah salak ke dalam menu dietnya. Kalisum dan karbohidrat pada buah salak juga dapat memenuhi kebutuhan energi dan stamina dalam menjalani program diet.

Meningkatkan daya ingat

Buah pengingat merupakan salah satu sebutan untuk buah salak. Manfaat buah salak untuk kesehatan selanjutnya dapat membantu meningkatkan daya ingat. Hal ini dikarenakan adanya kandungan potassium dan pectin tinggi, membuatnya meningkatkan fungsi kognitif tubuh dan meningkatkan memori.

Lancarkan pencernaan

Manfaat buah salak bisa membantu melancarkan dan menyehatkan sistem pencernaan. Kamu bisa merasakan manfaat buah salak ini dengan mengonsumsi daging salak beserta kulit arinya. Kulit ari buah salak sama-sama mengandung nutrisi padat yang terdiri dari serat, kalsium, tanin, saponin, flavonoid, dan beta karoten. Dimana semua nutrisi tersebut sangat baik untuk kesehatan sistem pencernaan.

Misalnya saja serat yang ada pada buah salak ini bisa membantu mempercepat proses pembuangan zat-zat sisa, racun, dan kandungan lainnya yang tidak dibutuhkan oleh tubuh kamu. Alhasil, buah ini dapat membantu kamu terhindar dari sembelit. Begitu juga dengan kandungan nutrisi tanin, yang memiliki efek antimikroba alami dalam usus sehingga bisa dimanfaatkan sebagai obat diare alami. Tanin juga bisa membantu mengatasi gangguan pencernaan lainnya.

Tingkatkan kekebalan tubuh

Manfaat buah salak juga mampu membantu meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Hal ini dikarenakan buah salak memiliki kandungan senyawa polifenol dan flavonoid yang berlimpah, sehingga dapat membantu memerangi kerusakan sel dan jaringan tubuh. Ada juga kandungan zat beta karoten yang merupakan antioksidan baik untuk mencegah penyakit kardiovaskuler, stroke, hingga kanker.

Jaga kesehatan mata

ilustrasi mata © Diadona

Menjaga kesehatan mata merupakan satu dari sudang manfaat buat salak. Hal ini dikarenakan buah salak mengandung vitamin A yang di dalamnya terdapat beta karoten. Beta karoten pada buah salak memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan mata. Untuk merasakan manfaat buah salak ini, kamu bisa mengonsumsinya secara rutin. Kamu bisa menjadikan salak sebagai pengganti wortel untuk mendapatkan asupan vitamin A.

2 dari 4 halaman

Manfaat Buah Salak untuk Ibu Hamil

Manfaat buah salak ini juga bisa dirasakan untuk ibu hamil. Nutrisi dalam buah salak yang terkandung cukup banyak dan baik untuk ibu hamil maupun bayi yang dikandungnya. Berikut manfaat buah salak untuk ibu hamil.

Ilustrasi Ibu Hamil © Diadona

Mengatasi diare

Selain bermanfaat untuk mengatasi asam lambung, salak juga bisa mengatasi diare yang sering terjadi pada ibu hamil. Ibu hamil memang mudah terkena diare karena mengingat kondisinya yang mudah lelah dan lemah sehingga rentan terhadap infeksi bakteri. Maka dari itu dengan memakan salak maka hal tersebut bisa teratasi.

Mengatasi gangguan asam lambung

Ibu hamil biasanya rentan terhadap gangguan asam lambung pada trimester pertama. Hal ini bisa dicegah dengan memakan buah salak karena kandungan buah ini akan mengurangi rasa mual sekaligus mengembalikan pencernaan pada fungsinya.

Membantu melawan infeksi

Manfaat buah salak memiliki zat tannin dan kandungan vitamin C yang berguna untuk melawan infeksi sehingga kesehatan ibu hamil pun terjaga. Ditambah dengan kandungan fitonutrien pada salak, maka kesehatan ibu hamil akan lebih terjaga pada saat memasuki trimester pertama.

Membantu pembentukan tulang

Kandungan lain yang terdapat pada salak yaitu kalsium. Kalsium sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam menjaga kesehatan tulang, apalagi bagi ibu hamil. Kalsium dapat membantu mempersiapkan tubuh saat waktu proses kelahiran. Sedangkan janin juga memerlukan kalsium untuk membantu pembentukan jaringan pada kerangka tulangnya.

Meningkatkan kesehatan otak

Salak mengandung pektin. Zat ini bermanfaat untuk kesehatan otak. Jadi bila ibu hamil memakan salak, akan membangun sistem kecerdasan otak pada janinnya.

3 dari 4 halaman

Manfaat Buah Salak Pondoh

Ilustrasi salak © Diadona

Salah satu jenis buah salak adalah salak pondoh. Salak pondoh memiliki rasa manis yang disukai banyak orang. Tidak hanya itu, berikut manfaat buah salak pondoh yang baik untuk tubuhmu.

Pilihan untuk makan

Ini adalah salah satu manfaat kesehatan terbaik dari salak yang sangat mengesankan. Jika kamu bosan dengan rasa manis beberapa buah yang ada, kamu mungkin bisa makan buah salak sebagai pilihan. Tidak hanya untuk rasa yang unik dan menyenangkan tetapi juga membantu meningkatkan dan menjaga kesehatan tubuh.

Sumber kalsium

Manfaat buah salak memilili sumber kalsium yang baik. Disimpulkan bahwa tidak hanya susu yang berperan dalam meningkatkan kesehatan tulang, tetapi juga salak sangat bagus dalam memperkuat kepadatan tulang.

Sumber protein

Untuk meningkatkan kebutuhan protein dalam tubuh, kamu mungkin harus mengonsumsi keju, telur, makanan protein, daging sapi dan salmon. Namun, diketahui buah salak juga dapat membantu mendapatkan jumlah protein yang luar biasa. Itu akan membantu masa otot, mendukung fungsi neurologis, dan juga memperbarui sel-sel tubuh.

Sumber fosfor

Fosfor dibutuhkan karena peran penting dalam meningkatkan kesehatan tubuh kita. Faktanya, ia mendorong pembentukan protein, keseimbangan hormon, dan proses perbaikan sel.

Perawatan kulit

Kamu bisa memiliki kulit yang sehat dengan cara yang mudah, yaitu dengan hanya mengonsumsi buah salak secara teratur. Ini adalah cara alami untuk mendapatkan kulit yang alami dan sehat. Selain itu, antioksidan yang terkandung mencegah efek buruk dan radikal bebas yang akan berbahaya bagi kulit.

4 dari 4 halaman

Manfaat Buah Salak untuk Diabetes

Selama ini kita tahu bahwa daging salak memiliki serat yang tinggi dan bagus untuk dikonsumsi oleh mereka yang sedang menjalani program diet. Karena dengan mengonsumsi salak akan membuat perut terasa kenyang dalam waktu yang lebih lama. Lalu untuk mengobati diabetes kita tidak mengambil dagingnya, melainkan dengan memanfaatkan kulitnya, lalu diramu dan dijadikan obat tradisional untuk menyembuhkan penyakit diabetes.

Ilustrasi Diabetes © Diadona

Dengan daging buah salak yang memiliki rasa manis yang sedikit tentunya boleh saja asal jangan terlalu banyak mengonsumsinya. Nah, bagi para penderita diabetes, lebih baik sekarang segera membuat ramuan tradisional untuk menyembuhkan diabetes dengan kulit salak.

1. Siapkan kulit buah salak yang telah dibersihkan, dikira-kira saja kurang lebih 100 gr

2. Rebus dengan air sebanyak 1000ml

3. Setelah air mendidih, dan air rebusan telah berkurang setengahnya, lalu angkat, saring, dan tuang ke dalam gelas

4. Minumlah ramuan ini secara rutin agar dapat hasil yang optimal.

Jadi dengan memanfaatkan air rebusan kulit salak, bisa membantu menurunkan kadar gula darah secara efektif, atau akan menormalkan kembali kadar gula darah yang kamu miliki.

Begitulah manfaat buah salak yang mengesankan. Bagaimana menurutmu? Apakah kamu semakin suka dengan buah salak ini? Jangan lupa untuk tidak membuang kulit ari pada buah salak ketika kamu mengonsumsinya ya!

Beri Komentar