20 Manfaat Strawberry untuk Kecantikan Kulit Wajah dan Kesehatan

Reporter : Sofi
Selasa, 21 Januari 2020 12:53
20 Manfaat Strawberry untuk Kecantikan Kulit Wajah dan Kesehatan
Apakah strawberry ini adlah buah kesukaanmu? Sudah tau manfaat apa saja yang bisa kamu dapatkan dari buah berwarna merah ini? Berikut manfaat strawberry yang harus kamu ketahui

Strawberry (Fragaria ananassa) berasal dari Eropa pada abad ke-18. Strawberry berwarna merah cerah, berair, dan manis. Strawberry adalah sumber vitamin C dan mangan yang sangat baik dan juga mengandung jumlah folat (vitamin B9) dan potasium yang baik. Biasanya buah ini dikonsumsi mentah dan segar, beri ini juga dapat digunakan dalam berbagai selai, jeli, dan makanan penutup. Berikut manfaat strawberry yang sudah dirangkum dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Manfaat Buah Strawberry

Ilustrasi Stroberi © Diadona

Buah strawberry terkenal dengan penampilannya yang cantik berwarna merah, dengan rasanya yang asam dan manis. Dibalik penampilan dan rasa tersebut, manfaat strawberry sangat mengesankan juga. Berikut adalah manfaat strawberry tersebut.

Memelihara kesehatan jantung

Manfaat strawberry yang pertama adalah memelihara kesehatan jantung. Kamu bisa melakukannya dengan rajin mengonsumsi buah strawberry. Menurut hasil penelitian, strawberry dapat menurunkan risiko penyakit jantung lantaran bisa meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL), dan mengontrol tekanan darah, serta meningkatkan fungsi trombosit darah.

Kandungan uercetin flavonoid dalam strawberry, berperan sebagai antiinflamasi alami yang dapat mengurangi risiko aterosklerosis. Selain itu, strawberry juga mengandung serat dan kalium yang akan mencegah penyakit jantung.

Mencegah stroke

Selain memelihara kesehatan jantung, stroberi akan mencegah dari ancaman penyakit stroke. Sebuah penelitian pada 2016 menemukan bahwa manfaat strawberry mengandung antioksidan quercetin, kaempferol, dan anthocyanin. Penelitian tersebut mengungkapkan bahwa antioksidan dalam strawberry dapat menurunkan risiko stroke. Buah ini dapat mengontrol tekanan darah supaya seseorang terhindar dari tekanan darah tinggi yang kerap mengakibatkan stroke.

Mengobati diabetes

Stroberi adalah satu di antara jenis buah-buahan yang sangat dianjurkan bagi pengidap diabetes atau seseorang dengan tingginya tekanan gula darah. Manfaat strawberry ini mengandung serat cukup tinggi yang dapat mengontrol kadar glikemik dalam darah. Kandungan serat dalam buah ini juga bisa membantumu merasa kenyang lebih lama.

Manfaat strawberry dapat memperlambat penyerapan glukosa dan mengurangi lonjakan glukosa dan insulin setelah mengonsumsi makanan berat. Untuk mengobati diabetes, kamu bisa mengonsumsi buah strawberry langsung sebagai cemilan, tanpa diolah dengan tambahan gula. Kamu juga bisa menjadikan stroberi sebagai makanan pembuka atau penutup.

Melancarkan buang air besar

Manfaat strawberry ini bisa sebaga solusi jika kamu mengalami kesulitan buang air besar. Strawberry mengandung serat dan mineral cukup tinggi guna menjaga kesehatan sistem pencernaan. Semua kandungan tersebut dapat mengatasi masalah sembelit lantaran mampu melancarkan sistem pencernaan.

Bersifat antikanker

Manfaat strawberry mengandung antioksidan cukup tinggi yang dapat melawan radikal bebas. Dengan begitu, strawberry dapat menghambat pertumbuhan tumor dan mengurangi peradangan dalam tubuh. Sebuah penelitian menemukan strawberry dapat membantu mencegah berbagai penyakit kanker karena memiliki senyawa yang bersifat antikanker.

Buah ini juga terbukti mampu menghambat pembentukan tumor. Manfaat strawberry ini dikarenakan adanya asam ellagic dan ellagitannins dalam stroberi yang mampu menghentikan pertumbuhan sel kanker.

Menurunkan berat badan

Sebagian besar orang tentu ingin memiliki berat badan yang ideal supaya terhindar dari obesitas atau kelebihan berat badan. Untuk memiliki berat badan ideal, kamu bisa memasukkan buah strawberry ke dalam menu diet sehat sehari-hari. Buah ini mengandung rendah kalori, namun seratnya cukup tinggi. Terpenuhinya asupan serat dapat memberikan rasa kenyang tahan lama dan tidak mudah lapar. Kandungan vitamin C dalam strawberry juga bisa meningkatkan metabolisme yang akan membakar kalori lebih efektif.

Selain itu, manfaat strawberry juga memiliki kemampuan untuk melancarkan sistem pencernaan. Dengan begitu, buah ini akan mendorong sisa makanan agar tidak tertimbun terlalu lama yang bisa menyebabkan badan menjadi gemuk. Kamu bisa mengonsumsinya secara langsung, dijadikan salad buah, jus, atau infused water.

2 dari 4 halaman

Manfaat Jus Strawberry

Ilustrasi Jus Stroberi © Diadona

Salah satu cara untuk mengolah buah ini adalah dengan cara membuatnya sebagai jus strawberry. Berikut adalah manfaat strawberry lainnya.

Menyehatkan mata

Mengonsumsi jus stroberi mempunyai beberapa manfaat untuk jangka panjang. Salah satunya adalah dapat menghindarkanmu dari penyakit katarak dan penurunan penglihatan.

Sumber zat antiinflamasi

Kandungan fenol di dalam buah stroberi yang tinggi bermanfaat sebagai zat antiinflamasi. Zat ini mampu mengobati berbagai masalah kesehatan tubuh seperti osteoarthritis, asma, dan aterosklerosis.

Kaya akan zat antioksidan

Manfaat strawberry juga merupakan zat antioksidan yang baik sebab strawberry tinggi akan vitamin C. Oleh sebab itu strawberry juga merupakan cara yang efektif untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Baik untuk diet

Jus stroberi adalah minuman yang rendah akan kalori. Oleh karena itu ambil beberapa buah strawberry dan kemudian buatlah menjadi jus untuk menu minuman sehatmu.

3 dari 4 halaman

Manfaat Strawberry untuk Wajah

Ilustrasi Wanita © Diadona

Dengan kandungan strawberry tersebut, dapat memberi manfaat pada kulit wajah kamu. Berikut manfaat strawberry untuk wajah kamu.

Sebagai antiaging alami

Seperti yang telah kita ketahui, manfaat strawberry merupakan buah kaya akan vitamin C yang mana vitamin tersebut sangat diperlukan untuk menjaga ketahanan serta keelastisitasan. Selain itu, di dalamnya juga terdapat kandungan likopen yang mampu memperlambat proses penuaan pada kulit. Untuk mendapatkan manfaat strawberry sebagai antiaging alami, kamu bisa menggunakan masker strawberry pada wajah maksimal seminggu dua kali.

Cara membuatnya cukup mudah. Masukkan lima strawberry beku yang sudah dimasukkan ke dalam freezer dengan satu sendok teh madu ke dalam blender, lalu haluskan. Setelah jadi, oleskan masker tersebut ke bagian wajah dan leher selama 20 menit, lalu bilas dengan air suam-suam kuku.

Cegah jerawat

Selain mampu menghilangkan flek hitam, manfaat strawberry juga dapat mencegah timbulnya jerawat. Sifat asam yang terkandung dalam buah berwarna merah ini mampu mengontrol kelebihan minyak yang kerap menjadi penyebab utama timbulnya jerawat. Dengan mengonsumsi strawberry setiap hari atau memakai maskernya seminggu dua kali, kulit kamu pun akan terhindar dari jerawat.

Melingdungi dari paparan sinar UV

Manfaat strawberry juga sumber vitamin C yang sangat baik. Buah ini mampu mencerahkan, menenangkan, serta melindunginya dari paparan sinar UV.

Menghilangkan sel kulit mati

Manfaat strawberry mengandung Alpha-hydroxy acid (AHA) yang penting untuk menghilangkan sel kulit mati dan membuatnya lebih bersih. AHA merupakan salah satu zat yang diandalkan untuk melawan tanda penuaan sekaligus meremajakan kulit.

4 dari 4 halaman

Manfaat Masker Strawberry

Ilustrasi Masker Wajah © Diadona

Tidak hanya dikonsumsi, manfaat strawberry juga bisa diambil dengan cara membuatnya menjadi masker. Berikut adalah manfaat masker strawberry.

Melindungi kulit dari paparan sinar uv

Pigmen warna merah pada stroberi bekerja sebagai pelindung kulit dari sinar matahari. Sedangkan mentimun bekerja untuk mendinginkan kulit dan menghidrasinya. Kamu bisa mencampurkan satu sendok jus stroberi dengan satu sendok jus mentimun. Kemudian aplikasikan pada wajah dan diamkan selama 20 menit. Setelah 20 menit, bilas dengan air hingga bersih.

Menenangkan kulit

Kulit yang gelap dan kusam akibat paparan sinar matahari, bisa diatasi dengan masker strawberry dan madu. Masker ini akan membuat kulit lebih tenang setelah terpapar sinar matahari. Kamu juga bisa mencampurkan madu dengan jus stroberi dingin.

Pertama-tama bersihkan dahulu wajahmu dengan sabun cuci muka dan keringkan. Aplikasikan masker stroberi dan madu pada wajah, diamkan selama 30 menit, dan bilas sampai bersih.

Menghilangkan bengkak di bawah mata

Setelah melalui aktivitas melelahkan seharian, kebanyakan dari kita mendapatkan bengkak di bawah mata. Iris stroberi jadi dua dan tempatkan di bawah mata Anda. Bersantai selama 10 menit. Angkat irisan stroberi di mata dan gunakan pelembap.

Menjaga kelembutan kulit

Yoghurt sendiri mengandung asam laktat yang membantu mengangkat sel kulit mati. Dengan digunakan secara rutin kombinasi yogurt dan stroberi dapat membuat kulit lebih lembut dan kenyal. Kamu hanya perlu mencampurkan jus stroberi dengan satu sendok yoghurt di dalam wadah. Kemudian, aplikasikan pasta ini pada wajah. Diamkan selama 20 menit dan bilas dengan air biasa.

Pembersih wajah

Daun mint memiliki antibakterial yang bisa digunakan sebagai pembersih, astringen, toner, dan pelembap. Jika dicampurkan dengan stroberi akan membuat kulit menjadi lebih bersih dan lebih kenyal. Caranya, ambil segenggam daun mint dan tumbuk hingga halus. Tambahkan dua hingga tiga sendok jus stroberi, kemudian aplikasikan pada kulit. Diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air bersih.

Menyembuhkan jerawat

Pisang sendiri mengandung vitamin B komplek yang baik untuk mengurangi inflamasi akibat jerawat. Jika kamu kombinasikan dengan strawberry, akan membantu menyembuhkan jerawat dan membuat kulit menjadi lebih lembut. Masker stroberi dan pisang ini bisa dibuat dengan cara menghaluskan dua buah stroberi dan setengah potong pisang. Setelah dihaluskan menjadi pasta, kamu bisa mengaplikasikannya pada wajah dan leher. Diamkan selama 15 hingga 20 menit. Kemudian bilas dengan air bersih.

Bagaimana menurutmu tentang manfaat strawberry tersebut? Semoga manfaat strawberry di atas bermanfaat bagimu!

Beri Komentar