18 Manfaat Vitamin C untuk Kecantikan Kulit Wajah

Reporter : Sofi
Jumat, 10 Januari 2020 15:57
18 Manfaat Vitamin C untuk Kecantikan Kulit Wajah
Seperti yang kita tahu, sumber vitamin C adalah jeruk. Lalu, manfaat apa saja dari vitamin C tersebut? Berikut manfaat vitamin C yang harus kamu tahu.

Vitamin C adalah vitamin esensial, artinya tidak dapat diproduksi oleh tubuh. Tapi, vitamin C memiliki banyak peran dalam tubuh dan telah dikaitkan dengan manfaat kesehatan yang mengesankan. Ini larut dalam air dan ditemukan di banyak buah-buahan dan sayuran, termasuk jeruk, stroberi, buah kiwi, paprika, brokoli, kangkung dan bayam.

Asupan harian yang direkomendasikan untuk vitamin C adalah 75 mg untuk wanita dan 90 mg untuk pria. Berikut adalah manfaat vitamin C yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Manfaat Suntik Vitamin C

Ilustrasi Wanita AsiaIlustrasi Wanita Asia © 2019 https://www.diadona.id

Selain untuk memutihkan kulit, suntik vitamin C juga sering dikatakan dapat membuat tubuh terasa segar, sebagai versi lebih kuat dari minum suplemen vitamin C setiap hari. Padahal, sebagai komponen mikronutrien, vitamin C hanya dibutuhkan tubuh dalam jumlah sedikit. Sisanya akan dibuang bersama zat lain dalam urine.

Memang ada beberapa manfaat yang terbukti dari suntik vitamin C, serta beberapa kondisi medis yang mengindikasikan bagi seseorang untuk mendapatkan prosedur ini. Kondisi tersebut diantaranya seperti gangguan perdarahan, defisiensi vitamin C, dan lain-lain.

Manfaat injeksi vitamin C dosis tinggi lainnya adalah sebagai salah satu kombinasi terapi kanker, yang tentunya harus dilakukan sebagai salah satu bagian dari rencana terapi di bawah pengawasan ketat dari dokter.

2 dari 4 halaman

Manfaat Vitamin C untuk Wajah

Ilustrasi Wanita CantikIlustrasi Wanita Cantik © 2019 https://www.diadona.id

Manfaat vitamin C juga dapat bermanfaat untuk wajah kamu. Salah satunya yang seperti kita tahu adalah mencerahkan wajahmu. Berikut adalah manfaat vitamin C untuk wajah yang harus kamu ketahui.

1. Menyamarkan kerutan dan garis halus

Manfaat vitamin C untuk wajah yang pertama adalah menyamarkan kerutan dan garis halus. Tanda penuaan pada kulit bisa terjadi kapan saja. Hal ini disebabkan oleh kebiasaan harian yang membuat kulit menjadi cepat menua. Ternyata dengan bantuan vitamin C, kerutan dan garis halus dapat tersamarkan.

2. Meminimalisir kulit berminyak

Manfaat vitamin C selanjutnya adalah meminimalisir kulit berminyak. Produksi minyak pada kulit dapat terjadi akibat ketidakseimbangan yang terjadi. Vitamin C secara ampuh dapat membuat kulit jadi lebih seimbang, sehingga produksi minyak pun tak berlebih.

3. Mencerahkan kulit

Vitamin C dapat membantu memudarkan pigmentasi dan menghaluskan permukaan kulit untuk mengurangi kusam. Ini memberi kulit wajah muda.

4. Mengurangi lingkaran di bawah mata

Serum ini dapat membantu menghaluskan garis-garis halus dengan menepuk-nepuk dan melembabkan area di bawah mata. Meskipun manfaat vitamin C lebih efektif dalam mengurangi kemerahan secara keseluruhan, beberapa orang mengatakan bahwa itu dapat membantu mengurangi perubahan warna yang terkait dengan lingkaran di bawah mata.

3 dari 4 halaman

Manfaat Serum Vitamin C

ilustrasi serumilustrasi serum © rawpixel.com

Vitamin C merupakan antioksidan yang kuat. Tak hanya melawan tanda-tanda penuaan, bahan aktif ini juga bisa memperbaiki kondisi kulit dan melindunginya dari paparan sinar matahari. Vitamin C bisa ditemukan pada serum atau ampule dengan askorbat.

Produk dengan bahan aktif yang menggunakan nama ascorbate, ascorbyl, atau ascorbic bisa dipastikan mengandung vitamin C. Berikut adalah manfaat serum Vitamin C yang harus kamu ketahui.

1. Aman untuk sebagian besar jenis kulit

Vitamin C juga aman digunakan bersama dengan aktivitas perawatan kulit lainnya, termasuk asam alfa hidroksi , retinol , dan SPF. Vitamin C sangat baik profil keamanan. Kebanyakan orang dapat menggunakan vitamin C topikal untuk jangka waktu yang lama tanpa mengalami reaksi yang merugikan.

Di kasus langka, orang yang memiliki kulit hipersensitif dapat mengalami iritasi ringan. Maka dari itu manfaat vitamin C ini aman untuk sebagian besar jenis kulit.

2. Membuat kulit cukup terhidrasi

Magnesium ascorbyl phosphate, salah satu turunan vitamin C utama yang digunakan dalam perawatan kulit, telah ditampilkan memiliki efek menghidrasi pada kulit. Ini mengurangi kehilangan air transepidermal, memungkinkan kulitmu untuk mempertahankan kelembapban dengan lebih baik.

3. Mengurangi kemerahan dan meratakan warna kulit

Manfaat vitamin C juga telah ditampilkan untuk mengobati berbagai macam kondisi kulit inflamasi. Meminimalkan kemerahan dapat membuat kulit lebih merata.

4. Ini membantu memudarnya hiperpigmentasi

Hiperpigmentasi termasuk bintik-bintik matahari, bintik-bintik penuaan, dan melasma terjadi ketika melanin diproduksi berlebihan di area kulit tertentu. Itu juga bisa terjadi di daerah di mana jerawat telah sembuh. Manfaat vitamin C telah terbukti menghambat produksi melanin. Ini dapat membantu memudarkan bintik-bintik hitam dan menyebabkan kulit lebih kencang.

5. Meningkatkan produksi kolagen

Manfaat vitamin C terkenal karena meningkatkan produksi kolagen. Kolagen adalah protein yang terbentuk secara alami dan berkurang seiring waktu. Kadar kolagen yang lebih rendah dapat menyebabkan garis-garis halus dan kerutan.

6. Membantu meningkatkan penyembuhan luka

Mengingat dampaknya pada kulit terbakar, itu seharusnya tidak mengejutkan bahwa aplikasi vitamin C dapat mempercepat penyembuhan luka secara keseluruhan. Penyembuhan luka yang sehat mengurangi risiko peradangan, infeksi, dan jaringan parut.

4 dari 4 halaman

Manfaat Vitamin C untuk Kulit

ilustrasi wanitailustrasi wanita © allure.com

Selain vitamin E, vitamin C juga baik untuk kesehatan kulit. Hal ini karenak vitamin C memiliki kandungan aktif yang mampu menangkal radikal bebas dan menjadikan kulit tetap sehat. Berikut adalah manfaat vitamin C untuk kulit yang mengesankan.

1. Untuk mengencangkan kulit

Tak perlu mengunjungi ahli kecantikan. Untuk mendapatkan kulit kencang, coba aplikasikan dan konsumsi vitamin C secara teratur. Terbukti, kulit kencang impian, akan jadi milikmu. Hal ini karena manfaat vitamin C untuk kulit adalah mengencangkan kulit.

2. Mencerahkan kulit

Manfaat vitamin C juga bisa mencerahkan sekaligus meminimalisir noda hitam pada wajah. Bahkan, kulit kemerahan serta sensitif pun juga dapat teratasi.

3. Meringankan kulit terbakar

Selain meminimalkan kemerahan, manfaat vitamin C mempercepat pergantian sel. Ini menggantikan sel-sel yang rusak dengan yang baru yang sehat.

4. Melindungi kulit terhadap kerusakan akibat sinar matahari

Manfaat vitamin C selanjutnya adalah melindungi kulit terhadap kerusakan akibat sinar matahari. Kerusakan akibat sinar matahari disebabkan oleh molekul yang disebut radikal bebas. Ini adalah atom dengan elektron yang hilang.

Radikal bebas mencari atom lain dari mana mereka bisa “ mencuri” elektron dan ini dapat menyebabkan kerusakan yang signifikan pada kulit. Vitamin C kaya akan antioksidan. Antioksidan melindungi sel-sel kulit yang sehat dengan “ memberikan” radikal bebas elektron, membuat mereka tidak berbahaya.

5. Menambah elastisitas kulit

Manfaat vitamin C selanjutnya adalah menambah elastisitas kulit. Produksi kolagen terikat dengan elastisitas dan kekencangan kulit. Ketika kadar kolagen mulai turun, kulit mungkin mulai mengendur.

Memberi serum vitamin C dapat meningkatkan produksi kolagen, menghasilkan keseluruhan memperketat efek.

Apa yang biasa kamu lakukan untuk memenuhi kebutuhan vitamin C harianmu? Tulis jawabnmu di kolom komentar ya! Semoga bermanfaat.

Beri Komentar