20 Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah dan Rambut

Reporter : Sofi
Senin, 27 Januari 2020 13:23
20 Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah dan Rambut
Sudah tahukah kamu apa saja manfaat minyak zaitun untuk wajah? Berikut adalah manfaat minyak zaitun untuk wajah tersebut.

Kandungan dalam minyak, dipercaya tidak baik untuk tubuh karena lemak yang terkandung. Tetapi masih banyak minyak yang baik dan dibutuhkan untu kesehatan tubuh. Minyak zaitun adalah salah satu yang dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan tubuh. Minyak zaitun kaya akan asam oleat tak jenuh tunggal.

Asam lemak ini diyakini memiliki banyak efek menguntungkan dan merupakan pilihan sehat untuk campuran memasak. tidak hanya itu, kandungan antioksidan dalam minyak zaitun juga baik untuk kesehatan tubuh. Manfaat minyak zaitun juga bisa untuk kecantikan. Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah manfaat minyak zaitun untuk kecantikan yang mengesankan.

1 dari 4 halaman

Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut dan Wajah

ilustrasi rambut © Diadona

Banyak produk kecantikan yang menggunakan bahan dasar minyak zaitun. Manfaat minyak zaitun tersebut dapat digunakan untuk kecantikan rambut dan wajah juga. Berikut adalah manfaat minyak zaitun untuk rambut dan wajah.

Mengurangi rambut rontok

Manfaat minyak zaitun membantu mengurangi rambut rontok dengan memberikan nutrisi penting untuk rambut dan menjaganya agar tetap sehat.

Mengurangi rambut kering

Jika kamu memiliki rambut kering, minyak zaitun adalah solusi yang tepat untuk masalah itu. Cukup dengan mengoleskan minyak zaitun ke seluruh rambut sebelum tidur di malam hari. Kemudian esoknya bilas rambut dengan shampo untuk memberikan sinar alami pada rambut.

Menghilangkan ketombe

Minyak zaitun juga membantu mengatasi masalah rambut seperti ketombe.

Anti rambut kusam dan kaku

Jika kamu memiliki rambut kusam dan kaku, aplikasikan minyak zaitun ke seluruh rambut karena itu dapat menghilangkan kekakuan dan memberikan kemilau pada rambut.

Nutrisi kulit kepala

Minyak ini juga memberi nutrisi untuk kulit kepala serta meningkatkan pertumbuhan rambut.

Mempertahankan warna alami

Membantu melawan masalah yang muncul akibat penggunaan rutin semprotan rambut dan gel rambut serta mengurangi munculnya uban dan mempertahankan warna alami rambut.

Menjadikan rambut bersinar

Minyak zaitun dapat membuat rambut terlihat lebih bersinar dan memperkuat akar rambut.

Menebalkan alis

Minyak zaitun mengandung nutrisi seperti vitamin E. Vitamin E akan senantiasa memelihara kesehatan rambut. Dengan kombinasi ini, maka kamu akan mempunyai alis yang lebat dan tentu saja natural.

Caranya oleskan saja minyak zaitun pada alis sebelum tidur, biarkan semalaman, lalu keesokan harinya bersihkan sembari membersihkan muka.

Memanjangkan dan menebalkan bulu mata

Selain mengaplikasikannya pada alis, kamu juga bisa memberi bulu mata kamu manfaat minyak zaitun agar bulu mata kamu indah. Wanita yang mengidam-idamkan bulu mata panjang dan tebal alami, bisa mempunyainya tanpa harus mengaplikasikan maskara atau bulu mata palsu yang malahan nantinya akan menyebabkan kerontokan pada bulu mata.

Menghapus make up

Kamu bisa menggantikan keberadaan pembersih make up dengan minyak zaitun. Manfaat minyak zaitun untuk kecantikan memang merupakan rahasia umum, oleh karena itu banyak produk cleansing oil (minyak pembersih) yang terbuat dari minyak-minyak alami salah satunya adalah minyak zaitun. Bahkan dengan menggunakan minyak zaitun sebagai pembersih make up, kamu juga mendapatkan manfaat minyak zaitun untuk kecantikan seperti yang sudah dijelaskan pada poin-poin di atas.

2 dari 4 halaman

Manfaat Minyak Zaitun untuk Kulit Wajah

Ilustrasi Wajah Berjerawat © Diadona

Tentu produk berminyak identik dengan melembapkan wajah kamu. Tetapi minyak zaitun juga bisa untuk menyembuhkan jerawat kamu. Berikut adalah manfaat minyak zaitun untuk kulit wajah.

Menyembuhkan jerawat

Manfaat minyak zaitun untuk wajah yang pertama adalah untuk menyembuhkan jerawat. Antioksidan minyak zaitun yaitu polifenol dapat mengeluarkan racun dalam tubuh, serta mencegah segala macam jenis infeksi dan mengatasi gangguan jerawat karena mengandung vitamin yang mampu mempercepat proses penyembuhan.

Menghaluskan wajah

Manfaat minyak zaitun untuk wajah selanjutnya adalah menghaluskan wajah kamu. Namun untuk hasil yang lebih maksimal, kamu bisa menggunakan minyak zaitun dicampur dengan buah pepaya dan dijadikan masker. Enzim papain yang ada dalam pepaya dapat membantu meregenerasi kulit.

Vitamin A, C, dan E sebagai antioksidan akan turut membantu menutrisi, melembapkan kulit , dan menghaluskan wajah kamu. Pepaya akan menjadi sunscreen atau tabir surya alami bagi kulit wajah kamu. Gabungan dari pepaya dan minyak zaitun akan semakin mempercepat agar wajah halus seketika.

Memutihkan wajah

Sama halnya dengan manfaat minyak zaitun untuk wajah lainnya, kandungan polifenol dalam minyak zaitun akan membantu melindungi sel-sel dari ancaman kerusakan. Kamu tidak perlu lagi harus memakai produk pemutih wajah yang harganya sangat mahal atau bahkan harus suntik wajah agar wajah putih. Tapi cukup dengan menggunakan minyak zaitun setiap hari, maka pelan tapi pasti, kamu akan mendapatkan wajah cerah yang kamu inginkan secara natural.

Mengecilkan pori-pori wajah

Selain mengencangkan wajah, zat linoleic juga bermanfaat bagi kamu yang ingin mengecilkan pori-pori wajah yang nampak jelas sehingga mengganggu performa penampilan kamu. Maka dari itu, manfaat minyak zaitun untuk wajah ini adalah mengcailkan pori-pori wajah.

3 dari 4 halaman

Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah Berjerawat

Ilustrasi Wajah Berjerawat © Diadona

Jerawat sudah menjadi masalah kulit bagi hampir smeua orang. Minyak zaitun ini bisa menjadi salah satu solusi bagi kamu yang memiliki masalah kulit berjerawat. Sifat antiinflamasi yang terkandung berguna untuk menyembuhkan jerawat dan bekas-bekasnya.
Sifat non-comedogenic nya juga baik karena tidak menyumbat pori-pori kulit.

Kandungan antibakteri nya mampu menyembuhkan jerawat karena infeksi bakteri. Merupakan obat herbal alami untuk mengatasi gangguan jerawat karena mengandung vitamin yang mampu mempercepat proses penyembuhan.
Antioksidan nya yaitu polifenol dapat mengeluarkan racun dalam tubuh, serta mencegah segala macam jenis infeksi. Berikut cara mengaplikasikan manfaat minyak zaitun untuk jerawat :

1. Ambil 1 sdm minyak zaitun

2. Oleskan pada wajah kamu yang terkena jerawat

3. Pijat wajah dengan lembut dan perlahan dan tekanan yang cukup.

4. Lakukan selama 4 - 5 menit

5. Biarkan selama 15 - 20 menit

6. Bersihkan wajah menggunakan kain lap bersih dan hangat

7. Ulangi pijatan tersebut selama beberapa kali
Lakukan sebanyak 2 kali sebelum tidur setiap harinya

4 dari 4 halaman

Apa Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah

Ilustrasi Wajah Wanita © Diadona

Kandungan antioksidan yang ada dalam minyak zaitun ini membantu untuk kecantikan kulit wajah kita. Berikut adalah manfaat minyak zaitun untuk wajah.

Mengatasi Kulit Kering

Jika kamu memiliki kulit wajah ynag kering, kamu dapat menggunakan manfaat minyak zaitun untuk wajah kamu. Dengan menggunakan minyak zaitun pada kulit keringmu, maka kamu akan memiliki kulit yang lembap serta tidak perlu takut terhadap serangan radikal bebas karena manfaat minyak zaitun untuk wajah yang mengandung antioksidan berguna mengurangi radikal bebas dan bahkan mengurangi peradangan yang terjadi pada kulit.

Mengencangkan kulit wajah

Manfaat minyak zaitun untuk wajah selanjutnya adalah untuk mengencangkan kulit wajah kamu. Kandungan zat linoleic acid di dalam minyak zaitun yang akan membantu, menjaga kadar air pada kulit wajah agar tidak muncul keriput pada usia dini. Selain itu minyak zaitun juga banyak mengandung antioksidan yang disebut polifenol yang membantu melindungi sel-sel dari ancaman kerusakan. Dengan cara 1 sdm minyak zaitun, campur dengan 1 sdt madu, gunakan sebagai masker wajah. Dengan begitu kamu dapat menggunakan manfaat minyak zaitun untuk wajah kamu.

Menghilangkan kutil di wajah

Manfaat minyak zaitun untuk wajah berikutnya adalah dengan menghilangkan kutil di wajah. Kutil adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh bakteri yang masuk ke dalam sel kulit dan menyebabkan iritasi dan menimbulkan rasa gatal yang amat sangat. Sayangnya, ketika digaruk, biasanya iritasi akan semakin parah dan menjadi sakit.

Untuk menghilangkan kutil, kamu bisa menggunakan manfaat minyak zaitun, lho. Caranya oleskan langsung minyak zaitun pada bagian kutil dan diamkan beberapa menit. Lakukanlah sehari 3 kali, yakni pada pagi hari, siang dan malam hari sebelum tidur. Pastikan untuk membersihkan wajah terlebih dahulu.

Menghilangkan mata panda

Manfaat minyak zaitun untuk wajah berikutnya dapat kamu gunakan untuk menghilangkan mata panda. Mata panda biasanya terjadi ketika saat begadang atau kurang tidur. Mata panda adalah kondisi menghitamnya area kelopak mata.

Hal tersebut memang terkesan sangat menganggu penampilan. Tapi untuk menghilangkan kondisi mata panda, kamu bisa menggunakan minyak zaitun. Caranya oleskan minyak zaitun perlahan lahan pada bagian kelopak mata. Hati-hati ketika mengoleskannya, jangan sampai mengenai mata. Lakukan rutin agar maksimal hasilnya.

Setelah mengetahui manfaat minyak zaitun untuk wajah tersebut, bagaimana pendapat kamu? Ada baiknya jika kamu menjaga kesehatan dan kecantikan wajah kamu dengan manfaat minyak zaitun ini. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar