19 Manfaat Cengkeh untuk Kesehatan

Reporter : Sofi
Senin, 13 Januari 2020 14:50
19 Manfaat Cengkeh untuk Kesehatan
Taukah kamu manfaat cengkeh dapat digunakan untuk melindungi fungsi hati? Berikut adalah manfaat cengkeh yang harus kamu ketahui.

Cengkeh adalah kuncup bunga dari pohon cengkeh, cemara yang juga dikenal sebagai Syzygium aromaticum. Ditemukan dalam bentuk utuh dan bubuk, bumbu serbaguna ini dapat digunakan untuk membumbui daging panggang dalam pot, menambah rasa pada minuman panas, dan menghadirkan kehangatan pedas pada kue dan kue. Selain rasanya yang manis dan aromatik, cengkeh juga dikenal karena khasiat obatnya. Berikut manfaat cengkeh yang sudah dirangkum dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Manfaat Minyak Cengkeh

Ilustrasi Minyak Cengkeh © Diadona

Minyak cengkeh adalah minyak esensial yang berasal dari pohon cengkeh. Pohon cengkeh, yang dikenal sebagai Syzygium aromaticum, adalah tanaman asli Asia Tenggara, meskipun hari ini kamu mungkin menemukannya tumbuh di lokasi lain juga. Minyak cengkeh diproduksi dengan menyaring kuncup bunga kering yang dikumpulkan dari pohon cengkeh.

Bagian lain dari pohon, seperti batang dan daun, juga dapat digunakan. Minyak cengkeh, yang memiliki warna mulai dari tidak berwarna hingga kuning muda dan memiliki aroma pedas yang kuat, telah digunakan selama berabad-abad dalam berbagai aplikasi.

1. Meredakan stres

Manfaat cengkeh yang pertama yang menakjubkan dari menggunakan minyak esensial ini adalah bisa meredakan stres. Efek menenangkan dari aroma minyak ini dapat menenangkan otak yang terlalu banyak bekerja.

2. Mengatasi masalah pernapasan

Manfaat cengkeh selanjutnya adalah mengatasi masalah pernapasan. Minyak cengkeh dikemas dengan sifat antiinflamasi yang dapat meredakan masalah pernapasan. Cara yang tepat untuk menggunakan minyak ini dengan menghirupnya.

Melakukan hal ini akan memberikan bantuan dari masalah seperti batuk, kemacetan dan lainnya.

3. Gangguan pencernaan

Ketika datang gangguan pencernaan, minyak cengkeh dikenal sangat efektif. Kebanyakan orang lebih memilih menggabungkan minyak ini dalam diet saat terkait sistem pencernaan.

4. Perawatan gigi

Sejak berabad-abad, minyak esensial ini telah digunakan secara luas untuk mendapatkan bantuan dari infeksi gigi. Hal ini terutama karena kehadiran sifat kuman dalam minyak cengkeh. Meskipun tidak memperbaiki masalah secara permanen, minyak cengkeh memberikan bantuan sementara dari ketidaknyamanan. Maka dari itu, manfaat cengkeh ini dapat digunakan dalam perawatan gigi.

5. Kondisioner dan mencegah rontok

Manfaat cengkeh selanjutnya adalah dapat membuat rambut menjadi lebih sehat. Caranya dengan menggunakan minyak cengkeh sebagai kondisioner. Aplikasikan minyak cengkeh pada kulit kepala selama 5 sampai 15 menit, kemudian bilas hingga bersih.

6. Menghilangkan noda dan guratan di kulit

Manfaat cengkeh lainnya adalah menghilangkan noda dan guratan di kulit. Minyak cengkeh juga dipercaya dapat menghilangkan noda dan guratan yang ada di kulit. Noda atau guratan yang disebabkan oleh luka yang kemudian mengering dan meninggalkan bekas, bisa dihilangkan dengan minyak herbal dari cengkeh.

7. Mengobati jerawat

Manfaat cengkeh berikutnya adalah mengobati jerawat. Minyak cengkeh merupakan salah satu alternatif untuk mengobati jerawat. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu mengoleskan minyak cengkeh pada daerah berjerawat. Rempah ini memiliki senyawa antibakteri dan antijamur, sehingga dapat mencegah masalah kulit seperti jerawat wajah ataupun jerawat punggung akibat jamur.

2 dari 4 halaman

Manfaat Minyak Cengkeh untuk Kesehatan

ilustrasi wanita sehat © Diadona

Manfaat cengkeh ini juga banyak untuk kesehatan. Berikut adalah manfaat minyak cengkeh untuk kesehatan.

1. Minyak cengkeh mempercepat kesembuhan radang

Caranya:
- Ambil minyak cengkeh dan oles ke bagian yang sakit, kemudian pijat otot-otot yang sakit tersebut secara perlahan hingga kurang lebih 10 menit atau hingga reda rasa sakitnya.

- Setelah itu biarkan bagian yang sakit tetap terbalur minyak cengkeh hingga beberapa saat.

Rasa hangat yang ditimbulkan akan meredakan rasa sakit yang diderita. Lakukan perawatan ini paling tidak sehari sekali hingga rasa sakit dan bengkak hilang. Tidak hanya bisa dioles, cengkeh juga bisa diseduh dan diminum untuk mempercepat kesembuhan pembengkakan dari dalam. Cukup seduh beberapa biji cengkeh bersama sedikit minyak cengkeh.

2. Melindungi fungsi hati

Manfaat cengkeh selanjutnya adalah meindungi fungsi hati. Kandungan antioksidan dalam cengkeh membantu melindungi organ dari radikal bebas. Hati juga salah satu organ dalam tubuh yang bisa dilindungi dari radikal bebas oleh cengkeh. Cengkeh juga memiliki sifat hepatoprotektif yang bisa melindungi fungsi hati.

3. Menguatkan tulang

Manfaat cengkeh selanjutnya adalah menguatkan tulang. Kandungan dalam cengkeh yaitu ekstrak hidrokarbon termasuk senyawa fenolik seperti eugenol dan turunannya seperti flavon, isoflavon, dan flvonoid dapat membantu dalam menjaga kepadatan tulang dan kandungan mineral tulang. Manfaat cengkeh juga bisa menguatkan tulang dalam kasus osteoporosis.

4. Mengobati tukak lambung

Tukak lambung disebabkan karena penipisan lendir lambung atau sering juga disebut dengan asam lambung. Kondisi ini bisa disebabkan dari beberapa faktor salah satunya stres dan infeksi.

Maka dari itu, manfaat cengkeh kali ini adalah mengobati tukak lambung. Minyak esensial dalam cengkeh bisa meningkatkan produksi lendir lambung yang bisa menghalang asam lambung sekaligus mencegah luka pada dinding lambung akibat cairan asam lambung.

5. Meredakan nyeri

Jika kamu mengalami nyeri akibat peradangan, kamu bisa gunakan cengkeh untuk meredakan sakitnya. Karena, manfaat cengkeh selanjutnya adalah dapat meredakan nyeri. Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa kandungan senyawa kimia di dalam cengkeh dapat memberi efek antinyeri, antiradang, dan mencegah kerusakan sel saraf. Akan tetapi, masih diperlukan studi klinis pada manusia untuk memastikan manfaat cengkeh yang satu ini.

6. Membunuh bakteri

Sifat antibakteri yang dimiliki cengkeh mampu menghentikan pertumbuhan bakteri penyebab infeksi. Minyak cengkeh dipercaya mampu membunuh bakteri E.coli. Selain itu, cengkeh juga membantu menghentikan pertumbuhan berbagai jenis bakteri di mulut. Efek antibakteri dalam cengkeh juga dapat menghambat pertumbuhan kuman di kulit penyebab jerawat.

7. Mengatasi mual dan muntah

Minyak cengkeh bisa mengatasi rasa mual bahkan muntah. Cengkeh memiliki banyak kandungan yang baik bagi tubuh dan bisa memberikan efek tenang karena minyak esensialnya.

3 dari 4 halaman

Manfaat Daun Cengkeh

Ilustrasi Daun Cengkeh © Diadona

Daun cengkeh ternyata juga buisa dimanfaatkan lho! Berikut adalah manfaat daun cengkeh yang harus kamu ketahui.

1. Untuk mengobati sakit gigi

Daun cengkeh dipercaya dapat mengobati sakit gigi dan menjaga kesehatan gusi karena mengandung bahan-bahan yang baik untuk menjaga kesehatan mulut.

2. Menghambat kuman

Daun cengkeh ini dapat melindungi dan membunuh kuman yang menyerang tubuhmu dan dapat menyebabkan penyakit.

3. Sebagai obat flu dan batuk

Dengan menyeduh air rebusan daun cengkeh ini, kamu dapat mengobati flu dan batuk yang sedang menyerangmu.

4 dari 4 halaman

Manfaat Cengkeh dan Kayu Manis

Ilustrasi Rempah © Diadona

Cengkeh dan kayu manis mempunyai masing-masing nutrisi dan manfaat. Jika keuda rempah tersebut dijadikan satu, tentu dapat membuat sebuah paduan yang bagus untuk tubuh. Berikut adalah manfaat cengkeh dan kayu manis.

1. Untuk ramuan diet

Bahan:
- 3 biji cengkeh
- 1 batang kayu manis
- 1 batang serai
- 1 ruas jahe
- 1/2 buah lemon
- 2 sdm madu
- 500 ml air

Cara:
- Masukkan cengkeh, kayu manis, serai dan jahe yang sudah dimemarkan, dan air ke dalam panci. Rebus hingga mendidih.

- Setelah mendidih, matikan api dan tuang air rebusan pada gelas.

- Beri tambahan lemon dan madu. Minuman siap dihidangkan.

2. Untuk diabetes

Bahan:
- 1 batang kayu manis
- 3 buah cengkeh
- 3 buah lada hitam
- 2 sdm madu
- 500 ml air

Cara:
- Masukkan kayu manis, cengkeh, lada hitam, dan air kedalam panci. Rebus hingga mendidih, kemudian tuang ke dalam gelas.

- Tambahkan madu, dan minuman siap disajikan.

Apakah kamu sering menggunakan cengkeh ini sebagai alternatif obat kesehatan atau kecantikanmu? Tulis jawabanmu di kolom komentar ya!

Beri Komentar