20 Manfaat Buah Nangka untuk Kesehatan Ibu Hamil, dan Diet

Reporter : Sofi
Selasa, 21 Januari 2020 12:35
20 Manfaat Buah Nangka untuk Kesehatan Ibu Hamil, dan Diet
Apa benar buah nangka tidak boleh dimakan oleh ibu hamil? Berikut adalah manfaat buah nangka yang harus kamu ketahui.

Nangka adalah salah satu buah tropis yang berwarna kuning dengan rasa manis yang khas. Buah ini juga cocok untuk dikombinasikan dengan berbagai macam hidangan. Jajanan, dan minuman seperti es teler yang biasa menjadi menu yang menghadirkan buah nangka sebagai salah satu bahannya. Manfaat buah nangka ini baik dan bergizi untuk tubuh. Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah manfaat buah nangka.

1 dari 4 halaman

Manfaat Buah Nangka untuk Ibu Hamil

ilustrasi ibu hamil © Diadona

Banyak yang bilang jika buah nangka lebih baik dihindari selama semasa kehamilan. Hal ini karena memiliki risiko seperti makan buah nangka kadang-kadang bisa berfluktuasi kadar gula wanita. Oleh karena itu, harus dihindari oleh wanita penderita diabetes. Selain itu buah nangka mengandung alkohol tinggi yang juga bisa membahayakan kandungan.

Buah nangka juga dikenal bisa mempercepat pembekuan darah. Meskipun ini bermanfaat bagi kebanyakan orang, jika kamu memiliki kondisi kesehatan terkait darah yang sudah ada sebelumnya, kamu harus menghindari makan nangka. Makan buah nangka dalam jumlah berlebihan dapat menyebabkan diare dan masalah ekskresi karena cenderung bertindak sebagai pencahar alami.

Maka dari itu untuk mengonsumsi buah nangka ini untuk dilihat seberapa banyak ibu hamil mengonsumsi buah ini dan memastikan untuk tidak berlebihan. Tapi memakan buah nangka selama kehamilan tidak selamanya berbahaya. Berikut manfaat buah nangka untuk ibu hamil yang dilansir dari parenting.firstcry.com.

Membantu dalam pertumbuhan dan perkembangan bayi

Manfaat buah nangka dapat memberi kalsium, seng , zat besi, beta-karoten, dll. Mineral ini dapat membantu pertumbuhan bayi. Ini juga merupakan sumber yang kaya berbagai vitamin seperti vitamin A dan C, dan folat, zat besi. Semua nutrisi ini membantu dalam pembentukan organ bayi yang diperlukan.

Memberikan bantuan dari masalah perut

Mengonsumsi nangka dalam jumlah yang tepat dapat membantu meringankan berbagai masalah perut, seperti bisul perut yang ada di lapisan perut selama kehamilan.

Membantu melawan kelelahan

Kehamilan bisa sangat melelahkan bagi seorang wanita. Ibu hamil mungkin merasa malas atau lelah karena ibu akan mendukung bayinya. Tetapi dengan mengonsumsi buah-buahan dan sayuran sehat seperti nangka dapat memberi si ibu energi dan mencegah kelelahan.

Membantu mengatur level tekanan darah

Peningkatan kadar tekanan darah pada wanita hamil dapat merugikan janin dan mengakibatkan berbagai komplikasi. Namun, dengan mengonsumsi makanan sehat seperti nangka dapat membantu menjaga kadar tekanan darah tetap terjaga dan memastikan bahwa ibu dan bayinya sehat.

Membantu menurunkan stres

Sembilan bulan kehamilan dapat dengan mudah membuat ibu hamil stres, tetapi itu tidak baik untuk si ibu atau bayinya. Manfaat buah nangka ini bisa untuk membantu menurunkan stres. Ibu hamil bisa mengonsumsi buah nangka dalam dietnya untuk menurunkan stres. Biji nangka sangat bermanfaat, karena mengandung protein dan berbagai zat gizi mikro lainnya, yang membantu mengelola stres mental .

Merangsang pencernaan

Masalah konstipasi dan pencernaan sering terjadi selama kehamilan. Ibu hamil bisa mengonsumsi buah dan sayuran berserat seperti nangka untuk melawan masalah pencernaan. Kandungan serat dalam nangka dapat memenuhi hampir 10% dari asupan serat harian. Ini akan membantu merampingkan gerakan usus, meredakan sembelit, dan mengoptimalkan proses pencernaan.

2 dari 4 halaman

Manfaat Buah Nangka untuk Diet

Ilustrasi Diet © Diadona

Buah nangka dapat ditambahkan sebagai menu diet kamu, lho! Ini dia manfaat buah nangka untuk dietmu.

Nutrisi dan mineral

Manfaat buah nangka mengandung banyak vitamin, mineral, dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Selain menurunkan berat badan, manfaat buah nangka juga bisa membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Nutrisi sehat yang ada dalam buah nangka tak akan menyebabkan bertambahnya berat badan. Selain itu, dengan vitamin dan mineral di dalamnya, buah nangka juga baik untuk kesehatan kulit, rambut, dan tubuh.

Rendah sodium

Manfaat buah nangka mengandung sedikit sodium. Ini juga salah satu penyebab mengapa nangka baik untuk menurunkan berat badan. Sedikitnya sodium yang terkandung di dalamnya juga membuat nangka aman dikonsumsi tanpa khawatir bertambah berat badan. Berat badan bisa bertambah jika kamu mengonsumsi banyak sodium.

Kaya serat

Buah nangka mengandung banyak serat yang membantu memecahkan lemak dalam tubuh dan mengurangi berat badan. Manfaat buah nangka yang kaya serat juga membantu proses pencernaan makanan dan membersihkan sistem pencernaan. Serat akan membantu meningkatkan energi dalam tubuh dan meningkatkan proses metabolisme. Untuk itu, nangka adalah pilihan sehat bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan.

Rendah lemak

Buah nangka mengandung sedikit lemak jenuh. Ini adalah salah satu bukti bahwa manfaat buah nangka tak akan menyebabkan berat badan bertambah. Buah ini hampir tak mengandung lemak sehingga bisa dikonsumsi tanpa takut bertambah berat badan. Nangka adalah pilihan yang baik untuk orang yang sedang berusaha menurunkan berat badan.

3 dari 4 halaman

Manfaat Buah Nangka untuk Kesehatan

Ilustrasi Wanita Cantik © Diadona

Buah nangka ini juga baik untuk kesehatan. Manfaat buah nangnka ini bisa untuk menjaga kesehatan mata dan kulitmu. Berikut manfaat buah nangka untuk kesehatan.

Menjaga kesehatan tulang

Manfaat buah nangka untuk kesehatan yang pertama yaitu dapat menjaga kesehatan tulang. Dengan begitu buah ini sangat aman dikonsumsi anak-anak. Magnesium yang sangat kaya terkandung dalam buah nangka, dapat membuat tulang menjadi kuat. Sehingga buah nangka dapat menyangkal gangguan yang bisa terjadi pada tulang seperti osteoporosis.

Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Dengan mengonsumsi buah nangka, maka kamu akan mendapatkan berbagai manfaat bagi kesehatanmu. Salah satu manfaat buah nagnka yang dapat kamu dapatkan yaitu memperkuat sistem kekebalan tubuh atau imun. Buah nangka mengandung nutrisi antioksidan, sehingga membuat sistem imun atau kekebalan tubuhmu semakin kuat. Karena buah nangka ini mengandung antioksidan, dengan mengonsumsinya kamu akan terlindungi dari infeksi virus maupun bakteri.

Mencegah anemia

Manfaat buah nangka adalah dapat mencegah anemia. Manfaat buah nangka yang diberikan nangka bagi tubuh ini bisa terjadi karena dalam nangka terkandung zat besi yang dapat membantu mencegah anemia. Selain itu, buah nangka juga dapat membantu dalam meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuhmu.

Menyehatkan mata dan kulit

Manfaat buah nangka yang satu ini tidak kalah menarik. Selain dapat menjadi sumber energi, ternyata nangka dapat menyehatkan mata dan kulitmu. Hal ini dikarenakan nangka memiliki kandungan vitamin A yang dapat memelihara kelembutan kulit dan sangat menyehatkan mata. Berbicara soal mata, buah nangka juga dapat mencegah penyakit gangguan mata seperti rabun senja dan degenerasi makula.

Sumber energi

Buah nangka dapat menjadi sumber energi bagimu. Gula alami seperti sukrosa dan fruktosa dalam buah nangka akan dijadikan sumber energi untuk tubuh. Bahagianya, buah ini tidak mengandung kolesterol ataupun lemak jenuh. Jadi sangat aman kamu konsumsi.

Menjauhkan kanker

Manfaat buah nangka yang jarang diketahui selanjutnya adalah dapat menjauhkanmu dari penyakit kanker. Kandungan phyto-nutrisi dan vitamin C di dalam buah nangka dapat menjadi anti-penuaan dan anti-kanker. Nutrisi tersebut juga dapat menjauhkan dari bahaya kanker serta memperlambat degenerasi sel.

Mencegah sembelit

Buah nangka juga akan menjauhkanmu dari masalah pencernaan. Mengonsumsi nangka akan membuatmu terhindar dari sembelit dan dapat memperlancar gerakan usus. Selain itu, nangka juga dapat menyembuhkan borok.

4 dari 4 halaman

Manfaat Buah Nangka Muda

Ilustrasi Buah Nangka © Diadona

Nangka muda juga sering untuk dikonsumsi oleh orang-orang dan dijadikan sebagai sayur lodeh karena tekstur yag masih keras dan rasa yang masih belum ada. Berikut adalah manfaat buah nangka muda.

Kontrol gula darah

Manfaat buah nangka memiliki beberapa khasiat yang dapat membantu manajemen gula darah. Buah ini memiliki indeks glikemik yang cukup rendah. Indeks glikemik merupakan ukuran seberapa cepat gula darah naik setelah mengonsumsi makanan. Ini telah dikaitkan dengan serat yang disediakannya, yang memperlambat pencernaan dan membantu mencegah lonjakan gula darah.

Pola makan yang memasukkan banyak makanan rendah indeks glikemik telah terbukti bermanfaat untuk meningkatkan kontrol gula darah. Selain itu, nangka menyediakan beberapa protein, yang dapat membantu mencegah kadar gula darah naik terlalu cepat setelah makan.

Dalam sebuah penelitian, orang dewasa yang mengonsumsi ekstrak nangka ternyata memiliki kadar gula darah yang stabil secara signifikan. Efek-efek ini dikaitkan dengan kandungan antioksidan flavonoid nangka, yang dikenal karena kemampuannya untuk membantu kadar gula darah yang seimbang.

Penyembuhan luka

Manfaat buah nangka adalah sumber vitamin C yang baik, dan merupakan antioksidan kuat yang sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat. Selain itu, tubuh membutuhkan vitamin C untuk membuat protein yang disebut kolagen, yang sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit, tulang, dan jaringan ikat, seperti pembuluh darah dan tulang rawan.

Kolagen juga penting untuk penyembuhan luka. Menurut review 2014, nangka mengandung zat antiinflamasi, antibakteri, dan antijamur yang juga dapat membantu meningkatkan penyembuhan luka.

Menurunkan tekanan darah

Manfaat buah nangka memiliki kandungan kalium yang sangat efektif untuk menurunkan tekanan darah, dengan begitu buah nangka dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

Makanan apa yang kamu suka dari olahan atau berbahan buah nangka ini? Tulis jawabanmu di kolom komentar ya!

Beri Komentar