20 Manfaat Jus Wortel dengan Tomat Serta Maskernya untuk Kesehatan Wajah dan Mata

Reporter : Bagus Prakoso
Senin, 30 Desember 2019 11:41
20 Manfaat Jus Wortel dengan Tomat Serta Maskernya untuk Kesehatan Wajah dan Mata
Wortel terkenal dengan khasiatnya yang baik untuk mata. Selain itu, ternyata sayuran yang sering diolah menjadi sup ini juga memiliki khasiat lain.

Siapa yang nggak kenal sama wortel? Sayuran berwaran oranye ini sering kita jumpai dalam olahan sup. Selain itu, wortel juga sering diubat tumisan. Bahkan sayuran ini biasa diolah menjadi jus untuk diet. Manfaat wortel ternyata banyak lho. 

Apa sih sebenarnya kandungan nutrisi dalam wortel? Kanduungan paling banyak pada wortel adalah air dan karbohidrat. Sayuran ini sedikit lemak dan protein, namun kaya akan vitamin. Salah satunya vitamin A. Selain itu, kandungan wortel antara lain:
-Biotin
-Vitamin K1
-B6
-Kalium

Apa saja manfaat wortel yang bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi sayur oranye ini? Dan apa saja olahan yang bisa kamu buat dari manfaat wortel ini? Berikut rangkumannya.

1 dari 5 halaman

Manfaat jus wortel

jus worteljus wortel © 2019 https://www.diadona.id/unsplash.com

Selain diolah menjadi campuran sup, salad, atau lalapan, wortel juga bisa dibuat menjadi jus. Jus wortel memiliki rasa yang unik dan warna yang menggugah selera. Selain itu, jus wortel kaya akan kandungan nutrisi. Apa saja manfaat jus wortel?

1. Meningkatkan kesehatan mata

Manfaat wortel dari jusnya yang pertama adalah meningkatkan kesehatan mata. Jus wortel kaya akan beta karoten yang akan diolah menjadi vitamin A dalam tubuh. Vitamin A baik untuk kesehatan mata. Selain itu vitamin A mampu melindungi mata dari berbagai gangguan seperti degenerasi makula, katarak, glaukoma, dan xerophthalmia. 

Kamu bisa mendapat manfaat wortel dengan rutin minum jusnya setiap hari.

2. Menyehatkan kulit

Manfaat wortel dari jus juga bisa menyehatkan kulit. Dalam 100 gram wortel, terdapat 6mg vitamin C. Vitamin C adalah salah satu sumber antioksidan dan dapat membantu kulit pulih lebih cepat dari luka. Manfaat wortel bisa kamu rasakan dengan rutin minum jus wortel. Dengan begitu kamu akan terhindar dari masalah kulit seperti kulit kering atau psoriasis.

3. Memperkuat daya tahan tubuh

Manfaat wortel daru jus dapat kamu rasakan untuk memperkuat daya tahan tubuh. Kandungan nutrisi vitamin C dalam jus wortel bisa bermanfaat untuk kamu yang sedang mengalami flu. Rutin minum jus wortel agar kamu cepat pulih dan bisa beraktivitas lagi.

4. Memperkuat fungsi otak

Manfaat jus wortel juga untuk memperkuat fungsi otak. Beta karoten yang terkandung dalam wortel juga dipercaya baik untuk menjaga kesehatan fungsi otak. Kamu bisa mendapat manfaat wortel yang satu ini dengan rutin minum jusnya.

5. Menjaga berat badan

Manfaat jus wortel yang terakhir dapat menjaga berat badan. Dalam 100 gram wortel terdapat 3 gram serat yang cukup untuk mengenyangkan perut. Dengan begitu akan menekan keinginan untuk makan banyak. Selain itu, jus ini rendah kalori namun kaya akan vitamin.

2 dari 5 halaman

Manfaat jus wortel dan tomat

jus worteljus wortel © 2019 https://www.diadona.id/unsplash.com

Jus wortel memang cocok untuk kamu yang sedang menjalani pola hidup sehat. Biasanya, jus wortel bisa dikombinasikan dengan sayuran atau buah lain. Salah satunya tomat. 

Wortel kaya akan vitamin A yang baik untuk mata, otak, dan mencegah tubuh dari penyakit kanker dan jantung. Sementara tomat kaya akan kandungan antioksidan yang berkhasiat meningkatkan sistem imunm melancarkan kerja ginjal, dan mencegah bahaya radikal bebas. Jika digabungkan, keduanya menjadi minuman segar dan menyehatkan. Yuk kita simak apa saja manfaat jus wortel dan tomat.

1. Menyehatkan pencernaan

Manfaat jus wortel dan tomat yang pertama adalah menyehatkan pencernaan. Hal ini karena wortel dan tomat kaya akan kandungan serat. Selain itu, toma dikenal sebagai buah yang dapat menjaga tubuh dari diare karena kanudngan antiseptik dalam tomat. Dengan rutin minum jus wortel dan tomat, kamu akan mendapat manfaat dari wortel dan tomat dengan maksimal.

2. Melancarkan proses detoksifikasi

Manfaat jus wortel dan tomat berikutnya adalah melancarkan proses detoksifikasi. Proses detoksifikasi adalah proses pengeluaran racun dari tubuh. Kekurangan vitamin dan nutrisi akan menghambat proses detoksifikasi. Dengan rutin minum jus wortel dan tomat, maka kamu akan mendapat manfaat wortel dan tomat yaitu beban kerja hati untuk mengeluarkan racun menjadi lebih ringan.

3. Meningkatkan kesuburan.

Manfaat jus wortel dan tomat yang ketiga adalah meningkatkan kesuburan. Ketidaksuburan atau infertilitas disebabkan karena kurangnya asupan nutrisi dan enzim. Dengan rutin minum jus wortel dan tomat, kamu bisa mendapat manfaat wortel dan tomat yang satu ini.

4. Menurunkan kolesterol

Manfaat jus wortel dan tomat juga ampuh dalam menurunkan kolesterol tinggi. Kandungan likopen pada tomat dipercaya mampu untuk menjaga kolesterol tetap stabil. Dengan begitu, resiko terkena penyakit kolesterol akan lebih rendah.

5. Menurunkan berat badan

Manfaat jus wortel dan tomat yang terakhir adalah dapat menurunkan berat badan. Jus sehat ini kerap digunakan dalam menu diet. Baik wortel maupun tomat sama-sama mengandung serat yang tinggi. Paduan keduanya efektif mengenyangkan perut sehingga membuat kamu lebih mudah menahan lapar.

3 dari 5 halaman

Manfaat masker wortel untuk wajah

Ilustrasi Wajah CantikIlustrasi Wajah Cantik © 2019 https://www.diadona.id/@wonderslist

Wortel terkenal khasiatnya untuk mata. Namun tahukah kamu kalau wortel juga bagus dipakai sebagai maseker wajah. Ternyata wortel juga memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan kulit wajah. Apa saja manfaat masker wortel?

1. Mencerahkan kulit

Wortel memiliki kandungan beta karoten dan vitamin A yang bisa mencerahkan kulit wajah secara alami. Nggak cuma itu, masker wortel juga dipercaya menyamarkan bekas luka pada wajah.  

Kamu bisa mendapat manfaat wortel ini dengan mencampurkan parutan wortel dengan 1 sendok teh tepung kacang hijau, 1 sendok teh air mawar dan mentimun yang sudah dihaluska, kemudian pakaikan di wajah selama 15 menit. Lakukan secara rutin.

2. Menghilangkan kerutan

Masker wortel juga ampuh menghilangkan kerutan di wajah. Kandungan vitamin C dipercaya bisa menstimulasi produksi kolagen dalam kulit serta mampu menjaga elastisitas kulit. 

Kamu bisa mendapat manfaat wortel ini dengan menggunakan masker wortel yang dicampur dengan susu murni, 1 sendok teh tepung beras, kunyit, dan madu. Lakukan rutin maka kamu dapat merasakan manfaat masker wortel yaitu mengurangi kerutan di wajah.

3. Wajah makin bersinar

Manfaat masker wortel yang ketiga ternyata bisa membuat wajah makin bersinar. Kandungan antioksidan yaitu karotenoid yang tinggi pada wortel mampu mengangkat sel kulit mati dan membuat kulit lebih halus.  

Caranya cukup menggunakan masker wortel yang dicampur dengan 1sendok makan oats dan parutan apel. Manfaat wortel yang satu ini bisa kamu rasakan jika rutin kamu lakukan perawatan dengan masker wortel ini.

4. Mengatasi kulit berminyak

Masker wortel juga ampuh mengatasi kulit berminyak. Kandungan beta karoten pada wortel bisa mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit wajah.  

Caranya dengan mencampurkan 3 sendok makan wortel dengan 1 sendok makan cuka apel. Rendam kapas dalam cairan tadi dan usapkan ke wajah. Biarkan 10 menit lalu bilas. Manfaat wortel ini bisa kamu rasakan dengan rutin perawatan masker wortel.

5. Mengatasi flek hitam dan pigmentasi

Manfaat masker wortel yang terakhir adalah dapat mengatasi flek hitam dan pigmentasi pada wajah. Kandungan antioksidan falcarinol dan karotin dipercaya sebagai sun protector.  

Caranya cukup mudah. Campurkan 1 sendok makan wortel dengan 1 sendok makan jus lemon, serta 1 sendok makan madu. Oleskan ke wajah, biarkan 15 menit lalu bilas dengan air hangat. Kamu bisa mendapat manfaat wortel ini dengan rutin melakukan perawatan masker wortel tersebut.

4 dari 5 halaman

Manfaat wortel untuk mata

Ilustrasi Bulu MataIlustrasi Bulu Mata © 2019 https://www.diadona.id

Wortel memang sayuran yang kaya akan vitamin A dalam bentuk betakaroten yang dapat meningkatkan kesehatan mata. Vitamin A membantu mata untuk bisa melihat. Vitamin A membantu mengonversikan cahaya yang diterima mata menjadi sinyal yang dapat ditransmisikan ke otak. Hal ini yang membuat orang bisa melihat dalam kondisi cahaya rendah.

1. Benarkah vitamin A dapat meningkatkan penglihatan?

Vitamin A sangat berguna untuk kesehatan penglihatan. Bahkan diperlukan untuk menunjang kemampuan mata dalam melihat.  

Dengan menerapkan diet gizi seimbang, Kebutuhan vitamin A sudah terpenuhi dengan baik dalam membantu kemampuan mata. Dengan adanya tambahan konsumsi wortel dengan tujuan untuk meningkatkan penglihatan mata, ini merupakan sesuatu yang dapat membuahkan hasil. 

Namun, konsumsi wortel dan sumber vitamin A lainnya terbukti dapat meningkatkan penglihatan di malam hari dibandingkan dengan orang yang kekurangan vitamin A.

5 dari 5 halaman

wortelwortel © 2019 https://www.diadona.id/unsplash.com

Sudah bukan rahasia umum kalau manfaat wortel untuk kesehatan memang banyak. Selain untuk kesehatan mata, wortel juga baik untuk kesehatan tubuh. Apa saja manfaat wortel untuk kesehatan?

1. Mempertajam memori

Manfaat wortel dapat mempertajam memori. Wortel mengandung vitamin B. Vitamin B dipercaya dapat mempertajam memori. Rutin mengonsumsi wortel akan membantu memori dalam otak lebih tajam. Dengan begitu akan membantu kamu mempermudah mengerjakan atau mempelajari banyak hal.

2. Memperbaiki daya tahan tubuh setelah sakit

Manfaat wortel selanjutnya bisa memperbaiki daya tahan tubuh. Vitamin C yang tinggi dalam wortel bisa memperbaiki daya tahan tubuh setelah sakit.

3. Memperkuat tulang dan gigi

Manfaat wortel bagi kesehatan selanjutnya adalah memperkuat tulang dan gigi. Kandungan vitamin K dalam wortel cukup tinggi sehingga bisa membantu menguatkan tulang dan gigi. Wortel juga baik untuk manula agar terhindar dari osteoporosis.

4. Meningkatkan kualitas sperma

Manfaat wortel ternyata juga bisa meningkatkan kualitas sperma. Kadar vitamin A dapat membuat kualitas sperma semakin bagus.

5. Mencegah penyakit jantung

Manfaat wortel yang yang terakhir adalah mencegah penyakit jantung. Zat antioksidan dalam wortel tidak hanya penting untuk menangkal radikal bebas. Antioksidan juga memberikan manfaat positif untuk kesehatan jantung.

Banyak juga ya khasiat dari sayuran berwana oranye ini. Jadi mulai sekarang kamu harus lebih rajin untuk mengonsumsi wortel. Dengan begitu kamu akan mendapat manfaat wortel yang banyak itu. Semoga bermanfaat.

Beri Komentar